Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Digital Marketing Informasi Bisnis Solusi Bisnis Tips Bisnis

Tingkatkan Brand Awareness dengan 4 Tips Ini!

3 Min Read     Posted on 12 Oct 2022

Share Artikel

Sebuah bisnis sangat perlu untuk meningkatkan brand awareness. Banyak keuntungan yang bisa dirasakan jika masyarakat sudah aware terhadap produk Anda. Salah satunya adalah nama brand bisnis Anda bisa lebih unggul dari kompetitor lainnya. Awareness tidak bisa didapatkan dengan mudah. 

Brand Anda harus memiliki ciri khas yang bisa membedakannya dengan merk lain. Sehingga brand Anda pun lebih mudah untuk diingat. Namun, branding tidak bisa didapatkan dengan mudah. Nah, mari kita membahasnya secara lengkap di artikel ini. Mulai dari pengertian brand awareness hingga tips-tips untuk meningkatkannya.

1. Apa itu Brand Awareness?

Brand awareness adalah tingkat kesadaran konsumen terhadap adanya suatu merk. Semakin baik pelanggan dalam mengenali dan mengingat merek produk Anda, maka semakin tinggi pula loyalitas yang mereka berikan. Maka dari itu, sangat penting bagi suatu perusahaan untuk melakukan branding.

Apa sih pentingnya awareness? Kesadaran merek sangat mempengaruhi seorang pembeli dalam mengambil keputusan untuk memilih produk yang akan mereka beli. Singkatnya, Anda pasti akan lebih memilih untuk membeli produk dari brand yang sudah Anda ketahui daripada merk yang baru. Nah, itulah salah satu manfaat branding yaitu dapat meningkatkan penjualan produk anda.

Ciri-ciri yang paling terlihat ketika brand Anda sudah mendapatkan awareness adalah ketika konsumen lebih memilih untuk menyebut merk Anda ketika menunjuk suatu produk atau barang yang berkaitan dengan bisnis Anda. Contoh brand awareness sebenarnya sudah sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Misalnya, Anda pasti jarang menyebut istilah “air mineral” ketika hendak minum dan lebih sering mengatakan nama brandnya. Lalu, ketika Anda melihat pengendara motor yang menggunakan jaket dan helm berwarna oranye, pasti pikiran Anda langsung tertuju ke salah satu aplikasi pengantar makanan.

2. Cara Meningkatkan Brand Awareness

Dalam dunia bisnis, Anda harus melakukan semua upaya untuk bisa bersaing dengan perusahaan lain. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kesadaran merek. Mari kita simak tips-tips berikut untuk membuat brand Anda semakin dilirik oleh konsumen.

a. Mengembangkan Identitas, Personality, dan Positioning

“Berani beda” adalah dua kata yang sangat menggambarkan persaingan dunia bisnis saat ini. Perusahaan berlomba-lomba untuk menekankan perbedaan yang mereka miliki ke konsumen. Sehingga, penting untuk memiliki suatu identitas yang tidak hanya beda tapi juga unik. Anda bisa membuat hal pembeda dari segi logo yang eye catching, penamaan produk yang menarik, pemilihan warna brand yang khas, dan slogan yang mudah diingat. Dengan begitu bisnis  Anda bisa membuat kesan yang mendalam ke pembeli.

Hal penting yang juga harus ditentukan adalah posisi bisnis. Anda harus tahu usaha Anda mau menargetkan siapa saja customernya dan di lokasi mana saja. Dalam menentukannya,  Anda harus memiliki brand awareness yang sesuai dengan karakteristik konsumen yang mau dituju. Supaya, produk Anda bisa sampai ke pembeli yang tepat.

b. Mengoptimalkan Penggunaan Sosial Media

Di era sekarang ini, banyak perusahaan lebih memilih untuk menggunakan sosial media dalam mempromosikan produknya. Hal itu memang terbukti ampuh. Media sosial memiliki peran yang besar dalam dunia bisnis, terutama untuk mendukung perkembangan suatu usaha. Anda bisa memilih menggunakan sosial media yang paling banyak peminatnya seperti Instagram, Facebook, Linkedin, dan bahkan TikTok. 

Berbagai macam channel tersebut sangat cocok untuk digunakan sebagai media branding usaha Anda. Nah, memaksimalkan penggunaan media ini merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Anda bisa menggunakan secara maksimal semua fitur yang ada seperti story, post, reels, dan bahkan sekarang ada live juga. 

Jangan lupa untuk memberikan informasi lengkap tentang produk Anda dan terapkan juga identitas bisnis di seluruh sosial media, baik dari tampilan maupun postingannya yang bisa memberikan peluang kepada target pasar Anda untuk mengenal brand Anda.

c. Berkolaborasi dengan KOL

Tips satu ini memiliki pengaruh yang besar dalam penyebaran produk, sehingga Anda dapat mengedarkan produk Anda ke pasar yang lebih luas. Seperti yang Anda tahu, seorang influencer marketing pasti memiliki followers yang banyak dalam sosial medianya. Jika Anda bekerjasama dengan mereka maka informasi produk anda dapat tersampaikan dengan baik. Karena pendapat seorang influencer pasti dipercaya oleh pengikutnya.

Menentukan KOL tidak dapat sembarangan, karena banyak hal yang harus Anda pertimbangkan. Anda harus menyesuaikan personal branding mereka dengan identitas produk Anda. Contohnya, Anda bisa berkolaborasi dengan beauty influencer jika Anda menjalankan bisnis kecantikan seperti make up maupun skincare. Hal ini sangat penting loh, karena kecocokan konten sangat menentukan keberhasilan kerjasama ini.

d. Menerapkan SEO dan SEM

Mengaplikasikan kedua hal ini pada website dapat sangat membantu bisnis Anda untuk muncul di halaman pertama mesin pencarian. Ini adalah cara yang tepat untuk meningkatkan awareness brand Anda, karena bisa menjangkau lebih banyak audience. Kedua hal tersebut memiliki perbedaan dalam penerapan dan tujuannya. 

Dimana SEO mengoptimalkan website secara organik. Jadi hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkannya adalah dengan memilih keyword yang tepat, membuat tampilan website yang menarik dan user-friendly, lalu menampilkan konten marketing yang berkualitas dan menarik. Kunci kesuksesan SEO adalah konsisten dalam menerapkannya. Karena hasilnya tidak bisa langsung dirasakan dan membutuhkan waktu.

Hal itu berbeda dengan SEM karena sistem ini memaksimalkan website Anda dengan menggunakan iklan dan berbayar. Jadi, hasilnya bisa langsung dirasakan dan bisnis Anda pun bisa menyasar target customer dengan tepat. Untuk mengoptimalkan penjualanAnda bisa melakukan riset pelanggan yang berpotensi, menggunakan keyword dengan search volume tinggi, mengkombinasikan dengan SEO, dan menghubungkan dengan sosial media Anda.

3. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa meningkatkan brand awareness sangatlah penting untuk perusahaan. Tanpa kesadaran merk, bisnis Anda tidak dapat mengoptimalkan penjualan dan pendapatan. Yuk terapkan tips-tips di atas untuk mempercepat brand Anda dikenali oleh masyarakat!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Pahami Apa itu Manajemen Logistik, Tujuan, dan Contohnya

  May 27, 2024        3 Min Read

Pahami Apa itu Manajemen Logistik, Tujuan, dan Contohnya

Penerapan GMP dan Contohnya di Perusahaan Manufaktur

  May 27, 2024        3 Min Read

Penerapan GMP dan Contohnya di Perusahaan Manufaktur

4 Perbedaan Aset dan Inventaris Perusahaan

  May 27, 2024        3 Min Read

4 Perbedaan Aset dan Inventaris Perusahaan

REKOMENDASI

Artikel Terkait