Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Accounting Management Industri Konstruksi Solusi Bisnis Solusi ERP

5 Manfaat Software Akuntansi untuk Perusahaan Konstruksi

3 Min Read     Posted on 23 Dec 2022

Share Artikel

Software akuntansi tidak hanya dibutuhkan untuk perusahaan yang bekerja pada bidang pengelolaan uang atau produksi saja. Sektor konstruksi juga butuh yang namanya software tersebut. Seperti yang Anda ketahui, konstruksi adalah industri yang bertugas untuk melakukan pembangunan. Transaksi keuangan atau arus kas yang terjadi pada sektor konstruksi sangatlah kompleks, maka dibutuhkan sistem terintegrasi yang dapat membantu menyederhanakannya.

Manfaat software akuntansi untuk perusahaan di bidang ini sangatlah besar. Pada artikel di bawah ini, Anda akan dijelaskan mengenai teknis penggunaan sistem akuntansi untuk kebutuhan sektor konstruksi. Seperti, kegunaan serta fungsinya dalam memudahkan pekerjaan keuangan.

1. Peran Software Akuntansi untuk Perusahaan Konstruksi

Pada umumnya, kita hanya mengetahui bahwa software akuntansi hanya  digunakan untuk mengurus pengelolaan keuangan perusahaan. Terutama di bidang penyediaan barang produksi, seperti makanan misalnya. Hal-hal transaksi keuangan yang kompleks biasanya membutuhkan sistem perhitungan yang terintegrasi. Nah, itulah penyebab sektor konstruksi sangat membutuhkan software satu ini.

Seluruh pekerjaan yang terkait dengan manajemen keuangan, penyediaan barang, hingga perkembangan proyek ternyata butuh perangkat lunak yang mendukung automasi. Manfaat software akuntansi untuk kebutuhan perusahaan konstruksi ternyata tidak terbatas pada itu saja. Sistem ini juga digunakan untuk pengendalian proyek, jadi akan memudahkan proses pemeriksaan atau audit. 

Bisnis konstruksi wajib untuk melaporkan seluruh kegiatan proyeknya secara detail dan menyeluruh. Maka dari itu, aplikasi akuntansi ini sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas tersebut. Tujuan akhirnya untuk membantu meminimalisir kesalahan dan penyalahgunaan keuangan dalam proses pembangunan suatu proyek.

2. Manfaat Penggunaan Software Akuntansi

Jika Anda sudah mengerti mengapa diperlukan sistem akuntansi untuk sebuah industri konstruksi. Anda juga perlu menyimak penjelasan berbagai manfaat software akuntansi untuk kebutuhan bidang bisnis ini. Informasi inilah yang nantinya akan menjelaskan betapa pentingnya software terintegrasi untuk mendukung proses operasional konstruksi.

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips memilih software akuntansi terbaik untuk kontraktor, simak terlebih dahulu 5 manfaat utama accounting management:

a. Meningkatkan Efisiensi

Menerapkan perangkat lunak ini dapat mengoptimalkan efisiensi dalam mengontrol semua aktivitas keuangan perusahaan konstruksi Anda. Jadi, sistem akuntansi tidak hanya bermanfaat untuk industri manufaktur, melainkan juga untuk mengetahui sektor proyek yang memiliki aktivitas keuangan kompleks. 

Terlebih lagi ketika ada proyek yang bersamaan, dimana masing-masing lokasi membutuhkan budget yang berbeda. Maka dari itu, kebutuhan software keuangan sangatlah vital. Dengan sistem ini, Anda bisa mencatat secara otomatis seluruh data finansial.

b. Kemudahan dalam Mengontrol Proyek

Manfaat software akuntansi yang kedua adalah memudahkan Anda dalam mengontrol proyek. Sektor konstruksi tentu akan membutuhkan perangkat lunak yang mampu mengatur seluruh proyek secara mudah.

Anda pasti tahu bahwa bidang usaha ini akan menerima kerjasama yang nominalnya tidak kecil, baik dari segi pengeluaran ataupun dana. Nah, peran penting sebuah sistem akuntansi adalah memberikan perbandingan budget secara aktual dan memantau agar setiap proyek tidak menggunakan dana berlebih dari yang sudah disiapkan.

c. Mempercepat Proses Tagihan Hutang Piutang

Di dalam aktivitas perusahaan konstruksi, pasti ada aktivitas tagihan hutang piutang. Agar pencatatan hal tersebut lebih teratur dan detil, perlu digunakannya software akuntansi. Tujuannya, agar perusahaan konstruksi dapat terhindar dari fraud atau “kecelakaan” dalam proses anggaran dan sebagainya.

Hal ini jika terjadi akan menimbulkan masalah di masa depan. Keberadaan software akan menghindari Anda dari kejadian-kejadian tersebut. Membentuk sebuah software yang terintegrasi dalam hal pelaporan tagihan hutang piutang akan memberikan nilai bagus bagi perusahaan konstruksi Anda.

Ada 4 alasan lain mengapa Anda perlu mempercepat proses tagihan, yaitu:

  • Pengajuan pajak lebih mudah
  • Akses informasi akan lebih baik dan mudah
  • Perusahaan konstruksi Anda akan memiliki nilai plus dalam aspek kredibilitas
  • Klien menjadi lebih percaya pada perusahaan yang potensial

d. Memudahkan Pembuatan Faktur Pembayaran

Seperti yang Anda ketahui bahwa dalam bidang konstruksi, tidak hanya pembangunan proyek yang diutamakan. Anda tentu juga perlu berbelanja atau bertransaksi untuk kebutuhan pembangunan tersebut. Prosesnya akan lebih kompleks dan tentunya banyak, sehingga membutuhkan pencatatan pada software akuntansi yang lebih akurat dan efisien. 

Selain itu, perangkat lunak akuntansi juga dibutuhkan untuk membuat faktur pembayaran yang tepat dan cepat. Setiap invoice yang dikirimkan oleh vendor tentu wajib dicatat dan dibukukan. Tujuannya, agar saat pelaporan keuangan nanti jadi lebih teratur. Software akuntansi juga akan membantu perusahaan agar dapat mencatat semua jenis transaksi dengan tepat dan meminimalisir human error

Pada sektor konstruksi, kebutuhan akan faktur pembayaran pada klien yang jelas dan terinci akan penting. Menggunakan sistem akuntansi tidak akan membuat laporan faktur tercecer.

e. Pencatatan dan Pelaporan Data Keuangan Lebih Akurat

Manfaat terakhir dari software akuntansi untuk kebutuhan perusahaan konstruksi adalah mencatat data secara real time dan membuat laporan keuangan dengan mudah. Anda tentu mengetahui jika sebagai kontraktor akan diberikan dana yang tidak sedikit yang nantinya akan dimintai pertanggung jawaban laporannya. Maka dari itu, agar proses pembuatan laporan tersebut tepat dan benar, Anda membutuhkan sistem akuntansi berbasis ERP yang terintegrasi dan efisien. 

Kebutuhan untuk pelaporan data keuangan sangat penting, karena perusahaan di bidang konstruksi sangat riskan adanya penyalahgunaan biaya. Perangkat lunak akuntansi hadir untuk meminimalisasi terjadinya fraud dan kesalahan tersebut.

3. Cara Memilih Software Akuntansi Untuk Kontraktor

Manfaat menggunakan perangkat lunak akuntansi sudah secara gamblang dijelaskan di atas. Maka dari itu, sekarang Anda wajib mengetahui cara memilih provider untuk software akuntansi yang sesuai kebutuhan Anda sebagai kontraktor. Berbagai cara dan tips dapat Anda lakukan ketika memilih sistem tersebut. Tentunya hal-hal yang perlu diperhatikan berpusat pada kebutuhan dan budget perusahaan Anda. 

Berikut ini 5 poin penting dalam memilih software terbaik untuk perusahaan Anda:

  • Kebutuhan perusahaan
  • Budget perusahaan
  • Besar kecilnya nilai proyek
  • Kemudahan dalam proses penggunaan
  • Maintenance yang mudah dan cepat

4. Kesimpulan

Penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perusahaan konstruksi juga membutuhkan software akuntansi untuk pekerjaan yang lebih efisien dan terinci. Manfaat penggunaan sistem tersebut memiliki peranan penting untuk proses pendataan keuangan proyek. Tujuannya agar bisnis Anda tetap kredibel dan dipercaya oleh klien.

Jika, perusahaan konstruksi Anda membutuhkan sistem keuangan terintegrasi yang kredibel dan terbaik. Tidak perlu ragu lagi untuk beralih ke Software Akuntansi dari ScaleOcean sebagai salah satu vendor penunjang kegiatan proses konstruksi di bisnis Anda. Kami menghadirkan sistem terbaik dan efisien untuk meningkatkan kualitas keuangan perusahaan Anda.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

  Apr 26, 2024        3 Min Read

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

  Apr 26, 2024        3 Min Read

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya

  Apr 25, 2024        3 Min Read

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya