Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Distribusi Industri Logistik Informasi Bisnis Solusi Bisnis

Fungsi Nomor Kontainer dalam Operasional Logistik

3 Min Read     Posted on 17 Jul 2024

Share Artikel

Keamanan dan efisiensi operasional logistik menjadi prioritas pihak freight forwarder ketika menangani banyak permintaan pengiriman sekaligus. Oleh karena itu, diperlukan identitas unik dalam kontainer untuk memudahkan pelacakan dan monitoring setiap pergerakan barang. Inilah mengapa nomor kontainer sangat diperlukan dalam setiap aspek pengiriman.

Tidak hanya berguna sebagai pembeda satu kontainer dengan lainnya, nomor unik tersebut juga diperlukan sebagai informasi utama pada dokumen logistik serta membantu Anda dalam mengelola operasional pelabuhan agar lebih efektif. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut pentingnya nomor container dalam operasional logistik dan cara efektif untuk melakukan container tracking ketika jumlah yang harus dipantau cukup banyak.

1. Informasi dalam Nomor Container

Nomor kontainer adalah nomor unik yang khusus dibuat sebagai identitas dari setiap kontainer yang beroperasi. Nomor ini dibuat dengan mengikuti aturan BIC (Bureau International des Containers). Umumnya terdiri dari empat huruf dan tujuh angka dengan setiap kode tersebut memuat informasi penting yang berguna untuk manajemen logistik. Empat huruf pertama mencakup kode pemilik dan jenis kontainer. Enam digit berikutnya adalah nomor serial yang diberikan oleh pemilik untuk mengidentifikasi kontainer tersebut secara unik. Sedangkan digit terakhir sebagai verifikasi keakuratan seluruh nomor kontainer melalui perhitungan matematis.

Misalkan sebagai bisnis logistik freight forwarder, Anda menyewa kontainer dengan nomor MAEU 123456 7. Pada nomor container tersebut, MAE menunjukkan pemilik atau operator kontainer. Sebagai contoh, "MAE" dapat mewakili Maersk sebuah perusahaan logistik internasional. Selanjutnya huruf "U" biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa kontainer termasuk dalam jenis muatan kapal umum.

Berikutnya ada kode 123456 yang merupakan nomor serial. Ini menjadi nomor unik yang diberikan oleh pemilik kontainer, misalnya Maersk, untuk mengidentifikasi kontainer tersebut secara unik dari kontainer lainnya yang dimiliki oleh perusahaan. Digit terakhir, yaitu "7", merupakan check digit. Digunakan untuk memverifikasi keakuratan seluruh nomor kontainer. Digit pengawasan dihitung menggunakan perhitungan matematis berdasarkan tujuh karakter sebelumnya (MAEU 123456) untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan atau pemrosesan nomor kontainer.

2. Pentingnya Nomor Kontainer dalam Logistik

Nomor container tentunya dibuat tidak hanya untuk mempermudah identifikasi peti kemas satu dengan lainnya, tapi juga diperlukan untuk mencapai efisiensi operasional logistik. Berikut alasan mengapa nomor tersebut sangat penting dalam proses pengiriman internasional.

a. Informasi Utama dalam Dokumen Pengiriman

Nomor kontainer menjadi informasi utama yang harus dicantumkan dalam berbagai dokumen pengiriman. Beberapa di antaranya adalah bill of lading, manifest kargo, dan custom clearance declaration. Lalu apa fungsinya dalam dokumen tersebut? Agar proses identifikasi dan verifikasi pengiriman dilakukan dengan mudah sehingga barang yang dikirim dipastikan sesuai dokumen yang terlampir. Selain itu, juga memudahkan pencarian dokumen ketika dibutuhkan untuk audit pada kontainer spesifik yang pernah digunakan. Jadi, proses verifikasi dan penyelidikan menjadi lebih cepat dan efisien

b. Memudahkan Pelacakan Pengiriman

Nomor kontainer juga mendukung proses pelacakan pengiriman secara real-time. Dengan menggunakan nomor ini, baik bisnis logistik, pengirim, atau penerima dapat memonitor lokasi dan status kontainer di setiap tahap perjalanan barang. Sehingga dapat dipastikan pengiriman berjalan sesuai jadwal dan terhindar dari keterlambatan. Selain itu, juga membantu meminimalisir risiko salah penanganan barang karena dengan tahu jenis kontainer dari nomor tersebut secara langsung pihak yang terlibat juga tahu apa yang harus diterapkan untuk menanganinya.

c. Menjaga Keamanan Kargo

Keamanan kargo merupakan prioritas utama dalam pengiriman barang. Nah, adanya nomor container yang unik membantu proses identifikasi dan verifikasi menjadi lebih mudah. Jadi, risiko pencurian atau penipuan juga dapat dihindari. Selain itu, nomor kontainer juga memungkinkan pelacakan historis perjalanan kontainer yang membantu dalam mendeteksi aktivitas mencurigakan dari pergerakan barang. Misalnya, sebuah kontainer seharusnya menuju port of loading tertentu, namun tiba-tiba menunjukkan pergerakan ke lokasi yang tidak dijadwalkan, sistem yang terintegrasi dengan nomor kontainer dapat segera memberikan notifikasi. Dengan begitu, Anda bisa segera memeriksa dan mengamankan kontainer.

d. Memudahkan Manajemen Pelabuhan

Manajemen pelabuhan sangatlah kompleks dan mencakup banyak aspek. Andaikan kontainer tidak memiliki nomor identitas yang unik, operator pelabuhan akan kesulitan dalam mengelola arus masuk dan keluar kontainer. Sebagai contoh, ketika sebuah kapal tiba di port of discharge, operator perlu dengan cepat dan akurat mengidentifikasi setiap kontainer agar nantinya ditempatkan di lokasi yang tepat untuk pemuatan ulang atau distribusi lebih lanjut. Tanpa nomor identitas yang unik, akan sulit untuk menentukan kontainer mana yang harus diprioritaskan, ke mana harus dikirim, atau siapa pemiliknya.

3. Teknologi untuk Melacak Nomor Kontainer

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan secara garis besar bahwa nomor container sangat penting terutama pada proses pelacakan pengiriman barang. Dalam praktiknya, jumlah kontainer yang digunakan pada operasional logistik sangatlah banyak, sehingga untuk mencapai efisiensi container tracking Anda bisa menggunakan beberapa teknologi canggih. Salah satunya freight forwarding software. Bagaimana cara kerjanya?

Sistem bisnis logistik satu ini mengintegrasikan data dari GPS tracking dan RFID untuk memungkinkan container tracking secara real-time. Dengan teknologi GPS, Anda dapat mengetahui posisi setiap kontainer secara akurat di sepanjang perjalanan, memonitor rute yang diambil, dan memastikan semuanya sesuai dengan rencana yang telah dijadwalkan. Sementara itu, RFID membantu Anda untuk identifikasi cepat saat kontainer melewati titik kontrol seperti pelabuhan dan pusat penyimpanan sementara.

Menariknya lagi, freight forwarding software dapat secara otomatis memberikan notifikasi kepada semua pihak terkait, termasuk pelanggan tentang perubahan status dari pergerakan kontainer. Jadi, informasi yang diterima selalu up-to-date dan akurat. Implementasi freight forwarding software bagi bisnis logistik adalah solusi yang menguntungkan terutama ketika perusahaan harus melakukan container tracking dalam jumlah yang banyak dan sulit dikelola secara manual. Dengan beragam integrasi teknologi di dalamnya, dapat dipastikan proses pengiriman barang berjalan lebih efisien, aman, dan efektif.

4. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa nomor kontainer adalah identitas unik yang dibuat untuk memaksimalkan efisiensi operasional logistik. Terdiri dari empat huruf dan tujuh angka, nomor ini mencakup informasi kode pemilik, kategori kontainer, nomor serial unik, dan digit pengawasan untuk verifikasi keakuratan. Dalam penerapannya, peran nomor container sangatlah luas. Di antaranya sebagai informasi utama pada dokumen logistik, memudahkan pelacakan barang, hingga memastikan manajemen pelabuhan berjalan optimal.

Untuk bisa memonitor seluruh nomor kontainer, bisnis logistik memerlukan teknologi canggih, salah satunya freight forwarding software. Terintegrasi dengan berbagai sistem seperti GPS dan RFID, software ini memungkinkan pelacakan lokasi nomor container secara real-time, memberikan visibilitas penuh atas pergerakan dan status kontainer. Selain itu, teknologi ini juga otomatis mengirim notifikasi kepada semua pihak mengenai perubahan status pengiriman, memastikan bahwa informasi yang diterima selalu up-to-date dan akurat.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

  Sep 19, 2024        3 Min Read

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis