Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo ūüĎč

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Pengertian ERP Sistem ERP Solusi Bisnis Solusi ERP

10 Modul ERP yang Wajib Anda Ketahui

3 Min Read     Posted on 20 Dec 2022

Share Artikel

Sebelum memutuskan solusi apa yang akan digunakan untuk perusahaan, Anda wajib mengenal modul Enterprise Resource Planning apa saja yang sangat penting untuk menunjang kinerja dan mengoptimalkan produktivitas. Selain memiliki beragam manfaat, sistem ini juga terdiri dari berbagai jenis solusi yang di tawarkan dalam bentuk modul.

Setiap perusahaan membutuhkan macam-macam modul sistem ERP yang berbeda, namun ada solusi umum yang sudah pasti dibutuhkan semua bisnis. Walaupun software ERP yang ditawarkan berbagai provider memiliki keunggulan yang berbeda-beda, tetapi pada dasarnya prinsip yang digunakan dalam sistem ini adalah sama. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas sepuluh jenis modul ERP dan penjelasannya yang wajib Anda ketahui. 

1. Asset Management

Hal terpenting dalam sebuah perusahaan adalah aset yang mereka miliki. Manfaat dari penerapan asset management pada perusahaan bisa mengurangi pengeluaran, meningkatkan pemasukan, mempertahankan nilai barang, meningkatkan keamanan, memudahkan penyusunan anggaran, mencegah pembelian yang berlebih, dan menghitung depresiasi aset secara otomatis. Fitur-fitur yang terdapat dalam solusi manajemen aset ada real-time tracking, automasi kontrak, pemeliharaan rutin, melacak arus barang keluar masuk, manajemen barcode, dan pelaporan aset akurat.

2. Manajemen Akuntansi

Perusahaan membutuhkan modul akuntansi pada sistem ERP untuk menyederhanakan pengelolaan arus kas, pencatatan pembayaran hutang-piutang, dan transaksi lainnya yang terjadi secara berulang. Pasalnya, mengelola keuangan secara manual memungkinkan terjadinya kesalahan atau adanya data yang terlewat. Dengan modul ini, Anda tidak perlu lagi membuang waktu lama untuk mendapatkan pelaporan keuangan perusahaan secara real-time. Fitur yang ada di accounting management sangat beragam mulai dari cashflow forecasting, e-faktur otomatis, rekonsiliasi bank, laporan akurat, budget management, dan perhitungan pajak otomatis.

3. Project Management

Solusi ini merupakan salah satu macam-macam modul ERP utama yang harus dimiliki oleh seluruh perusahaan, terutama dalam bidang jasa dan layanan. Manajemen proyek membantu bisnis Anda dalam seluruh proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, hingga pelacakan progress proyek. Fitur-fitur yang terdapat dalam modul project management adalah dashboard proyek, project planning, manajemen tugas, budget management, timesheet, hingga laporan proyek real-time.

4. Inventory Management

Inventory management atau manajemen inventaris sangat diperlukan di berbagai usaha agar dapat mengontrol stok barang yang dimiliki secara mudah. Dengan solusi ini, Anda bisa mengetahui jumlah persediaan dengan baik, sehingga seluruh permintaan konsumen dapat terpenuhi. Beberapa fitur yang terdapat di dalam modul ini adalah forecasting inventory, penyesuaian stok, low-stock notification, tracking gudang, pelacakan lot dan nomor seri barang, hingga stock request.

5. Purchasing Management

Kelebihan e-purchasing adalah dapat mengotomatiskan proses pengadaan di perusahaan. Seperti yang kita tahu, tahapan procurement sangatlah kompleks dan butuh ketelitian dalam melakukannya. Maka dari itu modul satu ini mempunyai peranan penting, terutama untuk bisnis manufaktur, ritel, dan grosir. 

Jika perusahaan Anda melakukan pengadaan dengan tepat, maka biaya pengeluaran bisa semakin mengecil. Maka dari itu, purchasing management juga membantu Anda dalam mengendalikan pengeluaran. Barang yang akan dibeli ke supplier disesuaikan dengan permintaan konsumen. Jadi, tidak ada kelebihan ataupun kekurangan stok barang.

6. Customer Relationship Management

CRM pada software ERP dapat membantu perusahaan dalam mengelola hubungan baik dengan pelanggan. Solusi ini mengotomatiskan pencatatan informasi seluruh customer Anda, sehingga datanya sudah pasti akurat. Nah, data tersebut bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam membuat strategi pemasaran yang tepat. Selain mencatat data pelanggan, ada fitur lainnya yang juga bisa memudahkan proses marketing Anda seperti email marketing, sales order otomatis, database pelanggan, sales pipeline, performance tracking, sales pipeline, hingga laporan real-time.

7. Point of Sales

Selain macam-macam modul ERP di atas, ada juga solusi POS yang bisa meningkatkan penjualan di perusahaan Anda. Dengan modul ini, Anda dapat memudahkan proses pemenuhan permintaan pelanggan hingga proses pembayaran. Bahkan, Anda juga bisa mengelola pengembalian barang ataupun pembatalan pembelian dengan mudah tanpa memunculkan masalah menggunakan solusi point of sale. 

8. Human Resource Management

Solusi HRM  sangat berguna untuk mengatur pengelolaan sumber daya manusia yang ada di dalam suatu perusahaan, agar lebih efektif dan efisien dari sebelumnya. Modul human resource management akan membantu Anda dalam melacak seluruh kegiatan dan progress pekerjaan karyawan Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan penggajian dan rekrutmen jadi jauh lebih mudah dengan satu solusi ini,

9. Document Management

Modul ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin merampingkan proses buat, edit, dan kelola dokumen penting perusahaan. Ingin meminta tanda tangan persetujuan kepada pihak manajemen, tapi sedang di luar kota? tenang saja, Anda tetap bisa melakukannya jika menerapkan solusi manajemen dokumen. Dengan modul ini, Anda bisa mengelola seluruh data secara fleksibel, dari manapun dan kapanpun tanpa adanya batasan lokasi dan waktu. 

10. Booking Management

Manajemen pemesanan dapat memproses semua kegiatan yang terlibat dalam memenuhi pesanan pelanggan dari aplikasi apapun. Tahapannya dimulai dengan membuat pesanan baru dan atau memperbarui akun pelanggan. Kemudian melakukan aktivitas pengecekan terkait fasilitas, seperti memeriksa dan memantau ketersediaan. Lalu, Anda bisa memberikan informasi yang akurat kepada calon customer tersebut. Fitur-fitur yang terdapat dalam modul ini ada manajemen waktu, portal pelanggan, integrasi kalender, sistem pembayaran, reminder janji temu, dan laporan analisis.

11. Kesimpulan

Macam-macam modul ERP dan penjelasannya di atas, dapat disimpulkan bahwa semuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan tugasnya. Jika perusahaan Anda menerapkan semua solusi ERP ini, bayangkan berapa biaya yang bisa dihemat dan waktu yang tidak terbuang percuma, karena proses bisnis dapat berjalan lebih optimal dan efisien. Sehingga, bisnis Anda memiliki potensi keuntungan yang lebih besar daripada sebelumnya.

Percayakan seluruh pekerjaan di perusahaan Anda kepada Scale 360 ERP dari ScaleOcean. Software ERP dengan berjuta kelebihan untuk Anda, mulai dari tidak adanya batasan pengguna, harga yang cost-efficient, bisa dikustomisasi, hingga dukung penuh dari tim kami yang siap membantu kapan saja. Transformasikan bisnis Anda mulai dari sekarang dan rasakan manfaatnya!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

5 Komponen Utama Laporan Penjualan di Aplikasi POS

  May 31, 2023        3 Min Read

5 Komponen Utama Laporan Penjualan di Aplikasi POS

6 Macam Metode Pembayaran di Aplikasi POS Online

  May 31, 2023        3 Min Read

6 Macam Metode Pembayaran di Aplikasi POS Online

Bagaimana POS Mendukung Manajemen Rantai Pasok?

  May 31, 2023        3 Min Read

Bagaimana POS Mendukung Manajemen Rantai Pasok?

Mengenali Perbedaan Aplikasi POS dan Mesin Kasir

  May 31, 2023        3 Min Read

Mengenali Perbedaan Aplikasi POS dan Mesin Kasir

REKOMENDASI

Artikel Terkait