Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Industri Manufaktur Informasi Bisnis Produksi Solusi Bisnis

Software PPIC Canggih untuk Proses Manufaktur Lebih Baik

3 Min Read     Posted on 23 Aug 2024

Share Artikel

Untuk dapat mengendalikan produksi dan penyimpanan yang menjadi aspek terpenting dalam proses bisnis manufaktur, perusahaan harus memiliki strategi dan teknologi canggih yang bisa mengoptimasi setiap tahapannya. Anda bisa menerapkan production planning and inventory control software.

Solusi yang ditawarkan software manufaktur ini, akan membantu Anda merencanakan proses produksi dengan lebih akurat, dan mengelola persediaan Anda dengan lebih efektif. Di sini kita akan membahas mengenai bagaimana cara canggih software PPIC ini dalam mengotomatisasi setiap proses bisnis manufaktur dengan maksimal. Simak penjelasannya di sini!

1. Fungsi Utama Software PPIC 

Kelancaran proses manufaktur bisa Anda jalankan dengan efektif, dengan hasil yang maksimal jika menerapkan teknologi canggih seperti PPIC software manufaktur yang dapat memberikan solusi terbaiknya untuk Anda. Ada beberapa fungsi utama production planning and inventory control software manufaktur dalam penerapannya di perusahaan, yaitu sebagai berikut:

a. Perencanaan Produksi

Fungsi pertama PPIC software manufaktur adalah perencanaan produksi, yang mana sistem bisa menganalisis data permintaan pasar, kapasitas produksi yang tersedia, serta ketersediaan bahan baku untuk menyusun rencana produksi yang optimal. Analisis mengenai tren permintaan historis dan proyeksi masa depan yang dibantu software manufaktur ini akan membantu Anda memastikan perusahaan memproduksi jumlah barang dengan tepat, serta mengurangi risiko overproduction atau underproduction.

b. Penjadwalan Produksi

Setelah melakukan perencanaan produksi, PPIC akan menjadwalkan produksi secara terperinci, dengan memperhitungkan ketersediaan mesin, tenaga kerja, dan bahan baku. Penjadwalan produksi ini dilakukan untuk meminimalkan downtime, yang dapat menyebabkan penurunan efisiensi produksi. Penjadwalan produksi oleh PPIC akan memastikan semua proses produksi berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan, sehingga produk dapat diselesaikan dan didistribusikan tepat waktu sesuai dengan permintaan pasar.

c. Pengendalian Persediaan

Fungsi berikutnya adalah untuk mengendalikan persediaan, di mana software PPIC akan memantau tingkat persediaan secara real-time, dan memastikan bahan baku yang diperlukan selalu tersedia dalam jumlah yang cukup. Selain itu, PPIC juga akan membantu mengoptimalkan level stok untuk menghindari kelebihan dan kekurangan persediaan yang dapat mengganggu proses produksi. 

d. Pengelolaan Material Requirement Planning

Selanjutnya PPIC juga berfungsi untuk mengelola Material Requirement Planning (MRP), di mana PPIC akan menghitung kebutuhan bahan baku berdasarkan jadwal produksi yang telah ditentukan, dan memastikan semua bahan baku yang diperlukan selalu tersedia tepat waktu. Hal tersebut dapat membantu menghindari keterlambatan dalam proses produksi, serta perusahaan dapat merencanakan pengadaan bahan baku dengan lebih akurat. 

e. Pengendalian Kualitas

PPIC juga berfungsi untuk mengendalikan kualitas produk, di mana setiap produk yang dihasilkan akan memasuki tahap inspeksi dan pengendalian kualitas yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dari proses inspeksi dan pengujian yang dilakukan, PPIC software manufaktur akan mencatat hasilnya ke dalam laporan yang terstruktur, sehingga Anda bisa mendeteksi dan mengatasi masalah kualitas lebih awal, serta mencegah produk cacat mencapai konsumen.

f. Pelacakan dan Monitoring Produksi

Fungsi terakhir software PPIC adalah untuk melacak dan monitoring proses produksi secara real-time, di mana Anda dapat memantau status setiap tahapan produksi, serta mendeteksi potensi masalah lebih awal seperti keterlambatan pengiriman bahan baku atau kegagalan mesin. 

Dengan informasi ini, tindakan korektif dapat segera diambil untuk mencegah masalah tersebut mempengaruhi keseluruhan proses produksi. Proses monitoring produksi juga dilakukan secara real-time untuk membantu dalam evaluasi kinerja produksi secara berkelanjutan, dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.

2. Cara Software PPIC Efisiensi Proses Manufaktur

Setelah memahami berbagai fungsi utamanya pada production planning and inventory control software pada penerapannya di proses bisnis manufaktur, Anda juga harus memahami bagaimana cara kerja software PPIC ini dalam mengoptimasi proses manufaktur perusahaan Anda dengan optimal. 

Dimulai dengan perencanaan produksi otomatis yang dijalankan PPIC software manufaktur, di mana sistem akan menganalisis data historis dari kapasitas produksi, stok aktual, serta permintaan yang masuk untuk menghasilkan perkiraan produksi yang akurat. Sistem akan membuat jadwal produksinya secara langsung berdasarkan kapasitas dan ketersediaan bahan baku tersebut secara rinci, mencakup alokasi mesin, tenaga kerja, dan bahan baku yang diperlukan. 

PPIC software manufaktur ini juga akan mengendalikan persediaan Anda dengan memantau tingkat stok secara real-time, dan memberikan notifikasi langsung ketika persediaan telah mencapai batas minimum untuk otomatis membuat pesanan baru untuk pengadaan bahan baku yang diperlukan. 

Setelah proses produksi selesai pun, software manufaktur ini akan mengendalikan produk jadi dengan penempatan yang efektif sehingga mudah untuk dilakukan pengambilan barang jika diperlukan. Setiap barang yang keluar dan masuk di gudang manufaktur, sistem akan mencatatnya dengan akurat secara real-time, sehingga tidak ada kesalahan yang bisa terjadi terkait barang kurang atau lebih yang masuk keluar pabrik manufaktur. 

Selain itu, PPIC software manufaktur ini juga akan memantau seluruh proses produksi serta persediaan Anda secara real-time, serta akan menyediakan data yang diperlukan membuat laporan kinerja yang komprehensif. Hal tersebut akan memudahkan manajemen perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih cepat dan tepat.

3. Kelola PPIC dengan ERP Manufaktur ScaleOcean

Dari penjelasan sebelumnya, kita bisa memahami bahwa dengan adanya PPIC software manufaktur, proses manufaktur mulai dari perencanaan produksi hingga pengendalian inventory akan mudah dikelola dengan efektif. Untuk memaksimalkan kinerjanya, Anda harus bisa memilih PPIC software canggih, dan bisa memberikan apapun kebutuhan bisnis Anda.

Seperti ScaleOcean ERP manufaktur yang implementasikan adalah solusi terbaik yang harus menjadi opsi Anda dalam memilih PPIC software yang canggih. Sistem PPIC kami dilengkapi dengan analisis data yang memiliki akurasi tinggi, sehingga setiap perkiraan, dan perencanaan produksi dan inventory yang dilakukan akan selalu menghasilkan output yang maksimal.

Tidak hanya itu, ScaleOcean juga memiliki user interface dengan akses yang mudah dan user-friendly, sehingga tidak sulit bagi Anda untuk menerapkannya sesegera mungkin. Tidak perlu takut salah, karena implementasi sistem kami yang juga mudah, serta dilengkapi dengan pelatihan penerapan yang akan membantu Anda menggunakannya dengan maksimal. 

Tidak perlu merasa ragu lagi untuk segera beralih ke PPIC ScaleOcean, karena biaya yang biasa Anda keluarkan untuk implementasi sistem ERP akan efisien terpakai jika menerapkan sistem ini. Dilengkapi dengan kustomisasi canggih, dapat memungkinkan Anda memilih solusi dan fitur yang sangat dibutuhkan dalam operasional bisnis Anda. 

Hal tersebut akan menghemat pengeluaran Anda dalam implementasi sistem ini secara efektif. Banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan ScaleOcean dalam perusahaan manufaktur Anda. Maka dari itu, segera jadwalkan demonya, dan ambil keuntungan signifikannya.

4. Kesimpulan

Dari artikel ini, kita bisa menarik kesimpulan bahwa penting bagi perusahaan manufaktur untuk menerapkan software production planning and inventory control yang canggih agar dapat membantu dalam maksimalkan berbagai proses manufaktur, dan operasionalnya dengan efektif. 

Implementasi software PPIC yang tepat seperti ScaleOcean ERP manufaktur menjadi opsi terbaik yang bisa Anda pilih. Penerapannya akan memastikan kelancaran seluruh proses bisnis dengan lebih baik, dan dapat mengembangkan strategi produksi dengan lebih cerdas. Segera konsultasikan apapun kebutuhan bisnis Anda dengan hubungi tim andalan kami 24/7.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

  Sep 19, 2024        3 Min Read

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis