Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Inventaris Sistem ERP Solusi ERP Warehouse Management

Definisi Manajemen Gudang yang Harus Anda Ketahui

3 Min Read     Posted on 04 Jan 2023

Share Artikel

Sebuah perusahaan umumnya akan menerapkan berbagai jenis sistem manajemen dan salah satunya adalah manajemen gudang. Ini merupakan teknik pengelolaan barang-barang yang terjadi di gudang. Mungkin terdengar sepele namun ternyata sistem ini sangat dibutuhkan demi pengelolaan dan pengembangan usaha yang lebih baik. 

Manajemen gudang adalah sebuah metode yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengatur aktivitas keluar masuk barang di gudang. Jadi proses penyimpanan dan pengeluaran barang ini akan dicatat dan dianalisis lewat sistem tersebut. Memangnya, apa yang membuat metode manajemen ini begitu penting?

1. Tentang Manajemen Gudang

Sebenarnya pengelolaan gudang ini merupakan sebuah aktivitas yang cukup kompleks. Bagi sebuah perusahaan, warehouse management tidak hanya terbatas pada mencatat aktivitas barang masuk dan keluar. Namun juga terdapat langkah pengaturan dan pengawasan semua barang yang ada di gudang. 

Setiap perusahaan yang memiliki gudang dan menyimpan barang-barangnya di sana membutuhkan sistem manajemen yang efektif. Manajemen gudang ini akan memberikan banyak manfaat dan harus dijalankan secara teliti. Bahkan perusahaan harus punya SOP khusus dalam metode manajemen tersebut.

Semakin besar kapasitas sebuah perusahaan, maka semakin besar juga jumlah barang yang keluar masuk. Kapasitas gudang yang dibutuhkan tentu juga semakin besar dan bisa berantakan jika akses barang masuk maupun keluar dibiarkan begitu saja. Itulah mengapa dibutuhkan sistem manajemen yang tepat dan akurat dalam hal ini demi kelancaran bisnis. 

Perlu diketahui juga bahwa warehouse management merupakan salah satu solusi ERP atau Enterprise Resource Planning. Pada akhirnya sistem manajemen ini akan memberi banyak manfaat bagi perusahaan, karena Anda bisa mengintegrasikannya dengan modul lainnya untuk mengelola seluruh proses bisnis. Tidak heran jika perusahaan besar fokus mengelola seluruh inventaris mereka dengan software gudang berbasis ERP.

2. Bagian Aktivitas dari Manajemen Gudang

Perlu diketahui bahwa manajemen gudang adalah sebuah rangkaian kegiatan untuk mengelola gudang. Jadi tidak hanya terdiri dari satu aktivitas saja. Berikut ini beberapa aktivitas yang masuk ke dalam sistem pengelolaan tersebut:

a. Penyimpanan

Pertama tentu saja aktivitas penyimpanan barang atau stok akan masuk ke sistem pengelolaan gudang. Semua barang yang masuk ke gudang harus dicatat dan dipantau jumlahnya agar tetap terkontrol. Selain itu sistem penyimpanan ini juga harus dikelola dengan baik agar bisa menyesuaikan kapasitas gudang yang digunakan. 

b. Pengeluaran

Jika ada barang masuk maka ada barang keluar. Sistem manajemen pergudangan ini diterapkan untuk mengatur barang-barang yang akan dikeluarkan dari gudang. Tujuannya bervariasi bisa karena barang akan digunakan untuk proses produksi maupun didistribusikan kepada konsumen atau pembeli. 

c. Pengemasan

Selanjutnya ada aktivitas pengepakan atau pengemasan yang juga terjadi di dalam gudang. Jika memang pengemasan ini dilakukan di dalam gudang maka memang perlu diterapkan sistem manajemen yang tepat. Di dalamnya harus ada standar atau SOP yang dipakai selama proses mengemas atau mengepak barang tersebut.

d. Pengembalian atau Retur

Dalam situasi tertentu, perusahaan perlu melakukan pengembalian barang atau retur. Nantinya dibutuhkan sistem manajemen yang tepat untuk membuat proses pengembalian ini berjalan efektif. Jadi, setiap pengembalian akan ada catatan jelas supaya tidak terjadi kesalahan.

3. Manfaat Manajemen Gudang

Perlu diketahui bahwa penerapan strategi manajemen gudang ini sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan jika, sebuah usaha menjalankan metode tersebut. Berikut ini beberapa manfaat yang dimaksud:

a. Mempermudah Penyimpanan Barang

Manajemen gudang adalah sebuah sistem yang akan mempermudah perusahaan untuk menyimpan barang-barang mereka. Baik itu bahan pokok maupun barang jadi yang sudah siap dijual ke konsumen. Sistem manajemen ini akan membantu sebuah usaha mencatat semua jenis barang yang tersimpan dan berapa jumlahnya. 

Data tersebut juga akan mempermudah Anda untuk mengatur penyimpanan. Dalam hal ini tata letak gudang bisa diatur seefisien mungkin agar bisa memuat semua barang. Selain itu, metode manajemen ini juga akan membantu semua barang tertata dengan baik sesuai jenis dan jadi lebih mudah untuk diambil. 

b. Meningkatkan Efisiensi Pemantauan Stok

Perusahaan harus terus memantau jumlah stok barang yang mereka miliki. Tujuannya untuk memastikan agar proses produksi berjalan lancar. Selain itu pemantauan stok ini juga penting agar bisa melayani pesanan konsumen dengan cepat karena stok tersedia dan mudah untuk dijangkau. 

Selain masalah jumlah barang yang masuk dan keluar, manajemen gudang juga akan membantu Anda memantau kualitas barang. Jadi tidak hanya dari segi kuantitas, kualitas pun juga bisa Anda perhatikan. Jika ada produk yang rusak dan kualitasnya tidak layak dijual maka bisa langsung dikeluarkan dari gudang sehingga tidak akan menumpuk. 

c. Menekan Biaya Transportasi

Ternyata pengelolaan gudang ini juga bisa membantu menekan biaya transportasi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Salah satu fungsi gudang adalah untuk memudahkan perusahaan menjangkau para konsumennya. Bisa dipilih lokasi gudang yang paling strategis sehingga biaya transportasi dan distribusi bisa diminimalkan. 

Jika pengelolaan gudang tepat, maka perusahaan bisa memilih titik-titik lokasi gudang yang paling efisien. Ini akan mempermudah proses distribusi dan pemindahan barang. Biaya transportasi jadi lebih efektif dan mencegah pengeluaran terlalu besar bagi perusahaan. 

d. Mencegah Kesalahan Distribusi Barang

Salah satu manfaat penting dari manajemen gudang adalah membantu mencegah terjadinya kesalahan distribusi barang. Distribusi bisa lebih efektif karena ada data dan regulasi yang tepat. Data pengiriman barang tercatat dengan jelas sehingga mudah untuk dideteksi apakah ada kesalahan atau tidak. 

e. Menyediakan Informasi Terbaru

Perusahaan yang menerapkan sistem manajemen gudang akan lebih mudah mendapatkan informasi paling update tentang stok barang mereka. Metode ini akan memberikan informasi mengenai kuantitas dan kualitas barang di dalam gudang. Informasi tersebut bisa dijadikan acuan bagi perusahaan untuk melakukan pembelian maupun distribusi barang.

4. Penggunaan Software untuk Manajemen Gudang

Sudah jelas bahwa manajemen gudang adalah sebuah langkah penting yang harus dilakukan sebuah perusahaan. Di zaman digital serba canggih seperti sekarang, hal tersebut jadi jauh lebih mudah untuk dijalankan. Berkat adanya software gudang yang kini semakin fleksibel untuk dijangkau oleh para pengusaha.

5. Kesimpulan

Pengelolaan gudang mungkin akan jauh lebih sulit jika dilakukan secara manual. Namun beda keadaannya jika hal ini dilakukan dengan bantuan aplikasi gudang otomatis. Dimana sistem tersebut bisa membantu perusahaan untuk mendapatkan data barang keluar dan masuk di gudang dengan mudah dan lebih efisien.

Sangat disarankan bagi perusahaan untuk memanfaatkan software atau aplikasi pergudangan di zaman digital seperti sekarang. Apalagi jika perusahaan ingin mengelola barang secara efektif dan efisien. Dalam hal ini Anda bisa mengandalkan sistem gudang ScaleOcean dengan fitur-fitur terlengkap yang mereka hadirkan.

Manajemen gudang di perusahaan Anda jadi jauh lebih mudah untuk dilakukan bersama ScaleOcean. Software ini akan meningkatkan efisiensi pengelolaan bisnis yang Anda jalankan. Fiturnya lengkap dan bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Aksesnya pun sangat fleksibel karena bisa dijangkau melalui jenis perangkat apapun dan sangat user-friendly

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Apa yang Dimaksud Delivered Duty Paid pada Logistik?

  Apr 29, 2024        3 Min Read

Apa yang Dimaksud Delivered Duty Paid pada Logistik?

Shipping Cost Adalah: Arti dan Faktor yang Mempengaruhi

  Apr 29, 2024        3 Min Read

Shipping Cost Adalah: Arti dan Faktor yang Mempengaruhi

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

  Apr 26, 2024        3 Min Read

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

REKOMENDASI

Artikel Terkait