Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Bisnis Industri F&B Informasi Bisnis Tips Bisnis

Kenali Apa itu Bisnis F&B dan Tips Suksesnya

3 Min Read     Posted on 12 Oct 2022

Share Artikel

Salah satu faktor pendukung menjamurnya bisnis di sektor f&b adalah keberagaman jenis makanan dan minuman aseli Indonesia yang mendorong minat masyarakat menjadi tinggi terhadap kuliner. Dari kacamata pebisnis, ini merupakan peluang yang bagus untuk membuka bisnis F&B. Usaha dalam bidang ini bisa mencakup coffee shop, restoran, katering, toko kue, dan bahkan pabrik produsen makanan.

Sehingga, bisnis ini tidak hanya bisa digeluti oleh pengusaha saja, namun siapapun yang memiliki passion dan skill dalam memasak. Nah, mari kita bahas bisnis F&B secara detail mulai dari pengertiannya hingga tips-tips sukses dalam menjalankan usaha di bidang ini.

1. Apa itu F&B

F&B adalah sebuah industri yang hasil produknya adalah makanan atau minuman, baik yang siap makan ataupun berbentuk kemasan. Proses bisnisnya meliputi perencanaan bahan, persiapan, pengolahan, pengemasan atau penyajian, dan juga penjualan.

Jika perusahaan Anda selalu melakukan inovasi baik terhadap resep, konsep, maupun strategi, maka pelanggan-pelanggan Anda senantiasa tertarik dengan produk makanan atau minuman yang Anda tawarkan. Kemauan untuk selalu berkreasi, berinovasi seiring perkembangan zaman, dan perubahan pola hidup masyarakat merupakan kunci utama dalam menjalankan bisnis ini. Namun, bukan berarti Anda sekedar mengikuti tren yang ada tanpa memperhitungkan aspek penting lainnya. 

Sebagian orang cenderung melihat tren sebagai peluang yang cemerlang, namun mereka kurang menyadari kelemahan dari tren itu sendiri. Bayangkan jika banyak usaha mengikuti gaya yang sama, hal ini akan menimbulkan persaingan yang semakin tinggi. Lalu, Anda akan membutuhkan usaha ekstra untuk memasarkannya, dimana hal itu tidaklah murah.

Hal terpenting yang harus di pahami para pebisnis dari sebuah tren adalah sifatnya yang hanya sementara. Selain itu, bertambahnya jumlah usaha jenis ini dengan konsep yang sama pun akan membuat pasar menjadi jenuh. Hal ini dapat menyebabkan jumlah pengunjung bukannya semakin bertambah tetapi malah cenderung mengecil karena ketika kepopulerannya mulai surut, minat customer akan menipis dan akan beralih ke tren lainnya.

Dari kelemahan-kelemahan tersebut, Anda bisa menyimpulkan bahwa bisnis F&B tidaklah harus berjalan mengikuti konsep yang sedang trend. Alternatif yang bisa dilakukan adalah menjadikannya sebagai salah satu produk Anda saja. Sehingga tidak perlu terus merubah seluruh konsep bisnis jika terjadi penurunan pada trend itu sendiri, karena identitas sangatlah penting bagi suatu usaha. Atau justru, bisnis Anda lah yang harus menciptakan produk kekinian agar menjadi tren di pasaran.

2. Tips Sukses Membangun Bisnis F&B

Berikut adalah tips-tips yang perlu diterapkan agar usaha kuliner Anda bisa berjalan dengan lancar:

a. Kenali Pasar

Hal yang paling utama dalam menjalankan bisnis jenis ini adalah memiliki target customer yang jelas. Untuk memilikinya, Anda harus mengenali mereka terlebih dahulu. Maksudnya, Anda harus tau usia mereka, preferensi, kebiasaan, gaya hidup, pekerjaan, pendapatan per bulannya, dan masih banyak lainnya.

Anda juga bisa mengumpulkan data tersebut dengan melakukan riset, survey secara langsung, ataupun menganalisis kompetitor yang memiliki target pembeli sama. Dengan mengetahui pasarmu, anda bisa menentukan produk apa yang mereka inginkan dan harga yang bisa mereka jangkau. 

b. Pilih Strategi Penjualan Terbaik

Marketing merupakan komponen penting dari sebuah bisnis. Setelah mengetahui sasaran pasar Anda, sekarang saatnya menentukan strategi marketing. Rencana penjualan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan tujuan, target market, dan juga budget.

Tahap pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan branding. Namun, jika pada awalnya respon tidak sesuai harapan dan hasil penjualan belum meningkat, jangan terburu-buru putus asa. Karena dalam usaha penjualan ada yang namanya trial and error. Semua butuh waktu dan proses untuk bisa menemukan strategi tepat untuk menjangkau customer.

c. Manfaatkan Platform Digital

Nah, hal satu ini sangat berhubungan dengan poin sebelumnya. Di era sekarang ini, banyak muncul platform baru yang menggunakan sistem berbasis online. Anda bisa memanfaatkannya untuk memasarkan produk. Salah satu contohnya adalah sosial media. 

Social media memberikan Anda wawasan tentang kpi (key performance indicator) yang sesuai dengan target bisnis Anda sehigga memudahkan untuk melakukan branding dan menjalankan strategi penjualan lainnya. Kelebihan dari menggunakan media sosial ini adalah bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Sehingga, sangat cocok untuk mengembangkan usaha F&B anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pengantaran online jika produk merupakan makanan atau minuman yang sudah jadi tanpa perlu pengolahan lagi. Hal itu akan memudahkan pengunjung dalam melakukan pembelian. Mereka tidak perlu repot-repot datang ke restoran untuk bisa menikmati berbagai menu yang Anda tawarkan. Hal itu sangat sesuai dengan karakteristik pembeli sekarang ini, dimana mereka sangat menyukai kemudahan.

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk bisa menjangkau customer adalah dengan menggunakan e-commerce dan marketplace untuk memasarkan produk makanan berkemasan. Jadi, produkmu bisa dijangkau seluruh daerah di Indonesia. Bisnis anda pun akan semakin dikenal dan profit yang didapatkan akan semakin meningkat.

d. Terapkan Ide Menarik

Dalam menjalankan bisnis, Anda tidak bisa hanya berdiam diri saja. Anda harus melakukan pembaharuan secara rutin ke restoran Anda. Inovasi tersebut bisa didapatkan dengan melakukan riset tentang perkembangan dunia kuliner. Namun jangan lupa untuk tetap berpegang teguh pada selera target pembeli sudah dimiliki. Ide yang Anda tawarkan haruslah sesuatu yang unik dan berbeda dari kompetitor. Supaya, usaha Anda memiliki ciri khas yang menonjol dan bisa selalu diingat oleh pembeli.

3. Kesimpulan

Nah dari pembahasan lengkap tentang bisnis F&B diatas, dapat disimpulkan bahwa usaha yang bisa berkembang dan maju adalah yang mau mengikuti perkembangan teknologi. Penerapan manajemen restoran dari ScaleOcean menyederhanakan proses pemesanan, penyediaan bahan baku, pengelolaan dapur dan membantu bisnis Anda agar siap bersaing yang serba masif seperti sekarang. Yuk segera konsultasikan kebutuhan bisnis kuliner Anda dengan kami!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Nomor AWB Adalah: Arti, Fungsi, dan Tahapan Melacaknya

  Mar 19, 2024        3 Min Read

Nomor AWB Adalah: Arti, Fungsi, dan Tahapan Melacaknya

Mengenal Contoh Surat Konfirmasi Pengiriman Barang

  Mar 19, 2024        3 Min Read

Mengenal Contoh Surat Konfirmasi Pengiriman Barang

Apa yang Dimaksud Distribusi Tidak Langsung dan Contohnya?

  Mar 19, 2024        3 Min Read

Apa yang Dimaksud Distribusi Tidak Langsung dan Contohnya?

Cara Retail Forecasting Software Ambil Keputusan Bisnis

  Mar 19, 2024        3 Min Read

Cara Retail Forecasting Software Ambil Keputusan Bisnis

REKOMENDASI

Artikel Terkait