Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Industri Perhotelan Informasi Bisnis Sistem ERP Solusi Bisnis

Kegunaan Sistem ERP untuk Hotel di Indonesia

3 Min Read     Posted on 01 Feb 2023

Share Artikel

Pengertian sistem ERP adalah sebuah perangkat lunak yang dapat memudahkan para pengusaha untuk menjalankan proses bisnisnya secara terintegrasi. Sehingga, proses pengelolaan perusahaan tersebut dapat berjalan secara otomatis. Itulah mengapa, software ERP kini banyak digunakan oleh berbagai jenis perusahaan, termasuk perhotelan.

Software ERP hotel di Indonesia ini hadir untuk memberikan berbagai manfaat kepada pemilik bisnis. Salah satunya adalah meningkatkan produktivitas karyawan dalam melakukan pekerjaannya, sehingga bisnis Anda pun bisa semakin berkembang. Lalu apa saja manfaat lain dari penggunaan ERP pada bisnis hotel? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Pelayanan Terhadap Tamu

Tujuan utama bisnis hotel adalah memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pelanggan ketika menginap. Hal ini bisa Anda wujudkan dengan menerapkan sistem ERP. Aplikasi hotel ini terdiri dari fitur-fitur yang memudahkan pelanggan untuk melakukan pemesanan dengan lebih mudah. Anda akan mampu merespon pesanan tersebut dengan lebih cepat. 

Tak hanya itu, software hotel berbasis ERP ini juga mempunyai fitur CRM online. Fitur tersebut dirancang untuk menyimpan riwayat pemesanan yang dilakukan oleh tamu. Dengan demikian, Anda bisa mengambil keputusan dengan lebih tepat untuk strategi pemasaran hotel. Anda juga dapat menawarkan berbagai program kepada pelanggan loyal sesuai dengan karakteristik yang sudah tercatat di sistem hotel berbasis ERP ini. 

2. Membantu Pengelolaan Keuangan

Salah satu kegunaan software ERP hotel di Indonesia adalah membantu Anda dalam mengelola keuangan. Dengan adanya modul akuntansi manajemen di sistem hotel ini, memantau semua data keuangan dari berbagai divisi bahkan cabang hotel Anda menjadi hal yang mudah. Pencatatan seluruh transaksi hingga pembuatan laporan keuangan pun dapat dilakukan secara otomatis. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa meningkatkan pendapatan menggunakan hotel management software ini. Caranya adalah dengan menyederhanakan proses penjualan dan membuat strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya dengan membuat diskon dan program promosi personal yang mampu menarik perhatian pengunjung. Dengan demikian, jumlah pengunjung pun akan semakin meningkat dan tentu hal ini akan berpengaruh terhadap pendapatan dan kondisi keuangan hotel Anda.

3. Mempermudah Pengelolaan Fasilitas

Fasilitas yang memadai, nyaman, dan terjaga adalah salah satu faktor keunggulan sebuah hotel. Oleh sebab itu, memiliki manajemen fasilitas yang baik adalah hal yang penting dalam bisnis Anda. Sistem ERP dapat membantu Anda dalam menjadwalkan pemeriksaan dan pemeliharaan aset hotel secara otomatis. Sehingga, Anda bisa mengoptimalkan penggunaan aset dan mempertahankan kualitas fasilitas dengan lebih mudah.

Anda bisa mengelola seluruh fasilitas di berbagai cabang hanya dengan satu aplikasi ERP hotel. Hal ini dikarenakan sistem tersebut mendukung terintegrasinya pengelolaan seluruh cabang hotel di berbagai lokasi. Memantau kondisi terkini fasilitas atau aset Anda pun terasa jauh lebih mudah. Selain itu, Anda juga bisa memberikan tanggung jawab kepada karyawan untuk membantu proses pemantauan dengan memberikan akses ke software hotel ERP ini.

4. Membantu Manajemen Karyawan

Karyawan yang bekerja di bisnis hotel tentu berbeda dengan bisnis lainnya. Hal ini disebabkan oleh adanya pengaturan shift kerja, karena hotel selalu buka 24 jam dan selalu beroperasi. Tanpa sistem yang mumpuni, pengaturan shift kerja ini kerap mengalami masalah karena banyaknya jumlah karyawan. Dengan adanya modul human resource management pada software ERP hotel, Anda dapat menentukan jadwal shift dan tugas dengan lebih mudah dan cepat.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memantau kegiatan karyawan dari berbagai cabang melalui tampilan dashboard. Dimana pemantauan ini meliputi progress pekerjaan, melacak absensi, serta jam kerja karyawan dengan lebih efisien. Dengan begitu, bisnis Anda mampu meminimalisir keterlambatan dan kesalahan karyawan.

5. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Jalannya proses bisnis sebuah hotel sangatlah perlu diperhatikan. Semakin cepat alur kerja hotel, maka semakin meningkat pula kepuasan pelanggan Anda. Nah, Anda bisa melancarkan seluruh proses operasional Anda dengan menerapkan sistem hotel berbasis ERP. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan ERP ini, salah satunya adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh segala informasi tentang hotel Anda secara real-time menggunakan sistem ini. Ketika ada permasalahan, baik itu di hotel pusat maupun cabang, dapat langsung terdeteksi dan diantisipasi. Anda pun dapat segera membuat keputusan yang lebih akurat menggunakan data terkini tersebut. 

6. Mempermudah Pengelolaan Data

Aplikasi ERP hotel di Indonesia saat ini sudah berbasis cloud. Fungsi cloud ERP ini adalah sebagai tempat pencadangan data, dimana akan dilakukan secara berkala. Dengan begitu Anda tak perlu khawatir bila gawai rusak karena Anda masih bisa mengakses data yang berkaitan dengan manajemen hotel tersebut di perangkat lainnya. Orang lain pun dapat mengakses data tersebut, selama memiliki aksesnya.

Anda tak perlu khawatir akan kebocoran data penting perusahaan, karena seluruh data akan terenkripsi untuk memastikan keamanannya. Takut informasi Anda diakses oleh unauthorized user? Tenang saja, Anda bisa membatasi akses pada dokumen perusahaan. Dengan sistem ERP, Anda bisa memantau perubahan data sekecil apapun untuk meminimalisir terjadinya kecurangan dari pihak internal.

Mau beralih ke sistem ERP tapi sebelumnya menggunakan banyak aplikasi yang berbeda? Tidak perlu khawatir, hotel management software juga mendukung proses migrasi data dari aplikasi lain. Sehingga, proses pemindahan data jadi lebih lancar dan aman tanpa perlu menghabiskan banyak waktu. 

7. Mendukung Multi-Bahasa

Tak perlu khawatir akan kendala bahasa, karena sistem ERP mempunyai fitur multi-bahasa. Jadi, aplikasi hotel ini bisa diakses sekalipun oleh stakeholder dari negara asing. Bahkan Anda bisa menambahkan berbagai bahasa ke dalam software jika dibutuhkan sehingga sistem tersebut dapat digunakan oleh lebih banyak orang dari latar belakang yang berbeda.

8. Kesimpulan

Itulah berbagai manfaat sistem ERP bagi bisnis hotel Anda. Kini saatnya Anda memilih software terbaik bagi perusahaan Anda. Daripada Anda memilih aplikasi ERP lain, lebih baik Anda mempercayakan pengelolaan hotel Anda kepada ScaleOcean. Aplikasi ERP hotel di Indonesia terbaik dengan berbagai kelebihan mulai dari solusi terlengkap, customizable, fleksibel dan terukur, hingga tidak ada batasan user. Jadi tunggu apalagi, kembangkan bisnis hotel Anda bersama ScaleOcean.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

REKOMENDASI

Artikel Terkait