Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Accounting Management Industri Manufaktur Solusi Bisnis Solusi ERP

5 Kegunaan Software Akuntansi bagi Perusahaan Manufaktur

3 Min Read     Posted on 20 Oct 2022

Share Artikel

Software Akuntansi pasti dibutuhkan oleh semua industri, termasuk perusahaan manufaktur di Indonesia. Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah sistem yang fleksibel untuk mengetahui dan bisa menyesuaikan seluruh permintaan perusahaan. Software akuntansi dari ScaleOcean hadir sebagai solusi yang menawarkan kemudahan dan efisiensi

Sistem akuntansi kami ini bertujuan untuk membantu perusahaan Anda dalam hal pembukuan di buku besar, manajemen keuangan, manajemen operasional, produksi, pengelolaan bahan baku, serta manajemen untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi. Penasaran kan peranan software ini dalam perusahaan Manufaktur? Sebelumnya, mari kita bahas seluk beluk industri satu ini terlebih dahulu.

1. Pengertian Industri Manufaktur

Sebelum kita membahas lebih jauh soal manfaat software akuntansi jika diterapkan pada industri manufaktur, mari kita pahami terlebih dahulu tentang perusahaan di bidang ini.

Sektor ini merupakan bagian integral dan besar dari perekonomian. Dimana melibatkan proses dan penyempurnaan bahan mentah menjadi produk yang memiliki nilai jual. Sehingga, nilai tambahnya pun bertambah dan berpengaruh ke harga jualnya yang juga meningkat. Maka dari itu, manufaktur dinilai sebagai industri yang lebih menguntungkan dibandingkan yang lain.

2. Karakteristik Perusahaan Manufaktur

Perusahaan ini memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari industri lainnya, yaitu :

a. Proses Produksi

Suatu perusahaan dikatakan bisnis manufaktur jika usaha itu mengolah bahan baku mentah menjadi bahan jadi yang nantinya akan diedarkan ke pasaran demi mendapatkan keuntungan tertentu.

b. Jenis Persediaan

Di dalam perusahaan manufaktur terdapat tiga jenis bahan persediaan yang tersedia yaitu bahan mentah, bahan setengah jadi, dan bahan jadi. Hal ini membedakan perusahaan ini dengan bisnis dagang lainnya. Jika perusahaan lain memasarkan produk secara langsung kepada konsumen. Lain hal dengan bisnis manufaktur, dimana mereka menjadi penyedia bahan-bahan atau produk untuk perusahaan lain.

c. Biaya Produksi

Mengelola bahan mentah menjadi bahan jadi pasti memerlukan biaya produksi dimana meliputi pengelolaan, pengadaan, alat produksi, dll. Hal inilah yang menjadi ciri khas khusus perusahaan di bidang ini. 

3. Proses Bisnis Manufaktur

Setiap perusahaan memiliki sistemnya sendiri yang pasti berbeda dari industri-industri lainnya. Mari kita ketahui perbedaan sistem yang dimiliki oleh bisnis Manufaktur:

a. Pull System

Pada industri ini mereka biasanya melaksanakan proses produksi berdasarkan jumlah permintaan. Sehingga, pengadaan akan dilakukan pada saat dibutuhkan. Hal ini dilakukan dengan maksud menghindari pemborosan dan meningkatkan efektivitas. Sehingga, kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan baik.

b. Manajemen Kualitas

Dalam membuat produk, kualitas tentu saja adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Demi menjaga kualitas yang telah ditetapkan tersebut, ada beberapa metode yang dapat diterapkan. Contohnya menerapkan metode Six Sigma dan Manajemen Kualitas untuk memastikan produk barang bebas cacat.

c. Perencanaan dan Pelaksanaan

Merencanakan strategi produksi yang tepat sangatlah perlu dilakukan oleh perusahaan manufaktur. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam meminimalisir kelebihan produksi dan meminimalisir limbah. Sehingga, Anda bisa memastikan proses produksi berjalan dengan lancar dan tujuan bisnis pun bisa tercapai.

d. Membuat Keputusan Tepat

Peningkatan produktivitas kerja dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, salah satunya adalah pengambilan keputusan. Mengambil keputusan secara cepat dan tepat akan sangat mendukung kelancaran proses produksi Anda.

e. Kerjasama yang Baik dengan Pemasok

Untuk mendukung pertumbuhan perusahaan, diperlukan berbagai dukungan dari bisnis pemasok seperti penyediaan bahan berkualitas tinggi, terbaik, dan pengiriman yang selalu tepat waktu. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan para supplier. Supaya mereka bisa memberikan penawaran terbaik untuk bisnis Anda.

4. Peran Software Akuntansi di Industri Manufaktur

Pencatatan dan pengukuran biaya produksi dengan menggunakan metode akuntansi harus sangat diperhatikan. Maka, perusahaan perlu mencegah atau meminimalisir kemungkinan terjadinya permasalahan dengan mengelola operasional perusahaan secara lebih baik. Berikut ini adalah 5 alasan penting mengapa software akuntansi sangat diperlukan dalam bisnis manufaktur:

a. Mempercepat Tahapan Perencanaan Produksi

Software akuntansi memudahkan Anda untuk membuat perencanaan produksi hanya dengan satu aplikasi. Anda bisa memantau stok ketersediaan bahan baku, estimasi biaya, pengendalian kualitas bahan baku, dan bill of material yang telah tersedia dalam sistem tersebut.

b. Pengendalian Proses Produksi

Perusahaan perlu mencatat pengeluaran bahan baku, pemrosesan dan harga jual produk akhir secara otomatis. Tanpa sistem komprehensif yang menangani kebutuhan akuntansi tersebut, Anda mungkin tidak dapat mengevaluasi produk Anda, memutuskan produk mana yang menguntungkan, serta aktivitas produksi mana yang perlu disederhanakan.

c. Meningkatkan Efisiensi Kerja

Laporan arus kas yang dihasilkan oleh badan usaha manufaktur, dapat membantu Anda selalu pelaku bisnis manufaktur untuk memiliki pandangan yang objektif terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan. Anda dapat melihat di bagian mana terdapat pemborosan agar dapat melakukan perbaikan. Sehingga dapat mencapai proses produksi yang lebih efisien daripada sebelumnya.

d. Perkiraan Budget dan Pendapatan

Modul Akuntansi kami membantu Anda dalam memperkirakan anggaran dan pendapatan produksi secara akurat. Anda juga dapat membuat faktur dan laporan keuangan perusahaan secara real time cukup dengan beberapa klik saja.

e. Meminimalisir dan Mencegah Masalah Keuangan

Dengan perkiraan biaya yang telah diperhitungkan menggunakan software akuntansi dari ScaleOcean, perusahaan bisa mencegah kesalahan perkiraan yang mungkin tidak diperhatikan sebelumnya. Sehingga pengambilan keputusan bisnis yang kurang tepat dan pelaporan keuangan yang kurang jelas dan tidak terperinci dapat diantisipasi lebih awal dengan mudah.

5. Kesimpulan

Modul software akuntansi yang diimplementasikan ke dalam perusahaan manufaktur ini sangat membantu melancarkan proses produksi dan dalam pengelolaan biaya produksi itu sendiri. Perusahaan yang belum menggunakan software ini sebaiknya sudah mulai mempertimbangkan berbagai kemudahan ini sebagai sebuah usaha untuk mendukung kinerja perusahaan Anda. Sistem ini bisa dijadikan sebagai investasi yang akan mendatangkan profit lebih besar di kemudian hari.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

REKOMENDASI

Artikel Terkait