Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Industri Logistik Solusi Bisnis Solusi ERP Warehouse Management

Peranan Sistem Manajemen Gudang Terhadap Bisnis Logistik

3 Min Read     Posted on 04 Jan 2023

Share Artikel

Manajemen gudang menjadi sebuah poin penting yang perlu diterapkan oleh sebuah bisnis di bidang logistik. Bisnis logistik itu sendiri memiliki kaitan yang sangat erat dengan penyimpanan dan perpindahan barang. Bisa dikatakan bahwa operasional bisnis ini tidak bisa berjalan lancar tanpa adanya manajemen yang baik di bagian gudang.

Penerapan sistem manajemen gudang logistik ini sangat membantu bisnis tersebut agar berjalan lancar. Peredaran barang-barang yang akan dikirimkan oleh bisnis logistik tersebut bisa berjalan secara optimal. Tidak menumpuk di satu titik dan menyebabkan kemacetan distribusi barang. 

1. Tentang Manajemen Gudang

Mari pahami dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan manajemen gudang. Ini merupakan bagian dari tindakan pengelolaan logistik di sebuah perusahaan. Di dalamnya terdapat proses untuk mengelola aktivitas pergudangan. Termasuk menerima, menyimpan, dan mendistribusikan barang. 

Sistem manajemen gudang memang sangat dibutuhkan oleh berbagai jenis bidang usaha. Salah satunya adalah untuk bidang bisnis logistik yang saat ini berkembang cukup pesat di Indonesia. Jenis bisnis ini berhubungan dengan distribusi barang dari satu titik ke titik lain sampai akhirnya sampai ke tangan konsumen akhir. 

Anda pasti juga sudah tahu bahwa bisnis logistik ini sudah pasti membutuhkan lokasi gudang. Tanpa adanya gudang, dimana bisnis tersebut bisa menyimpan semua barang yang akan didistribusikan? Jadi sudah jelas bahwa gudang merupakan salah satu fasilitas penting dalam bidang bisnis logistik. 

Gudang dalam bidang bisnis logistik dipakai sebagai tempat penyimpanan barang sebelum didistribusikan kembali. Selain itu gudang ini juga bisa dipakai sebagai lokasi pengemasan barang agar lebih aman saat didistribusikan. Itulah mengapa dibutuhkan manajemen yang tepat agar semua aktivitas di dalam gudang ini berjalan lancar. 

Manajemen gudang ini juga dikenal sebagai bagian dari ERP atau Enterprise Resource Planning. Dalam sebuah operasional bisnis logistik, penerapan ERP ini sangat penting. Khususnya pengelolaan gudang yang akan berpengaruh langsung pada kelancaran pelayanan konsumen ke depannya.

2. Kegiatan Manajemen Gudang dalam Bidang Bisnis Logistik

Ada banyak jenis kegiatan yang masuk ke dalam sistem manajemen gudang logistik. Jadi tidak hanya sekadar menyimpan barang dan mencatat keluar masuknya barang. Berikut ini beberapa jenis kegiatan yang termasuk dalam sistem manajemen tersebut:

a. Penerimaan

Pertama ada aktivitas penerimaan barang atau receiving. Gudang akan menerima barang secara efektif jika menerapkan sistem manajemen yang tepat. Apalagi untuk jenis bisnis logistik yang sudah pasti akan menerima barang dalam jumlah cukup banyak dan bervariasi setiap harinya. Jika tidak diatur dengan baik maka semua barang yang masuk akan berantakan menumpuk di gudang. 

b. Penempatan

Selanjutnya ada aktivitas penempatan yang juga menjadi bagian dari manajemen gudang. Harus diterapkan SOP untuk menyimpan barang yang sudah diterima tadi. Tujuannya supaya barang tertata dengan rapi dan pengaturan tata letak gudang juga jauh lebih efektif. Apalagi jika area gudang masih terbatas, ini sangat penting agar semua barang bisa masuk di dalamnya. 

c. Penyimpanan Barang Sementara

Gudang bisnis logistik juga akan melakukan penyimpanan barang sementara. Bidang bisnis ini bertugas menyalurkan atau mendistribusikan barang dari satu titik ke titik lain. Jadi barang tidak akan terus disimpan di gudang melainkan disimpan sementara saja sebelum melanjutkan perjalanan. 

d. Pemindahan Barang

Selanjutnya ada aktivitas pemindahan barang yang juga sangat penting untuk dikelola sebaik mungkin. Pemindahan ini disebut juga sebagai order picking. Jadi barang-barang yang akan dikirim diambil dari tempat penyimpanan. Dalam hal ini dibutuhkan manajemen yang tepat untuk memudahkan proses pengambilan dan distribusi. 

e. Pemeriksaan 

Gudang logistik juga akan melakukan aktivitas pemeriksaan atau persiapan pengiriman barang. Jadi barang yang sudah dipindahkan tadi akan segera dipersiapkan untuk dikirim ke titik berikutnya. Jika ada sistem manajemen gudang logistik yang baik maka hal ini akan mudah untuk dilakukan. 

f. Penyaluran atau Distribusi

Proses berikutnya adalah penyaluran atau distribusi barang. Bisnis logistik perlu menerapkan sistem gudang terbaik yang mempermudah proses distribusi tersebut. Jadi ada SOP yang bisa diterapkan dalam hal ini sehingga distribusi berjalan lancar sesuai jadwal dan pesanan klien.

3. Tujuan Penerapan Manajemen Gudang

Ada beberapa tujuan penting diterapkannya sistem manajemen pergudangan pada bisnis logistik ini. Berikut adalah tujuan-tujuan yang dimaksud:

a. Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Saat perusahaan logistik menerapkan sistem manajemen gudang yang baik maka mereka bisa lebih mudah meningkatkan efisiensi bisnis. Proses memasukkan barang dan mengaturnya sebelum didistribusikan jauh lebih efisien karena ada sistem yang mengendalikannya.

Manajemen gudang juga akan membantu meningkatkan efisiensi operasional bisnis dalam meningkatkan royalitas pelanggan. Dalam bidang bisnis logistik ini, perusahaan harus melakukan pengiriman atau distribusi barang. Jika gudang barang dikelola dengan tepat maka lebih mudah pula untuk menepati waktu pengiriman

b. Mempermudah Koordinasi Barang

Tentu saja sistem manajemen gudang logistik ini juga akan mempermudah koordinasi barang. Lebih mudah untuk mengetahui jumlah stok barang yang tersimpan di dalam gudang. Berbagai jenis aktivitas pergudangan juga lebih mudah untuk dilakukan dan membantu bisnis logistik melayani konsumen secara optimal. 

c. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Tadi sudah disebutkan bahwa efisiensi pelayanan konsumen bisa meningkat berkat adanya manajemen gudang yang baik. Jika konsumen merasa dilayani dengan baik dan efisien maka kepuasan mereka juga pasti akan meningkat. Ini tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan karena bisa membuat kredibilitas mereka jadi jauh lebih tinggi. 

d. Memberikan Data Inventaris secara Akurat

Sistem manajemen ini juga akan memberikan informasi yang akurat terkait data inventaris. Pengelolaan gudang secara efektif lewat sistem manajemen ini dilakukan untuk mengetahui kondisi atau regulasi di dalam gudang. Langkah ini sangat bermanfaat untuk membuat operasional bisnis logistik jadi jauh lebih mudah dan efektif.

e. Meningkatkan Keamanan Barang

Tujuan penerapan manajemen gudang berikutnya adalah untuk memudahkan perusahaan dalam menjaga keamanan barang. Sistem ini dijalankan untuk membuat proses penyimpanan dan distribusi barang di gudang jadi lebih aman sekaligus efektif. Hal ini sangat penting karena bagaimanapun juga faktor keamanan akan berpengaruh pada kredibilitas sebuah bisnis logistik.

4. Penggunaan Software Manajemen Gudang

Penerapan sistem manajemen gudang logistik bisa berjalan lebih mudah berkat adanya kemajuan teknologi saat ini. Perusahaan bisa menggunakan aplikasi gudang atau software gudang yang menawarkan fitur-fitur untuk mempermudah proses manajemen tersebut. 

Saat ini Anda bisa mengandalkan software khusus untuk menjalankan sistem gudang yang jauh lebih efektif dan efisien. Jadi tidaklah sulit bagi perusahaan untuk mengalami regulasi gudang yang jauh lebih praktis berkat adanya teknologi tersebut. Bahkan ada software yang bisa dikustomisasi sehingga sistem manajemennya sesuai kebutuhan.

5. Kesimpulan

Manajemen gudang memang sangat penting untuk dilakukan oleh perusahaan apalagi bagi bidang usaha logistik. Demi menjalankan sistem manajemen yang lebih praktis dan efisien, Anda bisa menggunakan software logistik ScaleOcean. Selain mengelola gudang, Anda juga bisa memantau seluruh proses bisnis hanya dari satu sistem. Selain itu, sistem kami juga sangat user-friendly sehingga mudah untuk digunakan.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

  May 03, 2024        3 Min Read

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

  May 03, 2024        3 Min Read

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

  May 03, 2024        3 Min Read

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

  May 03, 2024        3 Min Read

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

REKOMENDASI

Artikel Terkait