Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Industri Ritel Informasi Bisnis Sistem ERP Solusi Bisnis

Peranan Sistem ERP untuk Retail di Indonesia

3 Min Read     Posted on 16 Jan 2023

Share Artikel

Sistem ERP adalah kunci kesuksesan bisnis ritel. Software ini memiliki peranan yang penting dalam menyederhanakan sistem operasi ritel, dimana memiliki proses bisnis yang cukup kompleks mulai dari memantau jumlah stok, pengadaan, penjualan, hingga memastikan kepuasan pelanggan. Para pebisnis yang mengikuti perkembangan teknologi pasti akan memilih ERP sebagai solusi yang tepat untuk mengembangkan perusahaan.

Kemudahan yang diberikan oleh sistem ERP untuk retail, menjadikan Anda unggul dalam menghadapi persaingan. Tantangan bisnis yang kian lama semakin ketat, mengharuskan Anda untuk menemukan cara dalam mempertahankan eksistensi perusahaan. Di artikel ini, mari kita bahas pentingnya software ERP bagi bisnis retail, permasalahan yang sering mereka hadapi, hingga solusi ERP yang wajib ada di software Anda.

1. Tantangan yang Dihadapi Bisnis Ritel

Industri ritel selalu menghadapi tantangan baru yang akan berubah setiap tahunnya. Maka dari itu, bisnis Anda harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, supaya tidak kalah saing dengan perusahaan lainnya. Nah, ERP ritel adalah salah satu solusi tepat untuk bisnis Anda. Untuk mengetahui fitur apa saja yang diperlukan, Anda harus ketahui dahulu macam-macam tantangannya. Berikut kami berikan daftarnya untuk Anda.

a. Pergeseran Pola Belanja

Di era sekarang ini, masyarakat cenderung menyukai segala hal yang cepat dan praktis. Perubahan pola pikir tersebut ternyata juga mempengaruhi cara mereka dalam berbelanja. Tanpa disadari, Anda pun pasti juga melakukannya. Dulu, orang-orang lebih memilih untuk membeli barang secara langsung di toko fisik. Namun sekarang, mayoritas mereka akan membeli sesuatu secara online. 

Bisa melalui e-commerce, aplikasi, ataupun suatu sistem yang menggunakan jaringan internet. Maka dari itu, perusahaan ritel berlomba-lomba untuk bertransformasi digital dan menawarkan kemudahan agar mendapatkan perhatian dari customer. Tidak heran jika tantangan satu ini erat kaitannya dengan kemajuan teknologi. 

Jika tidak ingin kalah saing, bisnis ritel Anda pun harus mau mengadopsi teknologi terbaru. Salah satunya bisa dengan menggunakan sistem ERP. Dimana kelebihannya tidak hanya dirasakan oleh perusahaan saja, melainkan juga pelanggan Anda. Dengan software ini, Anda bisa memudahkan customer dalam melakukan pembelian, pembayaran, dan proses pemenuhan permintaan mereka.

b. Perubahan Tren Pasar

Selain pola belanja, tren pasar pun juga turut mengalami perubahan. Bahkan, tren produk yang naik daun bisa berbeda-beda di setiap tahunnya. Sebagai pebisnis, Anda harus peka terhadap hal satu ini agar tidak kehilangan target pembeli dan tidak kalah saing dengan perusahaan kompetitor. 

Namun, mengatasi tantangan ini tidak bisa dilakukan semata-mata hanya mengadopsi musim produk terkini. Anda juga harus memiliki niche yang sangat menggambarkan bisnis Anda. Tanpa adanya pembeda, usaha ritel Anda pun tidak akan memiliki branding.

Dengan menerapkan sistem ERP untuk retail, Anda bisa dengan mudah mengatasi tantangan ini. Fitur-fitur di software tersebut akan membantu Anda dalam menganalisis tren pasar dan melakukan forecasting secara akurat. Selain itu, fitur CRM juga semakin mendukung Anda dalam membuat strategi marketing yang identik dengan bisnis Anda.

c. Loyalitas Pelanggan

Persaingan bisnis ritel semakin lama semakin ketat. Mempertahankan loyalitas pelanggan di era sekarang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika masih dilakukan secara manual. Ditambah lagi preferensi masyarakat yang berubah seiring dengan berjalannya waktu. Perusahaan Anda pun harus bisa selalu menyesuaikan strategi marketing dengan perilaku belanja saat ini.

Nah, karakteristik customer saat ini adalah mencari informasi tentang suatu barang baru memutuskan untuk membelinya. Selain itu, target pembeli juga menyukai program promosi yang personal. Semua proses pembuatan strategi pemasaran bisa Anda lakukan secara lebih mudah dengan bantuan fitur CRM di aplikasi ERP ritel.

d. Memantau Persediaan

Perusahaan ritel identik dengan memiliki gudang di berbagai lokasi yang berbeda. Ternyata, hal ini juga menjadi tantangan utama dari sektor bisnis ini. Dengan tidak adanya sistem yang mumpuni, memantau jumlah produk jadi terasa sulit karena tidak adanya laporan inventaris yang akurat. Dimana hal tersebut turut berpengaruh terhadap terhambatnya proses pemenuhan permintaan customer. Yuk permudah proses pelacakan ketersediaan barang di bisnis Anda dengan software ERP.

e. Keuangan tidak Akurat

Masalah keakuratan data juga terjadi di bagian keuangan perusahaan ritel. Penyebabnya pun juga sama, yaitu karena belum adanya sistem yang mendukung. Padahal hal ini sangat berpengaruh terhadap untung atau ruginya bisnis Anda. Bayangkan saja usaha Anda tidak bisa melacak berbagai data seperti cash flow, pendapatan, dan pengeluaran secara akurat. Seluruh tingkatan manajemen pun tidak bisa mengambil keputusan dengan tepat. Apakah Anda masih yakin akan mempertahakan sistem manual?

f. Digitalisasi Bisnis

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendukung perkembangan perusahaan ritel adalah melakukan digitalisasi bisnis, dengan menerapkan software ERP. Tetap mempertahankan cara manual terbukti banyak sekali menghadirkan masalah mulai dari human error, data tidak akurat, produktivitas menurun, dan masih banyak lagi. Nah, Anda tidak akan menemukan permasalahan tersebut dalam penggunaan ERP. Semua proses ritel Anda akan terintegrasi dan dijalankan secara otomatis, jadi efektivitas dan efisiensi pun bisa meningkat pesat.

2. Peran Sistem ERP untuk Retail

Dari penjelasan sebelumnya, kita bisa tahu bahwa ERP memiliki peranan yang besar dalam bisnis ritel. Apalagi ketika perusahaan Anda sudah memiliki banyak cabang di berbagai lokasi yang berbeda, dimana tools sederhana sudah tidak bisa lagi mendukung proses bisnis. Untuk melancarkan operasional usaha, Anda pun sudah harus beralih ke sistem yang lebih canggih.

Mayoritas dari Anda pasti sudah mengetahui pengertian sistem ERP, namun masih ragu untuk menerapkannya. Padahal dengan software ini, Anda bisa melakukan pengadaan, memantau ketersediaan produk di seluruh gudang, mengelola data pelanggan, hingga membuat laporan keuangan dengan jauh lebih mudah. Anda hanya cukup memiliki satu sistem untuk memantau seluruh cabang. Melakukan ekspansi bisnis pun bisa Anda lakukan dengan cepat.

3. Modul ERP Wajib di Software Retail

Sistem ERP untuk retail bisa menjangkau seluruh tipe usaha mulai dari skala kecil hingga perusahaan yang sudah besar sekalipun. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa setiap bisnis memiliki permintaan sistem yang berbeda-beda dan tidak bisa disamakan. Maka dari itu, setiap provider ERP menawarkan solusi-solusi yang beda. Tentukan sistem mana yang tepat untuk Anda dengan mengetahui kebutuhan usaha dengan baik.

Selain itu, Anda juga perlu tahu kegunaan dan manfaat dari masing-masing modul ERP terhadap perusahaan. Untuk memudahkan Anda, berikut kami berikan 6 solusi utama yang dibutuhkan oleh bisnis ritel:

  • Point of sale
  • Purchasing Management
  • Modul CRM online
  • Inventory management
  • Accounting management
  • Manajemen barcode

Dari daftar diatas, pastikan Anda memilih provider yang menyediakan modul ERP tersebut untuk software ERP retail. Segera beralih ke sistem terintegrasi, dan otomatiskan operasional bisnis Anda.

4. Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem ERP untuk retail adalah kebutuhan penting di era sekarang ini. Dengan menerapkan software ini, Anda tidak hanya membantu melancarkan operasional bisnis saja, melainkan juga meningkatkan produktivitas karyawan Anda. Nah, percayakan seluruh proses bisnis Anda ke Software Retail Grosir ScaleOcean. Sistem terintegrasi untuk kelola seluruh aspek perusahaan Anda.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

  May 03, 2024        3 Min Read

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

Simak 10 Tips dalam Memilih Software Bisnis Terbaik

  May 03, 2024        3 Min Read

Simak 10 Tips dalam Memilih Software Bisnis Terbaik

3 Jenis dan Contoh Pengadaan di Perusahaan Manufaktur

  May 03, 2024        3 Min Read

3 Jenis dan Contoh Pengadaan di Perusahaan Manufaktur

Software Development Adalah: Cari Tahu Arti dan Perannya

  May 02, 2024        3 Min Read

Software Development Adalah: Cari Tahu Arti dan Perannya

REKOMENDASI

Artikel Terkait