Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Accounting Management Finance Sistem ERP Solusi ERP

Pentingnya Software Akuntansi untuk Keuangan Perusahaan

3 Min Read     Posted on 27 Dec 2022

Share Artikel

Seiring berkembangnya teknologi, berbagai bidang pekerjaan pun berubah menjadi lebih canggih. Bila dahulu segala pekerjaan dilakukan dengan manual, kini sudah mulai berganti menjadi otomatis secara digital. Itulah yang menyebabkan lahirnya software akuntansi untuk mengelola keuangan perusahaan.

Kini, aplikasi akuntansi pun mulai dipakai berbagai perusahaan untuk menggantikan pencatatan keuangan secara manual. Software atau perangkat lunak tersebut memiliki berbagai keunggulan sehingga banyak perusahaan yang memilihnya. Bila Anda juga mempunyai sebuah usaha, Anda juga perlu memilikinya karena perangkat tersebut penting untuk digunakan.

Peran pentingnya software akuntansi sangatlah banyak. Saat mengatur keuangan perusahaan, tentunya Anda menginginkan hasil yang terbaik bukan? Karena jika sampai ada satu kesalahan saja, maka finansial bisnis Anda bisa kacau balau. Maka dari itu, sistem akuntansi menjadi solusi terbaik yang bisa Anda pilih. Berikut beberapa alasan pentingnya software akuntansi:

1. Pekerjaan menjadi Lebih Efisien

Keuangan merupakan masalah yang baru bisa diselesaikan dalam waktu cukup lama. Apalagi bila Anda harus mencatat dan memantaunya satu per satu di lembaran kertas. Hal ini tidak berlaku bila Anda menggunakan software akuntansi dalam pengelolaan keuangan perusahaan Anda.

Dengan software akuntansi, Anda bisa mencatat dan meninjau keuangan perusahaan dengan lebih cepat. Anda pun tak perlu membuang waktu untuk mencari data tertentu secara satu per satu. Dengan demikian, Anda bisa membuat keputusan bisnis dengan lebih cepat dan mudah.

Selain itu, penggunaan software akuntansi juga tidak membosankan seperti pencatatan manual. Peninjauan catatannya pun bisa lebih menarik. Tak hanya itu, kemudahan dan kecepatan pengguna dalam menggunakannya membuat perangkat ini cocok di beragam jenis usaha.

2. Proses Keuangan Berjalan secara Otomatis

Proses yang ada di software akuntansi berjalan secara otomatis. Dengan demikian, pengelolaan keuangan pun dapat berjalan dengan lebih baik dan rapi. Pengelolaan keuangan ini meliputi dari pencatatan, identifikasi, hingga penyajian data. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah dalam melihat data-data tersebut.

Anda pun bisa melihat data-data pada software akuntansi kapan saja dan dari waktu mana saja, tanpa harus mencarinya secara manual. Hal ini mengurangi rumitnya prediksi dan perkiraan potensi perusahaan untuk mencapai keuntungan tertentu. Orang lain yang bersangkutan pun dapat turut andil dalam perangkat lunak ini, seperti dalam pencatatan hingga pemantauan data.

3. Software Akuntansi Mempunyai Fitur Lengkap

Biasanya software akuntansi mempunyai fitur-fitur lain selain pengelolaan keuangan, namun masih berhubungan dengan hal tersebut. Contoh fitur tersebut adalah pengelolaan stok barang, pengelolaan aset, perhitungan pajak, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh berbagai keuntungan dan kemudahan hanya menggunakan satu perangkat lunak.

Keuntungan adanya berbagai fitur di dalam software akuntansi tersebut adalah Anda tidak perlu berganti media hanya untuk mengisi data lain. Di samping itu, Anda juga tidak akan kesulitan mencari data ketika ingin meninjaunya. Ini karena semua ada di dalam satu perangkat lunak. Penggunaannya pun menjadi lebih mudah sekalipun bagi orang yang tidak mempunyai dasar ilmu akuntansi dan lainnya.

Fitur-fitur dalam software akuntansi juga sering bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan pun lebih bebas untuk menggunakan perangkat tersebut. Penyesuaian fitur juga bisa mempermudah pengelolaan keuangan sesuai dengan gerak perusahaan.

4. Kemudahan Akses Software Akuntansi

Berbagai macam software akuntansi memberikan kemudahan agar bisa diakses di beberapa cabang, terutama perangkat yang berbasis daring (online). Dengan demikian, Anda tidak perlu membuat pencatatan sendiri-sendiri untuk masing-masing cabang. Anda pun bisa memantau keuangan dan data-data lain dari cabang tersebut tanpa harus mendatangi mereka.

Data tersebut pun bisa diakses secara langsung sehingga para karyawan di berbagai cabang bisa mengisi di software akuntansi. Anda pun bisa memantau catatan tersebut tanpa harus menunggu lama. Tidak hanya data saja yang dapat dipantau, Anda juga bisa memantau cara karyawan melalui pengisian data tersebut.

Meskipun software akuntansi menawarkan kemudahan seperti itu, namun Anda tak perlu khawatir akan tingkat keamanannya atau karyawan cabang lain bisa melihat data cabang lainnya. Hal ini disebabkan biasanya perangkat lunak akuntansi memiliki cara agar hanya orang-orang yang berkepentingan yang bisa melihat. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir akan adanya kecemburuan atau penularan masalah dari cabang satu ke cabang lain melalui perangkat tersebut.

5. Data di Software Akuntansi Lebih Aman

Selama ini pencatatan akuntansi secara manual memiliki beberapa resiko. Resiko tersebut antara lain hilangnya catatan dan pencurian data tanpa disadari. Tapi, resiko-resiko ini dapat diminimalisir dengan menggunakan software akuntansi karena perangkat tersebut dilengkapi dengan keamanan data.

Keamanan data yang pertama adalah Anda bisa mencadangkan data software akuntansi ke penyimpanan lain seperti melalui daring. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir ketika data Anda tak sengaja terhapus. Selain itu, perangkat lunak akuntansi juga mencegah data-data Anda untuk tercecer sehingga tidak mudah hilang.

Keamanan data kedua dari software akuntansi adalah Anda memerlukan kata sandi agar bisa mengakses perangkat akuntansi milik Anda. Dengan demikian tidak bisa sembarangan orang dapat menggunakannya. Selain itu, biasanya sistem akuntansi juga dilengkapi keamanan yang sulit untuk ditembus oleh peretas.

6. Ketepatan Data di Software Akuntansi Lebih Baik

Pada pencatatan dan pengelolaan keuangan secara manual, Anda akan sering menemukan kesalahan. Salah satu penyebab kesalahan ini berasal dari orang yang bertanggung jawab dalam mengelola keuangan tersebut atau human error. Tentu hal ini dapat merepotkan Anda dan perusahaan. Namun, kesalahan ini dapat diminimalisir menggunakan berbagai fitur software akuntansi.

Akurasi data pada software akuntansi berhubungan dengan proses perangkat ini yang dijalankan secara otomatis. Dengan demikian, kesalahan pengguna pun bisa lebih jauh dikurangi. Tak hanya itu, pengguna juga tidak perlu mengisi data secara berulang karena sudah terisi otomatis. Pekerjaan pun bisa lebih efisien dan mengurangi kejenuhan penggunanya.

7. Biaya Menggunakan Software Akuntansi Lebih Murah

Pengelolaan keuangan secara manual adalah tanggung jawab yang cukup berat dan melelahkan. Oleh sebab itu, biasanya perusahaan akan membutuhkan beberapa tenaga profesional untuk melakukannya. Namun dengan software akuntansi, Anda bisa menekan biaya untuk hal tersebut.

Hal ini disebabkan proses software akuntansi yang berjalan otomatis sehingga lebih mudah digunakan oleh lebih sedikit orang. Penggunaan yang mudah pun dapat meringankan pekerjaan sehingga Anda tidak membutuhkan banyak orang untuk melakukannya. Dengan demikian meskipun Anda tetap harus membayar perangkat tersebut, namun hal itu tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar akuntan profesional.

8. Kesimpulan

Itulah berbagai pentingnya software akuntansi untuk dimiliki Anda sebagai pelaku bisnis. Selain alasan diatas, penggunaan software akuntansi juga membuat bisnis Anda tidak ketinggalan zaman. Hal ini bisa menaikkan nilai bisnis Anda baik secara materil maupun di pandangan orang lain.

Oleh sebab itu, segeralah untuk menggunakan software akuntansi. Jika Anda masih bingung provider mana yang harus Anda pilih, maka Anda perlu memilih ScaleOcean. Sistem Akuntansi terbaik kami didukung oleh berbagai fitur tercanggih dan dukungan pelanggan yang baik untuk membantu Anda dalam pengelolaan keuangan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi ScaleOcean.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

  Apr 26, 2024        3 Min Read

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

  Apr 26, 2024        3 Min Read

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya

  Apr 25, 2024        3 Min Read

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya