Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Industri Manufaktur Informasi Bisnis Produksi Solusi Bisnis

Ini 6 Tips Mencari Supplier Terbaik untuk Pabrik Produksi

3 Min Read     Posted on 30 Jul 2024

Share Artikel

Keberhasilan proses produksi merupakan satu hal yang menjadi acuan perusahaan manufaktur untuk mencapai keberhasilan bisnis secara menyeluruh. Sehingga setiap aspek dalam produksi menjadi aspek yang harus diperhatikan sedetail mungkin. Apalagi pemilihan supplier pabrik manufaktur yang menjadi bagian terpenting di proses produksi.

Perusahaan manufaktur harus memiliki penyuplai pemasok bahan baku yang tepat dengan bahan yang berkualitas tinggi, dan penting untuk memastikan kelancaran rantai pasok untuk efisiensi operasional. Di sini Anda akan mengetahui apa saja tips dan cara mencari supplier terbaik untuk pabrik manufaktur Anda. Simak selengkapnya di sini!

1. Peran Supplier Pabrik Produksi

Penyuplai pemasok bahan baku adalah aspek terpenting yang harus dipilih dan dikelola dengan baik di perusahaan manufaktur, sehingga supplier pabrik yang dipilih harus handal dan memiliki bahan baku yang berkualitas tinggi. Namun, itu saja tidak cukup. 

Supplier yang handal akan menjadi peran krusial di proses manufaktur yang tidak hanya akan menyediakan bahan baku yang diperlukan untuk proses produksi, tapi juga akan memastikan ketersediaan material yang tepat waktu dan dalam jumlah yang tepat. Tanpa adanya supplier yang dipilih dengan tepat, perusahaan bisa saja menghadapi hambatan besar yang dapat menunda jalannya proses produksi, bahkan peningkatan biaya operasional.

Supplier yang dapat menyediakan bahan baku berkualitas tinggi akan membantu perusahaan manufaktur dalam menghasilkan produk yang memenuhi atau bahkan melampaui ekspektasi pelanggan. Sebaliknya, bahan baku yang berkualitas rendah dapat menyebabkan cacat produk, yang tidak hanya merugikan dari segi finansial, tetapi juga dapat merusak reputasi perusahaan di pasar. Maka dari itu, penting untuk memilih penyuplai pemasok yang terbaik dan handal dalam mengelola kualitas dan jalannya rantai pasok di pabrik manufaktur.

2. Tips Mencari Supplier Terbaik

Dalam mencari supplier, perusahaan manufaktur harus memiliki beberapa kriteria dasar yang harus dipertimbangkan dengan baik agar penyuplai pemasok di memastikan kelancaran proses produksi Anda dengan baik. Ini dia tips tips penting yang bisa Anda lakukan untuk mencari supplier yang tepat untuk pabrik Anda. Berikut penjelasan lengkapnya

a. Identifikasi Kebutuhan Produksi

Tips pertama dalam mencari supplier pabrik manufaktur adalah dengan mengidentifikasi terlebih dahulu kebutuhan produksi secara mendetail. Anda harus melihat bagaimana jenis dan spesifikasi bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi, volume kebutuhan barang, juga frekuensi pengiriman yang diharapkan.

Menentukan kebutuhan yang jelas menjadi dasar untuk menyaring calon penyuplai pemasok yang mampu memenuhi persyaratan tersebut. Anda juga harus pertimbangkan standar kualitas yang harus dipenuhi supplier, dan batas toleransi terhadap variasi kualitas. 

b. Riset Supplier Potensial

Setelah itu, lakukanlah riset untuk menemukan supplier potensial yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mencari informasi melalui internet, menghadiri pameran dagang, bisa juga memanfaatkan relasi profesional. 

Anda juga bisa menggunakan database khusus supplier atau platform online yang menyediakan informasi lengkap mengenai calon supplier terbaik yang bisa Anda pilih. Penting untuk mempertimbangkan informasi seperti reputasi, pengalaman, dan bagaimana kinerja supplier dalam memenuhi kliennya. 

c. Evaluasi Supplier

Jika identifikasi dan riset calon supplier dilakukan, anda bisa mengevaluasi masing-masing penyuplai pemasok dengan beberapa kriteria penting. Lakukan evaluasi terhadap penilaian terhadap kualitas bahan baku yang ditawarkan, kapasitas produksi, serta bagaimana kemampuannya dalam memenuhi pesanan sesuai jadwal. 

Perusahaan manufaktur juga harus mengevaluasi aspek keuangan dan manajerial supplier yang akan dipilih untuk memastikan stabilitas dan keandalannya dalam jangka panjang. Anda bisa langsung mengunjungi fasilitas gudang supplier untuk melihat gambaran langsung mengenai operasionalnya secara nyata.

d. Negosiasi dan Seleksi

Tips berikutnya setelah evaluasi dilakukan adalah melakukan negosiasi dengan calon supplier yang telah terseleksi dengan baik. Proses negosiasi yang dilakukan dengan pembahasan mengenai harga, jadwal pengiriman, dan kondisi lainnya yang berkaitan dengan kerjasama rantai pasok. 

Capai kesepakatan yang saling menguntungkan dan amankan komitmen penyuplai pemasok untuk memenuhi kebutuhan perusahaan manufaktur. Negosiasi juga harus membahas mekanisme penyelesaian sengketa dan klausal kontrak untuk mengatur tanggung jawab masing-masing pihak. 

e. Uji Coba dan Validasi

Sebelum melakukan kerjasama jangka panjang, sebaiknya Anda melewati proses uji coba terlebih dahulu dengan supplier yang telah dipilih. Anda bisa melakukan uji coba dengan melibatkan pemesanan dalam jumlah kecil dahulu untuk menilai kualitas bahan baku setelah dikirim, keandalan pengiriman, dan bagaimana responsivitas supplier pabrik manufaktur terhadap kebutuhan produksi Anda.

Dari hasil uji coba tersebut, Anda bisa melihat gambaran bagaimana cara kerja supplier dalam kondisi nyata, dan akan membantu perusahaan manufaktur dalam mengidentifikasi potensi masalah yang mungkin timbul. Jika hasil uji coba memuaskan, perusahaan dapat melanjutkan kerjasama dengan supplier tersebut dan meningkatkan volume pesanan secara bertahap.

f. Monitoring dan Evaluasi Berkelanjutan

Tips dan cara yang terakhir adalah lakukanlah monitoring dan evaluasi untuk memastikan supplier akan terus menerus memenuhi standar kualitas, serta kinerja yang telah ditetapkan. Anda bisa menilai kualitas bahan baku yang diterima, ketepatan waktu pengiriman, dan keandalan supplier dalam memenuhi pesanan. Dengan monitoring dan evaluasi yang terus-menerus, perusahaan dapat memastikan kerjasama yang optimal dengan supplier.

3. Strategi Kelola Hubungan dengan Supplier

Setelah mengetahui bagaimana tips dalam mencari supplier yang tepat, penting juga untuk terus mengelola hubungan dengan penyuplai pemasok bahan baku Anda untuk menjaga kelancaran proses produksi di perusahaan manufaktur. Berikut ini beberapa strategi dalam mengelola hubungan dengan supplier pabrik manufaktur, yaitu:

a. Komunikasi yang Efektif

Penting untuk memiliki komunikasi yang jelas dan terbuka, dan pastikan terdapat saluran komunikasi yang efektif untuk berbagi informasi penting, mengatasi masalah, dan juga untuk membahas kebutuhan serta perubahan yang mungkin terjadi. Anda bisa melakukan rapat rutin, email, atau platform komunikasi lainnya untuk memastikan bahwa kedua belah pihak selalu terinformasi dengan baik.

b. Pengembangan Hubungan Jangka Panjang

Anda juga harus membangun hubungan jangka panjang dengan penyuplai pemasok, dengan berusaha untuk mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan dengan supplier melalui kerjasama yang berkelanjutan, kepercayaan, dan loyalitas. Anda bisa melibatkan supplier dengan kerja sama dalam proyek-proyek pengembangan produk baru atau peningkatan proses.

c. Evaluasi Kinerja Supplier

Evaluasi kinerja supplier juga penting dilakukan secara rutin, agar Anda bisa memastikan penyuplai tetap memenuhi standar kualitas dan kinerja yang diharapkan. Perusahaan manufaktur bisa menggunakan KPI seperti ketepatan waktu pengiriman, kualitas produk, dan responsivitas terhadap permintaan.

d. Kontrak yang Jelas dan Detail

Penting juga untuk menetapkan kontrak pemasok yang jelas dan detail, sehingga akan membantu mencegah kesalahpahaman dan konflik di masa depan. Kontrak dapat berisi syarat pembayaran, jadwal pengiriman, dan standar kualitas, serta mekanisme penyelesaian sengketa. 

e. Kolaborasi dan Inovasi

Untuk pengelolaan yang lebih maksimal, perusahaan manufaktur juga bisa mendorong kolaborasi dan inovasi dengan supplier agar dapat membantu efisiensi dan pengembangan produk baru dengan maksimal. Anda bisa bekerja sama dengan supplier pabrik produksi dalam proyek penelitian dan pengembangan, serta berbagi informasi pasar, dan mencari cara-cara baru untuk mengoptimalkan rantai pasok.  

f. Manajemen Risiko

Pengelolaan hubungan dengan supplier juga bisa dilakukan dengan mengidentifikasi dan mengelola manajemen risiko dalam proses penyuplaian pemasok bahan baku untuk menghindari gangguan dalam produksi. Dengan itu, Anda harus memiliki rencana kontigensi agar bisa mengatasi risiko seperti kegagalan pengiriman, penurunan kualitas produk, atau masalah keuangan supplier.

g. Feedback untuk Supplier

Perusahaan manufaktur juga bisa memberikan feedback kepada supplier untuk mendorong perbaikan, juga inovasi. Anda bisa berbagi hasil evaluasi kinerja dengan supplier pabrik, dan dan mendiskusikan area yang membutuhkan perbaikan

h. Penggunaan Software ERP Manufaktur

Untuk mengelola hubungan dengan supplier dengan maksimal, Anda bisa menerapkan software manufaktur canggih yang dilengkapi dengan fitur supplier management yang memiliki kemampuan pemantauan kinerja supplier, mengelola pesanan, dan berkomunikasi secara real-time. Sistem juga dilengkapi dengan solusi terbaik untuk membantu dalam mengotomatisasi proses administratif, dan mengurangi kemungkinan kesalahan manusia.  

4. Kesimpulan

Dari artikel ini, bisa kita simpulkan bahwa untuk mencapai efisiensi proses produksi, perusahaan manufaktur harus menerapkan cara tepat untuk mencari supplier terbaik yang dapat membantu dan mendorong keberhasilan bisnis manufaktur secara menyeluruh. 

Selain memilih supplier pabrik yang tepat, selanjutnya juga Anda harus bisa menjaga dan mengelola hubungan baik dengan supplier. Penerapan strategi pengelolaan yang telah dijelaskan, penting untuk perusahaan manufaktur dalam meningkatkan efisiensi, menjaga kualitas, dan mengamankan rantai pasok untuk proses produksi manufaktur.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

  Sep 19, 2024        3 Min Read

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis