Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Inventaris Solusi Bisnis Solusi ERP Warehouse Management

10 Aplikasi Manajemen Gudang Terpopuler

3 Min Read     Posted on 18 Apr 2023

Share Artikel

Aplikasi manajemen gudang telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Masing-masing menawarkan fitur dan fungsionalitas yang dirancang untuk memudahkan pengelolaan stok. Aplikasi ini tidak hanya membantu dalam melacak inventaris, tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan ruang gudang, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan produktivitas. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai aplikasi stok barang gudang yang tersedia di pasaran, terutama keunggulan masing-masing. Harapannya dapat membantu Anda menemukan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis.

1. Aplikasi Stok Barang Gudang ScaleOcean

ScaleOcean menjadi salah satu aplikasi manajemen gudang yang tepat untuk kebutuhan mengelola stok secara real-time. Hal ini dikarenakan aplikasi ini memberikan banyak fitur yang lengkap sesuai kebutuhan Anda. Beberapa fitur tersebut yaitu:

  • Inventory forecasting. Dengan fitur ini Anda dapat membuat perencanaan inventaris secara tepat berdasarkan informasi riwayat penjualan, jumlah persediaan, hingga jenis produk yang laku dan tidak diminati.
  • Stock adjustment. Fitur ini membantu dalam mencatat setiap perubahan jumlah persediaan yang ada di gudang secara otomatis. Cara ini akan memudahkan Anda dalam melakukan transfer barang antar gudang dengan lebih cepat.
  • Notifikasi low-stock. Fitur ini akan memberikan pemberitahuan otomatis terhadap jumlah persediaan barang di gudang. Ini akan membantu Anda dalam mengelola persediaan secara real-time dalam satu kali klik.
  • Warehouse tracking. Aplikasi ini akan mempermudah Anda dalam melacak inventaris sesuai pengelompokan zona barang. Anda akan dapat melakukan stok opname secara rutin.
  • Pelacakan slot dan serial number. Anda bisa membuat nomor seri dan slot barang menggunakan fitur ini berdasarkan spesifikasi yang sama. Proses ini tentu akan mengatasi masalah kecil dalam mengetahui informasi barang.
  • Stock request. Dengan fitur ini, Anda dapat mengelola perpindahan stok dari berbagai gudang. Bahkan Anda dapat melakukan penerimaan atau penolakan transaksi kelola barang tanpa harus mengunjungi masing-masing gudang.

Aplikasi manajemen gudang satu ini tidak hanya dilengkapi dengan fitur-fitur yang mempermudah manajemen gudang, namun juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Artinya, ScaleOcean sangat fleksiblel. Aplikasi ini dapat menyesuaikan ketika bisnis Anda mulai berkembang dan terjadi perubahan manajemen gudang. Selain itu, aplikasi ini juga bersifat multi user. Setiap staf bisa mengakses dalam perangkat yang berbeda sehingga lebih efektif dan efisien.

2. Bhansali Inventory

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang membantu Anda dalam mengelola kesediaan barang. Bhansali Inventory memiliki kegunaan di antaranya mengelola kategori, mengelola pengiriman, produk, dan mencetak sales receipt. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat mengelola laporan manajemen pergudangan, pembelian, dan pencarian secara real-time. Kegunaan yang ditawarkan tersebut cocok digunakan oleh pemula dalam mengelola stok barang. Sederhana dan kemudahan aksesnya menjadi poin penting yang bisa Anda pertimbangkan.

3. Stock Controller

Aplikasi stok barang gudang satu ini tersedia untuk berbagai platform. Mulai dari iPhone, iPad, dan Mac. Fungsinya untuk memisahkan item dalam beberapa kelompok, mengurutkannya sesuai kategori, serta mengelola stok tersebut dalam waktu yang bersamaan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan notifikasi real-time yang menjadi pengingat ketika stok barang di gudang mulai menipis. Anda juga bisa melakukan impor atau ekspor data untuk digunakan dan diolah lebih lanjut di PC.

4. Fishbowl Go

Fishbowl Go mendukung semua jenis dan ukuran bisnis. Mulai dari toko kecil, online shop pribadi, atau bahkan perusahaan besar. Fitur yang diberikan di antaranya adalah kemampuan membaca kode barang, mencatat pesanan dalam jumlah yang banyak sekaligus, mencetak daftar pengemasan. Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini, Anda juga bisa memastikan pesanan dikirim ke lokasi konsumen tepat waktu. Anda bisa melakukan pelacakan secara real-time dengan aplikasi tersebut.

5. Netsuite WMS

Aplikasi ini membantu Anda melakukan tugas manajemen inventory seperti menerima, menyimpan, dan mengirimkan barang. Anda juga dapat menggunakan kamera pada tablet atau ponsel untuk memindai kode barang. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan foto transaksi, dan membaca kartu pembayaran melalui Netsuite WMS. Aplikasi manajemen barang satu ini sangat cocok untuk pemula karena memiliki interface yang sederhana dan mudah dipahami. 

6. Inventory Management

Aplikasi stok barang gudang ini gratis dan memiliki tampilan yang sederhana. Fitur utama dari Inventory Management adalah melakukan pencatatan perhitungan persediaan secara langsung. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur lain seperti menambah atau menghapus stok, menyimpan data transaksi sebelumnya, yang akan membantu Anda untuk memastikan tidak ada selisih stok atau kesalahan dalam input data.

7. Sortly Pro

Aplikasi atau software manajemen gudang ini memiliki fitur utama yang membantu Anda melacak produk secara visual di beberapa lokasi dalam waktu bersamaan. Kemampuan ini didukung dengan adanya penggunaan kode QR yang bisa dilakukan dimanapun. Aplikasi ini juga memiliki fitur pendamping seperti adanya notifikasi stok barang, ekspor dan impor data, multi user dalam waktu bersamaan, serta adanya dropbox untuk pengarsipan data barang dan transaksi yang terjadi di gudang.

8. Inventory Now

Aplikasi stok barang gudang ini cocok digunakan untuk usaha dalam skala kecil sampai menengah. Dengan Inventory Now Anda dapat melihat stok barang yang dibutuhkan kapan saja. Fitur unggulan yang ditawarkan adalah kemampuan mengecek semua stok dalam satu halaman, sortir, dan mencari produk dengan satu klik. Anda juga bisa mencari barang dengan informasi spesifik seperti tanggal, kategori, nama produk, kode barang, dan lokasi gudang atau area penyimpanan.

9. Goods Order Inventory

Aplikasi ini tersedia di Google Play atau App store dan dapat diunduh secara gratis. Anda bisa menghubungkan sistem ini dari media apapun baik desktop atau smartphone. Sehingga memudahkan Anda untuk memantau manajemen gudang secara real-time. Beberapa keuntungan menggunakan Goods Order Inventory adalah dapat menambahkan stok, melacak lokasi penyimpanan dan pengiriman secara mudah. Tampilannya juga ramah bagi pemula karena navigasinya yang sederhana.

10. Odoo

Aplikasi Odoo juga cocok untuk bisnis dengan skala kecil. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda dengan mudah dapat mengotomatisasi input ganda atau untuk kategori produk yang berbeda dalam waktu bersamaan. Selain itu, Odoo juga mampu diintegrasikan dengan perangkat lain. Aplikasi ini juga mudah digunakan karena menerapkan fitur drag and drop dalam menggunakannya. 

11. Kesimpulan

Dalam kebutuhan efisiensi bisnis, manajemen gudang memegang peranan penting. Dengan adanya aplikasi yang mampu mengotomatisasi setiap prosesnya, maka operasional bisnis dapat berjalan dengan lebih mudah dan terhindar dari risiko human error. Anda sebagai pengusaha perlu memperhatikan beberapa aspek dalam memilih aplikasi yang sesuai. Misalnya interface aplikasi, kemudahan akses, atau kesesuaian aplikasi dengan skala bisnis.

Fitur yang lengkap dan fleksibel mengikuti perkembangan bisnis Anda, bisa menjadi aspek utama yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, Sistem Inventory ScaleOcean menjadi pilihan tepat bagi Anda dalam manajemen gudang. Tidak hanya lengkap, segala proses pengelolaan barang juga akan dengan mudah dipantau secara real-time. Yuk, segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda dalam mengelola stok barang secara efektif!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

  May 03, 2024        3 Min Read

Shipping Order Adalah: Mengenal Arti dan Contohnya

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

  May 03, 2024        3 Min Read

WIP Adalah: Dampak dan Cara Kelolanya di Manufaktur

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

  May 03, 2024        3 Min Read

11 Jenis Jenis Lisensi Software ERP, Simak di Sini!

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

  May 03, 2024        3 Min Read

Kelola Dokumen Logistik dengan Freight Forwarding Software

REKOMENDASI

Artikel Terkait