Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Industri Manufaktur Sistem ERP Solusi Bisnis Solusi ERP

17 Software Manufaktur Terbaik untuk Efisiensi Pabrik

3 Min Read     Posted on 28 Aug 2024

Share Artikel

Demi mencapai efisiensi yang tinggi, perusahaan manufakturharus mampu untuk memaksimalkan tahapan dan proses bisnisnya lebih baik, dengan biaya yang efisien. Namun, masih banyak bukan perusahaan yang belum mampu mencapai efisiensi tersebut? Sebabnya dikarenakan kurangnya stabilitas dan fleksibilitas di setiap proses dan tahapannya.

Untuk mencapai efisiensi tersebut dengan lebih mudah, Anda bisa menerapkan software pabrik manufaktur canggih yang dapat membantu mengelola dan mengendalikan operasional Anda secara menyeluruh hanya dalam satu sistem terpadu. Di sini kita akan memberikan rekomendasi software manufaktur Indonesia yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Berikut penjelasan lengkapnya

1. Apa itu Software Manufaktur 

Software manufaktur adalah aplikasi program yang dibuat khusus untuk mengoptimalkan dan mengotomasi berbagai proses dalam produksi pabrik manufaktur. Penerapannya dapat membantu untuk mengelola dan memantau setiap tahap produksi real-time, dengan efisiensi yang tinggi. 

Nantinya, setiap alur proses produksi Anda akan dioptimasi dengan mudah dengan integrasi data yang tinggi di setiap tahapannya. Dengan penerapan software aplikasi manufaktur ini, akan membantu Anda dengan cepat menyesuaikan perubahan permintaan pasar ataupun masalah produksi yang sering terjadi.

Salah satu kutipan dari Faster Capital berpendapat bawa, ada tiga aspek yang menjamin tercapainya efisiensi produksi manufaktur, yaitu cost reduction, increased output, dan quality improvement

Dari ketiga aspek tersebut, implementasi software manufaktur dapat mengoptimasinya dengan mudah, agar perusahaan manufaktur Anda bisa mencapai efisiensi lebih cepat, dan memastikan pabrik tetap produktif dan kompetitif dalam lingkungan industri yang semakin kompleks. 

2. Manfaat Software Manufaktur Bagi Bisnis

Untuk memilih software manufaktur terbaik, Anda harus memahami apa saja manfaatnya untuk kelangsungan bisnis manufaktur Anda. Berikut ini beberapa manfaat utama penerapan program manufaktur canggih untuk efisiensi bisnis Anda, yaitu:

a. Perencanaan dan Penjadwalan Produksi

Software aplikasi manufaktur bermanfaat untuk membantu Anda merencanakan dan menjadwalkan produksi secara efisien, dengan mempertimbangkan kapasitas bahan baku, mesin, dan tenaga kerja yang dapat diakses dengan mudah. Penerapannya akan memastikan proses produksi Anda berjalan sesuai jadwal, bahkan dapat mengurangi downtime produksi yang sering terjadi. 

b. Pemantauan dan Pengendalian Produksi

Manfaat software pabrik manufaktur juga mencakup pemantauan dan pengendalian proses produksi secara real-time, mulai dari input bahan baku hingga output produksi. Anda bisa memantaunya dengan mudah dengan berbagai fitur canggihnya, sehingga Anda dapat segera mendeteksi dan mengatasi masalah produksi, seperti kesalahan proses atau kerusakan mesin.

c. Quality Management

Manfaat lainnya software program manufaktur adalah untuk membantu Anda dalam memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan, baik oleh perusahaan maupun regulasi setempat. Software ERP yang memiliki fitur quality control, akan membantu perusahaan dalam mematuhi regulasi industri dan menjaga konsistensi produk.

d. Pelaporan dan Analitik

Menyediakan laporan dan analisis yang akurat dan detail mengenai kinerja produksi, penggunaan sumber daya, dan efisiensi kegiatan operasional juga menjadi manfaat utama software pabrik manufaktur. Data yang dihasilkan dan diakses sistem akan memudahkan manajemen dalam membuat keputusan berbasis data untuk meningkatkan kinerja pabrik.

e. Manajemen Aset Pabrik

Selain itu, sistem operasional manufaktur juga bermanfaat dalam untuk mengatur jadwal pemeliharaan preventif dan melacak status peralatan manufaktur. Hal tersebut dapat mencegah kerusakan yang tidak terduga, dan membantu menjaga ketersediaan mesin dan memperpanjang umur peralatan.

3. Rekomendasi Software Manufaktur Terbaik 

Untuk mencapai efisiensi produksi yang maksimal, penting untuk menerapkan software aplikasi pabrik yang tepat di perusahaan Anda. Sehingga mempertimbangkan vendor menjadi hal terpenting yang harus dilakukan. Ini beberapa rekomendasi software manufaktur Indonesia terbaik untuk perusahaan Anda:

a. ScaleOcean ERP Software 


software-manufaktur-terbaik-scaleocean

ScaleOcean ERP manufaktur dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda dalam mengimplementasikan software pabrik manufaktur dengan berbagai fitur canggih yang dapat menyatukan dan mengintegrasikan berbagai proses bisnis Anda secara end-to-end dalam satu sistem terpadu. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui dan mencoba terlebih dahulu solusi yang disediakan manufaktur ScaleOcean, sistem menawarkan demo gratis yang bisa Anda gunakan. Selain itu, banyak fitur yang bisa membantu seluruh kegiatan manufaktur Anda menjadi lebih mudah. Contohnya:

  • All in one dashboard, yang dapat mengakses mudah berbagai operasi proses produksi Anda, mulai dari forecasting production, work order, manufacturing order, monitoring dan laporan status produksi. 

  • OEE (Overall Equipment Effectiveness), yang dapat memberikan notifikasi pemeliharaan preventif untuk setiap mesin dalam pabrik manufaktur Anda

  • Pengendalian dan manajemen biaya yang bisa dikelola dengan mudah, dengan perhitungan yang otomatis dan akurat. 

Kelebihan

Kekurangan

End-to-end solutions yang bisa diintegrasikan dengan berbagai modul lainnya mulai dari akuntansi, inventaris, hingga pembelian

Lebih ideal untuk perusahaan menengah dengan berbagai proses bisnis, karena fitur yang ditawarkan beragam dan fleksibel

Akses user tanpa batas untuk berbagai skala bisnis manufaktur

Kustomisasi spesifik untuk setiap kebutuhan bisnis


Adanya tim profesional yang memberikan layanan pemeliharaan untuk memastikan sistem berjalan optimal.


b. OQTON Software Program Manufaktur

Selanjutnya adalah OQTON ERP, di mana software yang berbasis AI ini dilengkapi fitur khusus CAD/CAM dan analisis data berbasis cloud. Dimana kelebihan sistem ini lebih fokus pada desain presisi pada pabrik, dan kemampuan otomatisasi alur produksi dan meningkatkan produktivitas melalui analisis prediktif. 

Namun ada kekurangannya, yaitu cakupan proses manufaktur yang tidak terlalu luas, karena tidak begitu fokus pada proses produksinya Hal tersebut membuat tantangan baru bagi perusahaan dengan skala produksi yang besar dan konsisten. 

c. Monitor Manufacture System

Selanjutnya ada Monitor sytem manufaktur, menawarkan fitur-fitur seperti perencanaan produksi, manajemen inventory, dan pelaporan keuangan. Ada kelebihan dari software ini, yaitu adanya UI yang user-friendly, sehingga memudahkan penggunannya. 

Namun sistem ini lebih cocok untuk pabrik manufaktur dengan skala kecil, karena integrasi yang diberikan terbatas dalam pertukaran data antar departemen.

d. DelmiaWorks Manufacturing ERP


sistem-aplikasi-manufaktur

DelmiaWorks menjadi vendor software berikutnya, di mana sistem ini memiliki fitur mencakup manajemen kualitas, kontrol produksi, dan analitik berbasis data real-time. Ada berbagai kelebihan dan kekurangan dari sistem ini. 

Kelebihan dari software ini fokus pada pelaporan dan akuntansi perusahaan yang mudah diakses. Namun, untuk fitur produksi yang dimiliki tidak terlalu detail dan spesifik. Sehingga kurang sesuai untuk perusahaan dengan produksi yang banyak, dan bervariasi.

e. Mondaycom Aplikasi Pabrik

Mondaycom menjadi software yang dilengkapi dengan fitur yang khusus mengintegrasikan proses dengan alat lain seperti Slack dan Excel. Kelebihan dari sistem ini adalah adanya kemudahan penggunaan dan fleksibilitasnya, dengan kekurangan yaitu keterbatasan dalam fitur spesifik manufaktur, yang membutuhkan integrasi tambahan untuk memenuhi kebutuhan manufaktur yang kompleks.

f. SolidWorks ERP Manufaktur

software-aplikasi-pabrik

Software Solidworks menjadi sistem dengan fitur khusus desain produk dan simulsi seperti desin 3D, analisis teknik, dan kolaborasi berbasis cloud. Ada juga kelebihan dari sistem ini, yaitu bisa menangani desain kompleks dengan presisi yang tinggi. 

Namun kelemahannya terlihat dari kurang sesuainya dengan perusahaan manufaktur berskala besar, dengan produksi massal dan barang bervariasi. Hal tersebut dikarenakan sistem ini lebih mengedepankan fokusnya pada desain dan analisis teknik pada pabrik. 

g. Plex Software Manufaktur

Plex menjadi opsi software yang fokus pada fitur ERP berbasis cloud terkait manajemen kualitas, pelacakan inventaris, dan analitik produksi. Kelebihan dari software ini adalah skalabilitasnya yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan modul dengan pertumbuhan bisnis.

Ada juga kekurangannya, yaitu memiliki ketergantungan pada konektivitas internet yang stabil, dan dapat menjadi masalah jika terjadi gangguan jaringan. Terutama jika lokasi pabrik manufaktur Anda yang terpencil dan sulit koneksi internet. 

h. Katana Aplikasi Manufaktur

Selanjutnya ada Katana aplikasi manufaktur adalah software yang cocok untuk bisnis kecil dan menengah, yang menawarkan fitur seperti manajemen inventaris, dan pelacakan pesanan. Katana ini memiliki kelebihan terkait UI yang intuitif, dan kemampuan integrasinya yang cukup tinggi.

Karena hanya cocok untuk bisnis kecil menengah, sistem ini memiliki kekurangan dengan adanya keterbatasan dalam fitur lanjutan. Sehingga untuk perusahaan besar yang ingin mengimplementasikan, harus memahami fitur dan solusinya terlebih dahulu. 

i. Fishbowl Sistem Manufaktur


software-program-manufaktur

Rekomendasi selanjutnya ada fishbowl sistem Manufaktur, di mana memiliki fitur seperti pelacakan produksi dan manajemen pesanan. Memiliki kelebihan integrasi dengan QuickBooks, menjadikannya pilihan populer bagi bisnis kecil yang sudah menggunakan QuickBooks. 

Namun ada juga kekurangannya, seperti UI yang mungkin terbatas dukungan untuk integrasi dengan sistem lain, yang dapat membatasi fungsionalitasnya di lingkungan manufaktur yang lebih kompleks.

j. Epicor Manufacturing Software

Ada juga Epicor adalah software aplikasi manufaktur yang dirancang fokus untuk proses produksi, dengan kelebihan implementasi software yang mudah dan terjangkau. 

Namun kelemahannya terlihat dari fokusnya yang hanya di proses produksi, dan untuk akuntansi, manajemen rantai pasok dan sebagainya memerlukan sistem tambahan untuk efisiensinya.

k. QT9 ERP Manufaktur

QT9 menjadi aplikasi software manufaktur Indonesia, yang menawarkan fitur yang fokus pada manajemen biaya dan dokumen dalam perusahaan manufaktur. Kelebihan yang dimilikinya yaitu kemampuannya dalam memenuhi standar kepatuhan dan kualitas industri,

Tetapi, kekurangan yang ada dapat diliha dari terbatasnya fitur khusus untuk proses produksi, dan integrasi sistem lainnya membuatnya lebih cocok untuk bisnis kecil menengah. Maka dari itu, perusahaan besar yang memiliki kebutuhan kompleks mungkin kurang cocok dengan sistem ini.  

l. Acumatica ERP Aplikasi Manufaktur

Selanjutnya ada software Acumatica, dengan fitur manajemen produksi, keuangan yang bisa Anda terapkan, dengan kelebihan penyesuaiannya yang mudah dan biaya yang cukup terkendali. Namun kekurangannya ada di kompleksitas implementasi awal, dan memerlukan pelatihan intensid bagi pengguna baru. 

m. Unleashed Manufaktur

Unleased juga menjadi manufacturing software yang menawarkan fitur yang fokus pada inventory dan order management untuk perusahaan Anda. Kelebihannya yaitu adanya kemudahan pengguna dan integrasi dengan berbagai platform e-commerce dan akuntansi.

Sedangkan kekurangannya adalah, adanya keterbatasan dalam fitur lanjutan yang diperlukan untuk perencanaan dan pengendalian produksi. Sehingga membutuhkan fitur tambahan dari sistem lain jika Anda memiliki manajemen produksi yang kompleks dan analitik data yang lebih mendalam.

n. Eprag Sistem Manufaktur

Ada juga Eprag ERP sistem manufaktur yang memiliki fitur yang fokus pada akuntansi dan pelaporan dalam perusahaan manufaktur. Di mana sistem ini memiliki kelebihan di kemampuannya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dukungan multibahasa.

Namun, kekurangannya ada pada membutuhkan waktu yang cukup lama untuk konfigurasi. Terutama bagi perusahaan dengan skala produksi yang besar dan bervariasi. 

o. ECI Program Manufaktur


software-produksi-manufaktur

Ada juga ECI program manufaktur, memiliki fitur AI yang fokus pada analitik bisnis dan keputusan berbasis data, sehingga memiliki kelebihan dalam membuat keputusan strategis yang tepat dan bijak berdasarkan laporan data akurat.

Namun, ada juga kekurangannya yang meliputi biaya lisensi yang cukup tinggi dan memerlukan pelatihan intensif untuk memaksimalkan penggunaannya, yang dapat menjadi hambatan bagi perusahaan kecil dengan anggaran terbatas.

p. Striven Software Pabrik Manufaktur

Ada juga software Striven Manufaktur berbasis cloud yang memiliki fitur manajemen proyek, keuangan, dan inventaris dalam industri manufaktur. Sistem dengan kelebihan terkait integrasi berbagai aplikasi bisnis ini bisa Anda jadikan opsi untuk  perusahaan manufaktur Anda.

Kekurangan dari sistem ini adalah kurangnya fitur spesifik untuk proses produksi yang memiliki tahapan yang kompleks dan panjang. Hal tersebut menjadikan sistem kurang sesuai untuk perusahaan besar dengan proses produksi yang lebih rumit.

q. ERP Manufaktur Safety Culture

Rekomendasi terakhir ada Safety Culture manufacturing software, yang memiliki fitur utama inspeksi digital, pelaporan proses manufaktur, dan analisis bisnis dan risiko. Kelebihan dari sistem ini adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap keselamatan di tempat kerja.

Sedangkan kekurangannya adalah keterbatasan dalam fitur manajemen produksi, sehingga perusahaan mungkin memerlukan software tambahan untuk mengelola aspek operasional lainnya.

4. Jenis Software Manufaktur

Ada beberapa jenis software manufaktur yang bisa dipertimbangkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis perusahaan Anda. Jenis jenis ini memiliki perbedaan di penerapannya, tapi fungsinya sama-sama membantu memaksimalkan proses produksi manufaktur Anda secara menyeluruh. 

a. Enterprise Asset Management

EAM adalah jenis software pabrik manufaktur yang dirancang untuk mengelola dan memelihara aset fisik seperti mesin, peralatan, dan fasilitas. Jenis ini fokus pada pemeliharaan preventif untuk mengurangi downtime dan memperpanjang umur aset.

b. Enterprise Resource Planning

Selanjutnya ada ERP yang menjadi jenis software yang dirancang khusus untuk mengintegrasikan berbagai fungsi proses manufaktur dalam satu platform, termasuk produksi, keuangan, rantai pasokan, dan sumber daya manusia. 

Fitur seperti MPS dan BOM dapat membantu merencanakan dan mengelola proses produksi dari awal hingga akhir, termasuk order fulfillment manufaktur, pengelolaan bahan baku, perencanaan kapasitas, dan pengiriman produk jadi.

c. Manufacturing Execution System

MES juga salah satu jenis software yang dirancang untuk menghubungkan, memantau, dan mengontrol operasi produksi di lantai pabrik. MES akan mengoptimalkan aliran kerja dengan identifikasi dan mengatasi hambatan produksi. . 

d. Material Requirements Planning

Selanjutnya ada MRP, di mana jenis ini fokus pada perencanaan kebutuhan material produksi. Software ini akan menentukan bahan baku apa saja yang diperlukan, kapan harus dipesan, dan berapa jumlahnya untuk memenuhi jadwal produksi. 

e. Inventory Warehouse Management

Inventory warehouse management menjadi jenis selanjutnya yang dirancang untuk mengelola penyimpanan dan pergerakan barang di gudang manufaktur. Jenis sistem ini akan membantu melacak inventaris real-time, mengelola lokasi penyimpanan, dan mengoptimalkan ruang gudang.

5. Cara Memilih ERP Manufaktur Tepat 

Dalam memilih software pabrik manufaktur, perusahaan manufaktur harus memahami faktor-faktor penting untuk dipertimbangkan dengan baik. Beberapa faktor ini bisa dijadikan acuan memilih software yang tepat, dan memastikan solusi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

a. Kesesuaian dengan Proses Bisnis

Dalam memilih software produksi, Anda harus memilih vendor yang dapat mendukung dan mengintegrasikan semua proses bisnis manufaktur, seperti manajemen produksi, persediaan, dan rantai pasok. Software yang tidak sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan, dapat menghambat efisiensi operasional.

b. Skalabilitas dan Fleksibilitas

Perusahaan manufaktur yang sering kali mengalami pertumbuhan dan perubahan dalam operasi manufaktur, penting untuk mempertimbangkan sistem manufaktur yang scalable dan fleksibel. Dengan begitu, software yang Anda pilih dapat berkembang seiring dengan pertumbuhan perusahaan tanpa perlu melakukan pergantian sistem secara menyeluruh.

c. Integrasi dengan Sistem yang Ada

Perusahaan juga harus mempertimbangkan sistem yang mampu mengintegrasikan software dengan software yang sudah diterapkan sebelumnya di perusahaan. Pastikan integrasinya mulus untuk memastikan bahwa data dapat mengalir dengan lancar di seluruh aspek manufaktur.

d. Kemudahan Penggunaan

Dikutip dari Wikipedia, software pabrik manufaktur yang baik adalah yang memiliki nilai bisnis tinggi, yang dapat dicapai melalui aspek penting, yaitu penggunaan user-interface yang umum dan konsisten untuk mengurangi pelatihan pengguna. 

Untuk itu, penting untuk memilih vendor ERP yang memiliki dashboard user-friendly, di mana penggunaannya mudah digunakan oleh karyawan dan memastikan bahwa seluruh tim dapat memaksimalkan kerja software secara efektif.

e. Biaya Implementasi dan Pemeliharaan

Biaya total dari implementasi sistem pabrik manufaktur juga harus Anda pertimbangkan dengan baik, termasuk biaya lisensi, instalasi, pelatihan, dan maintenance. Anda harus pastikan bahwa investasi ini memberikan nilai tambah yang sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

f. Keamanan Data

ERP yang akan Anda pilih juga harus mampu untuk mengelola data sensitif perusahaan, dengan keamanan yang menjadi prioritas utama yang harus dijaga. Pastikan software yang Anda pilih memiliki fitur keamanan yang kuat, seperti enkripsi data, kontrol akses, dan pemulihan bencana.

6. Kesimpulan

Dari artikel yang membantu Anda mempertimbangkan sistem untuk perusahaan Anda, dengan rekomendasi 17 rekomendasi software manufaktur terbaik Indonesia. Pemilihan software yang sesuai akan membuat kinerja dan efisiensi bisnis lebih cepat mudah, dan menghasilkan output yang memuaskan.

Untuk mencapai berbagai efisiensinya, Anda bisa memilih opsi terbaik dari kami yaitu ScaleOcean ERP manufaktur. Kami memiliki berbagai solusi canggih untuk maksimalkan alur dan tahapan manufaktur Anda, dengan integrasi dan pengendalian yang optimal dalam satu platform terpadu. Segera dapatkan keuntungannya dengan awali demo dengan tim terbaik ScaleOcean. Hubungi tim kami dalam 24/7 secepatnya.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

  Sep 19, 2024        3 Min Read

CMMS Software: Definisi, Manfaat, dan Mekanisme Kerjanya

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

20 Rekomendasi Software Payroll Terbaik untuk Bisnis

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis

  Sep 18, 2024        3 Min Read

Memahami Manajemen Distribusi dan Perannya di Bisnis