Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Industri Konstruksi Informasi Bisnis Sistem ERP Solusi Bisnis

Kegunaan Penting Aplikasi ERP untuk Bisnis Konstruksi

3 Min Read     Posted on 27 Feb 2023

Share Artikel

Aplikasi ERP merupakan salah satu software yang sangat penting untuk membantu perusahaan dalam mempermudah bisnis. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kegunaan sistem ini. Salah satunya adalah dapat mempermudah karyawan untuk menjalankan berbagai pekerjaan berulang dengan otomatis. Di samping itu, sistem ERP juga digunakan untuk memperoleh data-data perusahaan secara real-time, dimana bisa membantu para pemangku kepentingan dalam membuat keputusan. Oleh sebab itu, kini ERP telah banyak digunakan oleh berbagai bidang usaha.

Aplikasi ERP untuk konstruksi sangatlah bermanfaat, khususnya pada pengelolaan proyek. Hal ini disebabkan oleh fitur-fiturnya yang dapat mempermudah perusahaan dalam mengelola berbagai proses bisnis konstruksi. Selain itu, masih ada banyak fungsi ERP yang berguna untuk perusahaan di sektor ini. Untuk ulasan selengkapnya mengenai manfaat lainnya dari perangkat satu ini bisa Anda simak di penjelasan berikut!

1. Mempermudah Pemantauan Proyek

Memantau jalannya proyek adalah hal yang penting dalam bisnis konstruksi. Hal ini dilakukan agar setiap pekerjaan bisa berjalan sesuai rencana. Sehingga kesalahan dapat diminimalisir, serta bisa selesai tepat waktu. Dengan demikian, klien pun akan semakin puas dengan hasil kerja tim Anda. Aplikasi ERP pun siap membantu Anda untuk melacak semua progress yang berkaitan dengan konstruksi tersebut.

Selain itu, sistem konstruksi berbasis ERP juga dapat membantu Anda dalam memantau setiap orang yang bekerja di proyek. Caranya adalah dengan memberikan informasi lengkap kepada Anda mengenai tugas, kontrak, jam kerja, serta absensi dari seluruh tenaga kerja di setiap lokasi proyek. Anda pun bisa menganalisis data-data tersebut untuk mengetahui kendala mereka dan meningkatkan produktivitas sekaligus.

2. Mengelola Kontrak & Tender Lebih Mudah

Aplikasi ERP untuk konstruksi memiliki berbagai fitur yang berguna untuk bisnis Anda. Salah satunya adalah manajemen kontrak, sehingga Anda bisa mengelola dan memantau perjanjian klien dengan aman. Selain itu, Anda pun dapat memperbaruinya secara otomatis atau mengambil langkah lain sebelum kontrak habis karena adanya pemberitahuan dari sistem ini.

Selain manajemen kontrak, aplikasi konstruksi berbasis ERP juga dapat membantu Anda dalam mengelola tender jadi lebih mudah. Pasalnya di sistem ini juga ada fitur tender portal, yang akan memudahkan Anda dalam memperoleh berbagai data lengkap dari setiap vendor. Sehingga, Anda bisa memutuskan mana vendor yang paling tepat dan paling menguntungkan dengan lebih cepat.

3. Mengatur Keuangan Secara Otomatis

Keuangan adalah salah satu aspek penting yang membuat bisnis konstruksi Anda lancar,  terutama yang berkaitan dengan proyek itu sendiri. Maka dari itu, dalam aplikasi ERP atau Enterprise Resource Planning perlu adanya akuntansi manajemen untuk bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan agar lebih efisien. 

Pertama, Anda bisa menentukan budget untuk masing-masing proyek dan anggaran dana lainnya dengan lebih akurat. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir kerugian serta meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu. Anda juga dapat memperkirakan keuntungan yang akan diperoleh dari masing-masing proyek secara tepat.

Selain forecasting, aplikasi ERP untuk konstruksi juga menghadirkan fitur monitoring untuk memantau anggaran yang sudah didistribusikan ke setiap proyek. Bahkan, Anda juga bisa melihat semua pengeluaran terkait hal-hal lainnya seperti biaya procurement hingga upah tenaga kerja di masing-masing proyek.

4. Mempermudah Pembuatan Laporan

Laporan sangatlah diperlukan dalam perusahaan konstruksi, maka dari itu haruslah dibuat serinci mungkin. Sehingga, berbagai informasi yang diperlukan mengenai proyek yang sedang berjalan dapat termuat dengan baik. Namun, harus diakui bahwa sering terjadi kesalahan karena kurangnya ketelitian dalam pembuatan laporan secara manual. Maka, Anda memerlukan aplikasi ERP untuk konstruksi agar bisa meminimalisir hal tersebut.

Dengan menggunakan sistem ini, Anda bisa mendapatkan informasi yang akurat dan real-time secara cepat tanpa perlu mencari di berbagai aplikasi. Sehingga, proses pembuatan laporan dapat dilakukan dengan beberapa detik saja. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kecepatan dan ketepatan Anda dalam membuat keputusan penting, terutama di kondisi genting atau mendesak.

5. Mengelola Inventaris dan Mesin

Inventaris menjadi aspek lain yang tak kalah penting dalam bisnis proyek. Maka dari itu, aplikasi ERP akan membantu Anda untuk mengelola berbagai bahan konstruksi di semua lokasi proyek secara mudah. Adanya solusi inventory management di sistem, mendukung Anda untuk membeli bahan-bahan yang tepat sebelum kehabisan stok, terutama dengan adanya notifikasi low-stock. Dengan begitu, pengerjaan proyek pun selalu berjalan lancar.

Tak hanya itu, sistem konstruksi berbasis ERP juga bisa membantu Anda dalam mengelola mesin-mesin proyek secara otomatis. Caranya dengan memudahkan Anda dalam menjadwalkan pemeriksaan dan pemeliharaan mesin secara rutin. Ketika sudah mendekati jadwalnya, aplikasi ERP untuk konstruksi akan memberikan Anda notifikasi agar tidak terlewat. Jadi, perusahaan bisa memaksimalkan fungsi seluruh aset demi kelancaran proyek yang sedang berjalan.

6. Meningkatkan Kolaborasi antar Lokasi

Aplikasi ERP untuk konstruksi dapat mengintegrasikan seluruh lokasi proyek. Maksudnya, semua data keuangan, pembuatan laporan stok, kemajuan proyek, dan hal terkait lainnya disimpan dalam penyimpanan terpusat. Tentu saja hal ini sangatlah menguntungkan perusahaan, karena cukup dengan satu sistem semua karyawan bisa melakukan kolaborasi dengan mudah. Contohnya, setiap pegawai bisa saling berkomunikasi dan berbagi data sekalipun dari lokasi yang berbeda. Pada akhirnya, hal ini akan berdampak pada kelancaran proyek karena dapat membuat pekerjaan jadi lebih cepat selesai.

7. Melindungi Data Penting Perusahaan

Aplikasi ERP bisa membantu Anda dalam mengelola berbagai macam dokumen penting. Dengan sistem ini, Anda bisa membuat, mengedit, dan bahkan menyimpan data secara otomatis. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi akan terjadinya kesalahan input data ataupun lupa untuk menyimpannya. Bahkan, Anda pun bisa mencari dokumen dengan cepat jika diperlukan.

Kini banyak perangkat konstruksi berbasis ERP yang sudah berbasis cloud. Dimana maksudnya adalah menyimpan seluruh data menggunakan server online bukan di server fisik. Kelebihan sistem ERP berbasis cloud adalah adanya pencadangan data otomatis dengan rutin. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir data akan hilang sekalipun perangkat yang dipakai mengalami kerusakan karena keamanan datanya tidak mudah diretas oleh orang lain.

8. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kini Anda sudah tahu berbagai manfaat yang akan diperoleh bila menggunakan aplikasi ERP untuk konstruksi. Dengan sistem ini, Anda tidak akan lagi menemui kesalahan-kesalahan dalam mengelola proyek. Jadi, siap beralih ke sistem automasi ERP?

Yuk otomatiskan seluruh operasional bisnis Anda bersama software konstruksi ERP ScaleOcean.  Sistem kami sudah dilengkapi fitur terbaru dan tercanggih untuk mendukung kelancaran bisnis konstruksi Anda. Bersama kami, Anda bisa memenuhi kebutuhan perusahaan dengan melakukan kustomisasi. Jadi tunggu apalagi, kembangkan bisnis konstruksi Anda bersama ScaleOcean!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

  Apr 26, 2024        3 Min Read

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

  Apr 26, 2024        3 Min Read

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya

  Apr 25, 2024        3 Min Read

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya