Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Industri Logistik Sistem ERP Solusi ERP

Optimalkan Sea Cargo Tracking dengan Freight Software

3 Min Read     Posted on 19 Jul 2024

Share Artikel

Sea cargo tracking menjadi salah satu proses penting dalam pengiriman internasional. Dengan memiliki informasi terkini terkait status kargo, 3PL logistik bisa dengan mudah merencanakan penjemputan atau pengiriman barang serta memberikan informasi paling up-to-date kepada pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan mereka. Penggunaan teknologi canggih tentunya akan mengoptimalkan proses pemantauan kargo tersebut.

Freight forwarding software adalah solusi yang Anda butuhkan untuk mengoptimalkan proses tersebut. Dilengkapi fitur canggih dan terintegrasi oleh GPS tracker, Anda bisa memantau dan mengelola pengiriman secara lebih efektif. Bagaimana cara kerjanya? Cari tahu lebih lanjut proses dan rekomendasi software terbaiknya di pembahasan berikut ini!

1. Manfaat Lakukan Sea Cargo Tracking

Sea cargo tracking menjadi salah satu aktivitas bisnis logistik yang memberi banyak manfaat dalam pengiriman internasional. Manfaat ini tidak hanya menguntungkan internal perusahaan, tapi juga pelanggan. Berikut beberapa manfaat utama dari pelacakan kargo laut.

a. Meningkatkan Visibilitas Pengiriman

Pelacakan kargo laut memungkinkan freight forwarder untuk memiliki visibilitas penuh pada pengiriman. Dengan akses real-time ke informasi lokasi dan status pengiriman, Anda dapat memantau setiap tahap perjalanan kargo, dari titik asal hingga tujuan akhir. Visibilitas ini tidak hanya membantu dalam mengelola logistik secara lebih efektif, tetapi juga memungkinkan penyesuaian lebih cepat jika terjadi perubahan atau penundaan dalam proses pengiriman.

b. Mengurangi Risiko Kehilangan & Kerusakan Barang

Dengan memanfaatkan teknologi pelacakan yang canggih, Anda juga bisa meminimalisir risiko kehilangan dan kerusakan barang selama pengiriman. Sistem akan memberikan detail informasi kapal kargo yang membawa barang, posisinya, hingga siapa penanggung jawab pengiriman tersebut. Jadi, Anda bisa lebih mudah tahu jika terjadi kehilangan dan kerusakan barang.

c. Menghindari Adanya Biaya Logistik Tak Terduga

Tidak bisa dipungkiri, adanya tambahan biaya logistik seringkali menjadi tantangan besar dalam pengiriman internasional. Dengan pelacakan kargo laut yang efektif, Anda dapat merencanakan dan mengelola biaya lebih baik karena memiliki akses ke data real-time yang membantu mengidentifikasi jika ada potensi penundaan atau masalah dalam pengiriman. Denda seperti demurrage atau detention bisa Anda hindari karena Anda dapat memantau pergerakan kargo secara terus-menerus dan mengatur penjemputan dan pengiriman barang dengan lebih efisien.

d. Meningkatkan Kepercayaan Customer

Kepercayaan pelanggan merupakan aspek penting bagi setiap bisnis. Dengan adanya pelacakan kargo laut yang efektif, Anda bisa secara signifikan meningkatkan kepercayaan ini. Ketika pelanggan dapat menerima informasi yang akurat dan terkini mengenai status pengiriman barang mereka, pelanggan akan lebih percaya terhadap layanan yang Anda berikan. Secara langsung ini juga berdampak pada reputasi bisnis.

2. Freight Forwarding Software untuk Sea Cargo Tracking

Untuk memudahkan proses ini, freight forwarding software hadir dengan fitur-fitur canggih yang bisa Anda andalkan. Fitur ini mempermudah Anda dalam pemantauan kargo, meningkatkan efisiensi operasional, dan memberikan visibilitas penuh terhadap seluruh proses pengiriman. Apa saja fitur-fitur tersebut?

a. Integrasi dengan GPS Tracker

Freight forwarding software telah terintegrasi dengan GPS tracker sehingga memungkinkan pelacakan posisi kargo secara real-time. Dengan GPS tracker, Anda dapat mengetahui lokasi tepat dari setiap kontainer atau pengiriman di laut. Bahkan juga bisa dipantau dalam bentuk maps sekaligus. Integrasi ini memastikan bahwa semua data posisi kargo secara otomatis diperbarui dalam sistem, memberikan visibilitas penuh agar Anda dapat membuat keputusan yang lebih cepat dan tepat jika memang ada masalah pengiriman.

b. Multi Sea Cargo Tracking

Menariknya, software ini dilengkapi dengan fitur multi sea cargo tracking sehingga Anda bisa memantau beberapa pengiriman sekaligus dalam satu platform. Hal ini tentunya sangat menguntukan bagi freight forwarder yang harus menangani banyak pengiriman dalam berbagai rute dan jadwal. Dalam beberapa klik dan filter tertentu Anda juga dapat memantau status setiap pengiriman, membantu dalam koordinasi dan pengelolaan logistik yang lebih efisien.

c. Automated Status Updates

Sistem ini juga bisa melakukan pembaruan status secara otomatis. Dengan ini, Anda tidak perlu lagi melakukan pengecekan manual yang memakan waktu pada setiap pengiriman yang sedang berlangsung. Bahkan status pengiriman yang disediakan juga sangat lengkap, mulai dari waktu keberangkatan, transit, dan hingga estimasi waktu kedatangan. Melalui fitur tersebut, maka semua pihak yang terlibat dalam pengiriman selalu mendapatkan informasi yang sama dan paling up-to-date.

d. Alert & Notifications

Anda tidak ada waktu untuk terus memantau dashboard software? Fitur alert & notifications siap memberikan pemberitahuan otomatis mengenai berbagai status penting seperti perubahan jadwal pengiriman, penundaan, atau masalah lainnya yang harus segera Anda selesaikan. Notifikasi ini dikirimkan dalam berbagai platform baik melalui SMS, email, atau push notification. Dengan adanya fitur tersebut, semua pihak terkait selalu mendapatkan informasi yang diperlukan tepat waktu.

3. ScaleOcean, Solusi Canggih untuk Sea Cargo Tracking

Semua keunggulan freight forwarding software tersebut bisa Anda temukan di ScaleOcean software. Sebagai solusi canggih manajemen logistik secara menyeluruh, sistem ini dirancang untuk memudahkan tracking shipping mulai dari tahap penjemputan barang di titik awal hingga memastikan barang diterima dengan tepat waktu oleh pihak akhir. ScaleOcean freight forwarding software membantu Anda mendapatkan visibilitas penuh terhadap seluruh proses pengiriman.

Selain fitur-fitur canggih di atas, ScaleOcean juga dilengkapi dengan dashboard yang komprehensif dan intuitif. Dashboard ini dirancang dengan interface visual yang jelas, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan sea cargo tracking dalam satu tampilan. Melalui dashboard ini, Anda bisa mendapatkan gambaran lengkap dan real-time tentang status kargo, mulai dari tahap penjemputan di port of loading hingga pengiriman akhir.

Bagaimana cara kerjanya? Anda hanya perlu memasukkan nomor kargo atau bill of lading. Dalam hitungan detik, Anda bisa mendapatkan semua informasi yang diperlukan mengenai lokasi, status, dan perkiraan waktu kedatangan kargo Anda. Selain itu, dashboard ini dilengkapi dengan berbagai filter yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan informasi sesuai dengan kebutuhan spesifik. Misalnya, melakukan filter berdasarkan lokasi pengiriman, status kargo, jadwal keberangkatan dan kedatangan, atau bahkan jenis barang yang dikirim.

Tidak hanya itu, ScaleOcean freight forwarding software juga memberikan kemudahan dalam melacak beberapa pengiriman sekaligus. Dengan fitur ini, Anda dapat memantau berbagai kargo yang sedang dalam perjalanan secara bersamaan, tanpa harus beralih antara berbagai sistem atau aplikasi. Informasi ini ditampilkan dalam format yang ringkas, mudah dipahami, serta dilengkapi berbagai visual grafik yang membuat Anda lebih cepat untuk memahami informasi dalam sea cargo tracking.

4. Kesimpulan

Sea cargo tracking memberikan berbagai manfaat penting dalam pengiriman internasional. Dengan visibilitas penuh terhadap pergerakan kargo, risiko kehilangan dan kerusakan barang dapat diminimalisir, serta biaya logistik tak terduga dapat dihindari. Selain itu, kepercayaan pelanggan terhadap layanan pengiriman juga meningkat berkat informasi yang akurat dan transparan.

ScaleOcean freight forwarding software hadir sebagai solusi yang bisa Anda andalkan untuk mengoptimalkan proses tersebut. Terintegrasi dengan GPS tracker, sistem ini bisa secara real-time memberikan update terkait status pengiriman Anda. Bahkan dengan dashboard yang komprehensif dan intuitif, Anda dapat melakukan pelacakan kargo laut secara mudah, cepat, dan akurat. Tunggu apalagi, segera hubungi tim kami dan dapatkan demo serta konsultasi gratisnya. Tingkatkan efisiensi manajemen pengiriman Anda dengan ScaleOcean!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

  Sep 19, 2024        3 Min Read

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis