Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Informasi Bisnis Solusi Bisnis Solusi ERP Supply Chain Management

Tingkatkan Visibilitas dengan Cloud Supply Chain Management

3 Min Read     Posted on 07 Mar 2023

Share Artikel

Kunci dari operasi bisnis yang efektif adalah supply chain management. Dalam sebuah rantai pasokan, terdapat berbagai tahapan yang melibatkan banyak pihak seperti pemasok, produsen, distributor, dan pelanggan. Namun, masalah visibilitas dalam rantai pasokan sering kali menjadi kendala bagi perusahaan dalam memaksimalkan kinerja dan keuntungan mereka.

Nah, cloud supply chain management dapat membantu bisnis Anda meningkatkan visibilitas dan efisiensi rantai pasok. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi cloud menjadi salah satu solusi yang populer untuk masalah fleksibilitas di perusahaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang bagaimana cloud SCM dapat membantu perusahaan meningkatkan visibilitas rantai pasokan.

1. Apa itu Cloud SCM?

Supply chain management adalah pengelolaan proses aliran barang di perusahaan, mulai dari tahapan merubah bahan baku menjadi barang jadi hingga distribusi produk ke tangan konsumen akhir. Dimana meliputi proses pengadaan, produksi, logistik, dan masih banyak lagi. Banyaknya tahapan dalam rantai pasok, mendorong perusahaan untuk memiliki sebuah sistem yang bisa menyederhanakannya.

Salah satu software yang bisa Anda gunakan adalah cloud supply chain management. Cloud SCM adalah pengelolaan rantai pasok yang didukung oleh teknologi cloud computing. Dalam hal ini, seluruh data akan disimpan di server terpusat yang dapat diakses melalui internet. Keunggulan sistem ini adalah mendukung penggunanya untuk mengakses aplikasi dari mana saja dan kapan saja secara fleksibel. Masih banyak manfaat lainnya yang akan dibahas di part selanjutnya.

2. Keunggulan Cloud SCM dalam Rantai Pasok

Di era digital yang semakin berkembang, teknologi cloud menjadi solusi yang efektif untuk memecahkan banyak masalah dalam industri, termasuk dalam rantai pasokan. Cloud supply chain management telah membawa perubahan besar bagi perusahaan yang menggunakannya. Mari kita akan bahas keunggulan dari cloud SCM dalam rantai pasokan.

a. Visibilitas Besar

Dalam banyak kasus, visibilitas yang buruk dalam rantai pasokan dapat menyebabkan ketidakpastian dan biaya yang tidak terduga. Misalnya, jika suatu perusahaan tidak memiliki informasi akurat pada persediaan, maka proses produksi akan terhambat. Nah, Anda tidak perlu merasakannya lagi jika menerapkan cloud SCM.

Salah satu manfaat utama dari cloud SCM adalah meningkatkan visibilitas rantai pasok. Sistem ini memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan dan mengelola informasi yang berhubungan dengan rantai pasokan dari berbagai sumber dengan lebih efektif. Jadi, Anda dapat melacak dan memonitor seluruh aktivitas secara real-time. Anda pun juga bisa mengidentifikasi risiko SCM yang mungkin terjadi dan menemukan solusi yang tepat. 

b. Analisis Akurat

Memproses dan menganalisis informasi sangatlah menghabiskan waktu yang banyak jika dilakukan secara manual. Namun, cloud SCM akan memudahkan Anda dalam mengumpulkan data yang sangat besar dari berbagai sumber dengan cepat. Sehingga, bisnis Anda bisa melakukan analisis data secara akurat. Pihak manajerial pun dapat mendapatkan pelaporan real-time tentang kinerja rantai pasokan. 

Teknologi cloud SCM memungkinkan perusahaan menggunakan algoritma dan metrik yang lebih spesifik untuk melakukan analisis data. Dengan begitu, Anda pun dapat mengukur efektivitas rantai pasok dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dengan lebih akurat. Hal ini dapat mempengaruhi perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih baik tentang strategi bisnis dan pengelolaan supply chain management.

c. Kemudahan Kolaborasi

Dalam rantai pasok manual, kolaborasi antar anggota dan supplier seringkali sulit karena data dan informasi tidak bisa diakses dengan mudah. Namun, sekarang tidak lagi karena sudah menerapkan cloud SCM. Dimana seluruh karyawan dapat mengakses data yang sama secara real-time. Hal ini memungkinkan kolaborasi yang lebih efektif dan efisien antar pihak.

Dengan sistem ini, perusahaan dapat dengan mudah berbagi informasi dengan mitra bisnis. Dimana semua informasi tersebut dapat diakses oleh rekan bisnis dari lokasi manapun dan kapan saja, asalkan mereka memiliki akses ke sistem. Kemudahan ini sangatlah penting untuk membangun kerjasama jangka panjang

Melalui platform ini, perusahaan dapat memfasilitasi komunikasi yang lebih baik dan transparan. Mitra bisnis dapat berbagi informasi tentang inventaris dan pengiriman, sehingga perusahaan dapat memperkirakan permintaan konsumen dan jadwal produksi dengan lebih akurat.

d. Menghilangkan Risiko

Dalam rantai pasokan, risiko dapat terjadi dari berbagai sumber, seperti keterlambatan pengiriman hingga masalah kualitas produk. Dengan cloud SCM, perusahaan dapat menganalisis dan mengidentifikasi risiko potensial secara akurat. Sehingga, Anda bisa mengambil langkah-langkah tepat untuk mengurangi risiko tersebut. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap lancarnya proses supply chain management di perusahaan.

3. Tips Menerapkan Sistem SCM Cloud

Setiap perusahaan memiliki alur rantai pasok yang berbeda. Maka dari itu, satu sistem cloud SCM belum tentu cocok untuk di aplikasikan di semua bisnis. Dalam memilih sistem yang tepat, banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Apa saja? Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih software SCM cloud. Jika semua faktor dipertimbangkan dengan baik, sistem ini pun bisa menjadi alat yang sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan keuntungan dalam jangka panjang.

a. Sesuai Budget Perusahaan

Biaya inventasi untuk cloud supply chain management memanglah tidak murah. Perusahaan harus menyiapkan budget yang lebih besar dari harga sistem. Pasalnya, banyak biaya lainnya yang juga harus diperhitungkan seperti biaya implementasi, pelatihan, hingga pemeliharaan sistem. Karena biaya yang tidak sedikit itulah, Anda harus pintar-pintar memilih sistem yang harganya cost-effective dan sesuai dengan budget yang telah ditentukan.

b. Kemampuan Bisnis

Sebelum memilih untuk mengadopsi sistem manajemen rantai pasokan berbasis cloud, pastikan perusahaan Anda memiliki infrastruktur yang cukup dan tim ahli yang terampil untuk mengelola sistem ini. Selain itu, bisnis Anda juga harus memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil. Pasalnya, kelancaran akses software sangatlah bergantung pada koneksi internet.

c. Sistem Terintegrasi

Sebelum menerapkan software SCM cloud-based, setiap perusahaan pasti sudah menggunakan aplikasi lainnya terlebih dahulu, seperti software gudang dan sistem POS. Maka dari itu, kemampuan integrasi adalah poin terpenting dalam memilih software yang tepat. Integrasi sistem SCM yang tepat dengan aplikasi yang sudah ada dapat melancarkan seluruh proses bisnis, tak terkecuali rantai pasokan.

d. Penerapan Teknologi Terbaru

Anda harus memilih cloud supply chain management yang menggunakan teknologi terbaru. Contohnya ada teknologi informasi ERP, artificial intelligence (AI), atau Internet of Things (IoT). Dengan software ERP, Anda bisa mengelola seluruh arus informasi rantai pasok secara otomatis. 

Lalu, penerapan AI pada software SCM cloud dapat digunakan untuk memprediksi permintaan pelanggan dan memudahkan manajemen persediaan. Sementara IoT dapat digunakan untuk memantau kondisi produk dan peralatan di seluruh rantai pasok. Solusi cloud SCM yang didukung oleh teknologi terbaru dapat memberikan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

e. Pilih Vendor Terbaik

Vendor yang dipilih harus memiliki reputasi yang baik dan menawarkan layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, pilihlah vendor yang memiliki pengalaman dalam menyediakan cloud based supply chain. Perusahaan penyedia yang sudah berpengalaman dapat memberikan layanan yang lebih baik dan lebih memahami kebutuhan bisnis Anda. Pastikan untuk memeriksa portofolio dan referensi vendor.

4. Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, cloud supply chain management dapat memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan dalam meningkatkan visibilitas dan efisiensi rantai pasok. Dalam memilih software yang tepat, pastikan untuk mempertimbangkan hal-hal di atas. Dengan begitu, bisnis Anda dapat mengadopsi cloud SCM dengan sukses dan memaksimalkan penggunaannya.

Percayakan teknologi terkini sistem ERP dari ScaleOcean untuk menjalankan seluruh manajemen rantai pasok Anda. Dengan satu sistem ini, Anda bisa mengelola semua tahapan dan bahkan mengotomatiskan tugas berulang dalam SCM. Jadi tunggu apalagi, transformasikan bisnis Anda untuk keuntungan yang lebih banyak!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

  May 03, 2024        3 Min Read

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

  May 03, 2024        3 Min Read

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

  May 03, 2024        3 Min Read

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

  May 03, 2024        3 Min Read

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

REKOMENDASI

Artikel Terkait