Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo ūüĎč

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Digital Marketing Marketing Tips Bisnis

7 Digital Marketing Tips Sukseskan Bisnis Anda

3 Min Read     Posted on 07 Oct 2022

Share Artikel

Digital marketing telah terbukti menjadi salah satu cara paling sukses bagi banyak bisnis untuk menciptakan branding dan mempromosikan produk mereka. Hal itu dikarenakan strategi satu ini tidak membutuhkan budget yang mahal dan penerapannya pun mudah. Mengetahui tips digital marketing bagi para pebisnis terutama buat Anda yang sedang menjalankan bisnis online sangatlah penting. Nah, kami akan membantu Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang tips-tips tersebut. Yuk simak ulasannya!

1. Tips-tips Digital Marketing

Merubah strategi pemasaran ke digital memungkinkan Anda untuk menjangkau target customer yang lebih luas, sehingga bisa memaksimalkan penjualan bisnis Anda. Semakin penasaran kan? Berikut tips-tipsnya.

a. Teliti Pesaing Anda

Mengetahui kompetitor secara baik akan membantu Anda dalam membangun strategi marketing khusus untuk bisnis online Anda. Dengan mengetahuinya, Anda pun bisa mencari niche dan pembeda yang bisa membuat usaha Anda menonjol dan mempunyai ciri khas khusus.  Kemungkinan bisnis Anda akan dilirik oleh customer pun meningkat. 

Selain itu, hasil dari penelitian kompetitor ini bisa digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemajuan usaha Anda. Ketahui strategi mana yang works untuk target customer Anda dan yang tidak, jadi lebih mudah dan efektif untuk menjalankannya.

b. Mulailah dengan Situs Web yang Berkualitas

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif seperti saat ini, memiliki situs online yang dapat diakses melalui berbagai perangkat media dengan kualitas yang bagus merupakan faktor utama yang dapat mendukung berjalannya bisnis Anda. Dikarenakan, lebih dari 53% user lebih memilih untuk menggunakan ponsel dalam melakukan penelusuran internet. 

Situs web diharapkan tidak hanya menyediakan informasi, menjual produk, atau menyediakan layanan saja. Namun, juga harus user-friendly dan responsif demi meningkatkan pengalaman pengguna saat mengunjungi website bisnis Anda. Maka dari itu, optimalkan website Anda, tidak hanya untuk laptop tetapi juga untuk perangkat seluler.

c. Investasikan Waktu untuk Membuat Konten Unik

Sebuah konten adalah cara sempurna untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan Anda. Maka dari itu, seorang digital marketer haruslah memiliki skill ini. Blog adalah tempat terbaik untuk berbagi konten yang terkait dengan produk, bisnis, dan industri Anda. Memiliki blog yang bagus tidak hanya akan menarik calon customer, tetapi juga akan membangun branding Anda. 

Berikan pembaca informasi yang berharga dan menarik agar mereka tertarik untuk kembali lagi. Saat membuat blog, pikirkan cara terbaik untuk menambah nilai bisnis Anda dengan melibatkan audiens. Jangan takut untuk membagikan tips-tips yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan mereka terhadap perusahaan.

d. Membangun Citra Media Sosial yang Kuat

Beberapa tahun belakangan ini, sosial media bertransformasi menjadi alat pemasaran utama yang tidak dapat terpisahkan karena pertumbuhannya yang semakin pesat dari hari ke hari. Banyak bisnis telah berhasil mengembangkan basis pelanggan mereka hanya melalui jejaring sosial. Media satu ini memberikan akses yang besar untuk berkomunikasi secara langsung dengan target audience. Bahkan, sudah banyak platform yang menawarkan kesempatan untuk bertukar pesan.

Profil media sosial Anda harus selalu up to date untuk bisa berpengaruh pada pelanggan. Jika memutuskan hanya fokus pada satu media sosial saja maka, pilih platform yang cocok untuk perusahaan Anda. Pertahankan memposting konten dengan teratur, fokus, dan menarik untuk pelanggan Anda.

e. Memanfaatkan Kekuatan SEO

Tanpa strategi SEO yang baik, brand awareness tidak akan Anda dapatkan. Mengoptimalkan konten dapat memperbesar kemungkinan website Anda muncul dalam halaman pertama pencarian Google. Beberapa orang menganggap SEO sebelah mata dan hasilnya tidak sepadan dengan usaha. Padahal, SEO adalah salah satu strategi jangka panjang paling efektif untuk menghasilkan traffic yang sesuai target.

Memanfaatkan SEO akan sangat membantu Anda dalam melakukan kegiatan pemasaran. Beberapa prinsip dasarnya adalah memahami cara kerja algoritma Google serta membuat konten yang unik dan menarik. Mulailah dengan research kata kunci yang paling banyak dicari di industri Anda dan tulis beberapa postingan blog secara teratur.

f. Email Marketing

Untuk menaikkan traffic situs web, Anda harus menyiapkan respon otomatis untuk berterima kasih kepada pelanggan setelah mereka berlangganan atau melakukan pembelian. Buat konten untuk email yang memiliki kemungkinan open rate besar.

Sangat penting untuk menyelaraskan strategi pemasaran email Anda dengan behavior customer Anda. Misalnya, perusahaan Anda menggunakan event akhir tahun untuk membuat promo liburan bagi customer yang suka traveling. Dengan begitu, para pelanggan pun akan merasa istimewa dan tertarik dengan penawaran tersebut. Selain itu, tingkat loyalitas pelanggan Anda juga akan meningkat.

g. Perbarui Strategi Digital Marketing Anda

Perlu kita sadari bahwa harapan dan perilaku pengguna di ruang digital sangatlah dinamis. Kita semua perlu terus menyegarkan pengetahuan kita tentang metode praktis dan praktik terbaik yang efektif tentang pemasaran melalui platform digital.

2. Kesimpulan

Di era digital sekarang ini, para pebisnis mencari cara yang tepat untuk tetap mempertahankan eksistensi bisnisnya. Salah satunya dengan mendorong penjualan melalui platform digital. Dengan tips-tips digital marketing di atas, diharapkan dapat membantu Anda dalam mencapai goals perusahaan.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

5 Komponen Utama Laporan Penjualan di Aplikasi POS

  May 31, 2023        3 Min Read

5 Komponen Utama Laporan Penjualan di Aplikasi POS

6 Macam Metode Pembayaran di Aplikasi POS Online

  May 31, 2023        3 Min Read

6 Macam Metode Pembayaran di Aplikasi POS Online

Bagaimana POS Mendukung Manajemen Rantai Pasok?

  May 31, 2023        3 Min Read

Bagaimana POS Mendukung Manajemen Rantai Pasok?

Mengenali Perbedaan Aplikasi POS dan Mesin Kasir

  May 31, 2023        3 Min Read

Mengenali Perbedaan Aplikasi POS dan Mesin Kasir

REKOMENDASI

Artikel Terkait