Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Industri Manufaktur Informasi Bisnis Produksi Solusi Bisnis

Cara Mudah Scan Barcode Produk dengan ERP Manufaktur

3 Min Read     Posted on 31 Jul 2024

Share Artikel

Untuk perusahaan manufaktur yang menggunakan teknologi barcode sebagai alat untuk mengelola barang di pabrik, Anda membutuhkan sistem yang bisa menampung banyak data dari berbagai proses manufaktur. Anda bisa menggunakan software manufaktur yang menawarkan solusi integrasi data yang akan terkumpul dalam satu platform terpadu. 

Anda akan dimudahkan dalam proses pelacakan dan pengelolaan produk menjadi lebih akurat dan cepat, mengurangi kesalahan manusia dan mempercepat aliran informasi di seluruh lini produksi. Pahami di sini bagaimana cara scan barcode produk dengan solusi erp manufaktur yang canggih. Simak di sini penjelasannya!

1. Fungsi Scan Barcode Produk

Penggunaan barcode di pabrik manufaktur adalah hal penting yang harus diterapkan dengan efisien, karena akan memudahkan Anda dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam berbagai aspek operasional. Ini beberapa fungsi utama scan barcode produk di manufaktur, yaitu:

a. Pelacakan Inventaris yang Akurat

Barcode ini memiliki fungsi utama untuk melacak inventory, dan menjaga catatan stok tetap akurat dan up-to-date. Setiap barang masuk atau keluar dari gudang, scan barcode akan memindai produk untuk memperbarui jumlah stok secara real-time. Hal tersebut akan mengurangi risiko kekurangan dan kelebihan stok, serta memungkinkan perusahaan untuk melakukan pemesanan ulang tepat waktu.

b. Pengurangan Human Error

Fungsi berikutnya adalah untuk mengurangi human error, seperti kesalahan input data. Ketika data di input dengan cara manual, akan kemungkinan terjadi kesalahan seperti salah ketik atau entri ganda. Dengan scan barcode produk, data akan otomatis terbaca oleh software manufaktur, sehingga dapat mengurangi risiko kesalahan.

c. Efisiensi Proses Produksi

Scan barcode produksi juga berfungsi untuk meningkatkan efisiensi proses produksi, di mana setiap tahapan produksi dapat dipantau secara real-time dengan memindai barcode pada bahan baku dan produk setengah jadi. Data informasi dari scan tersebut akan membantu Anda untuk mengidentifikasi dan mengatasi hambatan di proses produksi dengan cepat. 

d. Pengelolaan Pengiriman dan Penerimaan

Fungsi berikutnya adalah untuk mengelola pengiriman dan penerimaan barang, di mana setiap produk yang dikirim atau diterima akan dilakukan scan barcode produk untuk memastikan jumlah dan jenis produk sesuai dengan dokumen pengiriman. Hal ini akan membantu mengurangi kesalahan pengiriman dan memastikan konsumen menerima produk yang tepat. 

e. Pelaporan dan Analisis Data

Data yang dikumpulkan melalui scan barcode produk dapat digunakan untuk membuat laporan dan analisis akurat. Software manufaktur akan menerima data yang dipindai dari scan barcode, dan dapat menghasilkan laporan otomatis mengenai inventory, produksi, dan pengiriman dengan akurat dan sesuai. Analisis data yang akurat juga memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi tren dan pola, serta merencanakan kebutuhan di masa depan dengan lebih baik.

2. Cara Scan Barcode Produk dengan ERP

Barcode adalah teknologi pemindaian yang berfungsi penting untuk menjaga efisiensi proses produksi di pabrik manufaktur. Untuk itu, dibutuhkan sistem yang dapat membaca scan barcode tersebut dengan baik, dan menyimpan datanya dengan optimal dalam satu akses mudah. Anda dapat menggunakan software manufaktur yang akan memudahkan proses tersebut. 

Anda harus mengintegrasikan scanner barcode Anda dengan software manufaktur yang digunakan di pabrik manufaktur, yang biasanya bisa dihubungkan ke komputer atau device lain melalui bluetooth, kabel USB, atau jaringan nirkabel. Setelah terhubung, Anda harus memasukkan semua produk dengan kode barang mulai dari bahan baku, barang setengah jadi, dan produk jadi ke dalam database software manufaktur.

Setiap produk harus memiliki nomor batch produk unik yang berisi informasi penting seperti nomor seri, kode SKU, dan deskripsi produk. Anda harus menyesuaikan nomor barcode yang Anda miliki dengan standar industri, untuk dicetak dan ditempelkan pada setiap produk. Data produk yang terhubung dengan scanner barcode harus dimasukkan ke dalam sistem ERP, sehingga setiap kali scan barcode produksi dipindai, informasi produk tersebut akan segera ditampilkan dengan akurat. 

Informasi yang terkandung dalam barcode akan muncul di dashboard software manufaktur Anda, dan memudahkan Anda untuk memverifikasi data produk yang dipindai. Scan produk dengan ERP manufaktur juga akan menampilkan pembaruan stok, dan status produk secara real-time, sehingga Anda akan mudah untuk mengetahui inventory aktual Anda di pabrik manufaktur.  

Setelah produk yang dipindai barcode telah masuk ke dalam database, sistem akan mengotomatisasi proses operasional di proses produksi. Data tersebut dapat menjadi acuan bagi sistem untuk memperbarui inventory, memantau proses produksi, serta mengelola pengiriman dan penerimaan barang. Sebagai contoh, setiap kali produk dipindai saat masuk atau keluar dari gudang manufaktur, jumlah stok akan otomatis diperbarui dalam software ERP manufaktur. 

Data tersebut juga dapat diolah sistem untuk membuat laporan inventory, analisis produksi, dan pelacakan pengiriman secara otomatis. Dengan memahami cara scan barcode produk manufaktur ini, Anda bisa menggunakan barcode dan sistem manufaktur dengan maksimal untuk mengontrol operasional pabrik dengan lebih efektif. 

3. Contoh Implementasi Barcode dengan ERP

Setelah memahami bagaimana cara ​scan barcode produk menggunakan software manufaktur, agar lebih membantu Anda memahami secara mendalam di sini kita akan menguraikan contoh implementasi scan barcode menggunakan ERP manufaktur di perusahaan manufaktur bernama PT. BG Manufacture, yang memproduksi barang-barang elektronik.

PT. BG Manufacture ini seringkali menghadapi hambatan dalam hal inventory, ketidakakuratan data, bahkan proses produksi yang tidak efisien. Untuk itu, perusahaan ini memutuskan untuk menggunakan teknologi sistem scan barcode, sehingga setiap komponen dan produk jadi akan diberi kode barang unik untuk dipindai, dan memudahkan pembaruan stok real-time, serta pengelolaan produksi yang lebih terkontrol. 

Hasil implementasi tersebut sangat signifikan terasa oleh PT. BG Manufacture. Akurasi inventory di pabriknya dapat meningkat drastis, karena setiap barang yang masuk dan keluar dari gudang akan secara otomatis tercatat dalam software manufaktur melalui scan barcode produk. Hal tersebut mengurangi human error yang sering terjadi, dan dapat dipastikan data stok yang selalu ter-update di manufaktur. 

Efisiensi produksi perusahaan ini juga mengalami peningkatan, di mana kemampuan ERP manufaktur untuk memantau setiap tahap produksi real-time, dapat membantunya dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan hambatan dengan cepat. Dengan begitu, PT. BG Manufacture dapat mengatasi waktu tunggu produksi, dan meningkatkan hasil output produksi. 

Selain itu, menggunakan barcode scan dengan software ERP manufaktur juga membuat perusahaan yang memproduksi elektronik ini mendapatkan banyak keunggulan lain. PT. BG Manufacture dapat mengelola pengiriman dan penerimaan barang menjadi lebih efisien, dengan setiap produk yang dikirim dan diterima akan dipindai untuk memastikan kecocokan dengan dokumen pengiriman. Hal tersebut dapat mengurangi kesalahan pengiriman, dan meningkatkan kepuasan pelanggan karena mereka menerima produk yang sesuai dan tepat waktu.

Tidak sampai di situ, data yang dikumpulkan ERP manufaktur dari pemindaian barcode ini juga membantu PT. BG Manufacture dalam melakukan analisis mendalam dan menghasilkan laporan yang akan membantu mengambil keputusan strategis berdasarkan data konkret dan akurat. Penggunaan scan barcode dengan software manufaktur ini telah memberikan PT. BG Manufacture memiliki kontrol yang lebih baik atas operasional proses manufakturnya, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi serta kepuasan pelanggan. 

4. Kesimpulan

Dari artikel ini, kita bisa menarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan scan barcode yang terintegrasi dengan software manufaktur, akan memudahkan Anda dalam menjalankan berbagai proses manufaktur, dan efisiensi operasional bisnis. Maka dari itu, penting untuk memahami cara scan barcode produksi untuk perusahaan manufaktur. 

Anda bisa segera beralih ke ScaleOcean ERP manufaktur untuk mendapatkan visibilitas real-time terhadap seluruh proses operasional, dan mendapatkan keunggulan lebih baik untuk berbagai kebutuhan produksi dan bisnis Anda secara menyeluruh. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan jadwalkan demo dengan tim andalan kami. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

  Sep 19, 2024        3 Min Read

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis