Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Accounting Management Industri Konstruksi Solusi Bisnis Solusi ERP

6 Fungsi Akuntansi Manajemen untuk Industri Kontruksi

3 Min Read     Posted on 27 Dec 2022

Share Artikel

Akuntansi manajemen sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang berkembang saat ini. Tidak terkecuali bagi perusahaan konstruksi yang berkembang cukup pesat di zaman modern seperti sekarang. Nantinya perencanaan dan pengembangan bisnis bisa lebih terkontrol berkat sistem akuntansi tersebut. 

Perusahaan konstruksi di Indonesia saat ini memiliki begitu banyak kompetitor. Persaingan yang harus mereka hadapi cukup ketat dan hanya bisa dihadapi dengan perencanaan bisnis yang matang. Itulah mengapa sangat disarankan bagi perusahaan ini untuk menjalankan akuntansi manajemen yang efektif dan akurat

Sudah pasti sistem akuntansi ini akan memberikan manfaat bagi sebuah perusahaan. Jika perusahaan konstruksi bisa menerapkannya maka akan lebih mudah bagi mereka untuk berkembang semakin besar. Lebih mudah pula untuk berhadapan dengan kompetitor lain yang pasti juga menerapkan sistem akuntansi manajemen serupa.

1. Apa Itu Akuntansi Manajemen?

Mari berkenalan dulu dengan akuntansi manajemen. Pengelola perusahaan konstruksi juga sudah pasti harus memahami jenis akuntansi ini sebelum mulai menerapkannya di perusahaan. Jika tahu apa artinya, maka lebih mudah juga untuk memahami apa saja yang harus dilakukan dan apa manfaat yang bisa diterima nantinya. 

Akuntansi manajemen merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi, mengukur, sekaligus menganalisis data keuangan usaha. Nantinya akan dihasilkan informasi keuangan bagi manajemen bisnis. Informasi tersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan bidang usaha, terutama untuk pengembangan internal bisnis itu sendiri.

Dalam sebuah perusahaan konstruksi, akuntansi manajemen ini akan memuat proses pengumpulan data keuangan dan sumber daya yang digunakan di dalamnya. Selanjutnya data tersebut akan diolah dan menghasilkan informasi atau laporan yang nanti berhubungan dengan manajemen perusahaan itu sendiri. Mari kenali lebih jauh apa saja fungsi yang dijalankan dari sistem akuntansi ini.

2. Fungsi Akuntansi Manajemen bagi Perusahaan Konstruksi

Apa yang akan diperoleh perusahaan konstruksi jika menerapkan sistem akuntansi manajemen ini? Penting untuk diketahui bahwa jenis akuntansi ini menjalankan banyak fungsi penting bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa kelebihan sistem akuntansi yang dimaksud:

a. Acuan untuk Mengambil Keputusan

Laporan dari akuntansi manajemen ini nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk mengambil keputusan bagi perusahaan. Dalam proses operasional dan pengelolaan bisnis, perusahaan harus mengambil beberapa keputusan penting. Tentu saja keputusan-keputusan tersebut tidak bisa diambil dengan mudah. Harus ada pertimbangan matang di dalamnya. 

Perusahaan bisa lebih mudah mengambil keputusan jika ada data kuantitatif dan kualitatif yang mendukung. Ini semua bisa diperoleh jika perusahaan menerapkan sistem akuntansi yang tepat dan akurat. Data dari akuntansi manajemen tadi bisa dijadikan sebagai acuan saat harus mengambil langkah. 

Jika keputusan perusahaan diambil berdasarkan data-data tersebut maka hasilnya bisa lebih baik. Perusahaan bisa menyusun rencana yang matang dan tahu kemana arah perusahaan tersebut akan dibawa. Tidak heran jika perusahaan dengan akuntansi manajemen yang baik bisa berkembang dengan lebih baik pula.

b. Sumber Data yang Relevan bagi Perusahaan

Laporan dari sistem akuntansi manajemen bisa menjadi sumber data yang relevan bagi sebuah perusahaan. Bayangkan saja jika perusahaan berjalan begitu saja tanpa adanya data-data keuangan yang valid. Apakah masih mungkin bagi perusahaan tersebut untuk terus berkembang lebih jauh lagi? 

Bisa saja perusahaan terus menjalankan operasional bisnis tanpa data-data keuangan yang runtut dan valid. Namun hal ini tidak akan bertahan lama. Perusahaan konstruksi tetap membutuhkan laporan atau data keuangan yang akurat. Nantinya semua data akuntansi manajemen ini bisa dipakai untuk menentukan biaya operasional perusahaan dan melakukan evaluasi finansial secara menyeluruh.

c. Bentuk Pertanggungjawaban Tiap Bagian Perusahaan

Akuntansi manajemen ini merupakan bentuk sistem akuntansi yang fokus pada laporan per divisi atau bagian dari sebuah perusahaan. Jadi laporan yang dihasilkan bisa dianggap sebagai bentuk pertanggungjawaban dari setiap bagian tersebut. Laporan ini nantinya akan membantu perusahaan untuk menilai dan mengevaluasi kondisi masing-masing divisi. 

Bukan hanya demi kepentingan pribadi setiap divisi, hal ini juga penting bagi perusahaan itu sendiri. Setiap divisi bisa saling bekerja sama dan menyatukan performa mereka lebih baik lagi. Pada akhirnya perusahaan yang akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan performa masing-masing divisi berkat adanya akuntansi manajemen yang baik.

d. Monitoring Performa Perusahaan

Dalam langkah operasionalnya, perusahaan wajib melakukan monitoring untuk melihat apakah performa mereka cukup bagus atau tidak. Hal ini ternyata bisa dinilai melalui laporan akuntansi manajemen dari perusahaan itu sendiri. Data-data keuangan yang termuat dalam sistem akuntansi tadi bisa jadi acuan monitoring perusahaan.

Jadi perusahaan bisa menganalisis apakah data keuangan tadi cukup bagus atau tidak. Data tersebut akan mencerminkan performa perusahaan yang berjalan selama ini. Jika hasil dari akuntansi manajemen tadi menunjukkan data yang kurang bagus maka perbaikan performa harus dilakukan. Namun jika hasilnya sudah memuaskan, maka bisa ditingkatkan lagi.

e. Mempermudah Koordinasi Kegiatan Perusahaan

Akuntansi manajemen juga akan mempermudah perusahaan untuk melakukan koordinasi. Tentu saja sebuah perusahaan memiliki beberapa jenis kegiatan yang harus dilakukan demi pengembangan perusahaan itu sendiri. Koordinasi ini bisa dilakukan dengan lebih mudah jika ada sistem akuntansi yang akurat. 

Sebuah perusahaan konstruksi memiliki beberapa divisi yang akan bekerja atau bertugas sesuai porsinya masing-masing. Adanya sistem akuntansi manajemen akan menghasilkan informasi yang akurat mengenai sebuah divisi. Jadi koordinasi dengan divisi lain bisa lebih mudah karena informasi atau datanya tersaji secara akurat dan mudah untuk dipahami.

f. Dokumen Arsip untuk Audit

Sudah jelas bahwa semua data atau laporan dari akuntansi manajemen tadi bisa digunakan sebagai dokumen arsip. Perusahaan konstruksi akan menjalani audit atau pemeriksaan dalam periode waktu tertentu. Tidak hanya perusahaan konstruksi, jenis perusahaan lain juga akan menjalani proses tersebut. 

Fungsi akuntansi manajemen dalam proses audit ini cukup besar. Nantinya pihak yang melakukan audit bisa lebih mudah memeriksa kondisi atau performa sebuah perusahaan. Hanya dengan melihat laporan akuntansi manajemen yang sudah disusun rapi sebelumnya. Jauh lebih hemat waktu dan hasilnya juga bisa dipertanggungjawabkan.

Jika audit berjalan lancar dan hasilnya juga memuaskan, maka ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi pihak perusahaan. Proses pengembangan perusahaan bisa berjalan lebih lancar jika proses audit memberikan hasil optimal sesuai ekspektasi. Tidak heran jika perusahaan sangat disarankan untuk menerapkan sistem akuntansi manajemen yang efektif dan efisien.

3. Kesimpulan

Melihat betapa banyak fungsi penting akuntansi manajemen bagi sebuah perusahaan konstruksi, maka jelas bahwa sistem ini memang harus dikelola dengan baik. Anda kini bisa lebih mudah mengelola sistem tersebut berkat adanya software akuntansi yang terpercaya. Software ini akan membantu Anda untuk mengelola sistem akuntansi secara efektif dan minim kesalahan. 

Akuntansi manajemen perusahaan dapat Anda kelola secara optimal di Software Akuntansi ScaleOcean. Fiturnya lengkap dan user interface aplikasi juga mudah untuk dipahami oleh para pemula. Anda bisa mengembangkan perusahaan lebih baik lagi berkat adanya software akuntansi ScaleOcean yang akan bekerja secara akurat. 

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

  Apr 26, 2024        3 Min Read

Shipping Advice Adalah: Pengertian dan Proses Buatnya

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

  Apr 26, 2024        3 Min Read

7 Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya di Manufaktur

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya

  Apr 25, 2024        3 Min Read

Certificate of Origin Adalah: Arti dan Contoh Dokumennya