Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Accounting Management Finance Sistem ERP Solusi ERP

Pahami Apa itu Software Akuntansi secara Detail

3 Min Read     Posted on 22 Dec 2022

Share Artikel

Software akuntansi hadir sebagai penunjang kebutuhan bisnis yang efisien. Pastinya efektif bagi para akuntan perusahaan, terutama di dekade saat ini. Sebab, berbagai fitur di dalamnya sudah terprogram dengan baik untuk memudahkan pekerjaan. Nah, apakah Anda adalah salah satu pengguna sistem berbasis ERP ini untuk membantu usaha dan kebutuhan perusahaan Anda?

Tidak dapat dipungkiri, kehadiran software akuntansi telah mengubah berbagai pola aktivitas pekerjaan. Anda wajib mengetahui lebih dalam mengenai sistem perangkat lunak untuk akuntan ini. Misalnya Anda mulai menyimak pembahasan lain mulai dari manfaat, cara memilih dan fitur-fitur terbaiknya.

Jika Anda adalah seorang yang awam tentang apa itu software akuntansi, lebih baik jangan lewatkan informasi dalam artikel satu ini! Sebab pembahasannya akan mengupas tuntas tentang hal-hal terkait sistem tersebut. Nah, mau tahu selengkapnya? Langsung saja pada pokok pembahasan!

1. Pengertian Software Akuntansi

Sebelum membahas tentang aspek lain dari kecanggihan teknologi perangkat lunak untuk akuntan ini, ada baiknya Anda mengetahui dulu pengertian software akuntansi. Definisi dari sistem akuntansi adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung proses pencatatan transaksi bisnis dan keuangan sebuah bisnis. Secara garis besarnya, software akuntansi membantu bisnis agar lebih teliti soal aktivitas keuangan atau arus kas usaha Anda.

Kehadiran perangkat lunak ini sangat membantu kerja para akuntan. Jika dilakukan manual, biasanya memakan waktu banyak serta tingkat kesalahan dan kekeliruan akan tinggi. Namun, keadaan bisa berubah drastis dengan kehadiran sistem akuntansi ini. 

Ada beberapa tipe dalam penerapan sofware ini. Beberapa bisnis ada yang lebih memilih untuk mempunyai aplikasi akuntansi beserta akuntan sendiri. Tapi, ada pula yang memilih untuk menyewa vendor dalam melakukan aktivitas akuntan mereka secara real-time.

2. Manfaat Software Akuntansi

Tidak hanya memberikan efisiensi dan efektivitas, kehadiran sistem ini juga memiliki manfaat yang lain. Kelebihan tersebut dapat Anda pertimbangkan untuk mengambil keputusan dalam menggunakan software akuntansi atau tidak. Sebenarnya, banyak sekali manfaat dari perangkat lunak berbasis ERP ini jika ditelaah lebih dalam lagi. Sebut saja kelebihan dari berbagai fitur-fiturnya, namun yang dibahas kali ini adalah manfaat secara umum. 

Jika Anda sudah memahami definisi dari sistem akuntansi sebelumnya, maka simak 5 fungsi dan keunggulan dari aplikasi khusus akuntan di bawah ini, yaitu:

a. Meningkatkan Efisiensi Kontrol Keuangan

Menggunakan software akuntansi berguna untuk meningkatkan efisiensi kontrol terhadap keuangan bisnis. Artinya, kontrol atas keuangan perusahaan Anda akan secara otomatis tertata rapi serta minim kesalahan

Selain itu, kehadiran perangkat lunak ini juga dapat memberikan data yang mudah dibaca oleh orang awam, bukan hanya seorang akuntan. Maka dari itu, Anda dapat dengan mudah mengetahui keseluruhan kondisi finansial bisnis Anda. Cukup dengan mengakses dari komputer, laptop atau bahkan smartphone Anda secara real-time.

b. Menghemat Biaya Operasional

Kehadiran software akuntansi berguna untuk membantu menghemat biaya operasional. Artinya, jika dulu menggunakan akuntan manual, Anda akan membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak, terlebih pada bisnis besar. Namun, kehadiran perangkat lunak ini akan memberikan Anda efisiensi dalam budget operasional. 

Anda hanya perlu jasa satu orang karyawan untuk mengoperasikan sistem tersebut dan pekerjaan akuntansi akan tetap selesai. Maka dari itu, saat ini banyak perusahaan dan bisnis yang lebih memilih untuk beralih pada penggunaan sistem.

c. Meminimalisir Kesalahan Data

Manfaat software akuntansi yang ketiga adalah meminimalisasi kesalahan data. Jika sebelumnnya Anda menggunakan akuntan manual, tentu tingkat kesalahan masih akan tinggi karena alasan human error

Adanya perangkat lunak ini sangat meminimalisir hal tersebut terjadi. Karena data-data keuangan pada perusahaan sangat bersifat rahasia dan penting. Apabila terjadi kesalahan, maka konsekuensi atau risiko di masa depan akan semakin tinggi.

d. Meningkatkan Keamanan Data

Selanjutnya, kegunaan yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan software akuntansi adalah keamanan data yang terjamin. Hal ini dapat dicontohkan dengan perbandingan akuntan manual dan otomatis ketika terjadi kebakaran atau pencurian data. Jika Anda masih menggunakan data-data manual, kemungkinan data tersebut hilang, dicuri, atau terbakar akan tinggi.

Berbeda dengan menggunakan sistem satu ini, cukup dengan password keamanan khusus, data-data keuangan Anda dapat tersimpan dengan baik. Bahkan ketika terjadi kerusakan pada komputer atau laptop.

e. Memudahkan Aktivitas Keuangan dan Bisnis

Manfaat terakhir adalah memudahkan aktivitas keuangan dan bisnis Anda. Hal ini sudah tidak dapat diragukan lagi. Karena pada dasarnya kehadiran software akuntansi memang untuk memudahkan segala aktivitas yang sebelumnya terasa memakan waktu begitu banyak. 

Anda dapat membaca data keuangan dengan mudah. Tentu hal tersebut akan memengaruhi segala pengambilan keputusan terbaik untuk bisnis Anda.

3. Cara Memilih Software Akuntansi Terbaik

Sekarang, Anda sudah mengetahui berbagai macam fungsi perangkat lunak serta pengertian software akuntansi. Selain itu, Anda juga wajib mengetahui tips-tips dalam memilih sistem khusus akuntan ini. Tujuannya adalah supaya Anda mendapatkan manfaat yang optimal ketika menggunakannya. 

Hal-hal yang wajib Anda pertimbangkan dalam memilih perangkat lunak ini adalah mengutamakan fungsi dan kelebihannya. Anda dapat melihat dari penjelasan manfaat sebelumnya.

Hal yang wajib dipertimbangkan ketika memilih sistem untuk akuntan ini adalah efisiensi. Intinya adalah pada kemudahan pengoperasian keuangan Anda. Software akuntansi yang terbaik akan memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Ketika memilih sistem khusus ini, Anda wajib mempertimbangkan aspek-aspek lain, seperti fitur terbaik, kemudahan pengoperasian, seberapa aman sistem perangkat lunak tersebut dan lain-lain. 

Begitulah cara Anda memilih sistem perangkat lunak terbaik yang akan digunakan untuk bisnis atau perusahaan Anda.

4. Fitur-Fitur Wajib Software Akuntansi

Terdapat hal lain yang harus Anda ketahui adalah tentang fitur-fitur terbaik dari perangkat lunak satu ini. Apa itu? Yakni mengerti fitur wajib yang harus ada pada software akuntansi Anda. Dengan begitu, Anda bisa memilih perusahaan provider mana yang baik jika Anda gunakan jasanya. 

Nah, belum tahu apa saja fitur wajib perangkat lunak akuntansi? Jika demikian, berikut ini kami berikan daftar fiturnya:

  • Manajemen Cashflow
  • Pembuatan Laporan Keuangan
  • Perencanaan Keuangan
  • Rekonsiliasi Bank
  • Manajemen Biaya

Kelima fitur tersebut wajib ada pada software akuntansi yang akan Anda gunakan. Karena jika sudah memiliki fitur-fitur tersebut, dijamin perangkat lunak yang Anda gunakan merupakan yang terbaik dan akan memberikan manfaat besar bagi bisnis Anda. 

Fitur-fitur tersebut juga dapat menjadi pertimbangan besar untuk memilih vendor yang akan digunakan, ketika melakukan audit keuangan perusahaan. Maka dari itu, Anda sendiri juga wajib mengetahui sedikit banyak tentang berbagai informasi keunggulan dari masing-masing fitur. Semakin lengkap fiturnya, akan semakin efisien cara kerjanya.

5. Kesimpulan

Dari berbagai penjelasan di atas, sudah dapat disimpulkan bahwa software akuntansi merupakan hal yang membuat aktivitas keuangan sangat mudah dan efisien. Kehadiran perangkat lunak tersebut memberikan efisiensi dari segi waktu dan tenaga. Maka dari itu, kehadirannya sekarang sangat dibutuhkan oleh berbagai sektor perusahaan dan bisnis. Namun, jangan lupa untuk memerhatikan fitur-fitur lengkap sebelum memilih sistem untuk akuntan ini.

Nah, agar Anda tidak bingung memilih perangkat lunak khusus akuntan ini, ada rekomendasi khusus dan terbaik untuk Anda. Pilih Software Akuntansi ScaleOcean, untuk melancarkan seluruh proses keuangan yang krusial bagi bisnis Anda. Dijamin proses implementasinya mudah dan tentunya Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Contoh Dokumen Packing List untuk Pengiriman Barang

  Apr 24, 2024        3 Min Read

Contoh Dokumen Packing List untuk Pengiriman Barang

Berikut 5 Siklus Manajemen Proyek, Simak di Sini!

  Apr 24, 2024        3 Min Read

Berikut 5 Siklus Manajemen Proyek, Simak di Sini!

Ini Cara Menghitung Total Variabel Cost dan Rumus Akuratnya

  Apr 24, 2024        3 Min Read

Ini Cara Menghitung Total Variabel Cost dan Rumus Akuratnya

Mengenal Apa itu Packing List dan Cara Membuatnya

  Apr 24, 2024        3 Min Read

Mengenal Apa itu Packing List dan Cara Membuatnya

REKOMENDASI

Artikel Terkait