Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Accounting Management Finance Sistem ERP Solusi ERP

5 Tujuan Sistem Akuntansi Manajemen

3 Min Read     Posted on 27 Dec 2022

Share Artikel

Akuntansi manajemen menjadi poin penting yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan jika ingin terus bertahan dan berkembang. Ini merupakan sebuah langkah untuk menyediakan informasi keuangan dan sumber daya perusahaan. Nantinya, informasi ini dapat digunakan oleh tim internal dari sebuah perusahaan. 

Setiap bisnis pasti memiliki strategi akuntansi manajemen yang berbeda-beda. Namun, secara umum tujuan yang ingin dicapai dari sistem ini tetap sama. Produk yang dihasilkan juga secara umum sama, yaitu laporan-laporan keuangan dan biaya yang ada di lingkup perusahaan itu sendiri. 

Bagi Anda yang saat ini sedang mengelola sebuah perusahaan, pastikan untuk paham betul apa sebenarnya tujuan sistem akuntansi manajemen ini. Jika Anda paham apa tujuannya, maka akan lebih mudah untuk menjalankan sistem tersebut. Anda juga akan termotivasi untuk menerapkan sistem akuntansi yang benar-benar efektif dan efisien. 

Perlu diketahui bahwa sistem akuntansi manajemen ini bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan. Pengelolaannya membutuhkan modal ilmu yang matang dan ketelitian yang tinggi. Berikut ini beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan lewat penerapan sistem tersebut:

1. Menyajikan Data-Data Penting

Tujuan yang pertama adalah untuk menyajikan data-data penting yang berguna bagi perusahaan. Pada dasarnya ini merupakan tujuan utama dari penerapan sistem akuntansi manajemen. Tim yang bertugas akan mengumpulkan data-data penting terkait informasi keuangan perusahaan dan menyajikannya dalam bentuk laporan. 

Tidak hanya informasi keuangan, dalam data-data tersebut juga akan ditunjukkan informasi mengenai sumber daya bisnis yang terlibat. Akuntansi manajemen sangat bermanfaat, jika perusahaan ingin mendapatkan informasi lengkap mengenai keuangan dan sumber daya yang dimiliki. Tidak perlu lagi melihat banyak jenis laporan karena sudah diringkas. 

Laporan akhir yang dihasilkan oleh sistem akuntansi manajemen ini tersaji dalam bentuk atau format yang sangat mudah untuk dipahami. Jadi, semua data yang terkumpul akan diolah dan dianalisis terlebih dahulu kemudian disajikan kepada para petinggi perusahaan. Tujuannya agar jauh lebih mudah untuk dipahami dan dianalisis.

2. Mempermudah Proses Perencanaan Bisnis

Akuntansi manajemen juga dilakukan untuk mempermudah proses perencanaan bisnis. Bagaimanapun juga setiap perusahaan pasti berusaha agar bisa terus bertahan dan berkembang jadi lebih besar lagi. Demi mewujudkan tujuan tersebut, maka perusahaan perlu membuat rencana bisnis yang terstruktur dan jelas

Semua laporan yang sudah disusun oleh sistem akuntansi manajemen tadi bisa dijadikan sebagai acuan atau gambaran dalam membuat rencana bisnis. Seperti kita ketahui, bahwa proses perencanaan bisnis itu pasti akan memperhitungkan biaya. Ada perhitungan dan pertimbangan biaya di dalamnya. Nah, berbagai fitur di akuntansi manajemen akan membantu Anda dalam membuat laporan keuangan tersebut.

Hasil laporan dari akuntansi manajemen bisa membantu perusahaan melihat performanya. Lalu bisa diketahui apakah tujuan atau target perusahaan sudah terpenuhi atau belum. Setelah itu perusahaan bisa lebih mudah membuat rencana perusahaan berdasarkan data-data finansial yang ada. 

Ingat kembali bahwa prinsip dari perusahaan adalah data. Data-data yang mereka miliki adalah kunci penting untuk berkembang dan menyusun rencana ke depan. Akuntansi manajemen ini sangatlah penting, karena akan menghasilkan data-data tersebut. Data-data yang dibutuhkan juga sudah diolah sedemikian rupa sehingga lebih mudah untuk dimanfaatkan.

3. Memberi Motivasi bagi Perusahaan

Tahukah Anda bahwa penerapan sistem akuntansi manajemen yang baik ternyata bisa memberi motivasi besar bagi sebuah perusahaan. Bagaimanapun juga dibutuhkan kerja keras bagi sebuah perusahaan agar bisa berkembang. Kerja keras tersebut hanya bisa terwujud jika perusahaan punya motivasi yang cukup besar. 

Apalagi saat ini persaingan bisnis semakin ketat. Kalau tidak ada motivasi yang besar, maka bisa saja perusahaan kalah bersaing dengan kompetitor lainnya. Itulah mengapa dibutuhkan pemacu yang efektif dan akuntansi manajemen ini dianggap sebagai sebuah solusi paling tepat. 

Penerapan sistem akuntansi manajemen akan membantu perusahaan mendapatkan laporan-laporan keuangan dan sumber daya yang akurat. Nantinya laporan-laporan tersebut bisa dipakai untuk menetapkan tujuan. Selain itu, bisa diunakan untuk merencanakan berbagai jenis tindakan atau langkah perusahaan di masa depan. 

Saat laporan akuntansi sebuah perusahaan memperlihatkan hasil yang bagus atau positif, maka Anda bisa termotivasi untuk mendapatkan hasil lebih baik. Begitu juga saat laporan akuntansi menunjukkan hasil negatif, maka bisnis Anda akan terpacu untuk memperbaikinya. Itulah mengapa perusahaan harus segera menerapkan sistem akuntansi manajemen yang tepat.

4. Menghasilkan Acuan dalam Mengambil Keputusan

Tujuan lain dari penerapan sistem akuntansi manajemen ini adalah untuk menghasilkan acuan yang akurat bagi perusahaan dalam mengambil keputusan. Dalam proses pengelolaan dan pengembangan perusahaan, pasti harus ada beberapa keputusan yang diambil

Bayangkan saja, bagaimana jika keputusan tadi diambil secara asal-asalan dan tanpa bahan pertimbangan apapun. Hal ini jelas akan mempersulit perusahaan dalam mencapai target atau tujuannya. Tanpa adanya laporan dari akuntansi manajemen yang akurat, maka perusahaan tidak bisa menentukan pilihan dengan bijak dan malah berakhir rugi sendiri. 

Ini merupakan salah satu tujuan sistem akuntansi manajemen yang banyak dirasakan manfaatnya oleh perusahaan. Perusahaan jadi tahu seperti apa kondisi finansial mereka dari laporan akuntansi manajemen tadi. Jadi, lebih mudah untuk mengambil keputusan yang tidak akan merugikan finansial namun sebaliknya bisa menguntungkan.

5. Mengontrol Performa Perusahaan

Tujuan penting dari akuntansi manajemen adalah membantu perusahaan dalam mengendalikan performanya. Laporan-laporan yang dihasilkan dari sistem akuntansi ini akan dijadikan sebagai acuan perusahaan untuk membuat rencana operasional. Perusahaan juga bisa lebih mudah membuat perhitungan anggaran serta menetapkan standar. 

Semua hal tersebut pada akhirnya akan membantu perusahaan untuk mengendalikan dan meningkatkan performa. Akuntansi manajemen akan memberi kesempatan bagi perusahaan untuk mengevaluasi performanya. Ini digunakan untuk mengukur apakah bisnis Anda sudah berjalan cukup baik atau belum. Jika sudah maka bisa terus ditingkatkan dan jika belum maka bisa diperbaiki. 

Pihak perusahaan bisa melakukan analisis yang mendalam dari hasil laporan sistem akuntansi manajemen. Setelah itu bisa dilakukan tindakan korektif apabila telah terjadi penyimpangan. Tindakan korektif ini bisa diambil secepat mungkin sehingga tidak akan menimbulkan kerugian yang terlalu besar bagi pihak perusahaan terkait.

Dari semua tujuan yang telah disebutkan, jelas bahwa akuntansi manajemen ini sebenarnya bisa dijadikan sebagai senjata andalan bagi perusahaan. Sistem ini akan membantu bisnis Anda untuk terus berkembang asalkan pengelolaannya tepat. Semua kesalahan yang dilakukan perusahaan bisa langsung terdeteksi dan diperbaiki demi performa yang jauh lebih baik di masa depan nanti. 

6. Kesimpulan

Jelas bahwa akuntansi manajemen merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Proses pengembangan bisnis bisa berjalan lebih mudah berkat sistem tersebut. Perusahaan juga bisa melakukan evaluasi lebih mendalam dan tepat sasaran. Itulah mengapa sangat penting bagi perusahaan untuk segera menerapkan sistem yang tepat dalam hal ini. 

Akuntansi manajemen di zaman digital seperti sekarang semakin mudah untuk dikelola. Perusahaan Anda bisa memanfaatkan software akuntansi ScaleOcean. Fitur yang dimiliki sistem kami ini sangat lengkap dan cara pemakaiannya mudah untuk dipelajari. Sangat membantu proses manajemen akuntansi di sebuah perusahaan. Kunjungi website ScaleOcean sekarang juga!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

  May 03, 2024        3 Min Read

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

  May 03, 2024        3 Min Read

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

  May 03, 2024        3 Min Read

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

  May 03, 2024        3 Min Read

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

REKOMENDASI

Artikel Terkait