Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo ūüĎč

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Purchasing Management Sistem ERP Solusi Bisnis Solusi ERP

ERP Software Procurement, Teknologi Pengadaan Masa Kini

3 Min Read     Posted on 15 May 2023

Share Artikel

Kebutuhan penggunaan sistem pengadaan atau e procurement telah meningkat secara signifikan terlebih di era digital saat ini. Implementasinya tidak hanya membantu bisnis menjadi lebih efisien. Namun, juga mampu memprediksi tren pembelian yang dapat digunakan sebagai acuan dalam mengambil keputusan jangka panjang.

Dengan adanya ERP software procurement, proses operasional bisnis secara umum menjadi lebih optimal. Hal ini dapat dilakukan karena sistem tersebut akan mengintegrasikan semua aspek dalam satu platform. Tidak hanya berguna untuk memantau proses penyediaan barang, tapi Anda juga dapat menggunakannya untuk memastikan manajemen inventaris berjalan dengan baik. Artikel ini akan membahas lebih detail manfaat sistem tersebut sebagai solusi pengadaan masa kini.

1. Memahami Software ERP

Software ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem yang dirancang untuk mengintegrasikan berbagai fungsi dalam perusahaan dalam satu tempat yang terorganisir. Misalnya mulai dari akuntansi, manajemen rantai pasokan, pengadaan, hingga manajemen hubungan pelanggan. Konsep utamanya menyediakan platform terpusat di mana semua data dapat diakses dan dikelola, sehingga memudahkan komunikasi dan kolaborasi.

Dengan ERP, Anda dapat mengotomatisasi proses bisnis dan menjadikannya lebih efisien. Sistem ini dirancang untuk mendukung pertumbuhan dan skalabilitas. Tidak heran jika kini menjadi aspek yang penting untuk dipertimbangkan bagi bisnis yang ingin berkembang dan bersaing di pasar global.

2. Peran ERP pada Proses Pengadaan

Pengadaan adalah proses yang melibatkan pembelian barang dan jasa yang diperlukan untuk keperluan bisnis. Proses ini cukup kompleks dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan melibatkan berbagai tahapan. Mulai dari pemilihan vendor, negosiasi harga dan kontrak, pemesanan, hingga pengiriman dan pembayaran.

Jika dilakukan dengan manual, risiko kesalahan tentu sangat tinggi. Sehingga ERP bisa dimanfaatkan untuk otomatisasi alur pengadaan tersebut. Dengan demikian, perusahaan akan dapat melakukan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat. Namun dengan risiko yang lebih rendah.

Selain itu, ERP juga membantu dalam pemantauan dan analisis data pengadaan secara real-time. Dengan memiliki data terkini yang mudah diakses, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat. Tidak hanya itu, sistem ini juga dapat memberi peringatan otomatis ketika persediaan dalam kondisi low stock atau ketika ada penyimpangan dari kebijakan pengadaan.

3. Manfaat ERP Software Procurement

Dengan menggunakan teknologi ini, Anda dapat mengefisiensikan operasional bisnis, meningkatkan kontrol pengadaan, dan melakukan penghematan biaya. Berikut pembahasan lebih detail manfaat-manfaat yang ditawarkan oleh software pengadaan tersebut.

a. Efisiensi Operasional

Integrasi sistem ERP pada sistem pengadaan dapat membantu perusahaan mencapai efisiensi operasional yang lebih optimal. Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi tugas manual dan memastikan bahwa semua departemen bekerja dengan data yang sama dan up-to-date.

Selain itu, karena teknologi ini mengotomatisasi banyak proses bisnis, perusahaan dapat mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas rutin. Sehingga purchasing staff dapat fokus pada tugas yang lebih strategis dan memberikan keuntungan bagi bisnis, seperti analisis data dan pengambilan keputusan.

b. Penghematan Biaya

Software procurement juga dapat membantu Anda menghemat biaya. Dengan meningkatkan efisiensi dan mengurangi tugas manual, perusahaan dapat meminimalkan pengeluaran operasional. Selain itu, dengan visibilitas yang lebih baik terhadap data dan proses bisnis, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang alokasi sumber daya.

Lebih lanjut, software ini dapat membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengurangi area biaya yang tidak perlu. Misalnya, analisis data yang tepat waktu dan akurat dapat membantu perusahaan mengidentifikasi pembelian yang merugikan atau kontrak dengan pemasok yang tidak memberikan keuntungan. Sehingga Anda dapat melakukan perubahan dan menghemat biaya.

c. Transparansi & Kontrol yang Baik

Sistem ini juga memberikan transparansi pengadaan dan kontrol yang lebih baik atas proses bisnis. Dengan data yang terpusat, manajemen dapat melihat gambaran besar dari operasi perusahaan dan mendapatkan pemahaman yang tentang jalannya setiap aspek dari bisnis.

Selain itu, sistem pengadaan yang diintegrasikan dengan sistem ERP juga memungkinkan pengawasan proses dan transaksi yang efisien. Misalnya, memberi peringatan atau notifikasi jika terjadi penyimpangan dari prosedur standar. Atau jika ada risiko yang berkaitan dengan manajemen persediaan.

d. Kemudahan Manajemen Pengadaan

ERP software procurement juga membantu dalam mempermudah manajemen pengadaan. Dengan modul pengadaan yang ada, sistem ini dapat mengotomatisasi dan menyederhanakan banyak aspek dari proses pengadaan. Mulai dari permintaan penawaran, seleksi supplier dan pemilihannya, hingga pelacakan pengiriman dan pembayaran.

Selain itu, software ini juga membantu memantau kinerja pemasok dan mengevaluasinya berdasarkan berbagai kriteria. Seperti harga, kualitas produk atau layanan, dan keandalan pengiriman. Dengan demikian, Anda dapat memastikan saat ini bekerja dengan supplier terbaik dan paling andal.

e. Kepatuhan Regulasi

Banyak industri memiliki peraturan ketat yang harus dipatuhi perusahaan. Begitu juga proses pengadaan karena melibatkan banyak pihak. Software pengadaan ini dapat membantu perusahaan mematuhi peraturan tersebut dan memastikan bahwa semua proses dan transaksi dicatat dan dapat dilacak.

Selain itu, ERP software procurement juga bisa dapat digunakan untuk memantau apakah pemasok juga mematuhi peraturan yang sama dan memiliki sertifikasi yang diperlukan. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya pelanggaran hukum dan sanksi yang berpotensi merugikan.

4. Tantangan Menerapkan Sistem Pengadaan

Meskipun sistem ini memiliki banyak manfaat, perusahaan juga perlu menyadari adanya tantangan yang mungkin dihadapi. Kekurangan e procurement yang utama adalah proses implementasinya. Proses ini bisa sangat kompleks dan membutuhkan waktu. Tidak hanya itu, juga memerlukan sumber daya yang signifikan dan perubahan dalam operasional bisnis.

Selain itu, Anda juga perlu memilih solusi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis. Jika terjadi ketidaksesuaian sistem, justru implementasinya akan menghambat proses pengadaan. Bahkan dampak terburuknya bisa mengakibatkan kerugian finansial dan operasional.

Namun, dengan perencanaan dan eksekusi yang tepat, serta dukungan dari vendor terbaik, tantangan-tantangan ini bisa diatasi. Sehingga perusahaan dapat memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk mencapai efisiensi, kontrol, dan keunggulan kompetitif yang lebih besar.

Dalam hal ini, penting juga untuk mempertimbangkan pelatihan dan dukungan pengguna. Agar semua karyawan memahami bagaimana menggunakan sistem tersebut dan menyadari bahwa penggunaannya dapat mempengaruhi pekerjaan secara signifikan. Selain itu, manajemen perubahan juga penting dalam memastikan transisi yang berjalan dengan baik.

5. Kesimpulan

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa proses pengadaan ternyata cukup kompleks dan melibatkan banyak pihak. Sehingga jika dilakukan secara manual akan berdampak pada operasional bisnis. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem pengadaan yang bisa mengotomatisasi alur pengadaan. Bahkan sangat baik jika teknologi ini diintegrasikan dengan sistem ERP. Manfaat yang dirasakan dapat mencakup keseluruhan aspek bisnis.

Software Procurement ScaleOcean adalah software pengadaan terbaik yang akan membantu Anda mengoptimalkan pengadaan dengan teknologi masa kini. Tidak hanya dapat diintegrasikan dengan sistem lain, produk kami juga dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan Anda. Yuk, segera hubungi kami dan pilih solusi canggih yang paling Anda butuhkan untuk keberlangsungan bisnis Anda di masa depan!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Ketahui Tugas Picker Gudang beserta Tantangannya

  Oct 05, 2023        3 Min Read

Ketahui Tugas Picker Gudang beserta Tantangannya

Cari Tahu Tugas Staff Gudang beserta Skill dan Gajinya

  Oct 05, 2023        3 Min Read

Cari Tahu Tugas Staff Gudang beserta Skill dan Gajinya

Apa itu Back Order dan Cara Sukses Menanganinya

  Oct 04, 2023        3 Min Read

Apa itu Back Order dan Cara Sukses Menanganinya

Sistem Gudang untuk Tingkatkan Efektivitas Mutasi Stock

  Oct 03, 2023        3 Min Read

Sistem Gudang untuk Tingkatkan Efektivitas Mutasi Stock

REKOMENDASI

Artikel Terkait