Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Accounting Management Finance Sistem ERP Solusi ERP

5 Fungsi Software Akuntansi untuk Perusahaan Anda

3 Min Read     Posted on 22 Dec 2022

Share Artikel

Di era sekarang, software akuntansi menjadi kebutuhan vital bagi sektor perusahaan maupun sektor bisnis dalam aspek pengeolaan keuangan. Pemilik perusahaan tentu sudah semakin sadar bahwa dibutuhkan solusi yang tepat. Sebuah solusi ERP yang memudahkan segala urusan transaksi keuangan atau finance suatu perusahaan. Sehingga tujuannya nanti lebih efisien secara waktu dan tenaga, yang berpengaruh pada biaya operasional perusahaan.

Maka dari itu, pada artikel ini Anda akan mengetahui fungsi software akuntansi. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tips-tips untuk memaksimalkan penggunaan fungsi software tersebut. Pembahasan penting lainnya adalah menjawab pertanyaan Anda, apakah hadirnya perangkat lunak akuntansi ini akan menggantikan profesi akuntan. Semua jawaban akan Anda temukan pada artikel di bawah ini.

1. Fungsi Penting Software Akuntansi

Banyak perusahaan yang menggunakan perangkat lunak ini sebagai solusi untuk kinerja dan biaya yang lebih efisien. Banyak yang sudah mengetahui pengertian software akuntansi tapi belum banyak yang paham sistem ini memiliki fungsi yang sangat bermanfaat bagi operasional suatu perusahaan. Hal utama yang wajib diperhatikan adalah bagaimana sistem ini dapat mempermudah masalah keuangan. Sebagian dari Anda pasti ada yang sudah mengetahui manfaat-manfaatnya, namun pastinya ada juga yang belum.

Berikut ini 5 fungsi dari perangkat lunak akuntansi untuk kebutuhan perusahaan:

a. Mengontrol Keuangan Perusahaan

Fungsi pertama dari perangkat lunak akuntansi adalah sebagai finance controlling suatu perusahaan. Mengontrol keuangan pada perusahaan sangat vital perannya, karena seluruh aktivitas dan proses produksi perusahaan tentu bersumber dari uang itu sendiri. Maka dari itu, peran software akuntansi adalah untuk kontrol keuangan yang lebih baik dan terpusatTujuannya, agar kesalahan saat membuat laporan keuangan atau alokasi keuangan dapat diminimalisasi. Pencatatan yang dilakukan secara real time ini, juga lebih efisien secara waktu dan biaya dibandingkan dengan dilakukan secara manual.

b. Meningkatkan Potensi Data yang Akurat

Kedua, fungsi software akuntansi adalah untuk meningkatkan potensi data keuangan yang akurat. Sebuah perusahaan besar tentu memiliki berbagai data yang jumlahnya sampai tak terhingga. Jika menggunakan sistem yang manual, yaitu dengan tenaga manusia maka kemungkinan adanya data error juga akan semakin tinggi. Maka dari itu, fungsi dari sistem akuntansi ini salah satunya adalah meningkatkan potensi keakuratan data keuangan perusahaan Anda.

Data yang akurat akan semakin memengaruhi proses produksi perusahaan Anda ke arah lebih baik. Kegunaan software akuntansi yang berhubungan dengan keakuratan data sangat vital. Alasannya sangat umum, karena sebuah bisnis tidak mungkin tidak membutuhkan data yang akurat. Dengan data akurat, perusahaan mengetahui performa mereka.

Selain itu, juga dapat meminimalisir human error dan dalam aspek meningkatkan produktivitas karyawanMemastikan data yang akurat secara otomatis akan meningkatkan kredibilitasnya.

c. Menjadi Penentu Kebijakan Perusahaan

Manfaat software akuntansi bekiutnya, yaitu menjadi salah satu aspek penentu Anda untuk mengambil kebijakan perusahaan. Kecanggihan perangkat lunak inilah membuat Anda mampu memutuskan kebijakan apa yang sesuai untuk bisnis Anda. Alasannya, karena keberadaan sistem ini akan menampilkan secara detail kondisi keuangan dan aktivitas perusahaan.

Dengan memiliki visibilitas yang besar, Anda bisa mengetahui hal-hal apa saja yang dapat berpengaruh terhadap performa bisnis, baik di masa sekarang ataupun masa yang akan datang. Selain menjadi penentu kebijakan perusahaan yang tepat.  Software akuntansi juga bisa memudahkan Anda dalam pengambil keputusan secara cepat. Keunggulan utama dari aplikasi akuntansi yang diinginkan oleh semua bisnis adalah aspek real-time dan keakuratan.

Maka dari itu, sistem berbasis ERP ini sangat cocok untuk mengelola seluruh aspek akuntansi di perusahaan Anda. Efisiensi dan efektivitas yang ditawarkan software tersebut merupakan dua hal yang paling dicari di era kecanggihan teknologi saat ini.

d. Mengamankan Data Keuangan Perusahaan

Menggunakan software akuntansi juga berfungsi sebagai pengaman data-data penting keuangan. Fungsi ini yang paling dibutuhkan oleh perusahaan karena jika menggunakan sistem manual, ancaman akan kebocoran atau pencurian data akan semakin meningkat. Maka dari itu, accounting management hadir sebagai alternatif agar data finansial perusahaan Anda aman.

Apabila menggunakan software ini, data-data Anda akan disimpan secara terpusat, terjamin, dan juga canggih. Sehingga, kemungkinan terjadinya kebocoran dan kehilangan data akan semakin kecil dan bahkan bisa dihilangkan.

e. Menghemat Biaya Operasional

Fungsi software akuntansi adalah Anda dapat menghemat biaya operasional. Karena ketika Anda menggunakan sistem manual, kemungkinan budget operasional akan tinggi. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan sumber daya manusia yang tinggi. Namun, jika Anda menggunakan sistem akuntansi otomatis, maka tidak hanya pekerjaan yang cepat selesai, tetapi juga tidak membutuhkan tenaga ahli yang banyak dan tentunya dapat menghemat budget operasional.

2. Cara Memaksimalkan Fungsi Software Akuntansi

Untuk memakai sistem akuntansi diperlukan cara khusus agar performanya lebih baik. Anda dapat mulai belajar untuk memaksimalkan fungsi software tersebut. Ada berbagai cara untuk memaksimalkan kegunaan aplikasi akuntansi yang wajib Anda ketahui. Dibutuhkan keahlian atau skill yang mumpuni untuk bisa mengoperasikannya secara maksimal.

Berikut kami berikan 5 cara untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat lunak akuntansi, antara lain:

  • Mempelajari software dengan aktif mencari pelatihan
  • Mengadakan training untuk pegawai yang mengoperasikan sistem
  • Mengintegrasikan software akuntansi dengan seluruh proses bisnis
  • Memilih aplikasi akuntansi yang user-friendly
  • Bekerjasama dengan provider yang melakukan maintaining dan update software rutin

Fungsi sebuah software akuntansi harus dimaksimalkan agar dapat berfungsi lebih baik. Misalnya, Anda merekrut tenaga ahli akuntan yang juga cakap dalam mengoperasikan teknologi. Selain itu, Anda dapat memaksimalkan dari sisi mencari developer software terbaik dan sebagainya. 

Pada intinya, Anda wajib memerhatikan pula cara agar performa software Anda dapat sesuai dan tentunya maksimal. Tujuannya agar Anda dapat mencapai segala goals dari penggunaan software tersebut.

3. Apakah Hadirnya Software Akuntansi Mengancam Pekerjaan Akuntan?

Perkembangan teknologi yang semakin canggih tentu tak dapat dihindari. Kehadiran software akuntansi terkadang memicu pertanyaan, apakah perangkat lunak tersebut menghapus pekerjaan sebagai akuntan secara manual? Jawabannya, tidak. Karena sistem ini hadir sebagai pelengkap atau penunjang pekerjaan seorang akuntan. 

Maka dari itu, masih dibutuhkan tenaga ahli akuntan yang profesional. Jadi, keberadaan aplikasi berbasis ERP ini tidak akan menghilangkan pekerjaan akuntan. Peran software akuntansi yang menjadi penunjang kegiatan seorang akuntan berasal dari fungsi dan manfaat penggunaan seperti yang sudah disebutkan di atas. Seperti halnya peran teknologi yang diciptakan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Begitu pula peran sistem akuntansi ini. Aktivitas keuangan perusahaan tetap membutuhkan tenaga ahli, yang bertujuan untuk mengoperasikan software tersebut. Jadi, tidak benar jika keberadaan software mengganti profesi akuntansi.

4. Kesimpulan

Kesimpulannya, keberadaan software akuntansi berbasis cloud ini menjadi sebuah penunjang untuk membantu tenaga ahli dalam aspek keuangan perusahaan. Beragam fungsi sistem akuntansi yang sudah dijelaskan di atas menjadi bukti bahwa betapa pentingnya keberadaan software ini. Ditambah lagi, fitur-fiturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan berbagai jenis perusahaan. 

Percayakan ScaleOcean sebagai provider Software Akuntansi terbaik Anda. Kebutuhan bisnis akan sistem automasi semakin tinggi, tentunya Anda membutuhkan developer terpercaya. Bersama ScaleOcean, dapatkan fitur dan solusi tepat untuk menunjang kelancaran alur kerja Anda. Sekarang tidak perlu lagi repot untuk mencari developer terbaik untuk digunakan!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

  May 03, 2024        3 Min Read

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

  May 03, 2024        3 Min Read

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

  May 03, 2024        3 Min Read

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

  May 03, 2024        3 Min Read

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

REKOMENDASI

Artikel Terkait