Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Hello 👋

Discover how our expert consultants can elevate your company's performance. Contact us today to schedule a demo and explore tailored solutions for your business needs.
Industri Logistik Produk Sistem ERP Solusi ERP

Rekomendasi 17 Aplikasi Logtistik Terbaik di Indonesia

3 Min Read     Posted on 04 Oct 2024

Share Artikel

Aplikasi logistik adalah solusi terintegrasi yang dirancang untuk mempermudah perusahaan 3PL menangani proses pengiriman. Dengan mengintegrasikan teknologi sistem pelacakan, manajemen warehouse, dan otomatisasi kepabeanan, perusahaan logistik dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan transparan kepada pelanggan.

Apakah Anda kini mengalami kesulitan mengelola operasional logistik secara efisien? Mulai dari sulitnya melacak pengiriman, banyaknya kesalahan dalam dokumen kepabeanan, serta rumitnya mengelola pengiriman baik jalur pengiriman darat, laut, dan udara.

Jika tidak ditangani dengan baik, masalah-masalah ini dapat mengakibatkan keterlambatan, biaya yang membengkak, dan ketidakpuasan pelanggan. Di sinilah pentingnya software logistik dan manfaat freight forwarding. Berikut rekomendasi 17 aplikasi logistik terbaik di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Aplikasi Logistik ScaleOcean

Aplikasi logistik ScaleOcean

Software logistik ScaleOcean adalah sistem all-in-one yang telah dipercaya banyak perusahaan 3PL logistik di Indonesia dalam mengelola ekspor impor baik jalur darat, laut, maupun udara. Sistem ini juga mengakomodasi berbagai metode pengiriman, secara full cargo atau konsolidasi, sesuai kebutuhan Anda.

Dengan diintegrasikan ke CEISA 4.0, aplikasi logistik ScaleOcean juga memungkinkan Anda untuk mengelola seluruh proses kepabeanan secara otomatis dan akurat sesuai dengan peraturan DJBC. Coba demo gratis yang ditawarkan untuk tahu lebih lanjut bagaimana sistem ini bekerja.

Aplikasi logistik ScaleOcean didukung modul-modul unggulan seperti berikut untuk meningkatkan efisiensi kerja 3PL.

  • Booking management: Atur dan kelola pesanan pengiriman dengan mudah. Semua informasi pengiriman tersimpan dalam satu platform.

  • Real-time tracking: Pantau pergerakan barang secara real-time mulai dari titik pengambilan hingga pengiriman akhir.

  • Digital customer portal: Berikan akses kepada klien Anda untuk memantau pengiriman, mengelola dokumen, dan berkomunikasi langsung pada sistem terpusat.

  • Import & export document management: Mempermudah pembuatan dan pengelolaan dokumen seperti bill of lading, faktur, packing list, dan dokumen terkait lainnya.

  • Automated reporting & analytics:  Mampu menghasilkan laporan keuangan terkait biaya pengiriman, pajak, dan bea cukai secara otomatis.

  • Margin calculator: Hitung margin keuntungan dari setiap pengiriman secara otomatis, membantu Anda menentukan harga yang kompetitif dan menguntungkan.

ScaleOcean software benar-benar dirancang untuk memenuhi kebutuhan logistik 3PL, memastikan setiap aspek pengiriman internasional dikelola dengan efisien.

2. SAP Logistik Software

Software logistik satu ini merupakan solusi berbasis cloud yang dirancang untuk menyederhanakan operasi logistik dan manajemen gudang. SAP juga mendukung adanya kerja sama dengan jaringan global penyedia jasa logistik.

Dengan kelebihan yang dimiliki, terdapat kekurangan yang juga perlu Anda perhatikan. Sistem ini membutuhkan integrasi teknis untuk fungsionalitas penuh. Selain itu, biaya implementasinya juga tergolong mahal dibandingkan software lainnya.

3. Software Logistik Oracle

Berikutnya terdapat Oracle software yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan manajemen transportasi dan rantai pasokan. Didukung dengan pelacakan pengiriman real-time dan optimalisasi rute.

Sayangnya, interface yang dimiliki cukup kompleks sehingga kurang cocok untuk perusahaan yang belum terbiasa dengan automated system. Selain itu, diperlukan waktu yang lama untuk implementasi, dan biaya langganannya cukup tinggi.

4. MileApp Software

Aplikasi logistik MileApp

Mile app adalah aplikasi untuk logistik yang berfokus pada pelacakan pengiriman lokal secara real-time. Cocok digunakan untuk perusahaan e-commerce atau layanan belanja online yang perlu tracking dalam waktu singkat.

Dikarenakan keterbatasan modul ERP logistik yang ada, maka aplikasi ini kurang cocok untuk perusahaan besar yang menjalankan proses pengiriman internasional. Sistem ini juga belum mendukung integrasi dengan sistem lain.

5. Flits Software

Sedangkan Flits software adalah aplikasi logistik yang lebih berfokus pada pengelolaan ekspedisi truk. Sistem ini dilengkapi dengan fitur pelacakan real-time dan manajemen armada yang terintegrasi dengan laporan analitik.

Sayangnya aplikasi ini belum mendukung pengiriman untuk jalur laut dan udara. Selain itu, untuk mendapatkan fitur lanjutan Anda harus berlangganan paket premium dengan harga yang lebih mahal.

6. Aplikasi Logistik Magaya

Magaya mendukung pengiriman barang dengan cakupan global. Sistem ini dapat memudahkan Anda untuk manajemen transportasi, gudang, dan bea cukai. Namun, perlu dicatat bahwa sistem ini membutuhkan infrastruktur IT yang mumpuni. Tidak hanya itu, implementasinya juga memerlukan waktu yang cukup lama.

7. Cargowise Software

Platform logistik berikutnya adalah software Cargowise. Sistem ini dapat dimanfaatkan untuk manajemen pengiriman, bea cukai, dan pergudangan. Hanya saja, Cargowise memiliki fitur yang cukup kompleks dan biaya yang tinggi. Sehingga kurang cocok untuk bisnis kecil dan menengah.

8. Shipwell Software

Aplikasi logistik Shipwell

Shipwell software lebih berfokus pada pengelolaan pengiriman jalur darat, baik dengan truk penuh atau metode konsolidasi. Sistem tersebut dilengkapi dengan fitur pelacakan real-time sehingga memudahkan Anda untuk tahu status pengiriman kapanpun.

Dengan demikian, Shipwell software kurang sesuai untuk Anda yang mengelola pengiriman jalur udara dan laut. Selain itu, juga memiliki fitur cukup kompleks sehingga biaya implementasinya mahal dan sulit dipahami oleh bisnis dengan skala kecil dan menengah.

9. Software Logistik Freightview

Aplikasi untuk logistik berikutnya adalah Freightview. Sistem ini berbasis cloud dan juga berfokus pada pengelolaan pengiriman jalur darat. Sistem ini juga mendukung pengiriman FTL dan LTL, serta membandingkan tarif dari berbagai vendor.

Jika Anda memerlukan solusi untuk pengiriman jalur udara dan laut, maka Freightview kurang cocok dengan kebutuhan tersebut. Sistem ini juga belum menyediakan kustomisasi dan integrasi sesuai kondisi bisnis yang spesifik.

10. Software Logixboard

Program logistik selanjutnya adalah Logixboard. Sistem ini lebih sesuai untuk Anda yang membutuhkan portal perbandingan harga dari berbagai vendor. Sistem ini juga mendukung pelacakan pengiriman real-time.

Aplikasi ini juga belum mendukung integrasi dengan sistem lain dan pengurusan dokumen bea cukai. Sehingga, Anda perlu memiliki pemahaman yang baik tentang regulasi ekspor-impor ketika menggunakan sistem ini. Untuk fitur lanjutan, Anda juga dikenakan biaya tambahan.

11. Onfleet Software

Onfleet adalah aplikasi logistik berbasis cloud yang dirancang untuk mempermudah manajemen pengiriman dan pelacakan secara real-time. Sistem ini memiliki interface yang intuitif sehingga cocok untuk pengguna non-teknis. Sayangnya, fitur yang dimiliki masih terbatas, sehingga kurang cocok untuk kebutuhan pengiriman yang kompleks.

12. Aplikasi Logistik Kuebix

Apliaksi logistik Kuebix

Aplikasi logistik Kuebix mendukung manajemen transportasi, perbandingan tarif, dan pelacakan pengiriman secara real-time. Sayangnya, untuk mendapatkan fitur lanjutan yang lebih menyeluruh, Anda harus membayar biaya tambahan. Sehingga kurang cocok untuk bisnis kecil dengan anggaran terbatas.

13. Aplikasi BluJay Solutions

BluJay Solutions adalah program logistik yang mendukung logistik rantai pasok dalam jalur darat. Sistem ini memliki fitur yang mampu mengoptimalkan manajemen transportasi, distribusi, dan kepatuhan perdagangan internasional.

Karena hanya mengakomodasi pengiriman jalur darat, maka sistem ini kurang sesuai untuk bisnis logistik yang juga mengatur pengiriman jalur laut dan udara. Harga yang ditawarkan juga terbilang tinggi dibandingkan lainnya.

14. Descartes Systems Logistics

Solusi satu ini mendukung manajemen transportasi multimodal untuk pengiriman global. Selain itu, juga dilengkapi dashboard yang bisa dimanfaatkan untuk melihat status pengiriman secara real-time.

Sayangnya, sistem ini belum terintegrasi penuh dengan aspek bisnis lainnya yang relevan. Selain itu, desain sistem juga tergolong kompleks sehingga sulit dipahami bisnis logistik yang masih memiliki skala kecil dan menengah.

15. Software Logistik Alpega

Aplikasi untuk logistik satu ini berfokus pada manajemen transportasi. Fitur-fitur pendukungnya dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan rute pengiriman. Sistem Alpega juga dilengkapi dengan dashboard lengkap untuk melihat status pengiriman.

Aplikasi ini belum mendukung integrasi sepenuhnya pada proses bea cukai dan manajemen pergudangan. Anda juga perlu membayar biaya tambahan untuk penggunaan fitur lanjutan yang premium.

16. Aplikasi FreightPOP

Rekomendasi program logistik berikutnya adalah FrieghtPOP software. Sistem ini dirancang untuk memudahkan proses logistik dan pengiriman bagi perusahaan seperti manufaktur, distributor, dan 3PL. Salah satu fiturnya adalah pelacakan real-time.

Namun, sistem ini belum mendukung adanya integrasi dengan manajemen bea cukai serta dokumen ekspor impor. Jika diperlukan fitur lanjutan, Anda juga harus membayar biaya tambahan yang tergolong tinggi. Sehingga kurang cocok untuk bisnis skala kecil dan menengah.

17. Software Logistik MercuryGate

MercuryGate adalah rekomendasi aplikasi untuk logistik yang lebih berfokus pada manajemen transportasi. Dilengkapi fitur seperti tracking real-time dan dashboaard intuitif. Sistem ini juga mendukung penjadwalan rute.

Namun, sistem ini hanya berfokus pada kebutuhan pengiriman internasional jalur laut. Selain itu, juga belum mendukung adanya integrasi dengan sistem lain seperti bea cukai atau manajemen inventaris. Jadi, kurang cocok untuk bisnis logistik yang juga mengelola pengiriman jalur udara dan darat.

Kesimpulan

Dengan berbagai tantangan yang dihadapi 3PL logistik, pemilihan software sangatlah penting dalam meningkatkan efisiensi proses manajemen pengiriman. Mulai dari pengelolaan dokumen kepabeanan hingga tracking barang, semua perlu dilakukan dengan efektif pada satu sistem terintegrasi.

Aplikasi logistik ScaleOcean hadir sebagai solusi terbaik, mengakomodasi untuk pengiriman jalur darat, laut, atau udara. Fitur-fitur unggulannya memastikan pengiriman berjalan lancar dan transparan. Jadikan pengelolaan logistik Anda lebih efisien dan akurat dengan ScaleOcean. Coba demo gratis sekarang!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Rekomendasi 17 Aplikasi Logtistik Terbaik di Indonesia

  Oct 04, 2024        3 Min Read

Rekomendasi 17 Aplikasi Logtistik Terbaik di Indonesia

12 Software Rental Alat Berat Terbaik di Indonesia 2024

  Oct 04, 2024        3 Min Read

12 Software Rental Alat Berat Terbaik di Indonesia 2024

15 Rekomendasi Aplikasi POS Kasir Restoran Terbaik 2024

  Oct 04, 2024        3 Min Read

15 Rekomendasi Aplikasi POS Kasir Restoran Terbaik 2024