Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Cloud ERP Informasi Bisnis Sistem ERP Solusi Bisnis

Pengertian Cloud ERP dan Cara Kerjanya

3 Min Read     Posted on 30 Nov 2022

Share Artikel

Apakah Anda tahu bahwa sistem ERP terdiri dari beberapa jenis? Salah satunya berbasis cloud. Lantas, apa yang membedakannya dengan sistem lain? Cloud based ERP dijalankan dalam server cloud sehingga dapat diakses secara real-time dengan koneksi internet. Teknologi ini kini menjadi solusi yang banyak diandalkan oleh berbagai sektor bisnis.

Jika Anda menggunakan server lokal, diperlukan biaya yang besar untuk pemeliharaan dan update secara berkala. Terlebih, ketika bisnis Anda terus tumbuh dan semakin kompleks, server lokal dapat memperlambat pengambilan keputusan dan bahkan meningkatkan risiko kesalahan data.

Inilah sebabnya beralih ke cloud ERP adalah langkah yang tepat. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut apa itu ERP cloud, perbedaannya dengan ERP on-premise, cara kerjanya, serta mengapa ERP berbasis cloud adalah pilihan tepat untuk mengoptimalkan bisnis Anda.

1. Pengertian Cloud ERP

Cloud ERP adalah sistem ERP terpusat yang dijalankan dengan menggunakan server cloud. Artinya, Anda bisa mengakses sistem ini secara online tanpa harus terinstall di server perusahaan. Penggunaan cloud juga memudahkan Anda untuk mengakses sistem dari perangkat dan lokasi manapun, selama terkoneksi internet.

Penggunaannya pun juga cukup sederhana. Anda hanya perlu berlanggan sistem berbasis cloud ke vendor ERP terpercaya. Dengan ini, perawatan dan pembaruan sistem juga jauh lebih mudah karena seluruh infrastruktur dan perangkat lunak dikelola oleh penyedia layanan cloud.

2. Perbedaan Cloud ERP System vs ERP On-Premise

Cloud based ERP bekerja lebih baik dibandingkan sistem on-premise. Dikarenakan menggunakan server cloud, Anda tidak perlu install software secara fisik atau menggunakan server di lokasi perusahaan. Sistem bisa diakses dengan mudah selama terdapat jaringan internet.

Selain itu, update dan maintenance sistem dilakukan secara otomatis oleh vendor layanan, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pemeliharaan infrastruktur. ERP berbasis cloud juga scalable, artinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan pertumbuhan bisnis Anda.

3. Keuntungan Menggunakan Sistem ERP Cloud

Implementasi ERP cloud adalah keputusan yang tepat bagi bisnis karena memberikan banyak keuntungan yang mencakup efisiensi, fleksibilitas, dan biaya. Dibandingkan sistem ERP on-premise, Anda akan mendapatkan keuntungan berikut ini.

a. Akses Real-Time

Keuntungan utama dari cloud ERP adalah dapat diakses kapan saja dan dari mana saja selama terhubung dengan internet. Semua pihak bisa bekerja secara efisien tanpa harus berada pada lokasi yang sama. Ini sangat ideal untuk Anda yang memiliki banyak cabang atau tim yang bekerja dari jarak jauh.

b. Pengembalian ROI Lebih Cepat

Cloud ERP tidak memerlukan investasi besar pada hardware dan infrastruktur server sehingga Anda bisa menghemat biaya implementasi. Anda hanya perlu membayar biaya langganan tergantung dari kebutuhan, misalnya bulanan atau tahunan.

Selain itu, biaya perawatan dan pembaruan sistem juga menjadi tanggung jawab penyedia layanan, sehingga perusahaan dapat meminta tim agar fokus pada pengembangan bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pemeliharaan teknologi.

c. Pembaharuan Otomatis

Selanjutnya, sistem ERP cloud juga bisa diperbarui secara otomatis sehingga Anda bisa menggunakan fitur-fitur terbaru yang lebih canggih dan relevan dengan kebutuhan bisnis. Bahkan tidak ada tambahan biaya lagi untuk proses update tersebut. 

d. Mudah Disesuaikan dengan Skala Bisnis

Keuntungan menggunakan sistem ERP berbasis cloud lainnya adalah sangat mudah disesuaikan dengan skala bisnis. Saat perusahaan tumbuh, sistem dapat dengan mudah di-scale up untuk menampung lebih banyak data, user, dan proses kerja. Begitu pula sebaliknya, jika diperlukan, sistem bisa di-scale down tanpa banyak kendala. ​

e. Keamanan Data Terjamin

Cloud ERP system juga menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, termasuk enkripsi data, autentikasi pengguna, dan pencadangan yang dilakukan secara rutin. Dengan protokol keamanan ini, Anda bisa meminimalisir risiko kebocoran data atau serangan siber.

4. Cara Kerja ERP Berbasis Cloud

ERP cloud bekerja dengan mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis ke dalam satu platform terpusat yang dapat diakses secara online. Cara kerjanya dimulai dengan data perusahaan diunggah dan disimpan di server cloud yang dikelola oleh vendor ERP.

Setelah itu, setiap user dapat langsung mengakses sistem ini dari mana saja melalui perangkat yang terhubung ke internet. Melalui cloud, setiap modul ERP saling terhubung, sehingga data antar departemen dapat terdistribusi secara otomatis dan real-time.

Untuk proses pemeliharaan atau update fitur, umumnya vendor ERP cloud akan melakukannya secara otomatis tanpa perlu intervensi dari pihak perusahaan. Dengan pembaruan tersebut, dapat dipastikan sistem selalu bekerja dengan versi dan fitur-fitur terbaru.

Lantas bagaimana jika perusahaan perlu adanya penyesuaian kapasitas? Cloud ERP system juga mengakomodasi proses tersebut. Anda bisa dengan mudah menambah atau mengurangi modul, fitur, bahkan user tanpa mempengaruhi sistem secara keseluruhan.

5. Optimalkan Bisnis Anda dengan Cloud ERP ScaleOcean

Software ERP Cloud ScaleOcean

ScaleOcean adalah cloud ERP Indonesia terbaik yang dapat mengoptimalkan bisnis Anda karena mudah diakses, unlimited user, serta fleksibel dan scalable sesuai kebutuhan bisnis Anda. Sistem ini juga menghadirkan demo gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mempelajari cara kerjanya secara lebih detail.

Berbeda dengan sistem lainnya di pasaran, software cloud based ERP ScaleOcean dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis. Baik bisnis sedang berkembang hingga perusahaan besar, dapat mengoptimalkan operasionalnya bersama sistem ERP cloud ScaleOcean.

Fitur-fitur unggulan dari cloud ERP ScaleOcean meliputi:

  • Accounting management: Memudahkan Anda dalam mengintegrasikan transaksi keuangan dalam satu sistem, mulai dari arus kas, pendapatan, hingga pengeluaran.

  • Sales management: Memudahkan Anda untuk memantau adanya prospek dan peluang penjualan.

  • Purchasing management: Mempercepat bisnis dalam proses pembelian ketika stok sudah mencapai titik reorder point.

  • Inventory management: Memantau stok secara real-time untuk mengelola permintaan dan pasokan dengan lebih baik.

  • Budget management: Memudahkan proses pembuatan, pemantauan, dan penyesuaian rancangan anggan biaya (RAB). 

  • Online CRM: Mengumpulkan data pelanggan untuk personalisasi layanan dan penawaran. Pastikan strategi pemasaran sesuai referensi customer.

Cloud ERP system ScaleOcean juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi, dengan dilengkapi proses enkripsi data, autentikasi pengguna, dan pencadangan.

6. Kesimpulan

Cloud ERP adalah solusi modern yang efisien, fleksibel, dan terjangkau untuk mengelola berbagai industri dan skala bisnis. Dengan sistem terpusat yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun, sistem ini menjadi pilihan yang ideal untuk mengoptimalkan operasional bisnis Anda secara maksimal.

Sebagai cloud ERP Indonesia terbaik, ScaleOcean menawarkan berbagai fitur unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Implementasikan ScaleOcean Cloud ERP sekarang juga. Dapatkan demo gratis untuk mempelajari cara kerja sistem ini dan optimalkan operasional bisnis Anda dengan solusi terbaik.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

  Sep 19, 2024        3 Min Read

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis