Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo ūüĎč

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Informasi Bisnis Sistem ERP Solusi Bisnis Solusi ERP

Peranan Sistem ERP terhadap Peningkatan Efisiensi Bisnis

3 Min Read     Posted on 03 Feb 2023

Share Artikel

ERP merupakan aplikasi yang kini kerap digunakan oleh berbagai perusahaan besar atau UMKM. Pengertian sistem ERP sendiri adalah sebuah perangkat yang dirancang untuk mengolah berbagai data secara otomatis dalam satu sistem. Dengan begitu, penggunaan ERP dapat memudahkan proses bisnis. Hingga akhirnya bisnis bisa berjalan lebih efektif tanpa memerlukan waktu yang lama. Itulah mengapa perangkat ERP banyak disukai oleh perusahaan di segala bidang. 

Jadi, dapat disimpulkan dari uraian di atas, bahwa ERP hadir untuk meningkatkan efisiensi bisnis. Peningkatan efisiensi ini dapat diwujudkan dengan berbagai peran ERP yang tak bisa diwujudkan dengan cara manual. Dimana hal tersebut bisa berdampak besar bagi perkembangan perusahaan itu sendiri. 

Apalagi di era digital seperti ini, perusahaan dituntut untuk mengintegrasikan seluruh operasional dengan perangkat digital yang mumpuni agar tidak kalah saing dengan perusahaan lainnya. Lantas bagaimana ERP mewujudkan tujuan tersebut sekaligus meningkatkan daya saing bisnis? Berikut peran aplikasi ERP bagi perusahaan:

1. Integrasi Antar Divisi

Salah satu tujuan dan peranan sistem ERP terhadap peningkatan efisiensi bisnis ini adalah integrasi antar divisi. Jadi, ERP bisa dipakai oleh siapa saja dari berbagai divisi yang memiliki peran dalam operasional perusahaan. Dengan demikian, kerjasama dan komunikasi antar divisi dapat meningkat.

Selain itu, peningkatan kerjasama dan komunikasi ini secara tidak langsung akan meminimalisir kesenjangan antar karyawan di perusahaan. Para pegawai pun akan lebih mudah dalam meminta informasi atau data dari divisi lain. Dengan demikian, suasana kantor dapat menjadi lebih hangat dan nyaman.

2. Dapat Digunakan Seluruh Jenis Perusahaan

Sistem ERP tak hanya hadir untuk memberikan layanan di satu bidang usaha saja, namun juga di berbagai industri. Sebagai contoh bidang perhotelan, real estate, hingga ekspedisi pengiriman. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir apakah perusahaan Anda bisa menggunakan ERP atau tidak karena berbagai fitur yang ada di aplikasi tersebut siap mendukung seluruh jenis perusahaan. 

Selain itu, macam-macam modul ERP juga bisa di-custom sesuai kebutuhan perusahaan. Jadi, Anda tak perlu khawatir juga bila ada tujuan perusahaan yang belum terpenuhi di aplikasi ERP Anda. Anda hanya perlu mengkomunikasikan hal tersebut kepada vendor ERP, sehingga mereka bisa membantu Anda untuk mencari jalan keluar terhadap permasalahan tersebut.

3. Automasi Pekerjaan

Tujuan dan peranan sistem ERP tak hanya berfokus pada bisnis itu sendiri, namun juga sumber daya manusia. Hal ini dibuktikan dengan kemudahan pengguna untuk mengelola berbagai pekerjaan di perangkat ERP karena semua berjalan dengan otomatis. Dengan begitu, pengguna tidak perlu merasa kesulitan lagi dalam melakukan pekerjaannya.

Ketika pengguna merasa tugasnya semakin mudah, maka hal tersebut dapat meningkatkan kenyamanan mereka dalam mengerjakannya. Bila mereka bisa semakin nyaman dalam melakukan pekerjaan, maka dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka. Itulah salah satu manfaat penerapan sistem ERP di dalam perusahaan. 

4. Pemangkasan Waktu

Anda juga bisa memangkas waktu pekerjaan, karena sistem ERP mampu mengolah berbagai data atau pekerjaan secara otomatis. Dengan demikian, para karyawan bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjaannya, sehingga bisa segera beralih ke tugas lainnya. Percepatan waktu ini akan berdampak bagi perusahaan karena bisa meningkatkan kecepatan alur kerja. 

Hal ini tak hanya berdampak bagi perusahaan saja, namun juga pada pelayanan terhadap pelanggan. Ketika semua proses pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat, maka permintaan pelanggan pun dapat lebih cepat terpenuhi. Akibatnya, kepuasan pelanggan pun semakin meningkat. Tentu ini juga akan berdampak bagi pendapatan perusahaan nantinya, karena pelanggan akan senang berbisnis dengan Anda.

5. Meminimalisir Kesalahan

Meskipun berbagai pekerjaan dapat dilakukan secara cepat dengan menggunakan perangkat ERP, namun bukan berarti akan memiliki banyak kekeliruan. Inilah salah satu tujuan dan peranan sistem ERP, yakni dapat meminimalisir kesalahan karena semuanya sudah berjalan dengan otomatis. Bahkan perangkat ERP juga mampu meminimalisir kecurangan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Kesalahan yang minim ini akan berdampak bagi keakuratan data. Jadi, Anda bisa memperoleh data atau laporan yang akurat dari berbagai bidang di perusahaan. Karyawan pun tak perlu khawatir karena data dan laporan ini bisa dibuat dengan mudah karena adanya automasi pekerjaan yang dihadirkan oleh perangkat ERP tadi.

6. Memudahkan Pemantauan

Manfaat penerapan sistem ERP lainnya adalah sebagai sistem informasi yang mampu memberikan data dan laporan kepada Anda dengan mudah. Anda hanya membutuhkan satu sistem ERP saja untuk memantau seluruh proses dan data bisnis. Anda pun dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja selama masih terhubung dengan perangkat ERP tersebut.

Menariknya lagi, satu aplikasi ERP juga dapat digunakan di berbagai cabang. Oleh sebab itu, Anda tak perlu mendatangi satu per satu cabang hanya untuk memantau situasi bisnis di sana. Anda pun tak perlu berganti-ganti aplikasi sehingga dapat memangkas waktu Anda dalam melakukan pemantauan. 

7. Mempercepat Pengambilan Keputusan 

Semua tujuan dan peran sistem ERP di atas bisa berdampak pada satu hal, yakni kemudahan Anda dalam mengambil keputusan yang tepat bagi perusahaan. Hal ini disebabkan oleh keakuratan data dan laporan yang Anda peroleh. Terlebih lagi Anda bisa mengakses data dan laporan tersebut dengan lebih mudah dan cepat.

Kecepatan dan kemudahan dalam pengambilan keputusan ini akan berdampak bagi jalannya perusahaan Anda, apalagi jika Anda berada di keadaan genting yang mengharuskan untuk segera membuat keputusan. Dampak ini pun akan semakin besar bila keputusan yang dibuat juga besar. Di saat seperti inilah Anda akan merasakan manfaat sistem ERP bagi efisiensi bisnis Anda.

8. Kesimpulan

Itulah berbagai dampak yang akan dirasakan oleh Anda, perusahaan, dan karyawan bila menggunakan sistem ERP. Dampak tersebut akan semakin terasa signifikan seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, sudah siapkah Anda untuk merasakan berbagai dampak tersebut di bisnis Anda? Jika sudah, Anda bisa menghubungi ScaleOcean.

ScaleOcean merupakan vendor terbaik untuk membuat perusahaan Anda merasakan seluruh tujuan dan peranan sistem ERP secara optimal. Hal ini didukung juga oleh pelayanan ScaleOcean yang siap membantu Anda ketika ingin berkonsultasi atau sedang menghadapi masalah yang berkaitan dengan aplikasi ERP. Jadi, tunggu apalagi, segera hubungi kami! 

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

5 Jenis Pertanyaan Tentang SCM yang Wajib Anda Kuasai!

  Mar 17, 2023        3 Min Read

5 Jenis Pertanyaan Tentang SCM yang Wajib Anda Kuasai!

8 Cara Efektif Pengukuran Kinerja SCM di Perusahaan

  Mar 17, 2023        3 Min Read

8 Cara Efektif Pengukuran Kinerja SCM di Perusahaan

Ketahui Berbagai Pengertian SCM menurut Para Ahli

  Mar 16, 2023        3 Min Read

Ketahui Berbagai Pengertian SCM menurut Para Ahli

Pahami Perbedaan Utama Antara Divisi SCM dan Logistik

  Mar 15, 2023        3 Min Read

Pahami Perbedaan Utama Antara Divisi SCM dan Logistik

REKOMENDASI

Artikel Terkait