Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Industri Manufaktur Sistem ERP Solusi Bisnis Solusi ERP

ERP Manufaktur untuk Optimasi Tugas Manajemen Produksi

3 Min Read     Posted on 22 Jul 2024

Share Artikel

Setiap tugas manajemen produksi di perusahaan manufaktur membutuhkan strategi dan pengelolaan yang aktif dan efektif, agar produk yang dihasilkan selalu konsisten dan berkualitas tinggi. Tapi, bagaimana strategi manajemen produksi yang tepat agar mengoptimalkan setiap tahapannya?

Anda bisa menerapkan berbagai strategi manajemen produksi dengan baik yang dilengkapi dengan sistem canggih, yaitu software ERP manufaktur yang akan mengoptimasi seluruh tugas manajemen produksi Anda. Cari tahu di sini bagaimana cara kerja sistem tersebut memaksimalkan manejemen produksi di perusahaan manufaktur.

1. Tugas Manajemen Produksi Adalah

Sebelum masuk ke pembahasan cara kerja software manufaktur mengoptimasi setiap tahapan manajemen produksi, Anda harus memahami konsepnya terlebih dahulu secara utuh. Tugas manajemen produksi adalah serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengendalikan proses produksi dalam sebuah perusahaan manufaktur.

Fokus utama tugas manajemen produksi adalah memastikan produk yang dihasilkan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan, diproduksi dalam jumlah dan waktu yang tepat, dan produk akan selalu tersedia pada saat dibutuhkan untuk pelanggan. Untuk menghasilkan tujuan tersebut, ada tahapan dan proses dengan pengelolaan yang maksimal agar dapat memaksimalkan seluruh operasional manufaktur. 

Selain itu, tugas manajemen produksi adalah aspek penting yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan semua kegiatan produksi dilakukan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Adanya manajemen produksi ini juga menjadi peran penting untuk mengendalikan kualitas produksi yang harus ditetapkan dengan sesuai, serta jadwal produksi yang telah direncanakan. Hal tersebut berguna untuk mengoptimalkan output produksi dengan biaya yang seminimal mungkin. 

2. Optimasi Tugas Manajemen Produksi dengan ERP

Software manufaktur dengan kemampuan optimisasi yang tinggi dan canggih, akan membantu mengoptimalkan setiap tugas dan strategi manajemen produksi Anda sehingga hasil produksi selalu maksimal. Di sini kita akan mengetahui bagaimana cara kerja software ERP manufaktur dalam implementasinya untuk mengoptimasi tugas tugas manajemen produksi adalah sebagai berikut:

a. Perencanaan Produksi

Tugas pertama manajemen produksi adalah proses perencanaan produksi, yang dilakukan untuk memastikan setiap aspek untuk proses produksi telah tersedia dengan baik. Penerapan software manufaktur dengan fitur MPS Master Production Schedule yang canggih akan membuat penjadwalan produksi yang sesuai dengan kondisi operasional manufaktur Anda.

MPS dengan kemampuan ananltiknya dapat mengakses data integrasi dari kapasitas produksi yang tersedia, stok aktual di inventory Anda, sales order, serta permintaan yang masuk agar dapat membuat perencanaan produksi yang sesuai. MPS akan memastikan produksi dilakukan dengan bahan baku, waktu dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan produksi dengan akurat, sehingga Anda tidak perlu khawatir produksi yang kurang atau lebih yang dapat merugikan.

b. Pengelolaan Pengadaan Bahan Baku

ERP manufaktur juga akan mengelola pengadaan bahan baku yang dengan fitur MRP Material Requirement Planning yang akan merencanakan kebutuhan material secara tepat waktu, dan kualitas yang tinggi. MRP mulanya akan memantau bahan baku di gudang secara real-time, sehingga jika bahan baku telah mencapai batas minimum sistem akan memberikan notifikasi langsung mengenai hal tersebut dan secara otomatis akan membuat proses pembelian secara otomatis. 

Pembelian yang dilakukan juga berdasarkan stok aktual yang tersisa, dan permintaan yang masuk. Dengan begitu, bahan baku tidak menumpuk atau kurang karena pembelian yang tidak sesuai. ERP dapat mengurangi risiko human error dan mempercepat proses pengadaan, sehingga bahan baku tersedia tepat waktu dan produksi tidak terganggu.

c. Pemantauan Produksi

Selanjutnya tugas manajemen produksi adalah proses produksi dalam menghasilkan produk yang sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Software manufaktur yang memiliki akses dashboard yang mudah digunakan, akan memberikan Anda laporan real-time mengenai proses produksi secara utuh.

Anda bisa memantau produksi real-time mulai dari status produksi yang dilakukan, bagaimana tingkat penggunaan mesin yang digunakan, serta persediaan yang digunakan untuk produksi. Anda bisa mengetahui hal-hal tersebut dengan mudah sehingga jika terjadi masalah dalam produksi, Anda bisa langsung mengambil tindakan korektif yang sesuai dan mengatasinya secara tepat sebelum menghambat proses produksi. 

d. Pengendalian Kualitas

Tugas manajemen produksi selanjutnya adalah mengendalikan kualitas produk agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan manufaktur. Software manufaktur dengan fitur terbaik quality control akan membantu pengelolaan standar kualitas dengan sempurna, mengelola prosedur inspeksi, dan juga mencatat secara otomatis hasil uji kualitas tersebut secara sistematis. 

ERP dengan akurasinya yang tinggi akan mencatat data kualitas tersebut dalam satu platform terintegrasi, sehingga Anda bisa melakukan analisisnya dengan tepat dan bisa mengidentifikasi tren atau penyebab masalah kualitas dengan cepat. Software juga akan otomatis mendokumentasikan tindakan perbaikan yang sesuai dengan regulasi dan standar industri manufaktur. 

e. Pengelolaan Peralatan dan Mesin

Software manufaktur juga akan mengoptimalkan strategi manajemen produksi yang harus dilakukan perusahaan manufaktur, yaitu mengelola peralatan dan mesin yang digunakan untuk proses produksi. ERP dilengkapi dengan fitur OEE Overall Equipment Effectiveness akan melacak riwayat perbaikan mesin Anda secara real-time, sehingga mudah bagi Anda untuk merencanakan dan menjadwalkan pemeliharaan dan perawatan mesin preventif secara maksimal. 

Dengan sistem ini, Anda akan diberikan notifikasi langsung terkait pemeliharaan rutin yang harus dilakukan mesin produksi, dan masalah yang  terjadi. Melalui solusi canggih dari ERP ini, Anda bisa mengidentifikasi tanda awal kerusakan pada mesin, dan melakukan perbaikan yang sesuai sebelum mengalami masalah yang lebih besar. 

f. Manajemen Gudang Inventory

Tugas manajemen produksi juga mencakup pengelolaan manajemen gudang inventory di pabrik manufaktur menjadi lebih terorganisir dan efisien. Software manufaktur juga menyediakan solusi terbaik untuk tugas ini dengan pelacakan real-time yang canggihnya. Anda bisa melacak stok aktual yang dimiliki, sehingga bisa mengoptimalkan penggunaan ruang gudang untuk mengurangi risiko kehilangan dan kerusakan barang.

Sistem juga akan mengoptimalkan pengelolaan stok yang lebih efisien dengan penentuan level stok minimum dan maksimum berdasarkan demand forecasting yang dianalisis. Dengan begitu, proses produksi dan pengadaan bahan baku di gudang akan terjaga dengan aman dan selalu tersedia saat dibutuhkan. Manajemen inventaris dengan ERP akan lebih baik,  sehingga perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya penyimpanan.

f. Pengendalian Biaya Produksi

Manajemen produksi juga mencakup pengendalian biaya produksi dengan maksimal, dan software manufaktur pasti menyediakan solusi tepat untuk pengelolaan ini. ERP dengan kemampuan integrasi canggihnya dapat melacak biaya produksi yang Anda gunakan, dan menginformasikannya secara akurat dan real-time. Setiap biaya yang dikeluarkan untuk produksi, sistem akan mendokumentasikannya dengan akurat, sehingga Anda bisa mengidentifikasinya dan menganalisa dengan mudah.

Selain itu, software manufaktur ini juga dilengkapi dengan solusi penganggaran dan pelaporan tepat, yang akan membantu Anda memantau kinerja biaya dengan anggaran yang telah dibuat sistem dengan sesuai berdasarkan pengeluaran periode sebelumnya dan permintaan pelanggan yang diakses. Solusi kontrol biaya yang ditawarkan ERP ini akan membantu Anda meningkatkan profitabilitas dan daya saing di pasar.  

g. Pengelolaan Tenaga Kerja

Solusi ERP manufaktur yang dapat mengoptimasi tugas manajemen produksi adalah modul manajemen tenaga kerja, yang dapat membuat secara otomatis work order yang sesuai untuk memaksimalkan proses produksi manufaktur. Sistem juga bisa membuat perencanaan jadwal kerja karyawan, melacak waktu kerjanya, dan melakukan penilaian kinerja karyawan secara akurat.

Sistem manufaktur ini akan membuat penjadwalan tenaga kerja yang efisien berdasarkan kebutuhan produksi, serta ketersediaan karyawan di perusahaan manufaktur. Dengan penerapan software ERP manufaktur ini, akan membantu kegiatan operasional manufaktur dengan produktivitas tenaga kerja yang optimal dan sesuai. 

3. ScaleOcean, ERP Tepat untuk Manajemen Produksi Anda

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja software manufaktur dalam mengoptimalkan setiap tugas dan strategi manajemen produksi, Anda harus memilih sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik bisnis Anda. 

Tapi tidak perlu bingung untuk memilih yang tepat, karena ScaleOcean dapat menjadi opsi terbaik bagi Anda. ERP provider ScaleOcean kami memiliki kemampuan kustomisasi yang canggih, sehingga Anda tidak perlu mengimplementasikan solusi secara menyeluruh dan hanya yang sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda. Dengan begitu, biaya yang Anda keluarkan untuk menerapkan sistem ERP juga akan lebih efisien dan lebih hemat bukan?

Tidak hanya itu, ScaleOcean juga menjadi sistem dengan implementasi dan akses yang mudah digunakan karena memiliki UI yang user-friendly, dan memastikan setiap karyawan Anda dapat menggunakannya dengan mudah. ScaleOcean akan mengubah proses bisnis manufaktur Anda lebih mudah dan lebih canggih, sehingga kualitas produk yang dihasilkan akan selalu konsisten dan selalu terbaik. Tidak perlu berpikir lebih lama, segera terapkan sistem kami di operasional bisnis Anda. 

4. Kesimpulan

Artikel ini bisa kita tarik kesimpulan, bahwa setiap tugas manajemen produksi adalah aspek yang membutuhkan pengelolaan efektif dan canggih untuk memaksimalkan proses manufaktur. Untuk itu, Anda harus menerapkan software ERP manufaktur yang memiliki banyak solusi dan fitur canggih untuk mengoptimasi setiap tugas manajemen produksi. 

Untuk mendapat pengalaman menggunakan software manufaktur yang mudah digunakan, ScaleOcean ERP manufaktur menyediakan solusi terbaik untuk manajemen produksi Anda yang lebih baik dan optimal. Informasi lebih lanjutnya dapat Anda konsultasikan dengan penjadwalan demo gratis dengan tim ahli ScaleOcean. Hubungi tim kami!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

  Sep 19, 2024        3 Min Read

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis