Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Informasi Bisnis Sistem ERP Solusi Bisnis Solusi ERP

Kegunaan Software ERP untuk Proses Supply Chain

3 Min Read     Posted on 22 Feb 2023

Share Artikel

Software ERP merupakan perangkat yang digunakan untuk mengelola beragam proses bisnis yang ada di perusahaan. Dengan sistem ERP ini, berbagai pekerjaan pun dapat terlaksana secara mudah dan cepat. Bahkan informasi terkait tugas tersebut pun dapat diperoleh secara real-time. Sehingga, memudahkan para stakeholders dalam membuat keputusan. Itulah mengapa, kini banyak perusahaan besar menggunakan software tersebut.

Cara kerja sistem ERP adalah mengotomatiskan pekerjaan berulang. Untuk melakukannya, dibutuhkan kolaborasi fitur dan solusi yang beragam dan berbeda-beda, sesuai kebutuhan per divisi bahkan per industri. Nah, di artikel ini kita akan fokus membahas tentang software ERP supply chain.

1. Apa itu Software ERP Supply Chain?

Supply chain adalah seluruh proses produksi hingga distribusi pada perusahaan yang berkaitan langsung dengan supplier dan konsumen. Rantai pasokan memiliki peranan yang penting di seluruh sektor bisnis, terutama industri manufaktur. Itulah mengapa software ERP diperlukan untuk memudahkan proses tersebut.

Dalam sebuah software ERP supply chain management terdapat berbagai jenis fitur-fitur canggih yang berguna untuk memudahkan, mempercepat, hingga meningkatkan keakuratan proses rantai pasok dalam perusahaan. Contohnya, ada solusi e-purchasing yang akan mengotomatiskan pembelian ketika ada notifikasi low-stock. 

Lalu, terdapat fitur scheduling & planning yang dapat memudahkan Anda dalam merencanakan kebutuhan material dan menjadwalkan produksi secara akurat. Bahkan ada juga modul yang membantu Anda dalam mengelola stok barang dan gudang, yaitu warehouse management. Selain itu, masih ada banyak solusi lainnya yang siap mendukung kelancaran supply chain di perusahaan Anda. 

2. Manfaat Software SCM ERP-Based

Di era sekarang, banyak perusahaan yang beralih ke software ERP supply chain karena merasakan banyak sekali kemajuan dan manfaat. Keunggulan yang paling menonjol adalah meningkatnya produktivitas bisnis yang sejalan dengan peningkatan keuntungan juga. Yuk ketahui manfaat lain yang bisa usaha Anda dapatkan.

a. Keseimbangan Supply dan Demand

Software ERP dapat membantu Anda dalam memperkirakan besarnya permintaan konsumen secara akurat. Sehingga, Anda pun bisa melakukan perencanaan dan penjadwalan produksi yang sesuai dengan permintaan tersebut. Pemanfaatan sumber daya di perusahaan jadi lebih maksimal dan seluruh permintaan dapat terpenuhi dengan baik.

Dalam proses produksi pasti dibutuhkan bahan baku, sehingga perlu dilakukan pengadaan. Anda tak perlu khawatir, karena sistem ERP supply chain mampu menganalisis raw materials apa saja yang dibutuhkan dengan mudah. Adanya fitur e-purchasing di software ini, memudahkan Anda dalam melakukan pemesanan hanya dengan satu klik saja. Pekerjaan karyawan jadi efisiensi dan bahan-bahan tersebut pun bisa dialokasikan dengan lebih tepat.

b. Memudahkan Pemantauan 

Software ERP bisa meningkatkan visibilitas akan proses rantai pasok di perusahaan. Anda dapat memperoleh informasi secara real-time dan memantau seluruh proges pekerjaan hanya dari satu dashboard. Sistem ini pun juga mendukung adanya transparansi data, jadi bisa meminimalisir kesalahan akibat human error dan kecurangan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Semakin cepat dan akurat data yang bisa diperoleh, setiap divisi maupun stakeholders yang berperan dalam rantai pasok pun bisa membuat perencanaan yang lebih tepat. Dengan demikian, risiko kegagalan pun bisa diminimalisir dan langkah yang diambil pun lebih efisien dan hemat waktu.

c. Mempermudah Kerjasama

Manfaat selanjutnya adalah Anda bisa mengintegrasikan berbagai pekerjaan dari seluruh tim dalam satu sistem terpusat. Oleh sebab itu, masing-masing divisi tersebut dapat melakukan kerjasama yang lebih baik, demi terciptanya proses rantai pasok yang lancar dan efisien. Kolaborasi yang baik pun dapat membawa berbagai manfaat lain, seperti menghemat waktu proses bisnis hingga meminimalisir kesenjangan antar divisi.

Tak hanya kerjasama di bidang internal, ERP juga bisa meningkatkan kerjasama di bidang eksternal. Caranya adalah supplier dihubungkan ke dalam sistem yang sama. Dengan begitu, vendor akan mengetahui ketika persediaan bahan baku di industri mulai menipis. Serta, pemasok pun dapat memastikan jumlah pembelian tersebut.

d. Pengelolaan Dokumen Otomatis

Kegunaan lain dari adanya software ERP untuk supply chain adalah dapat mengelola dokumen secara otomatis. Hal ini bisa mempermudah kinerja karyawan yang bersangkutan, seperti pembuatan invoice otomatis dan mengirimnya ke konsumen setelah proses pengiriman barang. Selain itu, ERP juga bisa mempermudah pengelolaan dokumen lain seperti ekspor dan impor barang saat perusahaan melakukan transaksi lintas negara.

Tak hanya mengelola saja, ERP juga bisa menyimpan semua dokumen tersebut secara otomatis. Dengan demikian, para pengguna bisa mencarinya dengan lebih mudah ketika dibutuhkan. Penyimpanan data ini juga bisa meminimalisir kesalahan ketika melakukan pengiriman kepada konsumen atau saat repeat order bahan baku kepada pemasok.

e. Keamanan Data Terjamin

Saat ini terdapat berbagai jenis software ERP yang bisa digunakan untuk supply chain. Dimana semuanya menawarkan tingkat keamanan yang sama, terutama jika Anda menggunakan cloud ERP. Aplikasi jenis ini mulai banyak dikembangkan dan disukai oleh berbagai industri karena bisa menyimpan cadangan data dari perangkat apapun.

Penyimpanan berbasis cloud ERP ini juga memudahkan pengguna untuk mengakses data secara fleksibel dari mana saja dan kapan saja selama masih terhubung ke dalam jaringan internet. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi oleh firewall yang dapat melindungi data. Maka dari itu, Anda tak perlu khawatir jika ada pihak lain yang ingin mencuri informasi penting perusahaan.

f. Peningkatan Pelayanan

Software ERP supply chain terbukti mampu membuat proses rantai pasok menjadi lebih efisien dan cepat. Dengan kata lain, perusahaan dapat memenuhi seluruh permintaan konsumen. Dimana hal ini bisa meningkatkan pelayanan terhadap klien sehingga mereka bisa semakin puas dan percaya dengan produk Anda.

Meningkatnya kepuasan dan kepercayaan ini tentu akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan perusahaan. Semakin banyak konsumen yang puas, maka semakin sering pula mereka melakukan repeat order. Dengan demikian, pendapatan pun akan semakin bertambah dan bisnis bisa semakin maju.

g. Mengelola Seluruh Cabang

Perusahaan yang maju ataupun berkembang pasti memiliki kantor cabang di lokasi yang berbeda-beda. Nah, Anda bisa mengelola proses rantai pasok di seluruh cabang tersebut hanya dari satu software ERP supply chain. Dengan begitu, bisnis Anda dapat menghemat biaya pembelian sistem.

Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap proses rantai pasok itu sendiri. Bila persediaan di satu cabang menipis, maka bisa dialihkan ke cabang terdekat yang masih mempunyai stok dengan cepat. Selain itu, terhubungnya berbagai lokasi juga memudahkan komunikasi dan kerjasama bila ada pengiriman atau pemindahan barang antar lokasi.

3. Kesimpulan

Demikian berbagai manfaat software ERP supply chain di perusahaan. Dari ulasan di atas, Anda pun bisa mengetahui bahwa penggunaan sistem tersebut juga akan berdampak pada konsumen dan karyawan. Namun, apakah Anda sudah menemukan sistem ERP yang tepat?Bila belum, Anda bisa menerapkan software Scale 360 ERP dari ScaleOcean. Sistem canggih yang tidak hanya akan melancarkan rantai pasokan saja, tetapi juga seluruh proses bisnis Anda. Jadi, siap sederhanakan alur kerja di perusahaan Anda?

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

  Apr 26, 2024        3 Min Read

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

  Apr 26, 2024        3 Min Read

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya

  Apr 25, 2024        3 Min Read

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya