Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Industri Manufaktur Sistem ERP Solusi Bisnis Solusi ERP

Pantau Kerja Mesin dengan 6 Fitur Production OEE Software

3 Min Read     Posted on 08 Aug 2024

Share Artikel

Anda dapat memantau dan mengukur kinerja mesin dalam proses produksi dengan mengimplementasikan sistem canggih, OEE software manufacturing. Solusi yang ditawarkan software manufaktur ini akan membantu Anda mengidentifikasi dan mengatasi hambatan operasional pada mesin yang Anda miliki.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam apa saja fitur terbaik production OEE software yang bisa Anda terapkan untuk tingkatkan kinerja mesin produksi Anda. Dengan penerapan tersebut, Anda bisa memastikan kualitas produk yang Anda hasilkan, dan meningkatkan proses manufaktur yang berkelanjutan.

1. Peran OEE di Produksi Manufaktur

Perlu dipahami terlebih dahulu, OEE Overall Equipment Effectiveness adalah sistem yang dirancang untuk mengukur efektivitas keseluruhan mesin dalam proses produksi. OEE sendiri menjadi metrik yang menggabungkan tiga komponen utama kinerja mesin produksi, yaitu: availability (ketersediaan), performance (kinerja), dan quality (kualitas). 

Production OEE production akan mengotomatiskan pengumpulan data dari berbagai sumber seperti mesin, sensor, dan input operator untuk menghitung OEE secara real-time. Dengan sistem produksi ini, Anda bisa dengan cepat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Dari sini, kita bisa menilai peran penting dari OEE software manufacturing di perusahaan manufaktur. Anda bisa mendeteksi penurunan kinerja mesin, downtime yang tidak terencana, atau peningkatan tingkat cacat produk. Dengan analisis yang diberikan software manufaktur ini, akan mudah bagi Anda untuk menemukan akar penyebab masalah, dan dapat mendukung pengambilan keputusan berbasis data.

2. Fitur Terbaik Production OEE Software

Dalam dunia manufaktur yang kompetitif, penggunaan Production OEE Software dapat menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas. Software ini menawarkan berbagai fitur yang membantu perusahaan dalam memantau, menganalisis, dan mengoptimalkan kinerja peralatan dan proses produksi. Berikut adalah beberapa fitur terbaik dari production OEE Software yang sangat berguna dalam proses bisnis manufaktur:

a. Real-Time Monitoring

Fitur OEE software manufacturing yang paling utama adalah pemantauan kinerja mesin dan proses produksi real-time, dengan data operasional dari mesin produksi dikumpulkan dan ditampilkan langsung pada dashboard user-friendly. Anda bisa melihat status mesin, kecepatan produksi, bahkan potensi masalah untuk mengatasi masalah dan meminimalkan downtime.

b. Downtime Tracking

Production OEE software juga dilengkapi dengan downtime tracking, di mana fitur ini akan melacak dan menganalisis waktu henti mesin. Sistem akan mencatat setiap kejadian downtime, dan alasan terjadinya downtime tersebut. Dengan itu, Anda bisa mengidentifikasi pola dan akar penyebab terjadinya gangguan pada proses produksi. 

Data dari software manufaktur tersebut dapat Anda gunakan untuk merencanakan perbaikan dan pemeliharaan preventif yang lebih baik. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi frekuensi dan durasi downtime di masa depan. Anda juga dapat meningkatkan ketersediaan mesin dan meningkatkan efisiensi produksi secara keseluruhan.

c. Performance Metrics

Software manufaktur ini juga dilengkapi dengan performance metrics yang mencakup komponen-komponen perhitungan OEE, yaitu availability, performance, dan quality. Production OEE software akan menghitung otomatis metrik efektivitas dari setiap mesin produksi, serta memantau dan menganalisis keseluruhannya secara komprehensif. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam menetapkan target peningkatan yang spesifik dan terukur, serta mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan.

d. Predictive Maintenance

Fitur selanjutnya ada predictive maintenance, di mana sistem aan menggunakan data historis dan algoritma prediktif untuk meramalkan kapan mesin akan mengalami kerusakan, dan kapan sebaiknya perbaikan harus dilakukan. 

Anda dapat merencanakan pemeliharaan mesin sebelum masalah terjadi, sehingga mengurangi downtime yang tidak terduga dan biaya perbaikan yang tinggi. Software manufaktur akan membantu menjaga mesin produksi Anda tetap dalam kondisi yang optimal dan memperpanjang umur ekonomis peralatan. 

e. Customizable Alerts and Notifications

Fitur customizable and notifications ditawarkan sistem untuk mengatur pemberitahuan yang disesuaikan berdasarkan kondisi dan ambang batas tertentu. Fitur production OEE software akan memberikan notifikasi ketika terjadi masalah pada mesin, atau ketika metrik kinerja mesin mencapai titik kritis. Adanya alert yang dapat Anda sesuaikan, akan memudahkan Anda dalam merespons masalah secara proaktif dan mencegah dampak negatif yang lebih besar. 

f. Data Collection and Analysis

Selanjutnya OEE software manufacturing juga menyediakan fitur data collection and analysis, yang dapat mengumpulkan data secara akurat dari berbagai sumber mesin produksi seperti sensor mesin, SCADA systems, dan input operator. 

Data yang dikumpulkan akan sistem analisis untuk memberikan gambaran jelas mengenai efisiensi dan produktivitas mesin, serta membantu dalam membuat keputusan yang lebih baik dan berbasis data, serta merencanakan strategi peningkatan yang lebih efektif.

3. Keunggulan Penggunaan Software OEE

Setelah memahami fitur terbaik production OEE software yang dapat membantu pemantauan efektivitas mesin produksi Anda, ada beberapa keunggulan lainnya yang signifikan sehingga akan memaksimalkan proses manufaktur bisnis Anda. Berikut keunggulan yang akan Anda dapatkan:

a. Peningkatan Kualitas Produk

Software manufaktur OEE ini dengan pemantauan dan analisis metrik kualitas produksi yang real-time, akan membantu Anda mengidentifikasi dan mengatasi masalah kualitas segera setelah muncul. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi tingkat produk yang cacat, dan dapat meningkatkan konsistensi produk. Hal tersebut akan memenuhi standar yang diharapkan oleh pelanggan tetapi juga mengurangi biaya yang terkait dengan produk cacat dan pengembalian barang.

b. Pengurangan Downtime

FItur downtime tracking dan predictive maintenance yang disediakan OEE software manufacturing juga akan memudahkan Anda dalam mengidentifikasi penyebab utama downtime, serta merencanakan pemeliharaan preventif yang lebih baik. Penerapan fitur tersebut akan mengurangi frekuensi dan durasi downtime yang tidak terduga, serta memastikan mesin tetap beroperasi pada tingkat optimal. 

c. Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Pengumpulan dan analisis data produksi yang dilakukan software manufaktur ini akan memberikan gambaran jelas, dan dapat diandalkan untuk efektivitas mesin pabrik manufaktur. Anda akan mudah untuk membuat keputusan yang lebih baik dan berbasis data akurat, sehingga Anda bisa merencanakan strategi peningkatan yang lebih efektif, serta mengidentifikasi tren dan pola yang dapat digunakan untuk perbaikan berkelanjutan.

d. Peningkatan Keandalan dan Umur Mesin

Production OEE software yang menyediakan fitur predictive maintenance juga akan memberikan prediksi akurat untuk setiap mesin produksi yang Anda gunakan, dan mencegah kerusakan mesin sebelum terjadi. Anda dapat merawat mesin secara tepat waktu, dan proaktif, sehingga dapat memperpanjang umur peralatan, serta membuat proses produksi dapat berjalan dengan lebih lancar dan biaya penggantian mesin yang mahal dapat dihindari.

e. Penghematan Biaya

Dengan mengurangi downtime pada mesin produksi, Anda juga dapat meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya sehingga biaya yang Anda keluarkan untuk perawatan mesin akan lebih hemat. OEE software manufacturing akan membuat biaya produksi yang Anda keluarkan lebih hemat secara signifikan, dan bisa Anda gunakan untuk pengembangan produk, teknologi baru, atau inisiatif bisnis lainnya yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

4. Kesimpulan

Dari artikel diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa penerapan OEE software manufacturing adalah hal penting yang harus dilakukan perusahaan manufaktur agar tetap bisa menjaga kualitas produksi yang tinggi dan konsisten. Melalui fitur-fitur canggihnya, sistem akan mengoptimasi setiap pengelolaan mesin produksi Anda di pabrik manufaktur secara maksimal. 

Tidak perlu ragu lagi untuk mengimplementasikan sistem di operasional Anda, karena software OEE ScaleOcean dengan kemudahan penerapan dan dashboard yang user-friendly akan memberikan keunggulan signifikan dengan solusi terbaik kami, sehingga Anda dapat tetap kompetitif dan meningkatkan produktivitas mereka di pasar yang semakin ketat. Segera hubungi tim andalan kami untuk jadwalkan demonya secara gratis. 

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

  Sep 19, 2024        3 Min Read

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis