Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo ūüĎč

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
POS Sales Sistem ERP Solusi ERP

Sistem POS : Solusi Ampuh Tingkatkan Penjualan

3 Min Read     Posted on 07 Oct 2022

Share Artikel

Sistem POS adalah software yang berperan penting dalam mengoptimalkan penjualan di perusahaan Anda. Banyak manfaat point of sale lainnya yang juga bisa Anda rasakan seperti melancarkan proses transaksi yang terjadi, memudahkan memantau stok, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengelola seluruh transaksi di berbagai cabang bisnis hanya dari satu aplikasi POS. 

Sistem ini merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang perlu diterapkan di perusahaan Anda. Dengan software automasi ini, bisnis Anda dapat menyederhanakan pekerjaan yang semakin lama semakin kompleks. Sehingga sistem ini memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Lalu, apa lagi manfaat aplikasi point of sale yang bisa Anda dapatkan? Mari kita bahas sistem POS secara lengkap di artikel ini.

1. Pengertian Sistem POS

Sistem point of sales (POS) adalah sebuah software yang akan membantu Anda sebagai pemilik bisnis dalam melakukan seluruh tahapan penjualan secara otomatis. Proses kerja point of sale adalah mencatat data pembeli, mengelola permintaan customer, mencetak struk dari mesin kasir, hingga menyediakan berbagai macam jenis pembayaran baik online maupun offline. Mungkin Anda akan lebih mengenalnya dengan sebutan aplikasi kasir.

Dengan software POS, Anda tidak perlu lagi mengelola transaksi penjualan secara manual, dimana akan sangat merepotkan dan menghabiskan banyak waktu. Selain itu, Anda juga bisa menghemat tempat dan ruang penyimpanan, karena sistem ini menggunakan penyimpanan terpusat dan aplikasinya bisa diterapkan ke seluruh perangkat seperti tablet dan smartphone. Jadi lebih efisien dan modern.

Manfaat POS semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Awalnya, software ini hanya fokus untuk mengelola transaksi jual beli saja. Sekarang, software POS bisa membantu Anda dalam menjalankan seluruh operasional yang terkait dengan sales dan data transaks, seperti pemantauan stok barangnya dalam inventaris, pengadaan, manajemen pelanggan, laporan keuangan, hingga laporan penjualan. Jadi, cukup menggunakan aplikasi POS untuk melakukan transaksi secara cepat.

2. Fitur Terlengkap Sistem POS

Dalam satu aplikasi POS terdiri dari beberapa solusi yang bisa digunakan untuk mendukung kemudahan bisnis Anda dalam mengelola seluruh transaksi. Berikut fitur-fitur yang harus ada di software Anda.

a. Product Tracking

Dengan fitur ini, pembeli bisa menemukan produk yang mereka cari dengan mudah dan cepat. Setiap barang di perusahaan Anda akan ditandai dengan barcode. Untuk mencari ataupun melacaknya, Anda dan customer cukup melakukan pemindaian di kode batang tersebut. Sehingga, proses checkout jadi lebih cepat dan pengalaman pelanggan pun juga meningkat.

b. Inventory Tracking

Sekarang mengontrol stok produk tidak lagi terasa merepotkan. Seluruh barang akan dikelompokkan dan diberi barcode khusus, supaya Anda mudah dalam memantau ketersediaan barang di seluruh lokasi cabang bisnis. Dapatkan notifikasi ketika low-stock, sehingga tidak ada lagi yang namanya kekurangan dan kelebihan produk.

c. Customer Management

Sistem POS Anda perlu untuk memiliki fitur CRM ini. Anda bisa menyimpan informasi pembeli secara otomatis. Dengan adanya data tersebut akan sangat memudahkan Anda dalam membuat strategi pemasaran yang personal. Anda bisa memberikan diskon, promo, dan tawaran menarik lainnya yang sesuai dengan karakteristik customer. Sehingga loyalitas pelanggan Anda pun meningkat.

d. Transaksi Refund

Anda tidak perlu bingung lagi ketika ada pembeli yang meminta refund. Dengan fitur ini, mengelola proses pengembalian barang dan uang serta pembatalan transaksi jadi lebih mudah tanpa menimbulkan masalah. Proses ini bisa Anda lakukan berdasarkan aturan return yang sudah dibuat sebelumnya. 

e. St‚Äčaff Management

Fitur staff management memudahkan Anda dalam mengatur jadwal shift, tugas harian, hingga jam kerja karyawan di seluruh lokasi cabang. Selain itu, Anda juga bisa mengawasi kinerja mereka dengan melacak absen dan juga hasil kerja. Sehingga, produktivitas pegawai Anda pasti meningkat pesat.

e. Real-time Reporting

Sistem POS sangat mendukung Anda untuk memantau laporan penjualan dan laporan keuangan secara real-time. Anda bisa mengetahui seluruh informasi terbaru secara detail dan buat keputusan yang tepat berdasarkan data tersebut. Pantau kemajuan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun.

3. Manfaat Point of Sale

Setelah mengetahui berbagai fitur sistem POS, sekarang saatnya Anda mengetahui keuntungan untuk bisnis Anda ketika menggunakan software POS.

a. Mempercepat Transaksi

Sistem POS memudahkan Anda dalam melalui seluruh proses penjualan dari awal sampai akhir. Pembeli bisa melihat-lihat produk, memilih, dan melakukan transaksi hanya melalui satu software saja. Berikan promosi, diskon, dan program loyalitas lainnya untuk membuat customer semakin tertarik melakukan transaksi kedepannya.

b. Memudahkan Pembayaran

Hanya dalam satu aplikasi POS, Anda sudah bisa melakukan perhitungan secara otomatis dan mencetak struk dengan cepat dan akurat. Software POS juga memberikan beberapa metode pembayaran seperti tunai, non tunai, kartu debit, kartu kredit, dan juga dompet digital. Sehingga, bisnis Anda bisa menghindari terjadinya antrian panjang di toko dengan memudahkan pembeli dalam melakukan pembayaran.

c. Keamanan Data Terjamin

Manfaat dari point of sale selanjutnya adalah menjaga keamanan informasi di bisnis Anda. Seluruh data penting akan tersimpan dalam penyimpanan terpusat. Segala perubahan yang dilakukan sekecil apapun pasti akan terlacak dan tercatat secara otomatis. Sehingga, keamanannya terjamin dan kecil kemungkinan data tersebut akan hilang. 

Namun, sistem POS akan selalu melakukan backup secara berkala. Keamanan pun semakin terjamin karena adanya batasan authorized user. Anda bisa menentukan peran masing-masing karyawan, baik itu pemilik, pelihat, editor, dan lainnya. Hanya pihak yang berwenanglah yang bisa mengaksesnya.

d. Stok Lebih Terkontrol

Seperti yang kita tahu, sistem ini terintegrasi dengan solusi inventaris, dimana akan memudahkan Anda dalam memantau jumlah persediaan di seluruh lokasi gudang. Anda bisa mengetahui jenis barang apa yang paling laris terjual, berapa jumlahnya, dan kapan harus melakukan restok secara tepat dan akurat. Selain itu, seluruh perubahan informasi yang berkaitan dengan produk, harga, dan jumlah barang akan langsung terupdate secara otomatis ke seluruh outlet bisnis Anda.

4. Kesimpulan

Dari penjelasan lengkap tentang sistem POS di atas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali manfaat software point of sale untuk bisnis Anda. Dimana software ini akan melancarkan seluruh proses penjualan dan memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan keuntungan perusahaan. Percayakan seluruh proses transaksi bisnis Anda ke Sistem POS ScaleOcean, dapatkan fitur terlengkap dan dukungan penuh untuk kemajuan perusahaan Anda.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

5 Komponen Utama Laporan Penjualan di Aplikasi POS

  May 31, 2023        3 Min Read

5 Komponen Utama Laporan Penjualan di Aplikasi POS

6 Macam Metode Pembayaran di Aplikasi POS Online

  May 31, 2023        3 Min Read

6 Macam Metode Pembayaran di Aplikasi POS Online

Bagaimana POS Mendukung Manajemen Rantai Pasok?

  May 31, 2023        3 Min Read

Bagaimana POS Mendukung Manajemen Rantai Pasok?

Mengenali Perbedaan Aplikasi POS dan Mesin Kasir

  May 31, 2023        3 Min Read

Mengenali Perbedaan Aplikasi POS dan Mesin Kasir

REKOMENDASI

Artikel Terkait