Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
CRM Sistem ERP Solusi Bisnis Solusi ERP

Apa itu Software ERP CRM beserta Manfaatnya?

3 Min Read     Posted on 21 Feb 2023

Share Artikel

Software ERP merupakan kebutuhan penting bagi perusahaan di era sekarang ini. Bagaimana tidak? Anda bisa mengelola seluruh proses bisnis hanya dari satu sistem saja. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi yang berbeda untuk masing-masing divisi. Ada banyak pilihan solusi yang bisa Anda terapkan pada software ini, salah satunya adalah CRM.

CRM atau customer relationship management adalah sebuah modul dalam sistem ERP dan bisa diintegrasikan dengan berbagai solusi lainnya. Namun, modul ini juga bisa berdiri sendiri loh. Ketika perusahaan merasa hanya membutuhkan solusi satu ini saja, maka Anda bisa menerapkan software ERP CRM. Mari kita bahas sistem ini secara detail.

1. Pengertian Software ERP CRM

Pengertian software ERP adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola berbagai proses bisnis. Sistem ini mampu membantu sumber daya manusia dalam menyederhanakan alur kerja dan bahkan menghadirkan data secara real-time. Itulah sebabnya, software ini kerap digunakan di berbagai jenis perusahaan.

Seperti yang kita tahu, terdapat banyak sekali pilihan modul yang bisa diaplikasikan ke sistem ERP. Tidak hanya bisa untuk diintegrasikan, solusi tersebut pun bisa berdiri sendiri. Salah satunya adalah software ERP CRM. Sesuai namanya, perangkat ini berguna untuk membantu bisnis Anda dalam mempertahankan dan mendapatkan pelanggan

Terdapat banyak sekali fitur di software ERP CRM yang akan memudahkan Anda dalam mengelola seluruh hal yang berkaitan dengan customer. Contohnya, adanya fitur sales pipeline memungkinkan Anda untuk memantau tahapan leads. Lalu, ada juga fitur customer database yang berguna untuk mengotomatiskan pencatatan informasi pelanggan dan menyimpannya dalam penyimpanan terpusat. Selain kedua fitur tersebut, masih ada banyak lagi lainnya yang bisa membantu bisnis Anda untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. 

2. Manfaat Software CRM berbasis ERP

Di atas Anda sudah disinggung bahwa software ERP dan CRM adalah dua sistem yang saling terkait. Dimana CRM adalah bagian dari ERP. Banyak manfaat yang bisa bisnis Anda dapatkan dari menerapkan sistem ini. Mari kita bahas satu persatu.

a. Meningkatkan Efektivitas dan Produktivitas

Software ERP CRM mampu meningkatkan efektivitas dalam pekerjaan. Hal ini disebabkan oleh sistem automasi yang terdapat pada perangkat ini. Proses otomatis di sini meliputi pencatatan informasi klien, alur pemasaran, hingga memberikan respon di seluruh channel marketing. Dengan demikian, Anda pun bisa meminimalisir terjadinya kesalahan dan bisa lebih menjangkau pelanggan.

Tak hanya efektivitas saja, namun produktivitas perusahaan juga bisa meningkat akibat adanya CRM berbasis ERP ini. Hal tersebut terjadi karena aplikasi ini memiliki fitur yang mampu membantu Anda dalam memantau keberhasilan pemasaran. Anda pun bisa menganalisis strategi mana yang lebih baik digunakan maupun tidak dengan menggunakan perangkat ini.

b. Menghemat Waktu

Peningkatan efektivitas yang dihasilkan oleh software ERP untuk CRM juga berpengaruh terhadap efisiensi waktu kerja. Hal ini terjadi karena karyawan bisa melakukan berbagai pekerjaan dengan lebih cepat karena semua pekerjaan berulang sudah berjalan secara otomatis. Selain itu, Anda juga tak perlu lagi membuang waktu lama untuk menemukan rencana pemasaran yang tepat.

Anda bisa memperoleh informasi marketing, penjualan, hingga sales pipeline dengan mudah ketika membutuhkannya kapan saja, terutama ketika hendak membuat keputusan. Pasalnya, software ini selalu menghadirkan data real-time dan akurat. Sehingga, langkah yang Anda pilih pun lebih tepat.

c. Meningkatkan Pelayanan dan Penjualan

Sesuai dengan namanya, software ERP CRM memiliki sistem yang mampu meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Peningkatan ini dilakukan dengan cara memberikan penawaran terbaik kepada mereka secara personal melalui email marketing. Dimana tawaran tersebut dibuat berdasarkan kriteria mereka. Sehingga, loyalitas pelanggan meningkat pesat.

Di samping itu, aplikasi ini juga mempunyai fitur sales order otomatis. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat alur penjualan secara otomatis sehingga mempermudah transaksi dan tahapan lainnya. Selain itu, fitur ini juga bisa memudahkan Anda untuk menargetkan calon customer yang berpeluang besar. Jadi, tingkat penjualan pun jadi semakin tinggi.

d. Manajemen Konsumen

Tak hanya dapat meningkatkan pelayanan dan penjualan saja, software ERP untuk customer relationship management juga bisa membantu dalam manajemen konsumen. Melalui aplikasi ini, Anda bisa menyimpan berbagai data mengenai pelanggan secara otomatis. Data ini meliputi pesanan, permintaan, email, sampai karakteristik dari klien tersebut. Beragam informasi tersebut akan tersimpan secara otomatis dalam satu sistem terpusat.

Data ini bisa membantu Anda dalam merencanakan strategi pemasaran yang tepat. Anda pun bisa semakin mengenal klien dan memperkirakan target pasar selanjutnya. Informasi tersebut akan semakin aman bila menerapkan cloud ERP, sehingga Anda akan mempunyai cadangan data meskipun perangkatn yang dipakai mengalami kerusakan.

e. Memudahkan Pemantauan

Software ERP CRM juga bisa membantu Anda dalam memantau segala aktivitas penjualan. Hal ini disebabkan oleh adanya fitur Sales Pipeline. Fitur ini bisa membantu Anda mengelola dan memantau semua tahapan-tahapan leads dengan mudah dan cepat. Anda bisa memindahkan leads dengan cepat, Anda cukup menggesernya dari satu tahap ke tahap lainnya. 

Di samping itu, Anda juga dapat melacak bagaimana tim sales dan marketing bekerja. Mulai dari jam kerjanya, berapa waktu yang dibutuhkan dalam mencari leads, hingga apakah memenuhi target penjualan atau belum. Sehingga, produktivitas mereka pun bisa meningkat. 

f. Dapat Diintegrasikan dengan Aplikasi Lain

Inilah salah satu kelebihan yang mencolok dari customer relationship management, yakni dapat diintegrasikan dengan software lainnya. Salah satunya adalah sistem POS atau Point of Sales. Dimana aplikasi tersebut mampu membantu Anda dalam melacak seluruh transaksi penjualan.

Selain itu, software ERP CRM juga bisa terintegrasi dengan inventory management. Dengan kedua sistem ini, Anda bisa mengetahui stok barang dan permintaan customer secara akurat. Informasi mengenai persediaan ini pun bisa mempengaruhi kemudahan dan ketepatan Anda ketika membuat purchase order.

Sistem selanjutnya yang bisa diintegrasikan dengan sistem CRM adalah software akuntansi. Dengan integrasi ini, Anda bisa memperkirakan besarnya biaya pemasaran dengan tepat. Selain itu, Anda pun juga dapat mencatat pendapatan dan memperkirakan arus kas secara otomatis. Wah dapat dipastikan bisnis Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika menerapkan semua aplikasi ini. 

g. Fitur Bisa Disesuaikan

Sebelumnya, sudah dibahas sedikit tentang fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh software ERP CRM. Namun, Anda tak perlu khawatir bila ada fitur yang tidak sesuai ataupun belum ada. Di sistem ini, Anda bisa menyesuaikan fitur dengan kebutuhan Anda. Sehingga, aplikasi tersebut bisa membantu proses bisnis Anda dengan maksimal.

3. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa banyak sekali manfaat dari menerapkan software ERP untuk CRM. Pentingnya penggunaan aplikasi tersebut, membuat Anda tidak bisa memilihnya secara sembarangan. Tidak perlu khawatir, percayakan saja manajemen pengelolaan pelanggan Anda ke ScaleOcean.

ScaleOcean menghadirkan software ERP CRM terbaik di Indonesia. Hal ini ditandai oleh banyaknya perusahaan ternama yang sudah menggunakan software tersebut. Selain itu, semua fitur dan kemudahan di atas juga akan Anda temukan di aplikasi CRM ScaleOcean. Belum lagi dukungan pelanggan mereka yang siap melayani Anda kapan saja. Dapatkan keuntungan yang lebih besar bersama ScaleOcean!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya

  Apr 25, 2024        3 Min Read

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya

Software Testing Adalah: Ketahui Arti dan Siklusnya

  Apr 25, 2024        3 Min Read

Software Testing Adalah: Ketahui Arti dan Siklusnya

Contoh Dokumen Packing List untuk Pengiriman Barang

  Apr 24, 2024        3 Min Read

Contoh Dokumen Packing List untuk Pengiriman Barang

REKOMENDASI

Artikel Terkait