Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo ūüĎč

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Sistem ERP Solusi ERP Supply Chain Management

Manfaat Supply Chain Management ERP Software

3 Min Read     Posted on 16 Feb 2023

Share Artikel

Supply chain management atau SCM adalah suatu istilah yang kerap dipakai di perusahaan. Istilah ini merujuk pada seluruh proses bisnis untuk memberikan produk terbaik untuk pelanggan. Dimana meliputi tahapan perencanaan, pengadaan, produksi, pemasaran, hingga logistik.

Dengan demikian, semua aspek dalam perusahaan akan terlibat, bahkan pelanggan sekalipun. Maka dari itu, banyak perusahaan menggunakan software ERP dalam proses SCM mereka. Sistem ini memiliki fitur yang dibutuhkan untuk membuat tahapan supply chain management menjadi lebih mudah.

Selain itu, supply chain management ERP software juga dapat mengintegrasikan berbagai pekerjaan yang terkait. Aplikasi ini akan menjalankan pekerjaan berulang secara otomatis dan menghasilkan data real-time untuk membantu karyawan Anda dalam pengelolaan bisnis. Yuk simak alasan Anda harus menggunakan sistem ERP untuk SCM.

1. Integrasi Berbagai Divisi

Sebelumnya telah disinggung bahwa supply chain management ERP software dapat mengintegrasikan berbagai pekerjaan yang dibutuhkan dalam proses tersebut. Dengan begitu, semua karyawan bisa bekerja sama secara lebih mudah hanya dengan satu sistem saja. Sehingga, seluruh proses pun dapat berjalan dengan lebih lancar dan cepat.

Selain berdampak pada SCM itu sendiri, terintegrasinya berbagai divisi dalam ERP juga secara tak langsung dapat memperkecil gap antar tim. Dengan demikian, suasana perusahaan pun dapat menjadi lebih nyaman. Bila suasana lebih nyaman, maka hal tersebut juga berpengaruh pada kelancaran proses itu sendiri.

2. Pekerjaan Otomatis

Di atas juga telah dibahas bahwa sistem ERP memproses pekerjaan berulang dengan otomatis. Tentu saja hal ini akan memudahkan pegawai dalam menjalankan supply chain management, dan menyelesaikannya dengan lebih cepat. Waktu yang dibutuhkan dalam melakukan rantai pasokan jadi lebih singkat, dan karyawan pun bisa segera beralih ke tugas lainnya.

Tak hanya itu, segala pekerjaan yang berlangsung secara otomatis ini juga dapat meminimalisir human error dan kecurangan dari pihak  yang tidak bertanggung jawab. Jadi, SCM pun dapat berjalan dengan lebih akurat, minim kesalahan, dan bahkan bisa menghilangkan peluang kerugian. Selain itu, aplikasi ERP juga dapat membantu meminimalisir kecurangan sehingga kerugian perusahaan akibat adanya perilaku yang tidak bertanggung jawab selama proses tersebut berlangsung.

3. Menjangkau Seluruh Industri

Supply chain management ERP software bisa digunakan untuk mendukung proses bisnis di berbagai perusahaan, mulai dari manufaktur, logistik, hingga konstruksi. Aplikasi ini tidak hanya terbatas pada bisnis tertentu saja, jadi Anda tidak perlu khawatir apakah perusahaan bisa menggunakannya atau tidak.

Saat ini, sudah banyak jenis software ERP yang fiturnya dapat dimodifikasi. Dengan begitu, Anda bisa mengubah fitur-fitur yang ada atau menambah agar sesuai dengan kebutuhan SCM perusahaan Anda. Bahkan, Anda juga dapat mengembangkan custom ERP software yang khusus untuk perusahaan. 

4. Meningkatkan Pelayanan

Kelancaran proses supply chain management akan mempengaruhi pelayanan perusahaan kepada pelanggan, itulah mengapa software ERP dibutuhkan. Dengan aplikasi ini, kecepatan SCM bisa ditingkatkan. Semakin cepat proses tersebut, maka semakin cepat pula perusahaan dapat melayani dan memenuhi permintaan konsumen sehingga konsumen pun bisa lebih puas.

Tingkat kepuasan klien juga berpengaruh pada bisnis nantinya. Pengaruh pertama adalah kepercayaan mereka akan meningkat sehingga mereka akan melakukan repeat order lagi ke perusahaan Anda. Pengaruh kedua adalah naiknya pendapatan karena banyaknya pesanan yang dilakukan oleh konsumen. Meningkatnya pendapatan ini pun akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis.

5. Memudahkan Pemantauan Proses

Supply chain management tetap perlu dipantau, dan tahapan ini akan lebih mudah dilaksanakan menggunakan sistem ERP. Alasannya adalah software ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja secara real time. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh informasi yang akurat terkait jalannya SCM di perusahaan.

Tak hanya itu, kemudahan ini juga akan berakibat pada kecepatan pengambilan keputusan. Dimana Anda bisa membuat keputusan tanpa perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan informasi mengenai rantai pasokan di perusahaan Anda. Hal ini akan semakin terasa bila Anda sedang berada di posisi genting dan harus segera mengambil langkah yang tepat untuk bisnis.

6. Kontrol Penuh Berbagai Lokasi

Memiliki berbagai cabang perusahaan menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan suatu bisnis. Namun hal tersebut bisa menjadi penghambat dalam menjalankan supply chain management di masing-masing cabang, jika tidak dilakukan dengan baik. Tapi tak perlu khawatir lagi, karena Anda hanya perlu satu software ERP untuk mengontrol proses SCM di berbagai cabang lokasi.

Hal tersebut bisa menguntungkan perusahaan karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menghadirkan aplikasi ERP di masing-masing lokasi. Selain itu, para karyawan pun dapat bertukar informasi dengan lebih cepat. Anda pun bisa memantau semua lokasi cabang hanya dari satu dashboard saja.

7. Menjaga Keamanan Data

Banyak supply chain management ERP software saat ini sudah berbasis Cloud. Dengan demikian, semua data mengenai proses SCM akan dicadangkan secara berkala. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika data di gawai tidak sengaja terhapus atau perangkat yang digunakan mengalami masalah atau kerusakan, karena Anda masih bisa mengakses Cloud  ERP tersebut di perangkat lainnya.

8. Kesimpulan

Di atas sudah dijelaskan hubungan antara supply chain management dengan software ERP, sehingga Anda pun sudah paham akan segala kemudahan yang akan didapatkan dengan menerapkan perangkat tersebut. Kini saatnya Anda memilih sistem ERP yang terbaik untuk usaha Anda. Meskipun banyak pilihan yang tersedia, namun Anda harus teliti dalam memilihnya.

Salah satu software yang bisa Anda pilih adalah Scale 360 ERP. Sebagai perangkat ERP nomor satu di Indonesia, ScaleOcean menghadirkan berbagai fitur yang cocok untuk proses SCM di perusahaan Anda. Yuk lancarkan seluruh proses bisnis Anda bersama ScaleOcean dan dapatkan keuntungan yang berlipat!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Ketahui Tugas Picker Gudang beserta Tantangannya

  Oct 05, 2023        3 Min Read

Ketahui Tugas Picker Gudang beserta Tantangannya

Cari Tahu Tugas Staff Gudang beserta Skill dan Gajinya

  Oct 05, 2023        3 Min Read

Cari Tahu Tugas Staff Gudang beserta Skill dan Gajinya

Apa itu Back Order dan Cara Sukses Menanganinya

  Oct 04, 2023        3 Min Read

Apa itu Back Order dan Cara Sukses Menanganinya

Sistem Gudang untuk Tingkatkan Efektivitas Mutasi Stock

  Oct 03, 2023        3 Min Read

Sistem Gudang untuk Tingkatkan Efektivitas Mutasi Stock

REKOMENDASI

Artikel Terkait