Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
HR HRM Sistem ERP Solusi ERP

Wajib Pahami Konsep Human Resource Management

3 Min Read     Posted on 10 Jan 2023

Share Artikel

Tidak hanya modal, sumber daya manusia atau SDM juga termasuk aset yang sangat berharga dalam perusahaan. Bisnis apapun mulai dari asuransi sampai retail perlu mengelola karyawan mereka dengan baik agar dapat berkembang. Salah satu metode yang banyak dipakai oleh Human Resource Department untuk mengelola SDM adalah software HRM. 

Human Resource Management atau manajemen sumber daya manusia adalah suatu sistem pengelolaan tenaga kerja yang dilakukan oleh divisi HR. HRM ini nantinya akan sangat berkaitan dengan tugas divisi HRD yang meliputi mengumpulkan administratif, merekrut, sampai memberikan pelatihan. Lalu, tahukah Anda bagaimana konsep HRM? Berikut kami berikan ulasan lengkapnya.

1. Konsep Human Resource Management atau HRM

Human Resource Management adalah manajemen yang dilakukan suatu perusahaan untuk mengelola, meningkatkan, dan memaksimalkan performa tenaga kerja. Dimana hal tersebut nantinya akan digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam membantu meningkatkan kinerja karyawan, tim HR akan melakukan perencanaan, pengendalian, pengembangan, perekrutan, motivasi, pemberian kompensasi, hingga pelatihan. 

Setiap perusahaan pasti membutuhkan sistem HRM, karena Anda bisa memantau pekerjaan mereka dengan mudah. Sehingga, produktivitas pegawai pun meningkat. Selain itu, data tersebut juga bisa digunakan sebagai acuan dalam menentukan karyawan berbakat. Dengan data real-time, Anda bisa mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh setiap pegawai. Membuat keputusan yang tepat pun jadi lebih mudah. 

Jadi, kedepannya diharapkan setiap pegawai dapat bekerja dengan produktif mungkin dan melakukan tanggung jawabnya dengan maksimal sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Beberapa hal yang dilakukan tim HR untuk mengelola SDM yaitu mengembangkan bakat, pengetahuan, keterampilan, serta komunikasi dan kerja sama antar anggota karyawan secara efisien.

2. Tanggung Jawab Tim HRD

Divisi satu ini memiliki peranan yang penting dalam pengelolaan karyawan. Namun, tugas mereka tidak hanya sebatas itu saja loh. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas pekerjaan lain dari tim HR di perusahaan.

a. Menganalisis Kinerja 

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh tim ini adalah menentukan kemampuan dan pengalaman apa saja yang dibutuhkan karyawan agar dapat bekerja dengan maksimal. Kemudian, mempekerjakan pegawai yang tepat sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Dengan sistem HRM, Anda bisa melakukan hal-hal tersebut dengan mudah bahkan meliputi penggajian hingga menyusun program pelatihan.

b. Merekrut Karyawan Baru

Tugas HR yang utama tentu saja berkaitan dengan melakukan proses rekrutmen karyawan dengan tepat. Pertama, tim akan memperkirakan berapa kuantitas pegawai baru yang dapat didukung oleh keuangan perusahaan. Kemudian, tim akan melakukan proses penyaringan dan memilih kandidat yang paling sesuai.

c. Mengelola Tunjangan dan Gaji

Selain gaji, pemberian kompensasi juga perlu dilakukan perusahaan loh. Dimana hal tersebut dapat mempengaruhi meningkatnya kinerja pegawai. Biasanya kompensasi diberikan berdasarkan standar perusahaan dan gaji masing-masing pegawai.

d. Evaluasi atau Penilaian Karyawan

Evaluasi dilakukan untuk memberikan feedback mengenai performa pegawai baik dari aspek negatif maupun positif. Selain dibutuhkan oleh perusahaan, evaluasi juga diperlukan oleh karyawan untuk mengetahui seberapa baik kinerjanya. Hasil penilaian ini nantinya juga akan digunakan tim Human Resource sebagai bahan acuan dalam pemberian promosi dan kompensasi. 

e. Melatih dan Mengembangkan Karir

Tenaga kerja sangat termotivasi ketika mengembangkan keterampilan baru, sehingga mereka lebih produktif dalam bekerja. Performa mereka juga akan meningkat ketika pegawai diberikan dukungan untuk mengasah kemampuan. Beberapa pelatihan yang dapat dilakukan oleh tim HR yaitu kegiatan pembelajaran dan pelatihan keterampilan yang kurang dikuasai terkait job desk yang dikerjakan. 

f. Mengembangkan Kebijakan

Selanjutnya tim human resource juga menentukan kebijakan di tempat kerja yang berkaitan dengan urusan kepegawaian seperti liburan, standar berpakaian, kebijakan kesehatan dan lainnya termasuk untuk memastikan karyawan mematuhi kebijakan yang sudah dibuat.

3. Manfaat Human Resource Management

Beberapa manfaat yang dapat perusahaan Anda rasakan dengan menerapkan sistem manajemen human resource ini diantaranya yaitu:

  • Meningkatnya produktivitas
  • Manajemen sumber daya lebih efisien
  • Konsumen semakin puas 
  • Terciptanya budaya kerja yang lebih sehat
  • Bertambahnya kepuasan kerja karyawan

4. Strategi Menerapkan Manajemen Human Resource

Sebelum menerapkan manajemen Human Resource, ada beberapa langkah perencanaan yang perlu Anda lakukan. Perencanaan yang penting untuk mencapai tujuan manajemen dengan baik. Berikut strategi yang perlu Anda lakukan: 

a. Pahami Kembali Tujuan Perusahaan

Pertama Anda perlu meninjau kembali tujuan perusahaan, sasaran, visi serta misi. Anda perlu membagikan rencana pertumbuhan jangka pendek dan jangka panjang kepada karyawan. Agar dapat dipahami, Anda juga perlu berkomunikasi mengenai tujuan perusahaan dengan karyawan secara jelas. 

b. Lakukan Evaluasi Terhadap Kemampuan SDM

Salah satu fungsi tim HRD adalah melakukan penilaian atau evaluasi terhadap kemampuan SDM perusahaan. Evaluasi ini nantinya akan membantu Anda memahami karyawan dan mengetahui karyawan berbakat yang perlu dilatih.

c. Menganalisis Kapasitas SDM

Berikutnya, Anda dapat mengenali hambatan apa yang dihadapi karyawan dan menerapkan rencana yang dapat menangani hambatan tersebut. Setelah itu tim perlu menganalisis kuantitas dan keterampilan karyawan dengan meminta senior untuk mengidentifikasi bagaimana cara membekali karyawan agar dapat bekerja lebih baik. 

d. Memprediksi Kebutuhan SDM di Masa Mendatang

Tahap berikutnya adalah memprediksi apa saja yang menjadi kebutuhan SDM di masa depan. Kebutuhan apa yang perlu diprediksi? Anda bisa memantau keterampilan apa yang diperlukan perusahaan dan berapa jumlahnya untuk dapat mencapai tujuan bisnis di masa depan. Untuk memudahkan Anda dalam memprediksinya, Anda bisa meninjau kembali keterampilan dan jumlah karyawan yang Anda miliki saat ini. Apakah keahlian dan kinerja karyawan saat ini sudah bisa dimanfaatkan secara memadai? Apakah SDM saat ini dapat membantu pertumbuhan perusahaan?

e. Menentukan Alat yang Dibutuhkan

Kemudian Anda perlu mengidentifikasi tools apa saja yang diperlukan oleh karyawan dalam menjalankan tugasnya. Saat ini, kebutuhan akan perangkat lunak atau aplikasi untuk menunjang pekerjaan semakin tinggi, dimana tidak hanya untuk departemen TI tetapi juga HR. Sistem HRM berbasis ERP atau Enterprise Resource Planning akan mempermudah tim personalia dalam melakukan aktivitas yang berkaitan dengan pengelolaan SDM seperti absen kehadiran, jadwal kerja, evaluasi, penggajian sampai pengelolaan cuti kerja. 

f. Penerapan Strategi HRM

Jika rencana sudah matang selanjutnya Anda bisa menerapkan strategi yang dapat dimulai dengan melakukan perekrutan tenaga kerja baru. Kemudian buat desain onboarding serta pelatihan yang dapat meningkatkan retensi karyawan. 

g. Evaluasi

Terakhir, yaitu lakukan evaluasi terhadap penerapan strategi Anda. Evaluasi dapat melacak kemajuan, mengetahui perbaikan apa yang harus dilakukan dan untuk menentukan tindakan berikutnya jika strategi gagal diterapkan.

5. Software Manajemen Human Resource 

Kebanyakan saat ini kegiatan HR dalam perusahaan dilakukan dengan bantuan software HRM berbasis ERP yang tepat untuk meningkatkan efektivitas tim HR. Software ini dirancang guna memenuhi kebutuhan HR dalam mengelola sumber daya manusia. 

Kegiatan yang dapat dilakukan sistem HR ini diantaranya seperti perencanaan, input data, penggajian, pemantauan kinerja, rekrutmen, pelatihan sampai evaluasi karyawan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan otomatis. Manfaatnya mengelola karyawan semakin efektif, tingkat kesalahan lebih rendah dan menghemat biaya. 

6. Kesimpulan

Manajemen SDM memiliki peranan yang penting bagi pertumbuhan perusahaan. Salah satu cara melakukan manajemen SDM yang praktis yaitu dengan sistem human resource management. Software HRM dapat memudahkan tim personalia dalam melakukan tugas administratif, pengelolaan data karyawan, rekrutmen, sampai membuat keputusan dan kedisiplinan. 

Jadi, dapat disimpulkan konsep human resource management adalah bagaimana tim personalia memaksimalkan keterampilan dan performa karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. Bagi Anda yang tertarik, pilih saja aplikasi HRM ScaleOcean. Kami menyediakan software HR yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. 

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

  May 03, 2024        3 Min Read

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

  May 03, 2024        3 Min Read

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

  May 03, 2024        3 Min Read

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

  May 03, 2024        3 Min Read

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

REKOMENDASI

Artikel Terkait