Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Bisnis Informasi Bisnis Solusi Bisnis Tips Bisnis

3 Tips Ampuh Meningkatkan Produktivitas Kerja

3 Min Read     Posted on 11 Oct 2022

Share Artikel

Produktivitas kerja sangatlah penting untuk membantu karyawan dalam menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu. Dengan kemampuan tersebut, Anda dapat mengerjakan tugas dengan cara yang paling efektif dan efisien. Sehingga, Anda pun tidak perlu lagi berhadapan dengan banyaknya pekerjaan yang menumpuk dan tenggat waktu yang saling bertabrakan.

Bagi perusahaan, tidak cukup hanya mengelola karyawan dengan baik. ​Namun, sangat penting juga untuk mengetahui cara meningkatkan produktivitas seluruh pegawai. Anda harus menciptakan lingkungan kerja yang bisa mendukung kreativitas dan semangat kerja karyawan. 

Dimana hasil kinerja mereka nantinya akan sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda. Nah, mari kita bahas tentang apa itu produktivitas kerja beserta tips-tips terbaik untuk meningkatkannya secara lengkap di artikel ini.

1. Pengertian Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja adalah suatu tolak ukur tentang bagaimana sebuah pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Indikator pengukurannya biasanya dilihat dari perbandingan antara hasil dengan sumber daya yang digunakan seperti waktu, tenaga, bahan, dan faktor sejenis lainnya. Semakin cepat seorang karyawan bekerja menyelesaikan pekerjaannya, semakin tinggi pula tingkat produktivitas yang dia miliki. Karyawan seperti itulah yang banyak dicari oleh suatu perusahaan. 

Jika memiliki pegawai yang bisa bekerja dengan produktif, maka akan sangat membantu kelancaran sistem operasional bisnis Anda. Namun, Anda sebagai pebisnis tidak bisa hanya menuntut karyawan untuk selalu kreatif. Anda juga harus memikirkan cara ataupun strategi untuk mendukung karyawan dalam peningkatan produktivitas, karena ada kalanya mereka down dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Contohnya, Anda bisa merubah suasana tempat kerja menjadi semenarik mungkin untuk memudahkan karyawan dalam mendapatkan ide cemerlang.

2. Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Hal penting yang perlu Anda ketahui adalah kreativitas karyawan tidak bisa selalu stabil. Karena ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya, baik dari internal maupun eksternal. Anda sangat perlu untuk mengetahui hal-hal tersebut, supaya bisa menentukan solusi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas. Mari kita bahas satu persatu faktornya.

a. Faktor Internal

  • Pengetahuan

Kunci dari kelancaran dalam melakukan pekerjaan adalah memiliki pengetahuan tentang hal tersebut. Ketika karyawan baru pertama kali diberikan tugas, pasti mereka akan kebingungan untuk mengerjakannya. Nah, Anda bisa memberikan pelatihan atau training yang sesuai dengan profesi mereka ketika masih menjadi karyawan baru. Hal tersebut akan memudahkan mereka dalam beradaptasi. Selain itu, Anda juga bisa rutin mengadakan seminar untuk meningkatkan produktivitas karyawan. pegawai yang memiliki pengetahuan luas dapat dengan mudah beradaptasi ke setiap jenis tugas baru.

  • Skill

Keterampilan merujuk pada kemampuan teknis terhadap suatu pekerjaan. Jika, pegawai belum pernah menangani suatu tugas secara langsung maka hal itu tentu sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja mereka. Namun, Anda bisa menanganinya dengan rajin membuat pelatihan-pelatihan skill di perusahaan.

  • Sikap dan Perilaku

Kedua hal ini merupakan bawaan dari diri Anda sendiri. Anda harus membiasakan berperilaku profesional untuk menghasilkan hasil kerja yang baik pula seperti tepat waktu, rapi, dan disiplin. Karena, kedua hal tersebut bisa menggambarkan hasil kinerja Anda.

b. Faktor Eksternal

  • Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja yang baik sangat mempengaruhi semangat kerja karyawan. Jika lingkungannya tidak baik, akan membuat karyawan tidak bersemangat. Nah, itu adalah salah satu faktor pemicu tingkat turnover meningkat. Anda harus merubah suasana kerja di perusahaan jika tidak ingin mengalaminya. Untuk memperbaikinya, Anda disarankan untuk berdiskusi dengan tim Human Resource selaku tim yang mengerti keinginan karyawan berdasarkan data yang ada. 

  • Komunikasi Tim

Jika Anda bekerja dalam suatu tim namun komunikasi tidak berjalan baik, apakah bisa mendukung kelancaran tugas divisi? Jawabannya, tentu saja tidak. Hal itu dikarenakan, komunikasi adalah kunci keberhasilan kerjasama tim.Anda akan kesulitan dalam memutuskan solusi yang tepat untuk menyelesaikan suatu permasalahan jika komunikasi yang terjalin buruk.

Nah, Anda bisa meningkatkan integrasi antar tim dengan mengaplikasikan modul ERP, human resource management. Dengan sistem ini, komunikasi dengan divisi yang sama ataupun berbeda jadi lebih mudah, sehingga permasalahan pun dapat terhindari.

3. Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Anda

Setelah mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas kerja dari karyawan Anda, mari kita membahas beberapa tips untuk meningkatkannya. Agar produktivitas perusahaan tetap terjaga dan keuntungan yang didapatkan pun bisa meningkat.

a. Buat Suasana Kerja yang Asik

Semua perubahan baik, dapat dimulai dari merubah manajemen perusahaan terlebih dahulu. Bisa dari meningkatkan kesejahteraan para karyawan, memberikan benefit yang sesuai, fasilitas yang lengkap, dan masih banyak lagi yang bisa dirubah ke arah yang lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa membuat suasana kantor menjadi lebih suportif. Jika pegawai Anda merasa kerja kerasnya dihargai oleh perusahaan, maka mereka pun akan lebih totalitas dalam menjalankan tugasnya. Sehingga, hasil kerja mereka pun meningkat.

b. Perbaiki Hubungan dengan Rekan Kerja

Memiliki hubungan yang baik dengan teman kantor akan meningkatkan kenyamanan karyawan Anda dalam melakukan pekerjaan. Mereka pun jadi lebih mudah untuk mengutarakan pendapat, ide, dan keluhan atau kesulitan yang dialami. Sehingga, permasalahan yang mengganggu kinerja pegawai Anda bisa segera diperbaiki dan produktivitas mereka pun kembali meningkat.

c. Menyediakan Program Pengembangan Diri

Untuk meningkatkan efektivitas kerja seluruh karyawan, suatu perusahaan haruslah rutin mengadakan berbagai macam program upgrade skill dan pengetahuan seperti seminar atau pelatihan seperti cross training. Dengan bertambahnya kemampuan semua pegawai, akan berimbas pada meningkatnya keuntungan bisnis Anda.

d. Berikan Penghargaan

Memberi reward kepada pegawai di saat-saat tertentu merupakan trik yang efektif untuk meningkatkan semangat kerja mereka. Anda bisa memberikannya di saat mereka bisa memenuhi target, penjualan meningkat, dan sebagainya. Hadiah yang Anda berikan pun bisa beraneka ragam.

Hal terpenting adalah, penghargaan yang Anda berikan tidaklah harus berbentuk barang. Terkadang cukup dengan mengucapkan kata “terima kasih” atas usaha yang mereka lakukan ataupun kata suportif lainnya. Dengan mendengarnya, karyawan Anda pasti merasa kerja kerasnya diapresiasi.

4. Kesimpulan

Jadi, produktivitas kerja sangatlah penting untuk dimiliki oleh karyawan. Keuntungan tidak hanya dirasakan oleh pegawai saja melainkan juga perusaahaan. Maka dari itu, suatu bisnis sangat perlu untuk menerapkan berbagai cara meningkatkan produktivitas pegawai. Dari tips-tips diatas, mana nih yang sudah perusahaan Anda terapkan dan terbukti berhasil?

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya

  Apr 25, 2024        3 Min Read

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya

Software Testing Adalah: Ketahui Arti dan Siklusnya

  Apr 25, 2024        3 Min Read

Software Testing Adalah: Ketahui Arti dan Siklusnya

Contoh Dokumen Packing List untuk Pengiriman Barang

  Apr 24, 2024        3 Min Read

Contoh Dokumen Packing List untuk Pengiriman Barang

REKOMENDASI

Artikel Terkait