Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Bisnis HR HRM Tips Bisnis

Peranan Penting Human Resource dalam Perusahaan

3 Min Read     Posted on 11 Oct 2022

Share Artikel

Human Resource adalah istilah yang pasti sudah tidak asing lagi untuk Anda. Semua perusahaan perusahaan pasti memiliki divisi HRD, sebuah tim yang pekerjaannya selalu berkaitan dengan pengelolaan karyawan. Maka dari itu, tim ini juga sering dijuluki dengan human resource management

Ketika mendengar tim HR, pasti pikiran Anda langsung tertuju pada proses rekrutmen dan seleksi pegawai. Memang benar, namun itu hanyalah salah satu dari sekian banyaknya pekerjaan HRD loh. Tahukah Anda tugas HR lainnya? Mari kita bahas seluk beluk profesi ini secara lengkap!

1. Apa itu Human Resources?

HR adalah salah satu bagian dari perusahaan yang tugasnya selalu berhubungan dengan mengelola sumber daya manusiaMulai dari mencari kandidat terbaik, proses rekrutmen, mengembangkan kualitas, skill, memantau kinerja karyawan serta segala hal yang berhubungan dengan administrasi dan kesejahteraan pegawai. Maka dari itu tim hrd memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kemajuan suatu perusahaan. 

Jika HR menemukan tenaga kerja yang berkualitas untuk bergabung ke bisnis Anda, maka dapat dipastikan usaha Anda bisa berkembang dengan pesat. Namun hal yang perlu diingat, karyawan yang kompeten akan betah bekerja lama di perusahaan Anda jika kesejahteraan mereka juga terjamin. Nah, menentukan benefit dan bonus dari pegawai juga merupakan tugas penting untuk para human resource.

2. Human Capital vs Human Resource

Dalam dunia pengelolaan tenaga kerja, terdapat istilah lain yaitu human capital. Setelah mendengarnya, Anda pasti bertanya. Apakah mereka sama? atau justru berbeda. Sebenarnya, mereka adalah dua profesi yang berbeda namun memiliki tanggung jawab yang sama

Namun, mengapa ada yang menggunakan human resource, dan ada juga yang human capital? Sebenarnya hal tersebut bergantung pada sudut pandang perusahaan dalam melihat karyawan dan juga fungsi kedua profesi tersebut. Perusahaan yang menggunakan istilan HR biasanya memandang pegawai sebagai sumber daya yang membantu bisnis dalam mencapai tujuan. Dimana akan fokus pada kuantitas yang dihasilkan oleh karyawan. Jadi, tugasnya pun berkaitan dengan penetapan KPI dan memantau apakah pekerja bisa mencapai targetnya atau tidak.

Sedangkan human capital akan fokus melihat kualitas dari pegawai. Dimana mereka akan memantau pekerjaan, kontribusi kerja, hingga mempertahankan dan meningkatkan value karyawan. Sehingga, tugas profesi ini biasanya lebih mengarah kepada cara-cara untuk meningkatkan skill ataupun kemampuan pekerja, seperti rutin mengadakan pelatihan dan seminar. Setelah mengetahui perbedaan kedua profesi ini, mari sekarang kita membahas lebih dalam tentang tugas-tugas tim HR.

3. Tugas Utama Human Resource

Human resource memiliki tugas yang cukup kompleks, dimana semuanya terkait dengan pengelolaan karyawan. Di era sekarang, perusahaan Anda bisa membantu memudahkan pekerjaan mereka dengan menerapkan software HRIS ERP. Berbagai macam fiturnya bisa meningkatkan efisiensi HRD dalam melakukan seluruh tugas. Sebelumnya, mari kita bahas secara lengkap tugas utama dari divisi satu ini.

a. Melakukan Rekruitmen Karyawan

Salah satu tugas HR yang utama adalah mencari dan memilih kandidat tepat untuk menjadikan mereka sebagai pegawai. Maka dari itu, nama lain dari human resource adalah rekruiter. Untuk mencari satu calon terbaik dari sekian banyaknya CV yang masuk tidaklah mudah. Seorang rekruiter harus benar-benar paham karakteristik spesifik karyawan yang dibutuhkan oleh masing-masing divisi di kantor Anda.

Dengan sistem ERP, para rekruiter bisa melakukan proses rekrutmen secara cepat. Seperti yang kita tahu, proses perekrutan tidak hanya sampai pada menemukan calon yang tepat saja. Melainkan juga harus memikirkan strategi ke depannya seperti interview user, perjanjian kerja, pelaksanaan onboarding, dan masih banyak lagi runtutan lainnya sampai menjadi pegawai tetap. Hanya dengan satu sistem, Anda bisa merencanakan seluruh hal tersebut secara otomatis, sehingga semuanya jadi lebih terstruktur dan bisa meminimalisir jadwal yang bentrok.

b. Menangani Proses Administrasi

Dalam hal ini tim human resource bertugas untuk mengelola seluruh administrasi karyawan mulai dari pajak, reimbursement, kompensasi, benefit, gaji, dan biaya lainnya. Dalam menentukan penghasilan karyawan, divisi ini akan mengacu pada data absen dan produktivitas kerja. Selain itu, tim HR juga mengelola seluruh pengembalian dana yang diajukan oleh pegawai.

Tidak cukup sampai disitu, proses pengajuan dan persetujuan cuti juga merupakan tugas divisi HR. Mereka tidak bisa sembarangan menyetujui seluruh izin karyawan, karena mereka harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah ada yang menggantikan posisi tersebut atau tidak, agar pekerjaan bisa tetap jalan.  

c. Memantau Kinerja Pegawai

Seluruh aktivitas dan kemajuan proyek pegawai Anda bisa terpantau dalam dashboard yang ada di software HRM. Jadi, Anda bisa mengetahui dan memastikan karyawan butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikan tugasnya, berapa jam kerjanya dalam sehari, dan kegiatan lainnya. Jika ada kendala pun Anda bisa segera tahu dan bisa memberikan bantuan terbaik. Lalu, Anda juga bisa memberikan saran-saran untuk meningkatkan kinerja karyawan untuk di review setiap bulannya.

Aplikasi HR terbaik adalah yang terintegrasi dengan database karyawan, sehingga memudahkan tim HR dalam mencatat dan memperbarui data. Maka, jangan heran kalau tim HR mengerti seluruh informasi pegawai, karena hal tersebut dapat sangat membantu divisi mereka dalam membuat kebijakan yang paling sesuai.

d. Mengadakan Pelatihan dan Seminar

Anda pasti menginginkan karyawan yang memiliki kemampuan untuk bisa membantu bisnis dalam mencapai tujuan. Nah, disinilah human resource bekerja dalam memberikan solusi terbaik, baik untuk perusahaan maupun pegawai. Divisi ini merencanakan dan mengadakan program yang bisa menunjang skill karyawan, contohnya adalah memberikan pelatihan serta seminar. Dengan program ini, diharapkan seluruh tenaga kerja dapat mengembangkan skill dan pengetahuan mereka dengan mudah. Sehingga, mereka bisa bekerja dengan lebih cerdas dan efisien.

4. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, Anda bisa menyimpulkan bahwa tugas HR sangatlah banyak. Menjadi seorang human resource tidaklah mudah, dimana Anda harus bertanggung jawab terhadap kesejahteraan seluruh karyawan. Jadi, tidak heran jika profesi satu ini memiliki peran yang krusial di bisnis Anda.

Perusahaan Anda bisa membantu meringankan tugas mereka dengan software HRIS ScaleOcean loh! Menggunakan software kami, alur kerja HR di perusahaan Anda akan jadi lebih sederhana karena semuanya sudah otomatis, sehingga produktivitas dan kepuasan karyawan pun meningkat.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

  Apr 26, 2024        3 Min Read

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

  Apr 26, 2024        3 Min Read

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya

  Apr 25, 2024        3 Min Read

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya