Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Bisnis Informasi Bisnis Sales Tips Bisnis

4 Tugas Sales dalam Meningkatkan Penjualan

3 Min Read     Posted on 12 Oct 2022

Share Artikel

Tugas dan tanggung jawab sales dalam suatu perusahaan yaitu untuk memasarkan barang atau jasa perusahaan itu sendiri kepada konsumen secara langsung. Walaupun banyak yang meremehkan profesi yang satu ini, tetapi kenyataannya permintaan terhadap tenaga sales masih menjadi salah satu yang memiliki peminat paling tinggi. Ditambah, profesi ini memiliki peranan yang sangat krusial dalam bisnis Anda.

Dilihat dari tugas dan tanggung jawab yang dimiliki, seorang sales menjadi faktor penentu apakah perusahaan akan mendapatkan keuntungan atau justru malah rugi. Wah jadi semakin penasaran kan dengan profesi satu ini? Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak penjelasannya!

1. Apa itu Sales?

Sales adalah sebuah divisi dalam perusahaan yang bertugas untuk menangani tahap penjualan mulai dari penawaran produk sampai terjadinya pembelian. Sehingga, mereka merupakan penghubung antara perusahaan dengan konsumen secara langsung. Dalam satu tim ini biasanya terdiri dari beberapa profesi. 

Ada sales representative, sales management, sales administrative, account executive, dan beberapa profesi lainnya yang masih berhubungan. Dimana masing-masing memiliki tugas yang berbeda-beda tapi saling mendukung kelancaran proses penjualan. Hal unik yang terjadi adalah banyak orang yang salah mengira bahwa sales dan marketing adalah pekerjaan yang sama. 

Memang benar keduanya peran hampir menyerupai karena mereka sama-sama membahas tentang penjualan. Namun, hal yang membedakan ada pada proses, fokus, dan tujuannya. Tujuan utama tim sales adalah meningkatkan revenue perusahaan. Sehingga, mereka fokus untuk mencapai target penjualan.  Lalu, proses yang harus mereka lakukan untuk mencapainya adalah dengan menjual produk atau jasa sebanyak mungkin.

Sedangkan, marketing bertujuan untuk meningkatkan branding bisnis Anda. Jadi, fokus mereka adalah membuat bagaimana produk Anda bisa selalu diingat oleh customer. Cara yang mereka lakukan adalah dengan penyusunan strategi yang tepat dan didukung oleh aktivitas pemasaran lainnya juga tentunya.

Walaupun kedua profesi ini berbeda, tetapi mereka saling terkait dan bahkan bekerjasama dalam mencapai tujuan perusahaan. Maka dari itu, dalam suatu bisnis tidak bisa hanya memiliki salah satunya melainkan harus ada keduanya.

2. Tugas dan Tanggung Jawab Sales

Pekerjaan satu ini tidak hanya bertugas untuk menjual produk saja loh. Sebagai sales, Anda juga memiliki banyak tugas lainnya. Apa saja sih tugas dan tanggung jawab sales? Mari kita bahas.

a. Mengidentifikasi Target Market

Memasarkan suatu barang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda harus mengetahui terlebih dahulu target mana yang mau di tuju. Dalam menentukannya, Anda harus menyesuaikan karakteristik barang dengan behavior customer yang cocok. Banyak yang harus dipertimbangkan, seperti apakah barang ini sesuai dengan interest calon pembeli, atau apakah produk ini mereka butuhkan, lalu apakah hasil produksi yang ditawarkan itu bisa menjawab solusi mereka, dan masih banyak lagi.

Anda bisa sangat terbantu dalam mengerjakan tugas ini jika memiliki data customer yang pernah membeli produk anda secara lengkap. Sehingga, Anda bisa tahu persis karakteristik masyarakat yang tertarik dengan produk Anda. Lalu, Anda pun bisa menentukan pembeli yang berpotensi dengan lebih akurat.

b. Meningkatkan Conversion

Setelah mendapatkan data calon pembeli, Anda harus bisa memindahkannya ke tingkatan funnel yang lebih tinggi, yaitu conversion. Untuk merubahnya, Anda bisa melakukan tahap pendekatan terlebih dahulu. Bisa dengan memberikan informasi lengkap tentang produknya, promosi, penawaran, dan upaya lain yang bisa menarik perhatian mereka untuk melakukan pembelian.

Selanjutnya, Anda pun juga harus merubah pembeli menjadi pelanggan tetap jika proses tersebut terlaksana dengan baik. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan maksimal dan program loyalitas. Sehingga mereka akan melakukan repurchase di masa yang akan datang. Bahkan dengan bantuan mereka, yaitu word of mouth, produk yang Anda tawarkan bisa jadi jauh lebih terkenal.

c. Mengembangkan Potensi Pasar

Sebagai sales, Anda biasanya akan terjun langsung ke lapangan dalam menjalankan tugas. Disinilah Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dalam menghadapi customer. Ketika bekerja, Anda bisa sekalian menganalisis daerah baru mana yang memiliki potensi pembeli cukup besar dan Anda bisa memetakannya.

Maka dari itu, pemetaan penjualan sangatlah penting bagi seorang sales. Dengan hal itu, Anda jadi lebih mudah dalam menentukan peluang pasar baru dan menetukan strategi penjualan untuk menawarkan produk Anda. Jangan lupa juga untuk selalu melacak dan mengikuti tren pasar yang ada saat ini.

d. Mendistribusikan Produk secara Merata

Perusahaan selalu meningkatkan target penjualan, supaya produknya bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Nah ini merupakan tugas yang juga harus dilakukan. Anda harus rutin mengumpulkan data calon pembeli untuk mengetahui kebutuhan mereka dan produk apa yang paling tepat untuk ditawarkan.

Kemudian, Anda juga harus rajin mencari potensi pasar baru. Setelah menemukannya, Anda bisa menjalankan strategi-strategi pemasaran untuk mendapatkan calon pelanggan yang lebih banyak. Dengan begitu, produk pun bisa menyebar ke berbagai daerah dan bisnis pun bisa berkembang pesat.

3. Kesimpulan

Dari artikel ini, kita bisa tahu bahwa tugas kerja sales memiliki tanggung jawab yang besar, selain memahami tentang product knowledge, sales juga harus menjaga nama baik perusahaan dan memasarkannya langsung ke customer. Nah, Anda bisa memudahkan pekerjaan tim sales dengan menggunakan solusi CRM terbaik kami. Dengan satu sistem, kelola data customer dan buat strategi marketing yang personal jadi terasa lebih mudah.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Software Development Adalah: Cari Tahu Arti dan Perannya

  May 02, 2024        3 Min Read

Software Development Adalah: Cari Tahu Arti dan Perannya

Memahami Fungsi dan Format Surat Jalan Barang

  May 02, 2024        3 Min Read

Memahami Fungsi dan Format Surat Jalan Barang

Freight Forwarding Software Optimalkan Shipping Services

  Apr 30, 2024        3 Min Read

Freight Forwarding Software Optimalkan Shipping Services

REKOMENDASI

Artikel Terkait