Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Industri Logistik Produk Sistem ERP Solusi ERP

ScaleOcean, Rekomendasi Shipment Monitoring System Terbaik

3 Min Read     Posted on 17 Jul 2024

Share Artikel

Dalam bisnis logistik yang semakin kompleks dan kompetitif, visibilitas pengiriman menjadi elemen kunci yang menentukan keberhasilan operasional. Sebagai freight forwarder, kemampuan untuk memantau setiap tahap pengiriman secara real-time tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga untuk mendapatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Ketika berbagai jenis pengiriman harus dikelola secara bersamaan, implementasi shipment monitoring system yang andal adalah suatu keharusan.

ScaleOcean freight forwarding software hadir sebagai solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan fitur-fitur canggih dan integrasi data dari berbagai sumber, ScaleOcean memastikan bahwa setiap pengiriman dapat dipantau dengan detail dan akurat. Software ini dirancang untuk memberikan visibilitas pengiriman secara menyeluruh, memudahkan Anda dalam mengidentifikasi dan mengatasi masalah sejak dini, serta memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan Anda. Cari tahu cara kerja sistem tersebut pada pembahasan di bawah ini!

1. Pentingnya Shipment Visibility dalam Bisnis Logistik

Shipment visibility dalam bisnis logistik diperlukan agar 3PL mampu mengoptimalkan efisiensi operasional dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Terlebih jika pengiriman yang Anda kelola dalam satu waktu sangat banyak dan beragam, baik untuk tujuan yang sama ataupun yang berbeda. Mulai dari metode pengirimannya, waktu pengiriman, hingga jenis transportasi yang digunakan, semuanya perlu dipantau dengan efektif.

Dengan visibilitas ini, Anda mampu memantau setiap pergerakan pengiriman secara lebih spesifik, mengidentifikasi adanya masalah di awal waktu, dan segera memutuskan cara mengatasinya. Anda juga dapat memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan dengan adanya shipment visibility yang menyeluruh. Jadi, bisa disimpulkan sangat penting untuk memiliki visibilitas pengiriman yang baik karena tidak hanya membantu manajemen logistik berjalan lebih efisien, tetapi juga meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Hal ini dalam jangka panjang membantu membangun reputasi perusahaan.

2. Keunggulan Shipment Monitoring System ScaleOcean

Untuk memperoleh visibilitas yang menyeluruh tentunya diperlukan software canggih yang dapat membantu Anda melakukan monitoring dalam satu platform sekaligus. ScaleOcean freight forwarding software hadir dengan fitur-fitur unggulannya. Apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh shipment monitoring system satu ini? Pelajari pada pembahasan berikut.

a. Multi Shipment Tracking

Aplikasi logistik ScaleOcean mampu melacak pengiriman dengan berbagai jenis pengiriman, baik itu FCL, LCL, LTL, atau FTL. Dengan integrasi data dari berbagai sumber, sistem ini memberikan gambaran yang lengkap dan akurat tentang posisi dan status setiap pengiriman. Bahkan jika dalam satu waktu bersamaan terdapat pengiriman dengan transportasi yang berbeda, Anda tetap dengan mudah melacaknya. Caranya hanya dengan input nomor bill of lading atau nomor kontainer ke dalam shipment monitoring system ScaleOcean. Dalam hitungan detik sistem akan menampilkan semua informasi terkait dan paling up-to-date.

b. Real-Time Status Updates

Anda bisa mengetahui setiap status pengiriman segera setelah terjadi perubahan, mulai dari saat barang diambil di tempat pengirim, proses pengepakan, perjalanan ke pelabuhan, hingga tiba di tujuan akhir. Bahkan sistem mampu memberikan informasi yang detail dari setiap perubahan tersebut, baik itu titik tempatnya, pihak yang bertanggung jawab, serta ETA pelayaran dan kondisi pengiriman. Dengan ini, Anda bisa lebih mudah menginfokan kepada klien detail dari shipment visibility.

c. Notification and Alerts

Anda tidak punya waktu untuk memantau secara terus menerus data pada sistem? Jangan khawatir, shipment monitoring system ScaleOcean juga akan memberikan notifikasi setiap perubahan proses pengiriman melalui berbagai platform seperti email, SMS, atau push notifications dari aplikasi logistik. Jadi Anda bisa mendapatkan update secara praktis dimanapun dan kapanpun, bahkan ketika Anda sedang tidak menggunakan software. 

d. Comprehensive Dashboard

Dengan dashboard yang lengkap dan menampilkan seluruh informasi pengiriman yang dibutuhkan, aplikasi logistik ScaleOcean adalah pilihan terbaik yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan shipment visibility secara akurat. Software satu tampilan terpadu ini menyediakan informasi bill of lading, nomor kontainer, pembaruan status, dan bahkan detail maps untuk perjalanan setiap barang. Jadi, baik Anda maupun klien bisa dengan mudah memahami alur pengiriman dan mengidentifikasi perubahan yang terjadi. Apakah barang sudah diperiksa bea cukai, sedang transit, atau sudah diterima di tujuan akhir, semuanya dapat dilihat pada satu dashboard. 

3. Cara ScaleOcean Software Pantau Pengiriman Anda

Skenario di bawah ini akan menunjukkan bagaimana ScaleOcean freight forwarding software bekerja secara sistematis membantu Anda mendapatkan shipment visibility secara penuh. Ketika Anda dan klien telah menyetujui rencana dan jadwal pengiriman, sistem akan mulai mengumpulkan semua informasi yang berkaitan. Data titik keberangkatan, pelabuhan transit, gudang penyimpanan sementara, dan juga tujuan akhir semua dikumpulkan untuk kemudian diolah sebagai informasi status pengiriman secara real-time.

Untuk bisa mendapatkan shipment visibility secara menyeluruh, Anda atau pelanggan perlu menginputkan nomor bill of lading atau nomor kontainer. Dari sini, aplikasi logistik ScaleOcean akan menampilkan dashboard komprehensif yang mencakup semua detail pengiriman, termasuk peta yang menunjukkan rute pengiriman secara visual dan update status di setiap titik transit. Setiap perubahan mulai dari keberangkatan dari gudang, tiba di pelabuhan transit, atau keberangkatan dari port of loading, langsung diperbarui dan dapat diakses.

Di awal, sistem memiliki akses ke berbagai platform untuk bisa memberikan Anda notifikasi perubahan status. Baik itu melalui email, nomor telepon, atau langsung dalam bentuk push notification. Misalnya, pengiriman Anda saat ini sedang dalam pemeriksaan bea cukai dan perlu dokumen pendukung tambahan, maka secara real-time software akan mengirimkan notifikasi berisi detail yang dibutuhkan tersebut. Jadi, Anda bisa segera menyiapkan dokumen tersebut untuk menghindari keterlambatan pengiriman.

Dengan data storage terpusat, ScaleOcean shipment monitoring system juga akan menyimpan semua data historis pengiriman, sehingga memudahkan Anda untuk melihat riwayat lengkap dari setiap shipment. Rincian waktu keberangkatan, waktu tiba di berbagai titik transit, dan waktu pengiriman akhir bisa Anda gunakan sebagai bahan evaluasi kinerja vendor logistik untuk kerja sama di masa depan. Memahami bahwa seluruh data tersebut cukup krusial dan penting,  ScaleOcean freight forwarding software dirancang dengan sistem keamanan yang canggih sehingga data pengiriman aman dan hanya dapat diakses oleh pihak yang diperbolehkan.

4. Kesimpulan

Bagi 3PL logistik, shipment visibility menjadi hal krusial yang tidak bisa diabaikan karena dengan ini Anda bisa mengoptimalkan efisiensi operasional dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk bisa mendapatkan visibilitas yang menyeluruh tentu diperlukan software canggih. ScaleOcean freight forwarding software hadir sebagai solusi terbaik yang bisa Anda andalkan. Sistem ini dilengkapi fitur-fitur unggulan sehingga bisa dipastikan setiap tahap pengiriman dapat dilacak dan dikelola dengan efisien.

Dapatkan visibilitas penuh dan kendali atas setiap pengiriman dengan mengimplementasikan aplikasi logistik ScaleOcean ke operasional logistik Anda. Jangan biarkan masalah logistik menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Hubungi kami sekarang juga dan dapatkan demo gratis sekaligus konsultasi lebih lanjut!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

  Sep 19, 2024        3 Min Read

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis