Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Bisnis Digital Marketing Informasi Bisnis

6 Skill Seorang Digital Marketing yang Dilirik Perusahaan

3 Min Read     Posted on 25 Oct 2022

Share Artikel

Digital marketing tidak hanya bertugas untuk menawarkan sebuah produk baik itu barang atau jasa kepada pelanggan saja, tetapi juga berkomunikasi dengan mereka untuk mempertahankan hubungan baik. Anda harus bisa memahami karakteristik dan behavior customer untuk bisa menentukan strategi yang tepat. Tingkatkan kepercayaan mereka terhadap brand Anda, supaya mereka tidak berpaling ke yang lain. 

Untuk melakukan semua itu, seorang digital marketer wajib memiliki skill khusus dalam memahami cara membuat strategi pemasaran yang sesuai, konten yang menarik, serta berinteraksi secara langsung dengan customer. Maka dari itu, perusahaan tidak bisa sembarangan dalam mencari kandidat untuk profesi ini. Mereka selalu mencari kandidat dengan keterampilan yang bisa mendukung perusahaan untuk mencapai tujuannya. 

Goalnya bermacam-macam, bisa berupa meningkatkan brand awareness, menghasilkan leads, memindahkan customer dari tingkatan funnel satu ke tingkatan yang lainnya, hingga mengoptimalkan penjualan dan keuntungan bisnis. Penasaran kan skill digital marketing apa sih yang paling dicari oleh perusahaan? Kita akan membahasnya di artikel ini.

1. Kreativitas Membuat Konten

Keahlian paling penting yang harus dimiliki seorang digital marketer adalah kreativitas, terutama dalam membuat ide konten. Untuk bisa sampai ke target customer, sebuah strategi pemasaran haruslah disampaikan melalui konten. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui konten yang tepat untuk masing-masing channel baik itu blog, Facebook, Instagram, ataupun media marketing lainnya. 

Anda harus memiliki ide-ide kreatif tentang bagaimana membuat postingan yang bagus, konten yang menarik, meningkatkan engagement dan traffic, serta cara mendatangkan pelanggan yang berpotensi untuk melakukan transaksi. Konten evergreen adalah jenis konten yang paling disarankan untuk Anda, karena akan selalu relevan dengan kebutuhan pembaca baik untuk sekarang, besok, atau bahkan bertahun-tahun kemudian. Dengan skill ini, perusahaan pun pasti akan melirik Anda.

2. Sosial Media Ads

Di era sekarang ini, pemasaran digital menggunakan sosial media memiliki keuntungan yang besar untuk menyampaikan pesan yang relevan kepada target customer. Ditambah lagi jika Anda menggunakan iklan berbayar di channel ini. Dapat dipastikan conversion rate dan engagement Anda akan meningkat pesat dibandingkan dengan memposting konten secara organik. Seorang digital marketer yang memiliki skill ini pasti akan lebih dipertimbangkan oleh perusahaan. 

Membuat sosial media ads tidak semudah seperti yang dibayangkan karena setiap platform memiliki algoritmanya sendiri yang berbeda-beda. Butuh banyak skill dan pengetahuan yang mendukung, seperti tools apa yang tepat, tertarget audience, serta analytics untuk mendapatkan data dan laporan yang akurat. Selain itu, Anda juga harus mengetahui apa saja hal yang sedang tren saat ini. Wah menarik sekali ya.

3. SEO dan SEM

Mesin pencari adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dari customer journey di semua bisnis. Tak dapat dipungkiri, mesin pencarian adalah sumber informasi yang paling terpercaya. Baik untuk sekedar mencari wawasan umum, melihat pilihan produk atau brand, maupun membandingkan sebuah harga. Pelanggan biasanya menggunakan mesin pencarian untuk membantu mereka dalam membuat keputusan pembelian yang sesuai dengan preferensi mereka masing-masing. Memahami cara yang tepat untuk membuat bisnis Anda muncul di halaman pertama pencarian adalah sebuah keterampilan penting dalam dunia digital marketing. 

Anda harus menguasai SEO dan SEM sekaligus. SEO adalah keterampilan yang cukup kompleks karena menggabungkan aspek teknis dan kreativitas. Anda perlu memahami bagaimana cara memproduksi dan membuat konten yang sesuai secara organik. Sedangkan, SEM memiliki cara kerja yang hampir sama, namun hasilnya lebih cepat dirasakan karena berbayar. Kedua hal tersebut akan membantu Anda untuk mendorong konten Anda supaya sampai ke target audience dan juga mempersempit basis data pelanggan Anda. Sehingga, website Anda akan muncul sesuai dengan pencarian yang relevan.

4. Email Marketing

Membuat strategi pemasaran yang efektif melalui email tidaklah mudah, hal itulah yang menyebabkan email marketing turut menjadi keterampilan wajib di digital marketing. Siapa sangka, ternyata email adalah cara yang efektif untuk menjangkau target customer. 

Menurut Hubspot, efektivitas email marketing mengalami peningkatan sebesar 80% selama 12 bulan terakhir. Setiap perusahaan pasti memiliki ciri khas konten yang ingin mereka bagikan. Nah, Email Newsletter adalah cara yang paling efektif untuk membagikan informasi terkini bisnis Anda. Sehingga, jangkauan target audience Anda pun meluas.

Memantau data historis pelanggan dapat membantu perusahaan dalam memahami kebutuhan target audience. Anda bisa menggunakan informasi tersebut untuk membuat konten yang personal sesuai karakteristik masing-masing calon customer. Cara satu ini terbilang sangat efektif karena terhubung dengan pelanggan pada tingkat yang lebih emosional dan pribadi dapat meningkatkan peluang loyalitas. Maka dari itu keterampilan seperti empati dan komunikasi juga harus dimiliki seorang marketer untuk meningkatkan Manajemen Layanan Pelanggan.

5. Perencanaan Strategis

Semua keterampilan diatas akan sangat berhubungan dengan skill satu ini. Seorang digital marketer haruslah memiliki kemampuan perencanaan yang bagus dalam merencanakan strategi pemasaran untuk beberapa periode ke depan. Mengetahui cara membuat strategi marketing yang berhasil membutuhkan perencanaan yang intens, sudut pandang yang luas, dan perhatian terhadap tren yang ada saat ini. Digital marketer yang sukses pasti selalu memikirkan inovasi baru untuk bisa selalu menyesuaikan tren yang sedang hype.

Inti dari pemasaran digital adalah mengarahkan traffic ke situs web dan mengubah traffic itu menjadi sebuah konversi. Konversi mengacu pada aktivitas spesifik yang dilakukan pengunjung Anda pada halaman tertentu di situs web Anda, bisa dengan request demo, mengunduh panduan gratis, ataupun mengisi form. Disini Anda harus membuat perencanaan sedetail mungkin karena menggabungkan seni desain situs web, copywriting, dan user interface. Jangan lupa juga untuk turut mencantumkan A/B testing dan optimasi lainnya.

6. Analisis Marketing

Sebagai digital marketer, Anda perlu mengetahui cara menggunakan Google Analytics dan tools analisis data lainnya. Dapatkan informasi terperinci tentang campaign Anda mulai dari sumber traffic, keyword yang menarik, iklan  paling populer, hingga waktu terbaik untuk upload konten dari tools analytics tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan data audience secara lengkap mulai dari usia, jenis kelamin, minat, lokasi audience, dan bahkan perangkat yang mereka gunakan untuk menjangkau Anda.

7. Kesimpulan

Kemajuan teknologi saat ini menuntut para pebisnis untuk memasarkan produknya secara digital. Maka dari itu, digital marketing adalah profesi yang sedang high-demand. Pemasaran digital adalah karir yang menggabungkan marketing offline, website, SEO, SEM, sosial media Ads, pembuatan konten, dan masih banyak lagi. Tertarik dengan pekerjaan ini? Anda harus menguasai berbagai skill yang telah disebutkan diatas

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

REKOMENDASI

Artikel Terkait