Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Sistem ERP Solusi Bisnis Solusi ERP e-Procurement

Rekomendasi Top 10 Procurement Software dan Kelebihannya

3 Min Read     Posted on 15 May 2023

Share Artikel

Dalam era digital saat ini, procurement software atau e procurement telah menjadi aspek yang penting dalam menjalankan operasi bisnis. Baik untuk perusahaan kecil maupun besar, software ini memberikan efisiensi dan transparansi, membantu perusahaan menghemat waktu dan sumber daya, serta memberikan kontrol yang lebih baik atas pengeluaran. Pilihan yang tepat bisa menjadi faktor penentu dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.

Namun, dengan banyaknya software pengadaan yang tersedia di pasaran, akan cukup sulit menentukan mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, dirangkum rekomendasi 10 software pengadaan terbaik dengan kelebihan masing-masing. Daftar ini ditujukan untuk membantu Anda memahami fitur dan fungsi utama dari masing-masing software, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk kebutuhan.

1. Procurement Software ScaleOcean

ScaleOcean merupakan sistem pengadaan terbaik karena mampu meningkatkan efektivitas dalam pengelolaan dan melakukan pembelian secara otomatis. Tidak hanya itu, sistem ini juga akan membantu proses administrasi pada pengadaan. Di antaranya perhitungan biaya, tahap persetujuan, hingga pemantauan tenggat waktu. Bahkan pemantauan tersebut dapat Anda lakukan secara real-time. Implementasinya juga akan mengefisienkan proses bisnis karena dilengkapi dengan beberapa fitur utama.

Hadirnya fitur order otomatis pada software ini membantu Anda mengotomasi proses pengadaan, mengurangi kesalahan manual, dan memastikan bahwa stok selalu tersedia sesuai kebutuhan. Sehingga secara langsung juga akan menghemat waktu, meningkatkan efisiensi, dan membuat Anda fokus pada aspek lain dari bisnis Anda yang lebih strategis. 

Software ini juga dilengkapi fitur pengajuan pembelian. Tujuannya untuk mempermudah dan mempercepat proses pengajuan pembelian, serta meminimalkan kesalahan yang bisa terjadi dalam proses manual. Anda juga dapat melacak status pengajuan pembelian secara real-time, memberi Anda transparansi pengadaan dan kontrol lebih baik atas proses tersebut.

Fitur blanket order pada software ini membantu Anda membuat satu kontrak pembelian untuk persediaan yang dibeli secara rutin. Sehingga Anda tidak perlu membuat order baru setiap kali. Ini juga berfungsi untuk agar Anda tak perlu melakukan proses seleksi supplier yang berbeda untuk kebutuhan barang yang sama. Dengan blanket order, Anda dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan memastikan ketersediaan persediaan secara konsisten. 

Terdapat pula fitur management approval untuk mengatur persetujuan agar jelas dan terstruktur. Ini juga berfungsi untuk memastikan bahwa alur pembelian berjalan sesuai dengan budget yang telah ditentukan. Anda juga bisa melacak status persetujuan agar memberikan transparansi yang lebih baik. Dengan ini, Anda bisa meningkatkan efisiensi, memastikan kepatuhan, dan mengurangi risiko kesalahan. 

2. Proxima

Proxima adalah aplikasi pengadaan yang dilengkapi berbagai fitur untuk membantu dalam mengatur pengadaan dengan efisien. Salah satu fitur unggulannya adalah mampu melakukan pelacakan secara real-time. Dengan fitur pelacakan yang ada pada Proxima, perusahaan dapat memantau pengiriman dan inventaris, sehingga memudahkan dalam pengelolaan stok. Fitur ini sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam mengendalikan biaya.

3. Jaggaer

Jaggaer merupakan aplikasi pengadaan yang menawarkan solusi lengkap untuk pengelolaan procurement. Dari tahap pengadaan hingga pembayaran. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pengelolaan pengadaan, pengelolaan kontrak, dan analisis pengeluaran, yang dapat membantu Anda mengurangi waktu dan biaya dalam proses pengadaan.

Jaggaer juga mendukung pengadaan berdasarkan kontrak. Sehingga membantu Anda menerapkan secara otomatis proses realisasi kontrak tersebut. Pembelian yang dilakukan berdasarkan item, pengguna, atau pemasok, menjadi lebih efektif. Dampaknya, tidak ada kecurigaan antar pihak manapun karena berjalan sesuai prosedur.

4. Zycus

Software satu ini menawarkan berbagai fitur seperti pengelolaan pengadaan, persetujuan pengeluaran, proses pembelian, dan analisis pengeluaran. Aplikasi ini juga mendukung otomatisasi dan integrasi dengan sistem keuangan. Selain itu, Zycus juga dilengkapi dengan fitur pelacakan untuk pengiriman, pembayaran, dan inventaris, yang memudahkan perusahaan dalam pengelolaan stok barang.

5. Oracle Procurement Cloud

Oracle Procurement Cloud merupakan software pengadaan berbasis cloud yang menawarkan solusi lengkap untuk pengelolaan procurement. Dari tahap pengadaan hingga pembayaran. Fitur ini dapat membantu Anda dalam mengurangi waktu dan biaya dalam proses pengadaan. Selain itu, Oracle Procurement Cloud juga memiliki kemampuan untuk menyajikan detail terkait procurement dalam bentuk visual yang menarik dan dapat dianalisis.

6. Procurify

Procurify adalah software procurement yang dirancang khusus untuk perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti pengelolaan pengadaan, persetujuan pengeluaran, proses pembelian, dan analisis pengeluaran. Selain itu, Procurify dapat terintegrasi dengan sistem keuangan dan ERP perusahaan. Sehingga keputusan pembelian selalu didasarkan pada informasi anggaran yang ada.

7. Coupa

Coupa adalah software pengadaan berbasis cloud yang menawarkan berbagai fitur seperti pengelolaan pengadaan, proses pembelian, pengeluaran, dan analisis pengeluaran. Aplikasi ini mendukung otomatisasi dan dapat terintegrasi dengan sistem lain. Ditambah lagi, Coupa menyediakan aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna melakukan proses procurement secara efisien dari tempat mana pun.

8. SAP Ariba

Aplikasi ini menyediakan solusi lengkap untuk pengelolaan procurement. Mulai dari tahap permintaan pengadaan hingga pembayaran. Dilengkapi dengan fitur-fitur seperti otomatisasi permintaan pengadaan dan kontrak, analisis data procurement, serta integrasi dengan sistem keuangan, SAP Ariba dapat membantu perusahaan dalam mengurangi waktu dan biaya dalam proses pengadaan.

9. RedERP

Software procurement RedERP dirancang sebagai solusi bagi perusahaan yang ingin mengoptimalkan dan mengendalikan operasi pengadaan bisnisnya. Software ini dilengkapi dengan spesifikasi sistem seperti smart integration system, real-time monitoring system, dan automatization system.

Fitur-fitur unggulannya meliputi Purchase Order, Request for Quotation (RFQ), Automatic Procurement, Invoice Management dan Reports and Analysis, yang semuanya dirancang untuk mendukung dan memaksimalkan proses pengadaan barang. Termasuk pembuatan dokumen, otomatisasi pengajuan, dan otomatisasi permintaan pembelian.

10. EQUIP

Software pengadaan ini akan membantu meningkatkan bisnis Anda dengan menyediakan sistem pengadaan lengkap untuk mengelola berbagai permintaan pembelian. Dilengkapi dengan sistem pembelian otomatis yang dapat meminimalkan kesalahan input data dan menyederhanakan proses pembuatan faktur, pembayaran otomatis, dan tagihan. Sehingga efisiensi bisnis dapat ditingkatkan. 

EQUIP juga memungkinkan analisis dan kontrol kebutuhan inventaris untuk menghindari pembelian barang yang tidak dibutuhkan, serta mengurangi pemborosan. Fitur-fitur yang ditawarkan meliputi software pengadaan, purchase request portal, manajemen vendor, perbandingan RFQ, dan banyak lagi.

11. Kesimpulan

Banyak sekali software procurement yang kini tersebar di pasaran. Masing-masing tentu memiliki kelebihannya. Sehingga penting bagi Anda untuk mengidentifikasi kelebihan tersebut dan mencocokkan dengan kebutuhan bisnis. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan manfaat yang bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Dari pemaparan dan perbandingan yang dilakukan, Software Procurement ScaleOcean adalah pilihan terbaik untuk otomatisasi proses pengadaan Anda. Selain dilengkapi fitur-fitur utama, kemampuannya untuk diintegrasikan dengan berbagai sistem akan memaksimalkan efisiensi proses bisnis Anda. Bahkan produk kami juga dapat dikustomisasi agar lebih sesuai dengan kebutuhan. Tunggu apalagi, yuk segera hubungi kami dan tingkatkan prose pengadaan Anda sekarang!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

REKOMENDASI

Artikel Terkait