Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo ūüĎč

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
CRM Customer Sistem ERP Solusi ERP

6 Fitur Aplikasi CRM yang Harus Anda Miliki

3 Min Read     Posted on 10 Oct 2022

Share Artikel

Aplikasi CRM adalah sebuah software yang digunakan untuk memudahkan perusahaan dalam mencari, mengelola, dan menjaga hubungan baik dengan customer. Jadi, manajemen hubungan pelanggan akan melancarkan seluruh tahapan funnel di bisnis Anda. Dengan menggunakan berbagai macam fitur CRM, Anda tidak perlu lagi susah-susah memeriksa dan menulis data customer secara manual.

Fitur aplikasi CRM untuk mendukung Anda mengelola segala hal terkait informasi pelanggan secara otomatis, jadi jauh lebih efisien dan efektif. Seluruh fiturnya cocok diterapkan ke seluruh jenis perusahaan, mulai dari yang berskala kecil sampai yang besar sekalipun. Nah, tahukah Anda fitur CRM terpenting yang harus ada di bisnis Anda? Mari kita bahas secara lengkap di artikel ini.

1. Sales Pipeline

Fitur CRM pertama yang wajib ada adalah Sales Pipeline. Leads memiliki peranan yang penting dalam suatu perusahaan, baik dapat meningkatkan penjualan maupun keuntungan.  Anda harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat untuk bisa memindahkan leads ke tahap funnel yang lebih serius dan mengubah leads menjadi pelanggan. 

Dengan fitur aplikasi CRM ini, Anda bisa melakukannya secara mudah. Pertama, Anda bisa menentukan kriteria masing-masing funnel. Karakteristiknya bisa berupa lamanya waktu berselancar di website hingga ketertarikan terhadap produk. Lalu, fitur ini akan membantu Anda dalam mengelompokkan calon pelanggan ke tahapan marketing yang sesuai. 

Fungsi dari sales pipeline adalah memudahkan Anda dalam mengelola dan memantau seluruh tahapan penjualan. Sehingga, Anda mengetahui urgensi dari masing-masing funnel, dan bisa memberikan keputusan yang tepat. Proses bisnis ke depannya pun bisa berjalan lancar.

Bayangkan jika Anda masih mengelolanya secara manual, pasti akan sangat melelahkan dan menghabiskan banyak sekali waktu. Dengan memiliki fitur dari sistem CRM ini, Anda cukup melakukan drag dan drop untuk memindahkan calon customer ke tingkat funnel selanjutnya jadi sangat cepat, efektif, dan efisien.

2. Sales Order Otomatis

Fitur aplikasi CRM satu ini hadir untuk memberikan Anda kemudahan dalam membuat dokumen penawaran penjualan untuk potensial customer. Seperti yang kita tahu, penawaran yang diberikan ke masing-masing leads itu berbeda. Maka dari itu dibutuhkan sebuah tools yang bisa mengotomatiskan semuanya. 

Dengan sales order otomatis, Anda bisa membuat penawaran personalisasi secara otomatis. Untuk meningkatkan efisiensi, mengirimkan ke berapa banyak leads sekaligus pun sangat mungkin Anda lakukan. Sehingga, mempermudah Anda dalam melakukan closing transaksi dan proses penjualan bisa berjalan lebih lancar.

3. Database Pelanggan

Informasi customer adalah jantung perusahaan karena semua proses bisnis pasti akan membutuhkannya, terutama marketing dan sales. Setelah berhasil mendapatkan prospek customer, langkah tepat yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan seluruh informasi mereka. Anda bisa mendapatkannya dari sosial media, website, email, ataupun ketika mereka melakukan registrasi akun. Untuk menyederhanakan prosesnya, Anda butuh CRM yang bisa mencatat seluruh data pembeli secara otomatis. 

Dengan fitur CRM ini, data pelanggan akan disimpan di penyimpanan inventaris yang sangat aman. Seluruh informasi customer mulai dari biodata, email, persyaratan, penawaran, pesanan, dan permintaan akan otomatis tercatat dan tersimpan rapi di database yang keamanannya sudah pasti terjamin.

Fitur ini penting untuk digunakan agar meminimalisir human error mulai dari kesalahan input data ataupun kehilangan berkas penting karena semuanya sudah memakai sistem automasi. Selain itu, Anda bisa mengatur siapa saja yang memiliki akses ke informasi tersebut. Jadi, Anda bisa memantau perubahan data sekecil apapun.

4. Performance Tracking

Memantau produktivitas karyawan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, banyak pekerjaan penting lainnya yang perlu untuk lebih diperhatikan.  Namun, fitur CRM ini hadir sebagai salah satu fitur yang dapat memudahkan Anda dalam melacak kinerja sales secara efektif. Anda bisa melihat berapa tingkat penjualan dalam sebulan, lamanya waktu dalam closing sales, produk apa yang paling laris terjual dan mana yang kurang peminatnya, serta masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, fitur aplikasi CRM ini juga membantu divisi marketing dalam melakukan pekerjaannya, mulai dari memudahkan dalam menentukan KPI yang tepat untuk bisnis, program royalitas,  dan juga strategi marketing mana yang sesuai dengan pelanggan untuk target customer.

5. Email Marketing

Menarik perhatian pembeli tidak melulu harus melalui website, sosial media, dan iklan. Namun, bisa juga dengan menggunakan email. Kenyataannya, fitur aplikasi CRM ini banyak membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan karena menargetkan customer yang memang sudah ada ketertarikan dengan produk Anda. Sehingga hal yang perlu Anda lakukan sebagai digital marketer adalah membuat isi konten dan promosi menarik yang sesuai dengan interest mereka. 

Contohnya, seseorang yang sering mengunjungi halaman tiket pesawat di website Anda menandakan dia tertarik dengan traveling atau memiliki rencana untuk bepergian. Sehingga, program loyalitas yang tepat untuk Anda tawarkan adalah memberikan potongan harga tiket pesawat ataupun diskon destinasi wisata.

Nah, fitur CRM ini dapat meningkatkan penjualan lebih optimal jika dikombinasikan dengan Marketing Automation. Anda jadi lebih leluasa mengirim pesan secara otomatis ke seluruh target pelanggan melalui email dalam waktu yang sangat singkat.

6. Real-time Reporting

Fitur satu ini akan membantu Anda untuk memiliki wawasan komprehensif tentang progres marketing di perusahaan. Anda bisa mendapatkan seluruh informasi secara akurat tentang pelanggan dan penjualan. Selain itu, Anda pun bisa mengaksesnya dimana saja dan kapan saja.

Software CRM mendukung Anda untuk bisa mengelola dan memantau bisnis secara fleksibel. Anda tidak perlu takut akan ketinggalan data real-time yang ada di perusahaan, karena sistem ini juga bisa diakses melalui perangkat apapun. Dengan begitu, Anda bisa membuat keputusan tepat secara lebih tepat berdasarkan informasi yang ada.

7. Kesimpulan

Dengan fitur CRM di atas, akan sangat membantu pengelolaan seluruh proses marketing di perusahaan Anda. Untuk memaksimalkan manfaat software CRM, Anda bisa mengintegrasikannya dengan modul ERP lainnya. Temukan fitur aplikasi CRM terbaik di ScaleOcean. Satu software yang bisa tingkatkan profit dan dukung kemajuan bisnis Anda!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Ketahui Apa itu Purchasing dan Proses Bisnisnya

  Dec 08, 2023        3 Min Read

Ketahui Apa itu Purchasing dan Proses Bisnisnya

ScaleOcean Dukung Penerapan Inovasi Software Warehouse

  Dec 07, 2023        3 Min Read

ScaleOcean Dukung Penerapan Inovasi Software Warehouse

Kenali Metode Average untuk Kelola Penyimpanan di Gudang

  Dec 07, 2023        3 Min Read

Kenali Metode Average untuk Kelola Penyimpanan di Gudang

e Voting, Solusi Digital Sistem Pemilu di Indonesia

  Dec 06, 2023        3 Min Read

e Voting, Solusi Digital Sistem Pemilu di Indonesia

REKOMENDASI

Artikel Terkait