Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo ūüĎč

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Purchasing Management Sistem ERP Solusi Bisnis Solusi ERP

Peran Procurement Management Software untuk Lelang Online

3 Min Read     Posted on 25 May 2023

Share Artikel

Lelang online telah menjadi cara populer dan efisien untuk memperoleh barang dan jasa dalam proses procurement. Seiring dengan perkembangan teknologi, cara ini memberikan akses yang luas dan transparansi dalam proses penawaran. Dengan cara digital tersebut, perusahaan bisa menjangkau penawar dari berbagai wilayah, memperluas cakupan penawaran dan berpotensi mendapatkan penawaran yang lebih baik.

Procurement management software berperan penting dalam memfasilitasi dan mempercepat proses ini. Dari pengaturan lelang, pelaksanaan, hingga analisis penawaran, sistem ini memastikan bahwa setiap tahapan dalam lelang berjalan lancar dan efisien. Berikut akan dijelaskan lebih detail konsep lelang online dan bagaimana implementasi sistem ERP procurement menyederhanakan proses tersebut.

1. Pengertian Lelang Online

Lelang online merupakan proses transaksi penawaran barang atau jasa yang dilakukan oleh penjual kepada penawar melalui media digital. Penawar dengan harga tertinggi akan mendapatkan produk atau jasa yang ditawarkan. Tentu ini adalah cara efisien dan interaktif untuk mengganti lelang tradisional yang memiliki beberapa kelemahan.

Lelang ini biasanya dilakukan di website atau aplikasi khusus. Prosedurnya sama dengan lelang konvensional. Penjual menampilkan barang atau jasa yang ditawarkan, peserta menempatkan penawaran, dan barang atau jasa tersebut dijual kepada penawar tertinggi. Yang membedakan adalah keseluruhan proses ini terjadi secara elektronik, tanpa perlu tatap muka fisik antara penjual dan pembeli.

Dalam proses penyediaan barang dan jasa untuk bisnis, lelang ini dapat menjadi aspek yang menguntungkan. Proses ini memfasilitasi pertukaran informasi dan negosiasi harga dan kontrak antara pembeli dan penjual, memungkinkan penawar dari berbagai lokasi untuk berpartisipasi, dan memberikan transparansi dalam proses penawaran. Selain itu, juga memberikan akses ke lebih banyak penawar potensial dan meningkatkan potensi mendapatkan penawaran yang lebih kompetitif.

Untuk membantu proses tersebut, banyak perusahaan mengandalkan procurement management software. Software ini berfungsi sebagai alat otomatisasi dan manajemen yang memfasilitasi berbagai aspek proses lelang. Mulai dari mengatur lelang, mengundang penawar, hingga memilih penawaran terbaik. Tujuannya adalah untuk menciptakan transparansi pengadaan serta memberikan hasil yang lebih baik bagi perusahaan.

2. Kelebihan Lelang Online

Lelang online meningkatkan efisiensi pengadaan yang tidak bisa diperoleh dengan cara tradisional. Dengan teknologi saat ini, perusahaan dapat mengatur dan melaksanakan lelang dengan cepat. Terkadang bahkan hanya hitungan jam. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk merespons dengan lebih sigap terhadap perubahan kebutuhan dan pasar serta lebih tanggap memanfaatkan peluang yang ada.

Dengan lelang konvensional, jumlah peserta biasanya terbatas oleh geografis dan logistik. Dalam sistem ini, hampir tidak ada batas untuk jumlah penawar yang dapat berpartisipasi. Hal ini tidak hanya memperluas jangkauan pasar yang berpotensial, tetapi juga dapat meningkatkan persaingan. Dampaknya juga dapat menghasilkan penawaran yang lebih baik.

Cara ini juga memberikan transparansi dan keadilan. Semua penawar memiliki akses yang sama ke informasi lelang. Penawaran kemudian diterima dan diproses secara elektronik, yang mengurangi kemungkinan bias atau penipuan. Proses ini sangat penting dalam aspek pengadaan karena dapat membantu mencegah korupsi dan memastikan bahwa perusahaan mendapatkan nilai terbaik untuk investasinya.

Selain itu juga mendukung proses pengambilan keputusan yang lebih baik dan berdasarkan data. Aplikasi ERP procurement sering dilengkapi dengan alat analitik yang memungkinkan perusahaan untuk melacak dan menganalisis data dari lelang. Cakupannya bisa dari waktu respons penawar hingga tren penawaran. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang data ini, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan efektif dalam menyeleksi supplier.

3. Mengenal Jenis-jenis Lelang Online

Ada berbagai jenis lelang online dan masing-masing memiliki struktur dan aturan tertentu. Berikut pembahasan detail setiap jenisnya.

a. English Auctions

English auctions adalah jenis lelang paling umum. Dalam lelang ini, penawaran dimulai dari harga minimum dan peserta dapat terus meningkatkan penawarannya. Lelang berakhir ketika tidak ada lagi penawaran yang diberikan. Kemudian peserta dengan penawaran tertinggi memenangkan lelang. English auctions sangat populer dalam lelang online karena struktur yang sederhana dan transparan.

b. Dutch Auctions

Berbeda dengan English auctions, tipe ini memulai penawaran dari harga tinggi yang kemudian terus turun. Peserta menunggu hingga harga mencapai tingkat yang dianggap cocok. Peserta pertama yang menyetujui harga tersebut memenangkan lelang. Dutch auctions dapat lebih cepat daripada lelang Inggris, karena biasanya berakhir ketika penawaran pertama dibuat.

c. Reverse Auctions

Reverse auctions, atau lelang balik, beroperasi dengan cara yang berlawanan dari lelang tradisional. Dalam lelang ini, bukan pembeli yang memberikan penawaran, melainkan penjual. Penjual bersaing untuk menawarkan harga terendah. Kemudian pembeli memilih penawaran yang paling disukai. Tipe ini sering digunakan dalam proses pengadaan, di mana perusahaan mencari penawaran terbaik dari supplier.

d. Sealed Bid Auctions

Sealed bid auctions, atau lelang penutupan tertutup, melibatkan peserta yang mengirimkan penawarannya dalam media tertutup, tanpa mengetahui penawaran lainnya. Setelah semua penawaran dikumpulkan, penawaran dibuka dan penawar tertinggi memenangkan lelang. Lelang dengan cara ini dinilai cukup bagus untuk pengadaan berbasis digital karena mendorong penawaran yang kompetitif dan sesuai nilai pasar.

3. ERP Procurement untuk Lelang Online

Agar proses lelang ini berjalan dengan efisien, maka dibutuhkan sebuah sistem. Procurement management software berperan penting dalam mendukung dan mengotomatisasi proses lelang online. Berikut tahapan yang secara signifikan diotomatisasi oleh sistem.

a. Pengaturan Lelang

Dalam lelang online, e procurement berfungsi sebagai pusat kontrol untuk mengatur dan mengelola lelang. Sistem ini memungkinkan Anda untuk menetapkan parameter lelang. Seperti barang atau jasa yang ditawarkan, menetapkan waktu dan tanggal lelang, dan mendefinisikan aturan dan kondisi lelang. Sebagai contoh, software ini dapat digunakan untuk mengatur batas waktu untuk penawaran atau memutuskan apakah lelang harus dilakukan secara terbuka atau tertutup.

Selain itu, juga memfasilitasi komunikasi dengan penawar. Hal ini dapat berupa proses mengirimkan undangan ke penawar, menyediakan informasi tentang lelang, atau memberikan update tentang status lelang. Dengan demikian, dapat dipastikan proses lelang berjalan dengan lancar dan efisien, serta meminimalkan risiko kesalahan manusia.

b. Pelaksanaan Lelang

Selama pelaksanaan lelang, ERP procurement berperan dalam memastikan bahwa lelang berjalan dengan lancar. Software ini memberikan platform bagi penawar untuk memberikan penawaran dan pemantauan penawaran secara real-time. Cara ini membantu untuk memastikan semua penawaran diterima dan dicatat dengan benar. Serta membantu mencegah penipuan atau manipulasi penawaran.

Selain itu, sistem ini juga membantu memastikan transparansi dalam proses lelang. Dengan menampilkan penawaran secara real-time, semua peserta dapat melihat penawaran yang diberikan oleh pesaing. Sehingga dapat mendorong persaingan dan membantu perusahaan mendapatkan penawaran yang lebih baik.

c. Pilihan Penawaran

Setelah lelang selesai, ERP procurement dapat membantu perusahaan dalam mengevaluasi dan memilih penawaran terbaik. Fitur yang ada dapat dimanfaatkan untuk membandingkan penawaran berdasarkan berbagai faktor. Seperti harga, kualitas, waktu pengiriman, dan reputasi penjual. Dengan demikian, perusahaan dapat membuat keputusan berdasarkan data yang juga mencerminkan kebutuhan dan tujuan setiap perusahaan.

Dalam jangka panjang, sistem ini juga dapat membantu perusahaan mempelajari lebih banyak tentang preferensi dan kebiasaan pengadaan serta tren di pasar. Misalnya, perusahaan menemukan bahwa penawaran dengan harga tertentu cenderung memberikan hasil yang lebih baik. Mungkin juga membantu mengetahui bahwa supplier tertentu selalu memberikan layanan yang baik. Sehingga menjadi alternatif lain ke depannya.

d. Laporan dan Analisis

Salah satu kelebihan utama dari procurement management software adalah kemampuannya untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Dengan fitur laporan dan analisis, perusahaan dapat melacak berbagai metrik yang terkait dengan lelang. Seperti jumlah penawaran, rentang harga penawaran, dan waktu respons peserta. Informasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.

Selain itu, fitur ini juga dapat membantu perusahaan memahami kinerja supplier dan efektivitas strategi pengadaannya. Misalnya, perusahaan menemukan bahwa strategi lelang tertentu cenderung menghasilkan penawaran yang lebih baik. Dengan pemahaman seperti ini, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan efektif tentang strategi kerja sama dengan supplier dan bagaimana perusahaan seharusnya mengatur lelang di masa depan.

4. Kesimpulan

Ternyata peran procurement management software dalam lelang online cukup signifikan. Dengan fitur yang memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan melaksanakan lelang, mengevaluasi dan memilih penawaran, serta melacak dan menganalisis data, sistem ini berkontribusi besar dalam memperbaiki efisiensi dan efektivitas proses pengadaan.

Dalam era digital seperti sekarang, perusahaan memang perlu memanfaatkan cara dan teknologi baru seperti lelang online serta ERP procurement untuk memiliki keunggulan kompetitif. Dengan demikian, Anda tidak hanya dapat memperbaiki proses pengadaan, tetapi juga berpotensi mendapatkan penawaran yang lebih baik dan membangun hubungan yang lebih baik dengan supplier dalam jangka panjang.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Apa itu Back Order dan Cara Sukses Menanganinya

  Oct 04, 2023        3 Min Read

Apa itu Back Order dan Cara Sukses Menanganinya

Sistem Gudang untuk Tingkatkan Efektivitas Mutasi Stock

  Oct 03, 2023        3 Min Read

Sistem Gudang untuk Tingkatkan Efektivitas Mutasi Stock

Efesiensi Gudang dengan Ketahui Tugas Cost Control

  Oct 04, 2023        3 Min Read

Efesiensi Gudang dengan Ketahui Tugas Cost Control

Penggunaan Kartu Stok Barang untuk Kelola Inventaris Gudang

  Oct 04, 2023        3 Min Read

Penggunaan Kartu Stok Barang untuk Kelola Inventaris Gudang

REKOMENDASI

Artikel Terkait