Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Informasi Bisnis Purchasing Management Solusi Bisnis Solusi ERP

Perbedaan Proses Pengadaan B2C vs B2B di E Procurement

3 Min Read     Posted on 11 May 2023

Share Artikel

E procurement telah mengubah cara perusahaan dalam melakukan transaksi bisnis. Teknologi ini membantu bisnis Anda meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan menciptakan transparansi dalam proses pengadaan. Bagaimanapun, terdapat perbedaan penting bagi B2C dan B2B ketika menggunakan e purchasing

B2C dan B2B e procurement, meskipun memiliki tujuan yang sama, yakni efisiensi dan transparansi, namun mereka memiliki pendekatan yang berbeda dalam mencapai tujuan tersebut. Mereka mengoperasikan model yang berbeda, memiliki kebutuhan yang berbeda, dan memberikan tantangan yang berbeda. Untuk memahami lebih lanjut, mari kita lihat perbedaan utama antara kedua model ini dalam melakukan pembelian dengan sistem ini.

1. Definisi B2C dan B2B E Procurement

B2C, atau Business-to-Consumer, adalah model bisnis di mana perusahaan menjual produk atau jasa langsung ke konsumen. Proses ini biasanya melibatkan transaksi yang lebih sederhana dan berjumlah banyak. Jadi, pengadaannya pun cukup sederhana. Nah, e procurement dalam konteks B2C biasanya lebih cepat dan langsung, dengan fokus pada pengalaman pengguna yang intuitif dan mudah.

Sebaliknya, B2B, atau Business-to-Business, adalah model di mana perusahaan menjual produk atau jasa kepada perusahaan lain. Dalam konteks B2B e procurement, proses pembelian dan transaksinya cenderung lebih kompleks, karena melibatkan jumlah yang lebih besar dan proses pembayaran yang lebih berlapis. Selain itu, model bisnis ini juga biasanya melibatkan perjanjian jangka panjang dan membutuhkan lebih banyak negosiasi dan persetujuan sebelum transaksi dapat dilakukan.

Kedua model bisnis tersebut memiliki pendekatan berbeda dalam alur pembelian. Dimana B2C biasanya melibatkan penjualan produk atau layanan secara langsung dari bisnis ke konsumen. Pembeli biasanya mengakses situs web atau platform e-commerce untuk mencari dan membeli produk atau layanan. Proses ini cukup sederhana dan langsung, karena mereka dapat melakukan pembelian tanpa perlu interaksi lebih lanjut dengan penjual.

Di sisi lain, B2B melibatkan transaksi antara dua atau lebih bisnis yang tentu saja prosesnya lebih kompleks. Perusahaan pembeli biasanya sudah memiliki suatu karakteristik barang atau jasa yang hendak dibeli dalam jumlah yang besar. Maka dari itu alurnya biasanya melibatkan negosiasi harga, penentuan spesifikasi produk, dan kesepakatan lainnya antara kedua belah pihak bisnis. Sehingga, kedua pihak bisa mendapatkan keuntungan yang sama.

2. Karakteristik Pembelian di B2C & B2B

Model bisnis Business-to-Consumer cenderung lebih sederhana dan langsung daripada B2B. Konsumen biasanya mengakses platform e-commerce, mencari produk atau layanan yang mereka inginkan, membandingkan harga dan fitur, dan kemudian melakukan pembelian. Selain itu, B2C juga biasanya lebih cepat dan efisien dalam melakukan transaksi, dimana setiap transaksi dapat diselesaikan dalam hitungan menit saja.

Namun, ada beberapa tantangan dalam tipe bisnis ini. Misalnya, konsumen dapat mengalami kesulitan dalam menemukan barang yang tepat, atau mereka mungkin merasa tidak yakin tentang keamanan transaksi online. Selain itu, peluang untuk melakukan negosiasi harga atau spesifikasi produk pun jauh lebih sedikit.

Sementara itu, pengadaan di perusahaan B2B biasanya lebih kompleks dan terdiri dari banyak pihak. Dimana prosesnya melibatkan negosiasi dan kesepakatan yang lebih kompleks, dan melibatkan banyak pihak, seperti pemasok, pembeli, dan perusahaan logistik. Selain itu, pembelian biasanya dilakukan dalam jumlah produk yang lebih besar, jadi membutuhkan pengiriman dan pengelolaan logistik yang lebih kompleks. Maka dari itu, dalam melakukan proses ini dibutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi dan kerjasama jangka panjang antara pemasok dan pembeli. 

3. Dampak E Procurement pada B2C & B2B

Teknologi telah membawa perubahan besar dalam cara B2C dan B2B melakukan pengadaan. Dalam model Business-to-Consumer, penerapan software e purchasing dapat memungkinkan konsumen untuk membandingkan produk dan layanan dari berbagai penjual dengan mudah, seringkali dalam satu platform e-commerce. 

Hal ini menciptakan lingkungan yang sangat kompetitif, di mana penjual harus berinovasi dan menawarkan nilai lebih untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Selain itu, e procurement juga memfasilitasi proses transaksi agar lebih cepat dan aman, jadi memberikan rasa percaya kepada konsumen saat berbelanja online.

Selain itu, sistem automasi pembelian juga menyediakan built-in messaging yang bisa memudahkan Anda dalam berinteraksi dengan customer. Fitur e purchasing software pun sangat lengkap untuk semakin mendukung kelancaran pengadaan Anda. Contohnya, fitur analisis data yang dapat Anda gunakan untuk memahami perilaku konsumen dan membuat penawaran yang sesuai. 

Analisis ini sangat mungkin dilakukan karena sistem akan menggunakan data dari perilaku belanja sebelumnya untuk memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi. Selain itu, B2C e procurement memungkinkan transaksi yang cepat dan nyaman. Konsumen dapat berbelanja kapan saja dan dari mana saja, asalkan mereka memiliki akses internet. Fitur seperti pembayaran online dan pelacakan pengiriman juga meningkatkan kemudahan dan kenyamanan customer dalam belanja.

Nah hal berbeda akan Anda rasakan di B2B e procurement. Dimana perusahaan bisa mengotomatiskan banyak aspek dari proses pengadaan yang sangat kompleks dan melibatkan banyak pihak itu, termasuk penentuan kebutuhan, pemilihan pemasok, negosiasi harga dan kontrak, pemesanan, pengiriman, hingga pembayaran.

Masih ada banyak manfaat e procurement lainnya yang akan didapatkan oleh bisnis B2B Anda. Mulai dari melakukan restock secara otomatis, memfasilitasi hubungan dengan supplier, melacak kinerja pemasok, memastikan kepatuhan terhadap kontrak dan persyaratan lainnya, hingga mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi.

Selain itu, sistem pengadaan ini juga memfasilitasi transparansi. Dengan software yang tepat, kedua belah pihak dapat melihat status transaksi, termasuk detail seperti spesifikasi produk, harga, dan waktu pengiriman. Ini membantu membangun kepercayaan dan memungkinkan kedua perusahaan untuk bekerja sama secara lebih efektif untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, B2B e procurement juga dapat membantu Anda memperluas jangkauan supplier dan mengakses pasar baru, karena aplikasi tersebut bisa menjangkau pemasok dan pelanggan di seluruh dunia.

4. Tantangan Implementasi E Procurement

Meski menawarkan banyak keuntungan, implementasi e procurement juga datang dengan tantangan. Dalam B2C, tantangan utamanya adalah bagaimana membangun dan menjaga kepercayaan konsumen. Pasalnya, transaksi online dapat menimbulkan keraguan, sehingga penting bagi perusahaan untuk menjaga kepercayaan konsumen.

Sementara itu, kendala utama purchasing dalam B2B adalah kompleksitas proses. Mengingat jenis bisnis satu ini sering melibatkan kontrak jangka panjang dan proses pembayaran yang rumit, maka menyederhanakan dan mengelola proses tersebut dapat menjadi tantangan. Selain itu, negosiasi harga dan persyaratan pun dapat menjadi rumit dan memakan waktu yang menjadi tantangan tambahan dalam proses implementasi.

5. Solusi Permasalahan E Procurement

Untuk mengatasi tantangan ini, solusi yang tepat perlu diterapkan. Dalam B2C, ini bisa berarti memilih software pengadaan yang menawarkan fitur keamanan canggih dan sistem pembayaran yang lebih transparan. Selain itu, meningkatkan layanan pelanggan juga penting untuk membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Untuk B2B e procurement, solusinya mungkin bisa mengintegrasikan penggunaan teknologi canggih seperti aplikasi ERP (enterprises resource planning) untuk menyederhanakan proses, integrasi data, dan meningkatkan transparansi. Sehingga, semua proses pembelian di model bisnis ini dapat berjalan dengan lebih efisien dan efektif. Bahkan, Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan departemen lain yang terlibat dalam proses pembelian dengan mudah.

Masa depan e procurement, baik untuk B2C maupun B2B, tampaknya akan semakin canggih. Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak perusahaan yang mengadopsi software pengadaan otomatis ini. Sistem ini akan terus berkembang mengikuti tren terkini untuk menjadi lebih efisien, transparan, dan user-friendly.

6. Kesimpulan

Dalam memahami perbedaan antara B2C dan B2B e procurement, kita dapat melihat bahwa kedua model bisnis ini memiliki pendekatan dan tantangan yang berbeda dan unik dalam proses pengadaan. Jadi, kebutuhan fitur dan kompleksitas sistem yang dibutuhkan pun juga pasti berbeda.

Pemahaman tentang perbedaan ini penting untuk membantu bisnis dalam merancang dan mengimplementasikan strategi e procurement yang efektif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan hubungan dengan pemasok. Bagaimanapun, baik B2C maupun B2B, keduanya memanfaatkan teknologi dan inovasi untuk memperbaiki dan mempercepat proses pembelian di perusahaan.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

5 Perbedaan FOB Shipping Point dan FOB Destination

  May 10, 2024        3 Min Read

5 Perbedaan FOB Shipping Point dan FOB Destination

Apa itu FOB dalam Ekspor dan Keuntungan Penerapannya?

  May 10, 2024        3 Min Read

Apa itu FOB dalam Ekspor dan Keuntungan Penerapannya?

Rumus Kapasitas Mesin Produksi dan Cara Hitungnya

  May 10, 2024        3 Min Read

Rumus Kapasitas Mesin Produksi dan Cara Hitungnya

11 Istilah dalam Perhotelan yang Wajib Diketahui

  May 10, 2024        3 Min Read

11 Istilah dalam Perhotelan yang Wajib Diketahui

REKOMENDASI

Artikel Terkait