Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Solusi Bisnis Solusi ERP Supply Chain Supply Chain Management

Sukseskan Rantai Pasok Global dengan Software SCM

3 Min Read     Posted on 07 Aug 2023

Share Artikel

Di era globalisasi ini, konsep rantai pasok menjadi lebih kompleks dan saling terkait, bahkan dapat melewati batas-batas geografis dan pasar internasional. Namun, kondisi ini tidak hanya menciptakan peluang baru untuk pertumbuhan dan inovasi, tetapi juga menghadirkan tantangan yang signifikan dalam pengelolaan operasionalnya. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem canggih yang bisa membantu Anda mengontrol supply chain dalam lingkup global menjadi lebih efisien.

Sistem supply chain management adalah solusi terbaik yang membantu Anda menjawab tantangan tersebut. Dengan sistem ini, perusahaan dapat merespons dengan cepat terhadap perubahan, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi. Berikut akan dijelaskan dengan lebih detail peran SCM dalam konsep rantai pasok global, serta beberapa fitur pendukung yang perlu dipertimbangkan ketika mengimplementasikan sistem ini ke bisnis Anda.

1. Sistem Rantai Pasok Global

Konsep rantai pasok global adalah rangkaian aktivitas bisnis yang melibatkan berbagai perusahaan, pemasok, distributor, dan pengecer yang bekerja sama untuk menghasilkan, mengangkut, dan menjual barang atau jasa di seluruh dunia. Aktivitas yang dilakukan meliputi perencanaan, pengadaan, produksi, distribusi, dan pelayanan pelanggan. Dengan menggunakan teknologi canggih dan metode analisis data, perusahaan dapat mengkoordinasikan aktivitas di seluruh rantai tersebut untuk meningkatkan efisiensi, fleksibilitas, dan daya saing.

Global supply chain memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Termasuk akses ke pasar global, peningkatan skala ekonomi, dan kesempatan untuk mendapatkan tenaga ahli dan sumber daya lainnya dari berbagai negara. Sayangnya, kompleksitas dan interdependensi antara berbagai elemen juga memiliki tantangan tersendiri. Isu-isu seperti fluktuasi mata uang, peraturan perdagangan internasional, masalah lingkungan, dan risiko geopolitik bisa mengganggu operasi dan mengurangi efisiensi.

Untuk menangani hal tersebut, Anda bisa menggunakan teknologi terkini seperti sistem supply chain management. Sistem SCM adalah sistem terintegrasi yang menggunakan teknologi informasi, analitik, dan strategi pengelolaan untuk mengoptimalkan aliran barang, jasa, dan informasi. Manfaat dari penggunaan sistem ini meliputi peningkatan visibilitas dan kolaborasi yang nantinya dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan memperbaiki layanan pelanggan. Selain itu, dengan integrasi oleh sistem lainnya, SCM juga membantu perusahaan untuk lebih responsif terhadap perubahan pasar, dan mendukung pertumbuhan bisnis.

2. Peran SCM di Rantai Pasok Global

Seperti yang disebut di atas, dengan menggunakan sistem SCM perusahaan akan lebih mudah mengelola alur rantai pasok global. Berikut penjelasan rinci dari peran sistem tersebut bagi perusahaan.

a. Kelola Bea Cukai dan Pajak

Dalam konsep rantai pasok global, mengelola bea cukai dan pajak bisa menjadi proses yang kompleks dan memakan waktu. Nah, Anda bisa menggunakan sistem SCM untuk menavigasi peraturan pajak dan tarif bea cukai di berbagai negara ini dengan lebih efisien. Dilengkapi fitur analitik yang tepat dan akurat, SCM membantu dalam perencanaan, penghitungan, pelaporan, dan pembayarannya. Karena dilakukan melalui sistem, maka dapat mengurangi risiko kesalahan sekaligus meningkatkan efisiensi biaya.

b. Koordinasi Rantai Pasok Multi-Lokasi

Supply chain management system juga berfungsi sebagai sarana untuk mengkoordinasikan aktivitas dan alur rantai pasok di berbagai lokasi. Melalui integrasi informasi dan proses bisnis, Anda dapat menjaga konsistensi dan efisiensi operasional di seluruh cabang. Dengan ini akan tercipta visibilitas yang lebih baik dan memungkinkan adanya pengambilan keputusan yang lebih tepat. Sehingga secara tidak langsung meningkatkan respons terhadap permintaan pasar dan fluktuasi pasokan.

c. Optimasi Transportasi dan Distribusi

Optimasi transportasi dan distribusi adalah aspek penting dari sistem rantai pasok. Dengan memanfaatkan teknologi SCM, Anda bisa membuat perencanaan rute yang lebih akurat, pemilihan moda transportasi yang lebih efisien, penjadwalan pengiriman, dan pelacakan real-time yang lebih efektif. Langkah ini tidak hanya mengurangi biaya dan waktu pengiriman tetapi juga meningkatkan layanan pelanggan melalui ketepatan dan keandalan distribusi.

d. Kelola Risiko Logistik Internasional

Software supply chain management sangat membantu dalam identifikasi, evaluasi, dan mitigasi risiko logistik internasional. Risiko ini bisa berupa gangguan pasokan, fluktuasi mata uang, atau perubahan regulasi yang tak terduga. Dengan menggunakan sistem ini, Anda jadi lebih bisa mengembangkan strategi yang fleksibel dan tangguh untuk mengatasi risiko, menjaga efisiensi bisnis dan stabilitas supply chain.

e. Kepatuhan Regulasi

Kepatuhan terhadap regulasi internasional dan domestik adalah kunci dalam konsep rantai pasok global. SCM menyediakan fitur yang dapat memastikan bahwa semua aspek operasional, mulai dari kualitas produk hingga keselamatan dan lingkungan, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Cara tersebut tidak hanya melindungi perusahaan dari sanksi hukum tetapi juga meningkatkan reputasi dan kepercayaan pelanggan dan stakeholder lainnya.

3. Fitur Pendukung Software SCM

Sistem supply chain management tidak akan mampu bekerja dengan optimal jika tidak dilengkapi dengan fitur pendukung. Berikut beberapa fitur utama yang perlu Anda perhatikan pada sistem jika memutuskan mengimplementasikannya.

a. Manajemen Hubungan Pemasok Global

Fitur ini membantu Anda untuk mengelola dan mengkoordinasikan hubungan dengan pemasok di seluruh dunia. Dengan integrasi informasi dan komunikasi yang lebih baik antara perusahaan dan supplier, Anda dapat mengawasi kinerja mereka, menegosiasikan kontrak, dan merespons dengan cepat terhadap masalah yang akan terjadi. Dari sini, akan tercipta efisiensi dan efektivitas supply chain.

b. Transportation Management

Fitur pengelolaan transportasi dalam software SCM dibutuhkan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan memantau pengiriman produk. Cakupannya bisa dari pemilihan moda transportasi, pengoptimalan rute, pelacakan pengiriman, dan analisis biaya. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi biaya transportasi, meningkatkan kecepatan pengiriman, dan memastikan pengiriman yang tepat waktu.

c. Manajemen Order dan Fulfillment

Bayangkan jika Anda harus memproses seluruh pesanan secara manual. Tentu akan sulit, bukan? Nah, fitur ini membantu otomatisasi pengelolaan pesanan mulai dari penerimaan sampai pengiriman. Juga termasuk penjadwalan produksi, manajemen inventory, pengemasan, dan pemantauan pengiriman. Dengan ini Anda lebih mudah menyinkronkan berbagai aspek dalam rantai pasok, memastikan kecepatan dan ketepatan dalam pemenuhan pesanan, dan berdampak pada meningkatnya kepuasan pelanggan.

d. Pelacakan dan Pelaporan Real-Time

Pelacakan dan pelaporan real-time adalah fitur penting yang memberikan visibilitas lengkap atas sistem rantai pasok. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memantau status pesanan, persediaan, pengiriman, dan faktor lainnya dengan tepat waktu, serta memberikan informasi yang akurat untuk mendukung pengambilan keputusan yang responsif dan proaktif.

e. Integrasi dengan Sistem Lain

Kemampuan untuk terintegrasi dengan sistem lain, seperti customer relationship management (CRM) atau sistem keuangan, juga menjadi kunci dalam software SCM. Integrasi ini memudahkan adanya penyebaran informasi antara berbagai departemen dan fungsi dalam perusahaan, sehingga mampu mendukung pengambilan keputusan yang lebih holistik, dan menciptakan efisiensi operasional yang lebih tinggi.

4. Kesimpulan

Global supply chain adalah konsep rantai pasok yang memiliki struktur kompleks yang menuntut koordinasi dan manajemen yang cermat di berbagai tahapannya. Dalam menghadapi tantangan seperti pengelolaan bea dan pajak, koordinasi multi-lokasi, transportasi, risiko logistik, dan kepatuhan regulasi, software supply chain management dapat diandalkan sebagai solusi yang integratif. Peran SCM ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan efektivitas tetapi juga membantu dalam mitigasi risiko logistik internasional.

Tertarik untuk mulai mengimplementasikan sistem SCM ke dalam bisnis Anda? Supply chain management system ScaleOcean adalah solusi tepat bagi Anda! Tidak hanya memiliki fitur utama yang telah disebutkan di atas, produk kami juga dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan dan dapat diperbarui ulang ketika perusahaan Anda mengalami ekspansi yang lebih besar. Tidak sabar untuk bertumbuh bersama kami? Segera hubungi kontak berikut dan jadilah perusahaan yang unggul di pasar global!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Apa itu BAF dan Cara Hitungnya di Proses Ekspor Impor?

  May 13, 2024        3 Min Read

Apa itu BAF dan Cara Hitungnya di Proses Ekspor Impor?

Bagaimana Cara Menghitung CIF dalam Ekspor dan Impor?

  May 13, 2024        3 Min Read

Bagaimana Cara Menghitung CIF dalam Ekspor dan Impor?

4 Keunggulan Aplikasi Hotel Terbaik ScaleOcean

  May 13, 2024        3 Min Read

4 Keunggulan Aplikasi Hotel Terbaik ScaleOcean

REKOMENDASI

Artikel Terkait