Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
CRM Marketing Sistem ERP Solusi ERP

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan dengan CRM

3 Min Read     Posted on 13 Oct 2022

Share Artikel

Sebuah bisnis tidak dapat eksis tanpa pelanggannya. Customer berperan penting sebagai sumber daya paling berharga untuk setiap jenis usaha di dunia. Mereka adalah orang-orang yang membeli produk dan layanan Anda, membuat bisnis dapat keuntungan, dan membangun brand awareness di masyarakat. Selain itu, mereka juga turut memasarkan produk Anda melalui Word of Mouth, yaitu dengan menyebarkan review positif di media sosial, teman, dan keluarga.

Pertahankan pelanggan Anda dengan software CRM. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan dan menyederhanakan seluruh proses marketing. Dengan adanya database pelanggan, Anda bisa memberikan program royalitas yang personal ke masing-masing customer. Penasaran kan apa lagi peran CRM bagi perusahaan? Mari kita membahasnya.

1. Mengelola Data Pelanggan

Dengan CRM, Anda dapat mengumpulkan seluruh data tentang pembeli, leads, sampai target customer jadi lebih mudah. Gunakan informasi tersebut untuk memberikan pengalaman yang lebih personal bagi mereka. Persoalan pribadi ini terbukti sangat membantu dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Berikut adalah peran customer relationship management dalam mengelola data customer:

a. Buat Pesan Personalisasi

Sistem satu ini membantu perusahaan Anda dalam menunjukkan kepedulian terhadap customer. Anda bisa mengetahui seluruh data pribadi mereka, baik itu hari ulang tahun, tanggal pembelian pertama, dan hari istimewa lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk membuat strategi marketing yang tepat dengan pesan yang sangat personal ke masing-masing pelanggan.

b. Lacak Informasi Terbaru

Mencatat seluruh data pembelian sangatlah penting. Anda bisa tahu mana produk yang paling diminati dan yang tidak. Dengan software ini, semua informasi tersebut akan tercatat secara otomatis mulai dari tanggal pembelian, jam datang dan keluar, lalu juga barang apa saja yang dibeli. Hal ini tentu saja memudahkan Anda untuk menentukan forecasting sales kedepannya.

c. Kampanye yang Lebih Tertarget

Demografi dan perilaku customer yang tercatat di database pelanggan, dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk membuat kampanye tertarget. Anda dapat mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk pemasaran di daerah tertentu jika laporan menunjukkan bahwa wilayah tersebut memiliki peluang penjualan yang tinggi. CRM akan membantu Anda mengetahui kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

2. Meningkatkan Interaksi

Interaksi adalah kunci untuk mempertahankan pelanggan. Dengan software ini, Anda dapat rutin berkomunikasi dengan mereka. CRM dapat mengotomatiskan pengiriman teks baik melalui SMS, email, sosial media ataupun aplikasi. Respon yang diberikan pun bisa beraneka ragam mulai dari ucapan terima kasih telah melakukan pembelian, menanggapi masalah ataupun pertanyaan, memberikan promosi dan juga penawaran eksklusif.

3. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Customer Relationship Management membantu Anda dalam memperoleh wawasan tentang pelanggan mulai dari produk apa yang mereka minati hingga produk apa yang sedang mereka cari. Semua informasi tersebut bisa didapatkan secara otomatis dari riwayat pembelian dan aktivitas sosial media mereka. Dengan semua data yang Anda miliki, membangun strategi pemasaran yang sesuai dengan masing-masing karakteristik customer pun jadi lebih mudah. Sehingga, royalitas pelanggan meningkat karena keinginannya bisa terpenuhi dengan baik.

4. Memantau Opini Masyarakat

Mempertahankan citra yang baik di masyarakat sangatlah penting dalam menentukan kesuksesan bisnis Anda. Seperti yang kita tahu, pembeli adalah raja. Jadi, berikan pelayanan terbaik semaksimal mungkin kepada mereka. Ketahui permasalahan yang mereka rasakan terhadap produk Anda dengan rutin melakukan survey pelanggan. 

Selain itu, Anda pun juga bisa mengetahui tingkat kepuasan mereka dengan melihat review mereka. Kemungkinan mendapatkan opini yang tidak bagus pun menurun karena perusahaan Anda bisa mengatasinya secara baik dengan bantuan CRM.

5. Menetapkan Program Loyalitas

Memiliki program promosi yang terencana memungkinkan Anda untuk mengetahui setiap progress tahapannya. Anda bisa membagi customer ke beberapa kategori dan berikan promosi yang berbeda-beda sesuai dengan kelompoknya. Software CRM membantu menciptakan program loyalitas dengan cara:

a. Mengelompokkan Customer

Dengan CRM, Anda dapat membuat kelompok pelanggan sesuai dengan tahapan customer journey. Fungsi dari pengelompokan ini adalah untuk mempermudah Anda dalam memantau kemajuan program dan memberikan strategi promosi yang paling sesuai. 

b. Memberikan Penawaran Khusus

Berikan promo spesial yang berbeda-beda untuk setiap kelompok. Tentukan penghargaan yang paling tepat sesuai karakteristik mereka, terutama untuk pelanggan setia Anda. Selain itu, Anda pun juga bisa memberikan penawaran khusus yang lebih personal. Contohnya, potongan harga di hari ulang tahun.

6. Maksimalkan Kepuasan Customer

Tingkatkan pengalaman pelanggan dalam melakukan pembelian. Berikan kemudahan kepada mereka dalam mencari informasi tentang produk. Merespon seluruh pertanyaan dan permintaan mereka secara cepat. Lalu, pertahankan pelayanan yang baik. Kepuasan customer pun akan meningkat ketika mereka mendapatkan pengalaman belanja yang seru.

7. Kesimpulan

Membangun loyalitas pelanggan adalah salah satu hal terpenting yang harus bisnis Anda lakukan. Dengan menggunakan software CRM, Anda dapat membuat strategi marketing yang tepat dan memberikan layanan yang lebih unggul.

Software CRM memungkinkan Anda untuk menyederhanakan proses marketing dengan pencatatan data secara otomatis dan penyimpanan terpusat. Sehingga tingkat retensi dan konversi pun meningkat pesat. Dapatkan fitur terlengkap CRM dari ScaleOcean untuk mendukung kemajuan bisnis Anda.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Yuk Cermati Cara Menghitung RAB Bangunan Berikut!

  Feb 21, 2024        3 Min Read

Yuk Cermati Cara Menghitung RAB Bangunan Berikut!

Arti RAB dalam Proyek, Cara Buat, dan Contohnya

  Feb 21, 2024        3 Min Read

Arti RAB dalam Proyek, Cara Buat, dan Contohnya

Ketahui 11 Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia

  Feb 21, 2024        3 Min Read

Ketahui 11 Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia

REKOMENDASI

Artikel Terkait