Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo ūüĎč

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Accounting Management Finance Sistem ERP Solusi ERP

Pentingnya Sistem ERP Akuntansi untuk Perusahaan

3 Min Read     Posted on 02 Feb 2023

Share Artikel

Bisnis dalam bidang apa pun harus memahami jika akuntansi manajemen dan keuangan perlu ditangani dengan benar menggunakan sistem ERP. Tujuannya, agar pergerakan dana perusahaan bisa tercatat dengan akurat, baik dana yang masuk maupun keluar. Sehingga, bisa meminimalisir terjadinya kesalahan.

Sistem ERP akuntansi akan membantu Anda dalam mengelola data keuangan yang begitu kompleks. Sebab, di dalamnya ada manajemen arus kas maupun pencatatan perkiraan anggaran. Semua data tersebut harus selalu diperbarui secara real-time untuk mengetahui jumlah dana yang dimiliki perusahaan saat ini.

1. Apa itu Sistem ERP?

Sebelum mencari tahu tentang pentingnya modul akuntansi manajemen yang ada di ERP, penting untuk Anda mengetahui apa itu software ERP. Pengertian sistem ERP adalah sebuah aplikasi yang difungsikan untuk memudahkan perusahaan dalam mengotomatisasi maupun mengelola kegiatan bisnis agar kinerja perusahaan jadi lebih optimal. Dengan menerapkan sistem ini, Anda bisa mengintegrasikan seluruh pekerjaan dari departemen yang berbeda, termasuk akuntansi.

Mungkin sebagian perusahaan sudah memiliki software akuntansi sendiri. Namun, ketika bisnis berkembang menjadi lebih besar, Anda perlu menambah software agar bisa memenuhi kebutuhan yang ada. Nah, Anda tidak perlu melakukan hal tersebut jika menerapkan sistem ERP akuntansi. Dimana softwarenya sangat fleksibel untuk bisa mengikuti perkembangan bisnis Anda. Biaya yang dikeluarkan pun tidak akan sebanyak dulu lagi. 

2. Pentingnya Sistem ERP Akuntansi untuk Perusahaan

Faktanya, sistem ERP dengan modul akuntansi manajemen terbukti dapat membantu perusahaan dalam menyederhanakan pengelolaan keuangan yang berulang dengan melakukan otomasi. Pencatatan transaksi yang dulunya masih dilakukan secara manual, kini dapat dikerjakan secara otomatis oleh sistem. Sehingga, seluruh pekerjaan pun jadi lebih efisien.

Selain itu, sistem ERP akuntansi juga memudahkan Anda dalam melacak arus keuangan masuk dan keluar, mendapatkan data akurat, membuat laporan berkala, hingga proses pengambilan keputusan. Dengan seluruh kemudahan tersebut, bisnis Anda pun bisa meminimalisir peluang kerugian dan meningkatkan keuntungan.

3. Keuntungan Menggunakan ERP untuk Akuntansi

Di atas sudah dibahas sedikit mengenai kelebihan dari menerapkan sistem ERP akuntansi untuk perusahaan. Namun, masih banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan. Untuk lebih jelasnya, berikut kami berikan daftarnya untuk Anda.

a. Mengelola Keuangan Secara Komprehensif

Penting bagi bisnis untuk bisa mengelola keuangan secara efisien menggunakan sistem ERP. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memperkirakan anggaran dan penggunaannya yang harus dikeluarkan tiap bulannya secara akurat, misal untuk membeli bahan baku, biaya kampanye pemasaran, pembayaran gaji karyawan, biaya transportasi untuk perjalanan dinas, atau biaya operasional lainnya. Dengan memiliki sistem ERP akuntansi yang sudah terpadu, mencatat pengeluaran dan pemasukan jadi jauh lebih mudah. Waktu pun jadi lebih efisien dan produktif. 

b. Menghilangkan Data Duplikat

Secara umum, input data secara manual rawan akan terjadinya duplikasi data atau kesalahan dalam penulisan atau perhitungan keuangan. Dengan manajemen akuntansi yang ada di aplikasi ERP, proses input data dilakukan secara otomatis. Sehingga, kesalahan tersebut dapat dihindari. Selain itu, kesalahan dalam perhitungan pajak juga bisa Anda cegah karena sistem ini juga memudahkan proses perhitungan data keuangan beserta pajaknya. Laporan akuntansi dan keuangan pun jadi lebih akurat. 

c. Transparansi Informasi Keuangan

Dengan modul akuntansi yang ada di sistem ERP, tiap pengguna yang berkepentingan akan lebih mudah mengakses informasi keuangan. Anda bisa mencari data yang dibutuhkan secara fleksibel, kapanpun dan dimanapun selama aplikasi ERP tersambung jaringan internet.

Sistem ERP akuntansi juga dirancang untuk menyajikan informasi keuangan yang tepat, akurat, dan real-time. Sehingga, seluruh data perusahaan dapat dimanfaatkan secara optimal. Proses bisnis yang mencakup akuntansi dan keuangan juga bisa dikelola dan diatur dengan baik. 

d. Menyederhanakan Proses Akuntansi

Pencatatan data keuangan yang tidak benar dapat memberikan kerugian pada perusahaan secara menyeluruh. Ketika para petinggi ingin membuat keputusan yang berkaitan dengan investasi bisnis, keakuratan laporan keuangan dapat menjadi patokan. Aplikasi ERP membantu Anda untuk menyederhanakan proses akuntansi agar bisa didapatkan pelaporan keuangan yang real-time dan akurat.

Semua data keuangan Anda akan tersimpan dalam satu sistem ERP akuntansi terpusat. Sehingga, Anda tidak perlu mencari data dari satu platform ke platform lainnya secara manual untuk membuat laporan. Dengan sistem ini, Anda tinggal memasukkan kata kunci terkait data yang dicari dan informasi bisa didapatkan dalam hitungan detik. Jadi, sangat menghemat waktu dan tenaga Anda.   

e. Tingkat Kontrol yang Tinggi

Salah satu keuntungan terbesar dari memakai aplikasi ERP untuk akuntansi dan keuangan adalah memberi Anda lebih banyak kendali atas bisnis yang sedang dijalankan. Anda memperoleh visibilitas yang besar mengenai bagaimana peristiwa maupun keputusan yang diambil akan berdampak pada keuntungan perusahaan. Dengan cara tersebut, Anda bisa mengambil keputusan dengan tepat, mengurangi pengeluaran, serta meningkatkan profitabilitas yang mampu mendorong pertumbuhan perusahaan menjadi lebih besar lagi.

f. Memudahkan Kolaborasi dengan Tim Lain

Perangkat lunak ERP menyederhanakan proses kolaborasi antar departemen dengan mengumpulkan semua data dalam satu database terpusat. Informasi dari seluruh divisi pun dapat diakses dengan mudah. Contohnya, antara akuntansi dan CRM dapat diintegrasikan tanpa harus melakukan migrasi atau transfer data secara berkala. Proses kolaborasi pun dapat dilakukan dengan nilai akurasi tinggi, sehingga kesalahan dapat diminimalisir. Selain itu, data yang ditampilkan pun lebih akurat dan transparan dengan kemudahan dalam menemukan informasi yang diinginkan.

g. Automasi Alur Kerja

Melancarkan alur kerja perusahaan menjadi lebih mudah dengan adanya sistem ERP yang dapat mengotomatiskan keseluruhan proses. Dalam manajemen akuntansi dan keuangan terdiri dari fitur-fitur yang akan memudahkan proses akuntansi. Contohnya, input dan output data keuangan yang bisa dilakukan secara otomatis dengan memasukkan beberapa parameter. 

Selain itu, sistem ERP akuntansi juga dapat memudahkan Anda dalam mengumpulkan, melacak, hingga menganalisis informasi keuangan yang diperoleh dari berbagai departemen. Dimana hasil akhirnya berupa laporan keuangan berkala (harian, mingguan, tahuan) yang dapat di filter berdasarkan tanggal, rentang waktu, dan jenis laporan

4. Kesimpulan

Sistem ERP dengan modul akuntansi dan keuangan akan mempermudah Anda dalam mengelola perusahaan, terutama pada bagian finansial bisnis. Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan modul lainnya yang saling terkait seperti procurement management maupun CRM. 

Anda bisa mempercayakan sistem ERP akuntansi ScaleOcean untuk mengelola keuangan perusahaan karena dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap. Sampaikan saja kebutuhan Anda dan jadwalkan uji coba bersama kami. Ambil kesempatan ini dan tingkatkan keuntungan lebih mudah bersama ScaleOcean. 

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

5 Jenis Pertanyaan Tentang SCM yang Wajib Anda Kuasai!

  Mar 17, 2023        3 Min Read

5 Jenis Pertanyaan Tentang SCM yang Wajib Anda Kuasai!

8 Cara Efektif Pengukuran Kinerja SCM di Perusahaan

  Mar 17, 2023        3 Min Read

8 Cara Efektif Pengukuran Kinerja SCM di Perusahaan

Ketahui Berbagai Pengertian SCM menurut Para Ahli

  Mar 16, 2023        3 Min Read

Ketahui Berbagai Pengertian SCM menurut Para Ahli

Pahami Perbedaan Utama Antara Divisi SCM dan Logistik

  Mar 15, 2023        3 Min Read

Pahami Perbedaan Utama Antara Divisi SCM dan Logistik

REKOMENDASI

Artikel Terkait