Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Accounting Management Finance Informasi Bisnis Solusi Bisnis

6 Macam Software Akuntansi yang Umum Digunakan

3 Min Read     Posted on 23 Dec 2022

Share Artikel

Semakin berkembangnya teknologi, semakin memungkinkan Anda untuk memudahkan pembukuan arus kas bisnis Anda.  Dahulu, untuk melakukan audit akuntansi, perusahaan besar maupun kecil tentu masih melakukannya secara manual. Tentu hal ini tidak efektif dan efisien secara tenaga dan biaya. Maka dari itu, adanya software akuntansi sangat membantu dalam hal yang menyangkut penghematan waktu dan tenaga.

Pada artikel di bawah ini, Anda akan dijelaskan mengenai macam-macam software akuntansi terbaik.  Tujuannya, agar Anda dapat menentukan sistem seperti apa yang tepat digunakan untuk usaha Anda. Ada berbagai macam aplikasi akuntansi yang wajib Anda ketahui karena banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia. Selain itu, simak juga tips memilih sistem terbaik.

1. Cara Memilih Software Akuntansi Terbaik

Banyak sekali sistem akuntansi dengan fitur perpajakannya terbaik yang tersebar di Indonesia. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui cara memilih perangkat lunak yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Kami akan memberikan pembahasan tentang tips memilihnya untuk membantu Anda agar tidak bimbang. Poin yang utama adalah Anda harus memperhatikan nilai plus dan minus dari masing-masing aplikasi terlebih dahulu. 

Berikut kami berikan 3 hal yang harus dimiliki oleh software akuntansi terbaik:

a. Dukungan Berbasis Cloud

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih software akuntansi berbasis ERP adalah sistem servernya. Seperti yang kita tahu, ERP memiliki 3 jenis software yang berbeda berdasarkan server. Nah, sekarang penyimpanan data dengan sistem cloud-based banyak diminati oleh perusahaan karena menawarkan banyak sekali kelebihan.

Mulai dari tidak membutuhkan ruangan khusus, perawatannya lebih mudah, resiko kerusakan minim, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, ketika menggunakan software akuntansi, usahakan untuk memilih yang berbasis cloud. Selain penggunaannya yang mudah, biayanya pun tidak semahal on-premise.

b. Desktop Software

Cara memilih software akuntansi yang kedua adalah mempertimbangkan adanya desktop sistem. Dimana hal tersebut berfungsi untuk menyimpan data dalam memori komputer Anda. Berbeda dengan cloud-based  yang dapat menyimpan data secara otomatis, pemilihan aspek ini mengartikan Anda akan menyimpan data-data akuntansi di dalam komputer dan tidak dapat diakses secara fleksibel. Untuk harganya, sistem jenis ini memang lebih murah dibandingkan dengan software akuntansi berbasis cloud. Nah, jika Anda memilliki budget yang terbatas, desktop software adalah pilihan yang tepat.

c. Automasi Sistem

Dalam menentukan software akuntansi terbaik, Anda wajib untuk mempertimbangkan kemampuan sistem tersebut dalam memudahkan pekerjaanJika sudah berbasis sistem automasi, Anda pun tidak memerlukan terlalu banyak pegawai untuk mengetahui cara menjalankan satu software. Anda cukup melakukan training kepada akuntan agar lebih mengerti cara pengoperasiannya karena sistemnya juga sudah user-friendly

2. Macam-macam Software Akuntansi

Jika Anda sudah memahami tentang cara memilih sistem terbaik dan paling rekomendasi. Maka tidak ada salahnya jika Anda mengetahui macam-macam software akuntansi yang sering digunakan oleh perusahaan. Rekomendasi perangkat lunak satu ini dapat Anda jadikan bahan pertimbangan dalam memilih sistem yang tepat. Berikut ini penjelasan lengkap tentang 6 tipe perangkat lunak akuntansi.

a. Software Spreadsheet

Jenis software akuntansi pertama yang kami rekomendasikan adalah spreadsheet. Biasanya, tipe satu ini digunakan untuk bisnis mikro seperti UKM atau UMKM. Sistem akuntansi spreadsheet digunakan untuk transaksi keuangan perusahaan menengah ke bawah yang perhitungan keuangannya terbilang masih mudah. Sehingga, belum dibutuhkan sistem canggih untuk menyederhanakannya.

Keunggulan dari tipe spreadsheet adalah penggunaannya yang mudah. Namun, masih berpotensi terjadi human error dan tidak akurat.

b. Sistem Installed

Kedua, rekomendasi sistem untuk akuntansi perusahaan yang dapat Anda gunakan adalah jenis perangkat lunak yang sudah terinstal atau installed. Kelebihan dari software ini adalah bisa digunakan tanpa akses internet

Nah, software installed cocok diterapkan di bisnis menengah.  Namun, kurang cocok untuk perusahaan maju dan berkembang karena memiliki skalabilitas dan fleksibilitas yang rendah terhadap laporan keuangannya. Dimana hal tersebut akan menyulitkan Anda dalam berbagi data dan mengelola keuangan berbagai cabang usaha sekaligus.

c. Software Akuntansi Cloud-Based

Nah, jika Anda membutuhkan software akuntansi yang tersedia secara online dan terintegrasi dengan internet, gunakan sistem berbasis cloud. Banyak provider ERP yang menawarkan jasa pembuatan sistem ini.

Keunggulan dari sistem jenis ini adalah dapat diakses di mana saja selagi ada akses internet. Jika Anda memiliki perusahaan atau bisnis startup, penggunaan sistem jenis ini sangatlah dianjurkan. Hal penting yang wajib Anda pahami adalah software akuntansi ini menggunakan sistem sewa, dimana Anda akan dikenakan biaya langganan.

d. Aplikasi Akuntansi On-Premise 

Apakah Anda memiliki bisnis besar dan makro? Wah, software akuntansi on-premise adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Perusahaan yang sudah berkembang pasti memiliki data yang begitu masif dan besar, dimana dibutuhkan sistem terintegrasi yang dapat memudahkan pengelolaannya.

Keunggulan menggunakan aplikasi akuntansi jenis ini adalah dapat mengelola data-data keuangan yang kompleks dan rumit dengan cepat, tepat, dan akurat. Kekurangannya hanya ada pada biayanya yang tentunya mahal, mulai dari biaya pemasangan hingga perawatan sistem.

e. Sistem Akuntansi ERP

Mayoritas dari Anda pasti sering mendengar jenis software akuntansi ERP atau Enterprise Resource Planning. Perangkat lunak jenis satu ini memiliki keunggulan untuk mengintegrasikan berbagai fungsi akuntansi bisnis ke dalam satu rangkaian database. Sehingga, Anda tidak perlu repot menggunakan sistem yang bercabang-cabang di setiap divisi.

Kekurangan sistem ERP ini terdapat pada biaya pemasangannya yang cukup mahal. Untuk Anda yang bergerak pada bidang bisnis yang kompleks dan transaksi yang banyak, memilih sistem jenis ini adalah hal yang tepat!

f. Perangkat Lunak Jenis Custom

Macam-macam software akuntansi yang terakhir adalah jenis custom atau customize. Sama seperti namanya, sistem ini tentu saja memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya dengan persyaratan khusus perusahaan. Jika Anda memiliki bisnis yang spesifik, sangat disarankan untuk menggunakan perangkat lunak jenis satu ini. 

Harganya memang sangat mahal, tetapi Anda akan mendapat sistem yang cocok dengan kebutuhan. Anda hanya perlu mempersiapkan biaya dalam hal perawatan rutin software dan proses implementasi.

3. Contoh Software Akuntansi

Penjelasan tentang berbagai macam jenis software akuntansi, tidak lengkap tanpa adanya contoh nyata. Berikut kami berikan daftar contoh sistem akuntansi yang sudah terkenal dan banyak digunakan oleh perusahaan. Dapatkan gambaran penuh tentang berbagai jenis perangkat lunak ini.

  • Microsoft Office Accounting Express (MOAE)
  • Krishand
  • MYOB
  • iTBrain Indonesia
  • Easy Accounting System (EAS)
  • Zahir Accounting

4. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa software akuntansi banyak sekali macamnya. Variasinya dapat dipengaruhi oleh perbedaan server, biaya, fleksibilitas, skalabilitas, hingga berbagai kebutuhan perusahaan. Dengan membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan banyak sekali referensi sebelum menentukan untuk menggunakan sistem akuntansi atau tidak.

Tidak perlu ragu, Anda bisa memilih Software Akuntansi ScaleOcean, yang menawarkan sebuah sistem akuntansi untuk skalabilitas yang luas seperti multi currency, multi bahasa, hingga multi perusahaan untuk mempermudah kegiatan finance controlling di perusahaan Anda. Tunggu apalagi, sampaikan saja kebutuhan Anda dan dapatkan solusi terbaik dari kami!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

  May 03, 2024        3 Min Read

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

  May 03, 2024        3 Min Read

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

  May 03, 2024        3 Min Read

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

  May 03, 2024        3 Min Read

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

REKOMENDASI

Artikel Terkait