Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Industri Manufaktur Produksi Sistem ERP Solusi ERP

Mengenal Aplikasi Manufaktur, Fitur Terbaik, dan Manfaatnya

3 Min Read     Posted on 02 Oct 2024

Share Artikel

Operasional bisnis manufaktur yang kompleks membutuhkan pengelolaan optimal agar dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi human error yang sering terjadi. Untuk mengelolanya, dibutuhkan strategi dan sistem canggih yang bisa mencapai efisiensi tersebut. Di sinilah aplikasi manufaktur berperan penting dalam mewujudkannya.

Aplikasi sistem informasi manufaktur adalah software canggih yang harus diterapkan dalam perusahaan, agar dapat memantau dan  mengelola proses manufaktur secara real-time dan maksimal. Dengan fitur unggulannya, aplikasi manufaktur akan mengoptimasi berbagai tahapan dan aspeknya sehingga perusahaan bisa mencapai efisiensi secara menyeluruh. 

1. Pengertian Aplikasi Manufaktur

Aplikasi manufaktur adalah sistem yang dirancang secara khusus untuk mengelola, mengintegrasikan, dan mengoptimalkan berbagai proses produksi di perusahaan manufaktur. Aplikasi manufaktur akan menggabungkan data produksi, accounting, procurement, dan penjualan dalam satu platform terpadu.

Penerapan aplikasi sistem informasi produksi manufaktur ini akan memungkinkan perusahaan untuk memiliki kemampuan visibility menyeluruh terhadap operasional bisnis secara menyeluruh. Sistem perusahaan manufaktur ini akan memberikan informasi yang akurat secara real-time dan tersedia untuk mengambil keputusan lebih tepat dan efektif.

Dalam perusahaan manufaktur yang memiliki proses yang kompleks dan operasional yang rumit, penerapan aplikasi manufaktur ini menjadi solusi terbaik yang dapat dilakukan. Penerapannya tidak hanya akan meningkatkan produktivitas dan kualitas produk, tapi akan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan dalam menghadapi berbagai dinamika yang terus berubah.

2. Fungsi Utama Aplikasi  Manufaktur 

Penerapan aplikasi sistem manufaktur adalah hal penting yang harus dilakukan perusahaan manufaktur, agar dapat meningkatkan efisiensi dan optimalisasi operasional secara menyeluruh. Sistem perusahaan manufaktur ini memiliki beberapa fungsi utama yang akan memaksimalkan proses bisnis, yaitu:

a. Perencanaan dan Penjadwalan Produksi

Fitur pertama aplikasi produksi manufaktur ini adalah untuk perencanaan produksi dan penjadwalannya secara optimal. Penggunaan sistem ini akan memudahkan Anda menentukan urutan produksi, mengalokasi sumber daya, juga menetapkan deadline produksi. 

b. Pengendalian Inventaris

Fungsi berikutnya adalah sebagai pengendalian inventory, di mana dengan aplikasi sistem manufaktur ini akan membantu memantau stok bahan baku, work in progress, dan produk jadi secara real-time. Sistem juga akan menghasilkan data inventory yang akurat untuk mengoptimalkan penyimpanan barang produksi.

c. Manajemen Rantai Pasokan

Penerapan aplikasi software manufaktur berfungsi dalam mengelola seluruh proses rantai pasok, mulai dari pengadaan dengan supplier hingga distribusi produk akhir. Kemampuan integrasi yang dimiliki aplikasi ini akan melancarkan seluruh aliran material dan informasi yang akurat.

d. Pengendalian Kualitas

Aplikasi sistem perusahaan manufaktur dapat memantau dan memastikan produk yang diproduksi telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Aplikasi software produksi ini akan otomatis menginspeksi, mencatat hasil pengujian, dan mengidentifikasi potensi cacat produk dari dini. 

e. Pemantauan dan Pelaporan Kinerja

Aplikasi sistem informasi manufaktur juga berfungsi dalam memantau kinerja produksi secara real-time, melalui dashboard dan laporan yang akurat dan komprehensif. Perusahaan bisa mudah mengakses data metrik seperti tingkat produksi, efisiensi mesin, dan produktivitas tenaga kerja di dalam satu platform terintegrasi. 

f. Maintenance Management

Fungsi lainnya aplikasi manufaktur berbasis web ini adalah untuk memelihara  dan memantau peralatan dan mesin produksi. Di mana sistem dapat memberikan penjadwalan maintenance preventif, dan pemantauan kondisi mesin secara real-time untuk mengurangi downtime produksi. 

3. Manfaat Penerapan Aplikasi Manufaktur 

Menerapkan aplikasi produksi di perusahaan dapat membawa berbagai kelebihan dan manfaat signifikan bagi operasional yang optimal. Tidak hanya meningkatkan efisiensi, tapi juga memperkuat posisi bisnis yang kompetitif. Ini beberapa manfaat yang didapat dari penerapan aplikasi manufaktur, yaitu:

a. Efisiensi Produksi yang Lebih Tinggi

Manfaat utama dari penerapan aplikasi produksi ini adalah meningkatkan efisiensi produksi dengan kemampuannya dalam mengotomasi berbagai alur proses produksi dan mengintegrasikan operasi pabrik. Hal ini dapat meningkatkan throughput produksi dan meminimalkan penggunaan sumber daya yang berlebihan.

b. Pengurangan Biaya Produksi

Melalui pengendalian inventory yang lebih baik dengan penerapan aplikasi produksi manufaktur, Anda dapat mengurangi biaya produksi secara signifikan. Perusahaan  dapat menghindari overstock maupun kekurangan stok, yang dapat mengakibatkan biaya tambahan dalam proses manufaktur.

c. Peningkatan Kualitas Produk

Penerapan aplikasi software manufaktur akan memberikan pengendalian kualitas yang maksimal bagi seluruh barang produksi yang ada di perusahaan. Kemampuan analitik dan quality control yang canggih akan memudahkan perusahaan dalam melakukan inspeksi dan pengujian produk secara konsisten.

d. Optimalkan Pergerakan Produk

Manfaat lainnya dalam penerapan aplikasi ini adalah mengoptimalkan pergerakan barang dalam proses produksi di seluruh rantai pasokan. Mulai dari produksi hingga pengiriman ke pelanggan. Aplikasi ini memiliki fitur pelacakan dan tracking barang yang dapat memonitor pergerakan produk secara real-time, memastikan bahwa produk dapat diantar ke pelanggan dengan cara yang paling efisien. 

e. Visibilitas dan Kontrol yang Lebih Baik

Integrasi yang ditawarkan aplikasi sistem informasi manufaktur ini akan memberikan perusahaan visibilitas menyeluruh terhadap seluruh proses produksi. Anda dapat memantau real-time kinerja produksi melalui dashboard, dan hasil laporan yang akurat dan komprehensif. 

f. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Data

Aplikasi manufaktur juga menyediakan data terintegrasi secara real-time, sehingga memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis tren, identifikasi pola, dan mengambil keputusan strategis yang lebih baik. 

4. Tantangan Penerapan Aplikasi Manufaktur

Penerapan aplikasi sistem informasi produksi yang memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi perusahaan manufaktur, tidak lepas dari tantangan dan hambatan yang sering terjadi. Hal itu membuat Anda harus bisa mengatasinya dengan solusi yang tepat. Berikut tantangan dan solusi yang tepat:

a. Biaya Implementasi yang Tinggi

Biasanya sistem informasi manufaktur memerlukan investasi awal yang besar, termasuk biaya implementasi, pelatihan, dan maintenance. Maka dari itu, perusahaan harus mengadopsi sistem yang sesuai kebutuhan Anda agar biaya yang dikeluarkan dapat maksimal dan juga efisien. Anda bisa memanfaatkan fitur kustomisasi dari software manufaktur terbaik ScaleOcean, sebagai solusi yang bisa Anda ambil. 

Kustomisasi yang ditawarkan ScaleOcean dapat menyesuaikan solusi dan fitur yang sesuai kebutuhan bisnis Anda, dengan fitur maksimal yang akan membantu mengoptimalkannya. Dengan begitu, Anda tidak perlu menerapkan modul secara utuh sehingga biaya implementasi dapat efisien dan lebih hemat. 

b. Kurangnya Skill dan Pelatihan Karyawan

Implementasi sistem aplikasi sistem informasi manufaktur ini biasanya memerlukan pelatihan maksimal untuk karyawan  sehingga jika keterampilannya kurang akan menghambat efektivitas penggunaan sistem tersebut. Itulah pentingnya program pelatihan dan mintalah dukungan pelatihan profesional dari vendor software untuk meningkatkan keterampilan dan kinerja menggunakan aplikasi manufaktur. 

c. Resistensi terhadap Perubahan

Adanya perubahan teknologi seringkali menimbulkan resistensi karyawan yang lebih nyaman bekerja secara manual, dan dapat menghambat adopsi aplikasi sistem manufaktur di perusahaan. Solusinya, perusahaan bisa mengimplementasikan manajemen perubahan sistem yang efektif, dan memberikan insentif untuk mendorong adopsi, dapat membantu mengurangi resistensi dan meningkatkan penerimaan.  

Penerapan aplikasi software manufaktur tidak akan memberikan Anda hambatan atau tantangan jika sistem yang Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik bisnis Anda. Untuk itu penting untuk melakukan konsultasi dan demo sebelum memutuskan penerapan sistem. Dengan ScaleOcean, Anda bisa melakukan demo secara gratis, dan kami akan memberikan solusi terbaik untuk apapun kebutuhan Anda. 

5. Bedanya ERP dan Aplikasi Manufaktur

Aplikasi manufaktur merupakan software khusus yang dirancang untuk mengelola dan mengoptimalkan proses produksi dalam perusahaan manufaktur. Berbeda dengan sistem ERP yang memiliki fokus dan cakupannya sendiri, dan menjadi sistem yang dirancang untuk mengintegrasikan seluruh aspek bisnis.

Sistem ERP memiliki fokus pada seluruh fungsi bisnis di perusahaan, mulai dari accounting, SDM, penjualan, pemasaran, logistik, bahkan manufaktur dalam satu sistem terintegrasi. Sedangkan aplikasi manufaktur hanya fokus pada aspek-aspek produksi seperti perencanaan, pengendalian barang produksi, rantai pasok, pengawasan kualitas dan pemeliharaan mesin peralatan. 

Kedua sistem canggih ini saling melengkapi, sehingga dapat memberikan solusi untuk setiap operasional produksi dan manufaktur Anda. Integrasi ERP dan aplikasi manufaktur akan membuat perusahaan mendapatkan manfaat signifikan untuk peningkatan koordinasi bisnis, serta mengoptimalkan proses manufaktur secara spesifik.

6. Fitur Aplikasi Produksi Pabrik

Aplikasi produksi manufaktur berperan penting untuk optimalkan proses bisnis secara menyeluruh. Implementasi fitur-fitur unggulannya akan membantu tingkatkan efisiensi, kualitas, dan fleksibilitas secara menyeluruh. Ini beberapa fitur terbaik aplikasi sistem informasi manufaktur dan produksi:

a. Master Production Schedule

Aplikasi sistem informasi manufaktur memiliki fitur  MPS (Master Production Schedule) yang memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan dan penjadwalan produksi. Fitur ini dapat melakukan rencana produksi secara terstruktur, juga memastikan penggunaan kapasitas produksi dan sumber daya optimal dan pengiriman produk dengan tepat waktu. 

Fitur MPS dapat mengantisipasi potensi hambatan dan menyesuaikan jadwal produksi untuk meminimalkan downtime dan meningkatkan throughput. Melalui fitur ini, Anda dapat melakukan penyesuaian dinamis terhadap permintaan pasar, bahkan masalah dalam rantai pasokan sekalipun. 

b. Material Requirement Planning

Material requirement planning (MRP) menjadi fitur sistem perusahaan manufaktur yang dapat mengelola seluruh kebutuhan bahan baku secara efisien. Fitur akan membantu perusahaan untuk menghitung secara otomatis jumlah bahan yang dibutuhkan berdasarkan jadwal produksi dan sales order yang diterima. Fitur ini akan membantu memastikan bahan baku selalu tersedia saat diperlukan, tanpa khawatir stok tidak efisien.

c. Optimasi Quality Management

Fitur optimasi quality control management akan memastikan setiap produk dapat diproduksi memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Aplikasi manufaktur berbasis web dengan fitur ini dapat menerapkan prosedur pengujian yang ketat, serta pemantauan  kualitas produksi secara real-time.

Melalui fitur ini perusahaan akan mudah mengidentifikasi tren, menyimpulkan penyebab mendasar dari masalah kualitas, dan menerapkan perubahan proses atau desain yang dapat meningkatkan kualitas produk secara keseluruhan.  

d. Pemeliharaan Prediktif dan Preventif

Fitur aplikasi produksi manufaktur selanjutnya adalah pemeliharaan prediktif dan preventif, yang akan mengantisipasi dan mencegah masalah peralatan sebelum terjadi. Sistem akan memberikan hasil analisis dan prediksi kinerja mesin, sehingga memudahkan Anda memonitor kondisi mesin secara real-time. 

Aplikasi juga akan memberikan notifikasi pemberitahuan untuk pemeliharaan rutin pada mesin dan peralatan produksi. Fitur akan membantu mengidentifikasi tanda peringatan dini dari potensi kegagalan dan melakukan intervensi sebelum masalah semakin besar.

e. Tracking Barang dan Proses Produksi

Aplikasi software manufaktur juga menyediakan fitur tracking  untuk melacak setiap tahap produksi dan pergerakan barang secara real-time. Anda bisa memantau status stok, memastikan bahan untuk produksi, serta menangani downtime yang sering terjadi. Sistem juga dapat mentracking status produksi barang, sehingga Anda bisa mengidentifikasi jika ada hambatan dalam prosesnya. 

f. Multi-Level BOM

Fitur multi-level BOM akan secara otomatis membuat daftar bahan baku seperti perencanaan produksi, desain produk, biaya yang diperlukan dan kebutuhan komponen dari setiap produk yang akan diproduksi. 

BOM akan menghitung dan menyusun daftar tersebut berdasarkan struktur produk, dan laporan biaya produksi sehingga menghasilkan daftar bahan baku yang dibutuhkan untuk memproduksi barang jadi, termasuk jumlah setiap bahan yang diperlukan di setiap tingkatan.

g. Work Order

Fitur manajemen tenaga kerja work order dalam aplikasi software manufaktur ini akan mengoptimalkan alokasi sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan produksi. Seperti kemampuannya dalam melakukan penjadwalan dan pelacakan waktu kerja, dan analisis kinerja manajemen keterampilan. 

Tidak perlu bingung untuk memilih fitur aplikasi manufaktur yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan ScaleOcean sebagai software manufaktur terbaik, Anda dapat melakukan konsultasi problem dan kebutuhan bisnis Anda dengan tim professional kami, dan ScaleOcean akan memberikan rekomendasi fitur dan solusi yang paling tepat dan sesuai untuk bisnis Anda. Jadwalkan demo gratisnya sekarang!

7. Maksimalkan Prosesnya dengan Aplikasi ScaleOcean

Peran aplikasi sistem informasi manufaktur sangat berpengaruh pada efisiensi dan produktivitas di perusahaan. Sehingga pemilihan vendor aplikasi penting dipertimbangkan untuk menghasilkan kinerja yang maksimal, dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

ScaleOcean aplikasi manufaktur menjadi pilihan terbaik yang bisa menyesuaikan setiap kebutuhan bisnis Anda dengan solusi kustomisasinya yang canggih. Kemampuan aplikasi software manufaktur ScaleOcean yang canggih dengan fleksibilitas, otomatisasi, dan perencanaan yang efisien dapat mengoptimalkan dan mengendalikan seluruh lini produksi dan manufaktur secara real-time.

ScaleOcean dapat memberikan solusi dan fitur terbaiknya untuk memudahkan semua aspek proses manufaktur, dan memberikan data informasinya secara real-time di setiap tahap proses produksinya. 

Jadi, keseluruhan proses manufaktur bisa menjadi lebih efisien karena aplikasi ScaleOcean ini membantu mengurangi human error, dan memberikan visibility penuh atas seluruh proses produksi manufaktur. Implementasinya yang mudah dan sistem yang user friendly membuat Anda lebih mudah meningkatkan produktivitas, juga hemat waktu dan biaya.

Segera konsultasikan apapun kebutuhan bisnis Anda, dan daftarkan demo gratisnya untuk dapatkan keunggulan signifikan bagi bisnis manufaktur Anda. 

8. Kesimpulan

Aplikasi sistem informasi produksi merupakan hal penting untuk diterapkan karena dapat membantu segala aspek proses produksi dan manufaktur perusahan dengan mudah. Sistem dengan solusi dan fitur canggihnya akan mengoptimalkan operasi produksi, dan memastikan keberlanjutan bisnis di pasar yang semakin kompetitif.

Pemilihan sistem yang terbaik dan sesuai menjadi hal yang perlu Anda pertimbangkan, sehingga ScaleOcean aplikasi manufaktur menjadi satu-satunya opsi terbaik bagi operasional bisnis Anda. ScaleOcean  akan membantu Anda tidak hanya bertahan dalam lingkungan manufaktur yang dinamis, tetapi juga mampu untuk berkembang dan memenuhi permintaan pasar Anda dengan lebih efisien. Ayo lakukan demo gratis dan konsultasi dengan tim professional kami dengan hubungi ScaleOcean secepatnya!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Rekomendasi 17 Aplikasi Logtistik Terbaik di Indonesia

  Oct 04, 2024        3 Min Read

Rekomendasi 17 Aplikasi Logtistik Terbaik di Indonesia

12 Software Rental Alat Berat Terbaik di Indonesia 2024

  Oct 04, 2024        3 Min Read

12 Software Rental Alat Berat Terbaik di Indonesia 2024

15 Rekomendasi Aplikasi POS Kasir Restoran Terbaik 2024

  Oct 04, 2024        3 Min Read

15 Rekomendasi Aplikasi POS Kasir Restoran Terbaik 2024