Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Informasi Bisnis Pengertian ERP Sistem ERP Solusi Bisnis

8 Keunggulan Sistem ERP dalam Proses Bisnis

3 Min Read     Posted on 25 Jan 2023

Share Artikel

Sistem ERP sudah lama menjadi aplikasi unggulan yang diminati para pengusaha lantaran bisa memberikan solusi terbaik untuk permasalahan proses bisnis mereka. Sistem ini akan mempermudah Anda untuk mengawasi inventaris, tenaga kerja, penjualan, serta memperoleh laporan yang real time

Ada banyak keunggulan sistem ERP yang bisa Anda manfaatkan agar dapat mengelola bisnis dengan bijak dan mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa memenangi persaingan pasar yang kian kompetitif, dengan memanfaatkan peluang dalam kemajuan teknologi. Agar alur bisnis perusahaan tetap efektif dan efisien.

1. Ketahui Apa itu Sistem ERP

Secara umum, pengertian sistem ERP adalah sejenis perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mengelola aktivitas bisnis perusahaan. ERP singkatan dari Enterprise Resource Planning, yang mana informasi dari semua departemen dikumpulkan dalam satu tempat yang terpusat dan dapat diakses oleh semua pihak yang terlibat untuk mendukung kelancaran proses bisnis perusahaan.

Dengan sistem ERP, perusahaan memiliki visibilitas yang besar tentang produk, karyawan, keuangan, dan masih banyak lagi. Dari informasi tersebut, analitik bisnis dapat dilakukan dengan mudah dan pelaporan pun lebih akurat. Dalam satu platform ERP, ada banyak modul yang dapat dimanfaatkan perusahaan Anda, seperti: 

  • Manajemen sumber daya manusia 
  • Manajemen inventaris atau warehouse management 
  • Customer relationship management
  • Manajemen keuangan dan akuntansi 
  • Procurement management
  • dll

Selain itu, masih ada banyak solusi lain yang bisa membantu Anda dalam mempermudah alur kerja dan memusatkan penyimpanan data dalam satu tempat. Sehingga, duplikasi data atau format yang tidak konsisten pun dapat dihindari. Data-data perusahaan juga lebih rapi dan mudah dalam mencarinya.

2. Keunggulan Sistem ERP dalam Bisnis

Dalam penggunaan ERP, tentu ada banyak keunggulan yang bisa Anda rasakan, terutama dalam melancarkan alur bisnis perusahaan. Keunggulan sistem ERP tersebut adalah:

a. Kinerja Manajemen Menjadi Lebih Baik

Manfaat penerapan sistem ERP yang pertama adalah dapat menghubungkan semua aspek manajemen di perusahaan. Dimana bisa mencakup aspek SDM, penjualan, produksi, inventaris, atau bahkan distribusi. Dengan bantuan teknologi yang kian berkembang, pekerjaan antar divisi pun bisa dikelola dalam satu sistem, terutama jika berkaitan dengan pengelolaan dokumen.

Keuntungan utamanya adalah software ERP membantu perusahaan untuk tidak melakukan input data secara manual, karena semuanya sudah tercatat otomatis. Sehingga, kesalahan kecil yang biasa dilakukan ketika masih menggunakan cara manual bisa dihilangkan. Ketika ada perubahan data, semuanya akan terekam dalam sistem. Pihak manajemen pun dapat mengetahui siapa saja yang sudah mengubah atau membuat dokumen perusahaan. 

b. Ketersediaan Informasi yang Akurat

Dengan menerapkan sistem ERP, informasi dari semua departemen maupun cabang perusahaan mengenai produksi, pasokan, penjualan, maupun pelanggan akan ditempatkan secara terpusat. Alih-alih menggunakan banyak aplikasi, Anda hanya perlu menerapkan satu aplikasi ERP saja dengan data yang sudah terjamin akurasinya. 

Redudansi data tidak akan terjadi lagi. Kualitas dan keakuratan informasi pun akan meningkat. Hal ini, akan memudahkan karyawan Anda dalam mencari data penting yang relevan untuk mendukung kinerja mereka. Ketika ada pergantian staf perusahaan, Anda tidak perlu lagi memberikan setumpuk dokumen kepada karyawan baru untuk dipelajari. Cukup berikan akses ke sistem ERP dan tunjukkan data apa saja yang harus mereka pelajari dan pahami. Dokumentasi yang lengkap juga mempermudah proses ini. 

c. Meningkatkan Integrasi

Sistem ERP dirancang untuk meningkatkan koordinasi antar departemen atau antar cabang perusahaan. Aplikasi ini dapat mengurangi penundaan informasi, sehingga miskomunikasi dapat diminimalisir dan efisiensi kerja dapat ditingkatkan. Selain itu, software ERP tidak hanya bisa menjangkau cabang bisnis yang satu negara saja. Akan tetapi, bisa juga untuk cabang atau afiliasi terdistribusi yang berada di luar negeri. 

d. Memaksimalkan Produktivitas

Dengan menerapkan macam-macam modul ERP untuk perusahaan yang sudah disediakan oleh sistem, karyawan dapat menghemat waktu untuk menjalankan tugas rutin yang selalu dilakukan secara berulang. Waktu yang ada dapat dialihkan untuk mengembangkan kemampuan dan belajar hal-hal baru untuk kemajuan perusahaan. 

Dengan sistem ERP, Anda juga bisa menghindari risiko terjadi kesalahan perhitungan atau salah ketik ketika proses input inventaris. Data juga akan diperbarui secara real-time tanpa ada redudansi. Semua pekerjaan manual yang berulang dapat dilakukan secara otomatis oleh aplikasi. Produktivitas karyawan pun akan terus meningkat dan memungkinkan mereka untuk lebih berkonsentrasi pada tugas penting lainnya. 

e. Melakukan Perencanaan yang Tepat

Data informasi akan terbuka lebar dan mudah diakses dari berbagai perangkat, jika Anda menggunakan sistem ERP. Ini juga akan memudahkan tim analisis untuk membuat perencanaan yang akurat dan tepat untuk pengembangan perusahaan. Misal, dengan adanya data penjualan dari bulan-bulan sebelumnya, tim marketing akan bisa merancang strategi yang tepat untuk menaikkan penjualan di bulan berikutnya. Lalu ketika ada masalah, top manajemen pun dapat mengambil keputusan yang tepat untuk semua pihak dengan memanfaatkan data yang ada. 

f. Skalabilitas dan Fleksibilitas

Aplikasi ERP memiliki kelebihan yang mana tiap fitur dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun kondisi perusahaan saat ini. Dengan menggunakan sistem ERP, semua staf akan siap untuk menghadapi perubahan meskipun itu hal kecil. Misal, munculnya produk baru, bertambahnya tenaga kerja, maupun adanya perubahan fasilitas produksi. Semua bagian perusahaan yang menuntut fleksibilitas tinggi dapat diatasi dengan baik oleh sistem ERP. 

g. Efektivitas Biaya

Dengan adanya optimalisasi rutinitas harian, tugas yang berulang pun dapat dikurangi dan biaya yang harus dikeluarkan dapat dipangkas. Budget yang dikeluarkan untuk membeli kebutuhan administrasi seperti kertas dapat dikurangi dan biayanya dialokasikan untuk kebutuhan lain yang jauh lebih penting, misal untuk menambah jumlah produksi atau pemasaran produk. 

h. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Manfaat praktis lainnya yang bisa Anda rasakan setelah menerapkan sistem ERP adalah meningkatkan layanan yang diberikan kepada pelanggan. Melalui aplikasi ini, Anda dapat memantau semua feedback yang diterima dari konsumen dan data penjualannya. Dari informasi tersebut, Anda bisa merancang strategi yang tepat untuk menarik ketertarikan mereka dalam membeli produk yang Anda luncurkan. Sehingga, penjualan pun bisa meningkat pesat.

3. Kesimpulan

Kini, ada banyak sekali pilihan sistem ERP yang tersebar di pasaran. Anda haruslah memilih software yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan perusahaan. Nah, Anda bisa mempercayakan operasional bisnis ke Scale 360 ERP dari ScaleOcean. Lewat software ERP kami, Anda bisa merasakan seluruh keunggulan dan manfaat yang sudah dijelaskan di atas. Yuk, konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ScaleOcean dan dapatkan solusi terbaiknya. Mari digitalisasikan bisnis Anda bersama ScaleOcean!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

  May 03, 2024        3 Min Read

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

  May 03, 2024        3 Min Read

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

  May 03, 2024        3 Min Read

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

  May 03, 2024        3 Min Read

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

REKOMENDASI

Artikel Terkait